9 Website Untuk Cek Plagiarisme Konten
Blog SEO 9 Website Untuk Cek Plagiarisme Konten

9 Website Untuk Cek Plagiarisme Konten

Cek plagiarisme konten sangat dibutuhkan agar konten yang Anda buat tidak terindikasi oleh konten yang telah dibuat orang lain sebelumnya. Selain itu, konten yang terindikasi plagiat dapat menyebabkan hal-hal buruk pada website yang telah Anda bangun.

Lalu bagaimana menghindari plagiarisme konten? Berikut penjelasannya yang dapat Anda pelajari.

 

Daftar Isi :

 

1. Kenapa Konten tidak Boleh Plagiat ?

2. Cara Menjaga Kualitas Konten Agar Tidak Plagiat

3. Rekomendasi Website untuk Cek Plagiarisme Konten

4. Kesimpulan

 

 

 

Kenapa Konten tidak Boleh Plagiat ?

 

kenapa-konten-tidak-boleh-plagiat

Jika ditanya pertanyaan ini, sudah dapat dipastikan banyak orang yang tidak menyetujui konten yang di duplikasi atau plagiat. Hal ini karena konten merupakan sebuah karya yang dibuat berdasarkan riset, waktu dsb. Maka praktik plagiat konten yang bukan menjadi miliknya merupakan hal yang salah.

Disamping plagiat konten merupakan tindakan yang tidak menghargai karya aslinya, ternyata hal-hal lain yang dapat mengancam jika melakukan plagiarisme konten, sebagai berikut :

 

1. Plagiarisme Konten Melanggar Aturan Google

Google menyadari bahwa di dalam internet, masih banyak ditemukan website yang memiliki konten yang bersifat plagiat. 

Jika sistem Google mendeteksi dan membenarkan bahwa konten pada suatu website terindikasi plagiat, maka secara tidak langsung Google dapat men-takedown sebagai hukuman pada website tsb. Alih-alih website tsb mendapatkan trafik pada websitenya, tapi justru malah kehilangan dan optimasi SEO pun menjadi gagal.

Jadi Anda perlu berhati-hati untuk hal ini.

 

2. Plagiarisme Konten dapat Mengurangi Kepercayaan Terhadap Website

Plagiarisme konten pada website juga dapat menurunkan atau mengurangi kepercayaan mesin pencari pada website tsb. Hal ini dikarenakan dari sisi end user, suatu konten membutuhkan informasi yang fresh, dan apa artinya jika sudah membangun konten yang sudah bagus lalu ditemukan konten yang plagiat tentu hal ini akan menurunkan nilai pada website itu sendiri.

 

3. Plagiarisme Konten dapat Merugikan Pihak Lain

Sudah jelas plagiarisme konten tentu merugikan bagi si pemilik asli konten tsb. Hal ini seperti yang telah disampaikan di atas sebelumnya, membangun konten memerlukan waktu, riset dsb. Sehingga membangun konten yang unik dan bisa disukai banyak orang tidaklah mudah.

Bahkan buruknya, si pemilik konten asli bisa menggunakan haknya untuk menuntut jika mereka mau melakukannya.

 

Cara Menjaga Kualitas Konten Agar Tidak Plagiat

 

cara-menjaga-kualitas-konten-agar-tidak-plagiat

Konten yang plagiat tentu menambah nilai buruk di internet. Untuk itu, sebagai content creator atau content marketer maka dibutuhkan untuk membuat konten yang fresh menjadi tantangan tersendiri.

Pertama, konten yang dibuat haruslah unik dan dapat membahas mengenai semua topik yang sering dibahas. Dan yang kedua, content creator perlu melakukan audit pada kontennya dari segi keaslian penulisannya. Hal ini dibutuhkan karena agar pengunjung dapat mempercayai website dan menjadikan website Anda sebagai sumbernya dalam memenuhi kebutuhan informasi yang sesuai mereka cari.

 

9 Rekomendasi Website untuk Cek Plagiarisme Konten

 

rekomendasi-website-untuk-cek-plagiarisme-konten

Nah, setelah kita mengetahui pentingnya keaslian konten, sekarang muncul pertanyaan, bagaimana kalau Anda sudah membuat konten secara asli, tapi masih ragu apakah konten Anda akan dinilai asli atau tidak oleh Google?

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, karena ada beberapa rekomendasi website yang dapat melakukan analisa mengenai seberapa besar keaslian konten yang Anda buat.

Berikut beberapa rekomendasi website untuk melakukan cek plagiarisme konten.

 

1. Copyscape

Copyscape merupakan website yang dapat mengecek plagiat konten dari halaman website secara online yang menjadi solusi dalam mencegah pencurian dan penipuan konten.

Cara menggunakan copyscape ini adalah Anda dapat memasukan alamat URL website ke dalam kolom yang disediakan copyscape dan secara otomatis copyscape akan melakukan pengecekan pada konten yang terdapat pada url page yang Anda masukan tsb.

2. DupliChecker

DupliChecker menyediakan halaman khusus yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan konten plagiat. Anda dapat memasukkan teks pada konten yang telah dibuat sebelumnya dengan panjang 100 kata ke dalam form yang telah tersedia.

 

3. Dustball

Dustball merupakan website yang dapat Anda gunakan untuk cek plagiasi konten yang sangat sederhana. Cara menggunakannya adalah Anda dapat mengisi kolom yang telah disediakan di website ini dengan diisi teks konten yang ingin Anda cek secara langsung. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan lain dengan cara mengupload dokumen microsoft word kedalam website ini.

 

4. PlagTracker

Website ini cukup lengkap dalam menyediakan fitur dalam pengecekan konten plagiat. Tapi sayangnya, untuk mendapatkan fitur lengkap, Anda perlu membayar agar dapat menggunakan layanan premium pada website PlagTracker ini.

Layanan yang disuguhkan pada website ini antara lain, laporan yang cepat, pengecekan grammar, laporan dalam bentuk PDF, pengecekan database, dan pengecekan dalam bentuk berbagai macam file seperti (.doc, .docx, .txt), serta terdapat pengecekan dengan mode volume yang unlimited dsb.

 

5. PlagScan

Website ini menyediakan fitur yang memiliki banyak keunggulan dalam pengecekan terkait plagiat secara online.Anda dapat melakukan beberapa klik untuk melakukan pengecekan keaslian dari teks. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan laporan pengecekan yang Anda inginkan.

 

6. Small SEO Plagiarism Checker

Website ini menyediakan fitur untuk mengecek plagiat konten secara gratis dengan jumlah maksimal pengecekan kurang lebih adalah 1000 kata. Selain melakukan pengecekan dengan menginputkan kata ke dalam fitur yang tertera pada kolom di website ini, Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan menginputkan url atau mengupload dokumen perupa .tex, .text, .doc, .docx, .odt, .pdf, .rtf.

 

7. Unicheck

Website ini yang dapat melakukan cek plagiarisme konten ini cukup populer digunakan oleh pengguna internet. Selain itu, website ini juga digunakan dalam bidang pendidikan, peneliti, penulis, serta editor.

 

8. Writecheck

Writecheck menyediakan pengecekan konten, kutipan serta sumber yang digunakan dengan cepat.

Selain cek plagiarisme konten website, Anda juga dapat menggunakan website ini untuk melakukan pengecekan dalam segi grammar. Jadi Anda pun dapat mendapat masukan mengenai tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata pada konten Anda.

 

9. Viper Anti Plagiarism Scanner

Website ini merupakan penyedia layanan dalam bidang pengecekan plagiarisme secara online yang berbeda dengan yang lainnya. Jadi, jika website lain dapat langsung digunakan untuk melakukan proses cek plagiarisme secara online, Viper Anti-plagiarism Scanner ini tidak melalu website seperti contoh website pengecekan plagiat konten di atas. Melainkan cara pengecekannya adalah Anda perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu, kemudian memasangnya di desktop.

Kesimpulan

Website penyedia layanan cek plagiarisme konten memang membantu terutama content writer dalam menulis untuk konten pada website. Hal ini dikarenakan baik Anda menulis ulang konten pada website yang Anda jadikan referensi ataupun menulis berdasarkan pengalaman sendiri memiliki kerentanan dalam plagiasi konten meskipun itu hanya beberapa persen saja.

Untuk itu Anda dapat memanfaatkan website-website penyedia layanan cek plagiarisme konten seperti pada pembahasan artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Sebagai tambahan informasi, Anda dapat terus ikuti informasi di blog IDwebhost ini untuk agar mendapatkan info seputar bisnis secara gratis,

Lalu, jika Anda membutuhkan layanan web hosting dan domain, IDwebhost memiliki promo hosting dan domain setiap harinya yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan hosting dan domain pada website Anda. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.