Membuat Website Gratis Dengan Google Bisnisku

1 Jun 2019
Membuat Website Gratis Dengan Google Bisnisku campaign-unlimited

Membuat website bisa menjadi sebuah tantangan bagi UKM. Kebanyakan bisnis UKM belum mempunyai kemampuan teknis atau waktu untuk membuat serta mengelola website mereka sendiri. Memang dengan adanya Facebook, Google Bisnisku, Instagram, dan social media lainnya, bisnis sekarang menjadi semakin mudah untuk membangun kehadiran online mereka. Tetapi, menurut analisa dari Google, orang-orang masih banyak yang lebih percaya dengan bisnis melalui website mereka sendiri.

Selain itu, masih ada 60% bisnis kecil yang belum mempunyai website resmi untuk bisnis mereka. Dari data itulah, Google menyimpulkan bahwa website masih menjadi permasalahan untuk sebuah bisnis. Oleh sebab itu, Google menambahkan fitur pada layanannya untuk menghadapi masalah tersebut.

Anda sudah mengetahui kan mengenai Google My Business atau Google Bisnisku? Jika anda belum familiar dengan produk Google ini, mari kita pelajari terlebih dahulu. Google Bisnisku merupakan sebuah tools yang dibuat khusus oleh Google untuk membantu bisnis anda mendapatkan listingan Google secara gratis.

Listingan ini akan terlihat jika ada orang yang mencari bisnis Anda atau bisnis di jenis yang sama pada Google Search atau Google Maps. Sekarang, platform ini menawarkan layanan untuk membuat serta mengelola website dengan mudah bagi para pebisnis pemula.

Google Bisnisku : Membuat serta Mengelola Website Dengan Mudah

Google Bisnisku untuk Membuat serta Mengelola Website Dengan Mudah
IDwebhost

Fitur yang diberi nama Website ini dapat Anda akses di dashboard Google Bisnisku Anda. Dengan berformat website builder, Anda dapat dengan mudah untuk membuat website bisnis satu halaman (one-page) dengan memakai detail bisnis yang sudah Anda masukkan untuk listing Google sebelumnya.

Untuk saat ini, pilihan kustomisasinya masih terbatas tetapi ini memudah bagi pebisnis pemula untuk membuat website bisnis mereka. Tentunya, yang membuat Website tersebut unggul adalah karena website yang telah Anda buat akan terhubung langsung dengan listing Google Bisnisku. Dengan begitu, website Anda akan langsung update jika ada perubahan dengan detail listing Google Bisnisku Anda.

Cara Membuat Website Dengan Google Bisnisku

Cara Membuat Website Dengan Google Bisnisku
IDwebhost

Karena Website adalah bagian dari Google Bisnisku, Anda perlu mempunyai akun Google Bisnisku terlebih dahulu sebelum Anda dapat mulai membuat website Anda. Anda bisa mempraktekkan cara membuat akunnya seperti pada penjelasan kami sebelumnya. Jika Anda sudah mempunya akun Google Bisnisku, Anda sudah bisa langsung untuk membuat websitenya.

Langkah 1

Anda perlu sign in ke Google My Business lalu masuk ke dashboard. Anda juga bisa mengikuti link Start Now di halaman Google Bisnisku.

Jika Anda mempunyai beberapa lokasi yang Anda masukkan ke Google Bisnisku, anda klik Dashboard Icon untuk bisnis yang ingin Anda buatkan website.

Langkah 2

Klik menu Website yang terletak di sidebar kanan akun Google Bisnisku Anda.

Langkah 3

Anda kemudian akan melihat tampilan perkenalan dengan informasi tentang Website di Google Bisnisku. Anda Klik Get Started untuk mulai membuat website Anda.

Langkah 4 

Google kemudian akan mulai untuk membuat website Anda dan Anda akan melihat prosesnya pada progress bar layar Anda. Anda tinggal menunggu sampai selesai prosesnya.

Langkah 5

Setelah prosesnya selesai, Anda akan melihat tampilan welcome untuk website Anda. Klik pada icon centang untuk memulainya. Google juga akan memberitahukan Anda jika mereka sedang melakukan sinkronasi antara website dengan informasi yang ada di Google Bisnisku.

Langkah 6

Sekarang, Anda dapat memulai mendesain website Anda. mereka akan memberitahukan langkah-langkah kustomisasi apa saja yang perlu Anda lakukan. Pertama,  mereka akan meminta Anda untuk memilih tema atau template untuk website Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengklik icon Pick A Theme.

Langkah 7

Pilih tema yang Anda sukai untuk website Anda. tema yang Anda pilih juga akan memberikan Anda elemen desain lainnya seperti warna dan fonts. Mereka memberikan Anda 10 tema dengan gaya warna dan fonts yang berbeda supaya sesuai dengan bisnis Anda.

Langkah 8

Setelah Anda memilih tema, mereka akan meminta Anda untuk mengupload foto bisnis Anda. File Foto yang sudah Anda upload sebelumnya juga akan diupload ke website Anda.

Langkah 9

Setelah itu, mereka akan menampilkan tombol Publish sehingga Anda dapat langsung mempublish website Anda jika website Anda sudah siap.

Langkah 10

Sekarang Anda perlu untuk mengkonfigurasi beberapa pengaturan seperti Site Address (alamat website) serta Site language (bahasa website) sebelum Anda mengklik tombol Publish.

Langkah 11

Klik Publish Now, kemudian Anda akan diminta untuk memilih nama domain untuk website anda. Lalu Format domain Anda akan menjadi namabisnis.business.site. Klik Next saja jika Anda sudah memberikan nama domain yang sesuai. Anda juga akan melihat berbagai pilihan untuk memilih dan mengkonfirmasi bahwa alamat website tersebut akan menjadi website yang akan ditampilkan di Google Maps dan Google Search.

Langkah 12

Setelah domain Anda sudah dikonfirmasi, Anda akan melihat notifikasi pada website Anda. Lalu Klik View Site untuk melihat website baru Anda.

Selamat! Anda sekarang sudah mempunyai website baru. Jika Anda mengubah dan mengoptimasi website Anda, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukannya.

Menggunakan Domain Sendiri di Website Google Bisnisku

Optimasi Website Google Bisnisku
IDwebhost

Anda juga bisa memakai nama domain yang sudah Anda punya untuk website G.Bisnisku. Jika Anda belum mempunyai domain sendiri, IDwebhost menawarkan domain murah untuk Anda semua.

Untuk memakai domain Anda sendiri di website G.Bisnisku, login ke akun hosting Anda lalu pilih “Redirect”. Setelah Anda masuk Redirect, lalu arahkan domain Anda ke URL G.Bisnisku yang Anda pilih pada proses pembuatan website. Setelah itu, kembali ke website G.Bisnisku Anda lalu pilih Settings di toolbar sebelah kiri, barulah Di bagian atas panel Anda akan melihat domain Anda.

Anda juga dapat menghubungi perusahaan hostingnya untuk membantu Anda untuk me-redirect nama domain yang sudah ada pada website Google baru Anda. Bagi Anda pelanggan IDwebhost, Anda bisa meminta bantuan tim CS support 24/5 kami.

Optimasi Website Google Bisnisku

Untuk melakukan pengaturan tambahan pada website G.Bisnisku Anda, masuk ke dashboard bisnis dan Anda akan melihat beberapa icon yang berada di bagian kiri layar yang dapat digunakan untuk mengedit sesuai kebutuhan Anda.

Mengubah desain dengan tema yang sesuai. Fitur tema akan mengubah desain dan tampilan website Anda. Desain website memang termasuk salah satu faktor penting dalam pembuatan website. Pastikan bahwa tema yang Anda pilih sudah sesuai dengan brand bisnis Anda.

Tema juga akan mengubah fonts pada website Anda. Jadi pastikan juga bahwa Anda menyukai dengan tampilan Headline dan Description website Anda.

Upload foto berkualitas tinggi. Pastikan bahwa Anda mengupload file foto bisnis Anda dengan kualitas tinggi di website Anda. Anda dapat memilih Add Photos di bagian photos untuk mengupload lebih banyak foto. Cover photo pada website Anda tentunya sangat penting karena ini juga akan dilihat oleh audiens di Google listing. Untuk mengubah cover photo, anda klik Change Cover Photo.

Pilih Call-to-Action (CTA) yang baik. Setelah Anda mengedit, Anda mempunyai opsi untuk memilih dari beberapa button utama yang banyak dipakai. Pilih CTA yang cocok dengan button Anda. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, Anda bisa memilih tombol Get Quote yang akan meminta audiens website untuk mengisi formulir yang nantinya akan dikirim email ke akun email Anda. Ada beberapa CTA yang dapat Anda pilih. Berikut beberapa di antaranya :

  • Get directions. Menunjukkan jalan ke lokasi bisnis Anda dengan Google Maps
  • Call now. Pengunjung dapat langsung menelepon bisnis Anda
  • Find table. Jika Anda mempunyai usaha Food & Beverages, ini bisa bermanfaat untuk membooking tempat di restaurant Anda
  • Place order. Link ke toko online dan halaman order Anda
  • Make appointment. Membuat janji
  • Message us (WhatsApp). Pengunjung website dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp

Kesimpulan

Di artikel kali ini, kami telah membahas bagaimana cara membuat website dengan Google Bisnisku. Di era yang serba digital ini, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk bisa tampil online. Fitur Website dari G.Bisnisku dapat menjadi salah satu alternative untuk membuat website dengan mudah dan gratis untuk bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat IDwebhost semua.