Manfaat Membuat Paket Hosting Sendiri Melalui WebHost Manager
Blog Tips Keren

Manfaat Membuat Paket Hosting Sendiri Melalui WebHost Manager

WebHost Manager adalah kepanjangan dari WHM. Fungsi dari WHM ibarat seperti control panel. Di mana panel tersebut bekerja untuk memudahkan reseller maupun Admin Server untuk mengatur hosting yang tersedia. Disini port yang dipakai memiliki digit 2086. Dengan memakai WHM, maka banyak manfaat yang akan bisa didapatkan antara lain melakukan perubahan terhadap paket, menghapusnya, atau bahkan melakukan create atau menciptakan kembali. Nantinya paket yang telah anda buat tersebut akan bisa digunakan untuk klien atau customer. Banyak sekali manfaat dan juga fitur yang tersedia di WHM ini. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat daftar fitur-fitur WHM tersebut serta panduan membuat paket hosting sendiri sesuai yang diinginkan.

Cara Pertama: Pilih Fitur WebHost Manager Yang Akan Digunakan

 

WebHost Manager
idwebhost

WebHost Manager adalah sebuah panel yang kaya akan fitur. Banyak sekali pilihan atau opsi fitur yang bisa anda pergunakan didalamnya. Dengan memanfaatkan semua fitur tersebut maka anda pun akan bisa mengoptimalkan panel ini sesuai ketentuan atau kebutuhan yang anda inginkan didalamnya. Penggunaan fitur yang tepat juga berpotensi membantu anda menciptakan fitur terbaik yang anda inginkan. Ikuti langkah masuk ke menu fitur berikut:

Pertama, Anda bisa memulainya dengan login terlebih dahulu di WebHost Manager yang sudah tersedia. Caranya bisa melalui http://namadomainanda/whm. Atau cara alternatif lainnya bisa menuju ke http://whm.namadomainanda. Jika sudah selesai masuk ke panel login WHM ini, anda bisa menuju ke langkah selanjutnya, yakni memilih Packages.

Kedua, Dari menu packages WebHost Manager ini, akan tersedia banyak kategori yang bisa anda pilih, mulai dari Delete Packages, Add Packages, Feature Manager, Edit Packages, dan lain sebagainya. Disini yang wajib anda lakukan adalah memilih menu Feature Manager. Kemudian dari sini anda bisa melakukan penambahan, pengeditan, atau penghapusan fitur yang akan digunakan.

Ketiga, Langkah berikutnya lebih kepada seleksi mana fitur yang hendak anda pakai dan mana fitur yang tidak anda pakai. Dengan memilih fitur yang tepat, sudah pasti anda akan mampu mengoptimalkan semua fungsi dari WebHost Manager yang anda manfaatkan itu sendiri. Daftarnya bisa anda lihat dibawah ini

Baca Juga: Tips Mengatasi Outlook Tidak Bisa Menerima Email

Fitur Yang Tersedia Pada WebHost Manager

 

WebHost Manager
idwebhost

Chat Rooms, WebHost Manager menyediakan kepada anda fitur yang satu ini guna memudahkan anda membuat sebuah chat room untuk berinteraksi dengan pengguna atau user lain. Anda juga bisa melakukan interaksi dengan visitor lebih mudah.

Simple and Advance Guest Books: untuk keperluan analisa pengunjung yang datang ke situs atau domain, tentu anda perlu Guest Book ini. Disini akan tersedia data lengkap siapa saja yang masuk ke situs anda. Nantinya ini bisa anda jadikan sebagai bahan analisa untuk pengembangan situs.

Default Address Manager: WebHost Manager juga menyediakan fitur lain yakni Default Address Manager yang akan memudahkan anda me-manage default address domain atau situs yang dimiliki. Anda pun bisa membuat tampilaan homepage yang nantinya lebih menarik.

Email Filtering Manager: WHM juga menyediakan fasilitas lain berupa Email Filtering yang membantu pengguna dalam memerangi spam atau pesan sampah yang tidak penting. Disini anda bisa mengontrol mana pesan yang boleh masuk dan mana pesan yang perlu difilter.

Supprt WebMail: WHM juga support dengan webmail sehingga memudahkan visitor untuk mengirimkan masukan atau kritik dan saran kepada anda. Anda pun bisa lebih mudah mendapatkan feedback yang tepat.

PhpMyAdmin dan PhpPgAdmin: Fitur ini memudahkan anda untuk mengkonfigurasi server seperti seorang admin. Jadi anda sendiri yang mengatur seperti apa server tersebut akan digunakan. Anda mau melakukan edit, pembagian, penghapusan, create, dan lain sebagainya, semua terserah anda.

Java Clock dan Java Countdown: WebHost Manager juga akan memberikan anda fitur Java yang memudahkan pengguna untuk bisa melihat waktu yang lebih tepat dan akurat. Semuanya akan bisa memberikan kemudahan yang anda butuhkan saat ini.

Entropy Search: Memudahkan anda dalam melakukan pencarian data atau file yang diperlukan. Anda juga akan bisa menemukan kemudahan untuk memasang Entropy Banner jika anda menginginkannya.

Addon CgI Scripts: Bagi anda yang hendak menambahkan pengaturan script tambahan, disinilah anda bisa melakukannyaa. Anda pun aakan lebih mudah untuk menciptakan website yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Panduan Menambahkan Paket Hosting Melalui WHM

Sekarang saatnya membahas tentang cara menambahkan paket hosting melalui WebHost Manager tersebut. Hal yang terpenting adalah anda harus masuk terlebih dahulu dengan menginput ID dan password anda.

Pertama, Pastikan anda sudah login di halaman WebHost Manager anda. Sama seperti diatas, anda tinggal masuk ke http://namadomainanda/whm atau bisa melalui http://whm.domainanda. Pilih mana yang paling sesuai dan cepat menurut anda.

Kedua, Anda bisa masuk ke langkah selanjutnya dengan memilih Packages yang tersedia. Kemudian, di sekian banyak opsi kategori yang tersedia, anda harus memilih Add Packages.

Ketiga, Disinilah letak poin pentingnya, anda harus memasukan nilai dari fasilitasn yang akan anda berikan untuk paket yang dibuat. Misalnya anda adalah reseller paket domain yang hendak membagi-bagi paket anda dengan level standard, medium, dan VIP. Anda tinggal memasukan saja angkanya sesuai dengan paket yang dipilih oleh klien yang anda miliki.

Keempat, Yang perlu anda cek disini adalah jenis paketnya, besaran space yang diberikan, jumlah akun FTP yang disediakan, email account yang akan dipakai, jumlah milisnya, ketersediaan Database SQL untuk pengguna, jumlah sub domain tambahan, jumlah bandwith limit yang diperbolehkan, dan lain sebagainya.

Kelima, setelah semua langkah diatas anda lakukan, silahkan memilih create untuk menyelesaikan pembuatan paket hosting anda dengan WebHost Manager. Kini anda sudah menciptakan paket baru yang ready untuk digunakan pelanggan anda.

Cara Mengubah Paket Yang Telah Diciptakan

 

WebHost Manager
idwebhost

WebHost Manager juga memudahkan anda untuk melakukan perubahan terhadap paket yang sudah diciptakan. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan.

Pertama, tahap awalnya adalah dengan melakukan Edit Package terlebih dahulu. Disini anda hanya tinggal mengeklik menu edit di kolom yang tersedia. Pilih nama klien siapa yang hendak anda edit paketannya.

Kedua, anda akan kembali masuk di kolom Edit Package dimana anda bisa menginput kembali jumlah bandwith, kuota, email account, FTP account, dan spesifikasi lainnya yang hendak anda buat untuk paket domain yang diminta oleh pelanggan.

Ketiga, setelah semua selesai, anda tinggal memilih menu OK/Confirm dan setelah itu paket yang anda buat tersebut telah selesai diciptakan. Kini anda sudah selesai mengubah paket hosting domain yang sesuai keinginan.

Keempat, apabila anda ingin menghapus atau men-DELETE paket hosting yang sudah anda buat via WebHost Manager ini, maka anda hanya tinggal memilih kolom DELETE PACKAGE, kemudian pilih paket mana yang hendak dihapus, setelah itu tekan atau klik tombol KILL yang ada di layar halaman WebHost Manager anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.