Website Builder Adalah: Solusi Bikin Website Tanpa Repot!

18 Feb 2024
Website Builder Adalah: Solusi Bikin Website Tanpa Repot! campaign-unlimited

Kini, kehadiran online melalui sebuah website menjadi hal penting bagi bisnis. Kemudahan akses via online memberikan peluang besar bagi bisnis untuk mendapatkan pelanggan dengan lebih praktis. Website builder adalah salah satu tools yang dapat membantumu untuk mewujudkannya.

Bagi kamu yang mungkin tidak memiliki pengetahuan teknis mendalam tentang pengembangan web, website builder bisa jadi solusi yang sangat bermanfaat. Penasaran untuk mulai menggunakannya? Pada artikel ini, kami akan membahas tentang website builder, manfaat, dan contoh beberapa website builder terbaik beserta fiturnya. Mari kita bahas!

Apa Itu Website Builder?

Seperti namanya, website builder adalah alat yang dapat membantu pengguna awam untuk membuat website tanpa keahlian dan latar belakang teknis dalam pengembangan web. Dengan web builder kamu dapat merancang website menggunakan berbagai fitur di dalamnya.

Website builder umumnya dilengkapi dengan user interface yang intuitif, template siap pakai, dan alat pengeditan visual yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan isi website. Beberapa website builder juga menawarkan fitur tambahan seperti web hosting, integrasi dengan media sosial, dan fitur e-commerce.

Manfaat Website Builder

Mengapa kamu perlu menggunakan website builder? Sebagai solusi pembuatan website yang praktis, website builder adalah salah satu alat penting untuk memasarkan produk maupun jasa secara online. Di samping itu, masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Berikut selengkapnya!

1. Membantu Meningkatkan Kehadiran Online

Website builder adalah alat yang dapat membantumu untuk memiliki website dengan mudah. Hal ini dapat membantumu untuk memperluas jangkauan secara online dan meningkatkan kehadiranmu di dunia digital.

Kehadiranmu secara online dapat mempermudah calon pelanggan atau klien untuk mencari produk dan layanan yang kamu tawarkan. Kamu dapat membagikan berbagai informasi terkait produk, layanan, atau karya publikasimu secara mandiri dan membuatnya accessible bagi user online.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Website yang dirancang dengan baik dapat memberikan kesan yang profesional dan meningkatkan kepercayaan dari pengunjung. Dengan menggunakan template siap pakai dari website builder, kamu bisa membuat desain website yang menarik sekaligus tampak eksklusif.

Memiliki desain website yang menarik dapat membantumu untuk meningkatkan reputasi merk atau bisnismu. Dengan begitu, kamu dapat membangun citra yang kuat dan mempengaruhi persepsi pelanggan potensial.

3. Sebagai Strategi Ekspansi Pasar

Sebagai salah satu platform digital yang tengah dikembangkan secara masif, kini website menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan adanya kemudahan memiliki website, kamu dapat mempromosikan produk atau layananmu dengan SEO (Search Engine Optimization), kampanye iklan digital, dan strategi digital marketing lainnya.

Strategi pemasaran menggunakan platform website dapat bekerja secara efektif dan terukur. Kamu bisa menentukan kriteria audiens dan strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan yang ditargetkan.

4. Membantu Memfasilitasi Interaksi Pelanggan

Selain menyediakan fitur desain, website builder adalah alat yang juga menyediakan berbagai pilihan fitur yang dapat kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Pengguna dapat menambahkan berbagai fitur interaktif untuk mengajak pengunjung terhubung dengan bisnis.

Pengunjung website dapat berinteraksi dengan bisnis melalui fitur, seperti formulir kontak, kolom komentar, atau fitur obrolan langsung. Dengan menghadirkan fitur ini, kamu dapat membuka peluang untuk mendapatkan umpan balik, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Kelebihan dan Kekurangan Website Builder

Tertarik untuk menggunakannya? Sebelum menggunakan website builder, sebaiknya kamu mengenal apa saja kelebihan dan kelemahannya. Walaupun ada banyak kemudahan yang ditawarkan website builder, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa kelemahannya sebagai pertimbangan.

1. Kelebihan Website Builder

Pertama-tama, mari kita bahas mulai dari kelebihannya. Di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa kelebihannya. Adapun beberapa kelebihan website builder adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan penggunaan. Alat ini tidak membutuhkan keahlian pemrograman dan konfigurasi website secara khusus.
  • Menyediakan ratusan template dan tema website yang menarik. Pilih dan sesuaikan berbagai template siap pakai untuk membuat desain website sesuai dengan keinginan.
  • Sangat responsif. Walaupun dibuat secara instant, website buatan web builder tetap memiliki user friendly interface dan bahkan mendukung versi mobile. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan keterbatasan akses dari pengunjung dengan smartphone.
  • Memiliki fitur drag and drop. Tanpa metode edit yang rumit, kamu bisa mengubah desain dan fitur pada tampilan web dengan fitur drag and drop.
  • Menyediakan pengaturan SEO. Website buatan web builder dapat bersaing secara fair dengan website lain pada SERP. Kamu bisa membuat desain website yang responsif, accessible, dan menggunakan optimasi keyword yang tepat untuk memudahkan pencarian web di search engine.

2. Kelemahan Website Builder

Di sisi lain, website builder adalah aplikasi yang juga memiliki kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari website builder, yang mungkin perlu kamu pertimbangakan:

  • Tidak menyediakan pengaturan database website. Berbeda dengan web hosting, kamu tidak dapat mengatur penyimpanan data website menggunakan website builder.
  • Termasuk jenis web statis. Meskipun web statis dinilai lebih baik dari segi performa dan kecepatannya, jenis web ini kurang fleksibel dan terbatas dalam berinteraksi dengan pengunjung.
  • Tidak menyediakan pengaturan domain website. Menggunakan web hosting dapat membantumu untuk mengatur dan mengelola domain sekaligus, namun hal ini tidak berlaku pada website builder.
  • Tidak dapat digunakan untuk dua situs website sekaligus. Pengguna hanya dapat mengelola satu website saja dengan website builder.
  • Tidak menyediakan layanan pembuatan dan pengaturan email. Pembuatan dan konfigurasi email bisnis perlu dilakukan secara terpisah, di luar website builder.

Contoh Website Builder Terbaik

Jika kamu tertarik untuk mencoba menggunakan website builder, maka kamu harus menggunakan website builder yang paling bagus. Adapun contoh website builder adalah sebagai berikut:

1. Wix

Wix adalah salah satu website builder terpopuler dengan interface drag and drop yang mudah digunakan. Fitur-fiturnya meliputi ratusan template profesional, editor visual yang kuat, fitur e-commerce, dan integrasi media sosial yang lengkap.

2. WordPress

WordPress adalah platform website builder yang fleksibel dan dapat dikustomisasi dengan mudah. Dengan ribuan tema dan plugin yang tersedia, WordPress memberikan kontrol penuh atas tampilan dan fungsionalitas websitemu.

3. Squarespace

Squarespace menawarkan template yang elegan dan modern dengan antarmuka yang minimalis. Fitur-fiturnya mencakup desain responsif, mesin analitik, blog, dan integrasi dengan platform pemasaran online.

4. Shopify

Jika kamu ingin membangun toko online, Shopify adalah pilihan website builder yang populer. Dengan fitur-fitur seperti manajemen inventaris, proses checkout yang aman, dan integrasi dengan berbagai pembayaran online, Shopify dapat memudahkanmu dalam memulai bisnis e-commerce.

Kesimpulan

Website builder adalah solusi ideal bagi kamu yang ingin membuat dan mengelola website tanpa pengetahuan teknis yang mendalam. Dengan fitur-fitur intuitif dan template yang siap pakai, website builder memudahkan siapa pun untuk memiliki kehadiran online.

Menggunakan website builder terbaik seperti Wix, WordPress, Squarespace, atau Shopify, kamu dapat menciptakan website yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu. Kini, membangun bisnis selangkah lebih mudah lagi dengan adanya teknologi website builder yang praktis dan dapat digunakan oleh siapa saja.

Akan tetapi, perlu diketahui jika beberapa website builder gratis mungkin menyediakan fitur yang terbatas. Ada sejumlah perbedaan antara website builder gratisan dan premium. Jika kamu ingin menggunakan fiturnya secara maksimal, maka kamu dapat memilih web builder versi berbayar.

Untuk layanan pembuatan website bisnis yang lebih lengkap dan terjangkau, kamu bisa mengandalkan layanan website hosting IDwebhost. Mulai dari Rp 10 ribuan saja, kamu bisa mendapatkan website yang lengkap dengan SSL serta email dan database yang unlimited! Yuk, pelajari selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022