9 Website Untuk Cek Plagiarisme Konten

8 Sep 2023
9 Website Untuk Cek Plagiarisme Konten campaign-unlimited

Cek plagiarisme konten sangat dibutuhkan agar konten yang dibuat tidak terindikasi oleh konten yang telah dibuat orang lain sebelumnya. Selain itu, konten yang terindikasi plagiat dapat menyebabkan hal-hal buruk pada website yang telah dibangun.

Lalu bagaimana menghindari plagiarisme konten? Berikut penjelasannya yang bisa kamu pelajari.

Kenapa Konten tidak Boleh Plagiat ?

kenapa-konten-tidak-boleh-plagiat

Jika ditanya pertanyaan ini, sudah dapat dipastikan banyak orang yang tidak menyetujui konten yang di duplikasi atau plagiat. Hal ini karena konten merupakan sebuah karya yang dibuat berdasarkan riset, waktu dsb. Maka praktik plagiat konten yang bukan menjadi miliknya merupakan hal yang salah.

Disamping plagiat konten merupakan tindakan yang tidak menghargai karya aslinya, ternyata hal-hal lain yang dapat mengancam jika melakukan plagiarisme konten, sebagai berikut :

1. Plagiarisme Konten Melanggar Aturan Google

Google menyadari bahwa di dalam internet, masih banyak ditemukan website yang memiliki konten yang bersifat plagiat. 

Jika sistem Google mendeteksi dan membenarkan bahwa konten pada suatu website terindikasi plagiat, maka secara tidak langsung Google dapat men-takedown sebagai hukuman pada website tsb. Alih-alih website tsb mendapatkan trafik pada websitenya, tapi justru malah kehilangan dan optimasi SEO pun menjadi gagal.

Jadi kamu perlu berhati-hati untuk hal ini.

2. Plagiarisme Konten dapat Mengurangi Kepercayaan Terhadap Website

Plagiarisme konten pada website juga dapat menurunkan atau mengurangi kepercayaan mesin pencari pada website tsb. Hal ini dikarenakan dari sisi end user, suatu konten membutuhkan informasi yang fresh, dan apa artinya jika sudah membangun konten yang sudah bagus lalu ditemukan konten yang plagiat tentu hal ini akan menurunkan nilai pada website itu sendiri.

3. Plagiarisme Konten dapat Merugikan Pihak Lain

Sudah jelas plagiarisme konten tentu merugikan bagi si pemilik asli konten tsb. Hal ini seperti yang telah disampaikan di atas sebelumnya, membangun konten memerlukan waktu, riset dsb. Sehingga membangun konten yang unik dan bisa disukai banyak orang tidaklah mudah.

Bahkan buruknya, si pemilik konten asli bisa menggunakan haknya untuk menuntut jika mereka mau melakukannya.

Cara Menjaga Kualitas Konten Agar Tidak Plagiat

cara-menjaga-kualitas-konten-agar-tidak-plagiat

Konten yang plagiat tentu menambah nilai buruk di internet. Untuk itu, sebagai content creator atau content marketer maka dibutuhkan untuk membuat konten yang fresh menjadi tantangan tersendiri.

Pertama, konten yang dibuat haruslah unik dan dapat membahas mengenai semua topik yang sering dibahas. Dan yang kedua, content creator perlu melakukan audit pada kontennya dari segi keaslian penulisannya.

Hal ini dibutuhkan karena agar pengunjung dapat mempercayai website dan menjadikan websitemu sebagai sumbernya dalam memenuhi kebutuhan informasi yang sesuai mereka cari.

9 Rekomendasi Website untuk Cek Plagiarisme Konten

rekomendasi-website-untuk-cek-plagiarisme-konten

Nah, setelah kita mengetahui pentingnya keaslian konten, sekarang muncul pertanyaan, bagaimana kalau kamu sudah membuat konten secara asli, tapi masih ragu apakah kontenmu akan dinilai asli atau tidak oleh Google?

Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir akan hal itu, karena ada beberapa rekomendasi website yang dapat melakukan analisa mengenai seberapa besar keaslian konten yang dibuat.

Berikut beberapa rekomendasi website untuk melakukan cek plagiarisme konten.

1. Copyscape

Copyscape merupakan website yang dapat mengecek plagiat konten dari halaman website secara online yang menjadi solusi dalam mencegah pencurian dan penipuan konten.

Cara menggunakan copyscape ini adalah dengan memasukan alamat URL website ke dalam kolom yang disediakan copyscape. Secara otomatis copyscape akan melakukan pengecekan pada konten yang terdapat pada url page yang kamu masukan tersebut.

2. DupliChecker

DupliChecker menyediakan halaman khusus yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan konten plagiat. Kamu dapat memasukkan teks pada konten yang telah dibuat sebelumnya dengan panjang 100 kata ke dalam form yang telah tersedia.

3. Dustball

Dustball merupakan website yang dapat digunakan untuk cek plagiasi konten yang sangat sederhana. Cara menggunakannya adalah dengan mengisi kolom yang telah disediakan di website ini dengan diisi teks konten yang ingin dicek secara langsung.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pengecekan lain dengan cara mengupload dokumen microsoft word kedalam website ini.

4. PlagTracker

Website ini cukup lengkap dalam menyediakan fitur dalam pengecekan konten plagiat. Tapi sayangnya, untuk mendapatkan fitur lengkap, kamu perlu membayar agar dapat menggunakan layanan premium pada website PlagTracker ini.

Layanan yang disuguhkan pada website ini antara lain, laporan yang cepat, pengecekan grammar, laporan dalam bentuk PDF, pengecekan database, dan pengecekan dalam bentuk berbagai macam file seperti (.doc, .docx, .txt), serta terdapat pengecekan dengan mode volume yang unlimited dsb.

5. PlagScan

Website ini menyediakan fitur yang memiliki banyak keunggulan dalam pengecekan terkait plagiat secara online. Kamu dapat melakukan beberapa klik untuk melakukan pengecekan keaslian dari teks. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan laporan pengecekan sesuai kebutuhan.

6. Small SEO Plagiarism Checker

Website ini menyediakan fitur untuk mengecek plagiat konten secara gratis dengan jumlah maksimal pengecekan kurang lebih adalah 1000 kata.

Selain melakukan pengecekan dengan menginputkan kata ke dalam fitur yang tertera pada kolom di website ini, kamu juga dapat melakukan pengecekan dengan menginputkan url atau mengupload dokumen perupa .tex, .text, .doc, .docx, .odt, .pdf, .rtf.

7. Unicheck

Website ini yang dapat melakukan cek plagiarisme konten ini cukup populer digunakan oleh pengguna internet. Selain itu, website ini juga digunakan dalam bidang pendidikan, peneliti, penulis, serta editor.

8. Writecheck

Writecheck menyediakan pengecekan konten, kutipan serta sumber yang digunakan dengan cepat.

Selain cek plagiarisme konten website, kamu juga dapat menggunakan website ini untuk melakukan pengecekan dalam segi grammar. Jadi kamu pun dapat mendapat masukan mengenai tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata pada konten.

9. Viper Anti Plagiarism Scanner

Website ini merupakan penyedia layanan dalam bidang pengecekan plagiarisme secara online yang berbeda dengan yang lainnya.

Jadi, jika website lain dapat langsung digunakan untuk melakukan proses cek plagiarisme secara online, Viper Anti-plagiarism Scanner ini tidak melalu website seperti contoh website pengecekan plagiat konten di atas.

Melainkan cara pengecekannya adalah kamu perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu, kemudian memasangnya di desktop.

Kesimpulan

Website penyedia layanan cek plagiarisme konten memang membantu terutama content writer dalam menulis untuk konten pada website.

Hal ini dikarenakan baik kamu menulis ulang konten pada website yang dijadikan referensi ataupun menulis berdasarkan pengalaman sendiri memiliki kerentanan dalam plagiasi konten meskipun itu hanya beberapa persen saja.

Untuk itu kamu dapat memanfaatkan website-website penyedia layanan cek plagiarisme konten seperti pada pembahasan artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Lalu, jika kamu membutuhkan layanan web hosting dan domain, IDwebhost memiliki promo hosting dan domain setiap harinya yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan hosting dan domain pada website Anda. Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013