Website Gratis VS Website Berbayar , Pilih Yang Mana ?
Blog Tips Keren

Website Gratis VS Website Berbayar , Pilih Yang Mana ?

Kali ini IDWebhost akan mengajak kamu untuk membandingkan Website Gratis VS Website Berbayar, dan kamu Pilih yang Mana?

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan hal-hal gratis termasuk dalam urusan website? Mungkin kamu termasuk orang yang suka website yang gratis, mudah dan gak pakai lama dalam membuatnya.

Atau bisa juga kamu termasuk orang yang lebih  suka mengeluarkan biaya untuk buat website berbayar yang memerlukan biaya tahunan untuk domain dan hosting serta kamu juga bisa direpotkan dengan urusan teknis lain terkait website berbayar.

Kamu yang mungkin saat ini masih bingung mau pilih buat website gratis atau pilih yang berbayar, coba lihat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan berikut ini.

Website Gratis :

  • Website gratis selamanya disediakan oleh banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang internet seperti : www.blogspot.com , www.wordpress.com, webly.com, www.yola.com, tumblr.com.
  • Untuk punya website gratis kamu hanya perlu memiliki modal email dan belajar pengetahuan umum cara menggunakan browser serta cara-cara mengisi formulir pendaftaran dan merapikan website gratsinya agar terlihat menarik dan rapi
  • Jika kamu pakai website gratis, maka nama domain pemilik perusahaan akan tercantum juga diakhiran nama domain yang kamu pilih. Misalnya memilih membuat web gratis menggunakana perusahaan blogspot (blogger), maka nama domainnya akan ada akhiran blogspot.com. Contoh nama domain website gratis IDWebhost.blogspot.com.
  • Jika website gratis dipakai buat web utama dalam usaha, kesannya kamu tidak serius/meragukan. Apalagi jika web gratis dipakai untuk keperluan bisnis atau membangun image perusahaan maupun lembaga, maka perusahaan bisa kurang dipercaya.

Website Berbayar :

  • Web berbayar memang mengeluarkan biaya untuk berlangganan alamat website (domain) dan hosting (tempat penyimpanan). Biaya beli domain dan hosting saat ini bisa dimliki dengan harga berkisar Rp. 100rb an/tahun, namun kamu bisa punya nama domain dan nama email perusahaan yang bisa sesuai nama domain. Contohnya nama domain IDWebhost.com dan bisa membuat nama email info@IDwebhost.com
  • Kamu bisa memilih berbagai macam jenis aplikasi/platform web yang kamu sukai dan sudah tersedia dalam hosting dengan fitur bermacam-macam.
  • Kamu memiliki akses penuh terhadap file, email, database, gambar dan semuanya yang ada dalam website kamu walaupun ada batasan-batasan khusus seperti pembatasan ruang penyimpanan dan jumlah pemakaian lalu lintas data (bandwidth).
  • Jika website terhapus atau di hack orang atau kesalahan dalam mengelola website, kamu disediakan fasilitas backup dan restore file, jadi file kamu lebih aman.

Berikut tadi merupakan perbandingan antara website gratis vs website berbayar. Jadi kamu akan memilih yang mana ? Tentukan dengan bijak jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan siapapun agar nantinya website yang akan jadi bisa memuaskan

Untuk info lebih lengkap kamu bisa konsultasikan websitemu bersama tim kami, IDWebhost akan membantumu hingga Tuntas.