Cara Membuat Web WordPress Mode Maintenance
Blog Tips Keren

Cara Membuat Web WordPress Mode Maintenance

Web wordpress dalam mode maintenance terkadang dilakukan karena web masih dalam mode konfigurasi. Jika anda sedang memperbarui plugin dan tema, maka cobalah buka website anda memakai perangkat lain. Dari sini anda nantinya akan melihat website anda yang terbuka adalah halaman under maintenance. Sayangnya tampilan halaman tersebut dibuat seadanya dan kurang menarik. Hal ini tentunya akan kurang menghargai perhatian pengunjung. Apabila anda ingin membuat tampilan halaman anda lebih menarik saat mode maintenance maka ada beberapa cara yang bisa anda terapkan berikut ini.

Langkah-Langkah Membuat Halaman WordPress Under Maintenance

 

Cara Membuat Web WordPress Mode Maintenance
idwebhost

Untuk bisa membuat halaman web wordpress anda dalam kondisi under maintenance maka langkah yang harus anda lakukan adalah menggunakan plugin terlebih dahulu. Untuk tahap awal anda bisa masuk ke bagian plugin yang tersedia, kemudian masukan keyword Maintenance di kolom yang sudah disediakan. Dari sinilah anda akan mendapatkan hasil beberapa plugin yang bisa anda pakai tersebut. Anda direkomendasikan menggunakan plugin yang bernama coming soon page and maintenance mode by sedprod. Ini adalah plugin yang bisa anda gunakan jika bingung dalam memilih plugin lain yang diinginkan. Jika sudah ketemu maka tahap selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih menu install now.

Kemudian aktifkan plugin anda tersebut. Setelah diaktifkan maka anda bisa masuk menuju panel pengaturan web wordpress yang sudah sediakan oleh plugin ini. Langkah awalnya adalah mengaktifkan terlebih dahulu fitur bernama enable maintenance mode yang ada didalamnya. Kemudian buat headline yaang anda inginkan. Pastikan mengetik kalimat yang manis bagi pengunjung situs anda. Di sini anda sebaiknya sangat selektif dalam memilih kata-kata karena itu akan berimbas pada kredibilitas yang telah anda bangun sebelumnya. Anda pun juga bisa menambahkan gambar yang menarik supaya nantinya pengunjung tetap senang dalam membuka halaman website anda itu.

Apakah anda ingin memodifikasi design tampilan pesan maka anda bisa masuk ke menu tab design yang sudah tersedia didalamnya. Silahkan mengatur sendiri tampilan desain apa yang anda inginkan didalamnya. Apabila anda sudah selesai memilih desain, kata-kata yang akan digunakan dan juga tampilan lainnya, maka anda bisa mengetesnya dalam bentuk preview. Nantinya akan tampil halaman asli dari website anda tersebut pada saat mode maintenance didalamnya.

Kenapa Tampilan Web WordPress Harus Bagus Saat Maintenance?

 

Cara Membuat Web WordPress Mode Maintenance
idwebhost

Web wordpress yang memiliki tampilan bagus pada saat maintenance juga perlu anda perhitungkan sejak awal. Kenapa? Karena ini akan menimbulkan daya tarik tersendiri bagi pengunjung setia web anda. Terlebih lagi jika anda adalah pemilik toko online atau web berita yang tak pernah sepi dengan pengunjung setiap harinya. Berikut adalah beberapa alasan signifikan kenapa tampilan web wordpress harus bagus dalam kondisi ini:

Membuat Situs Anda Lebih Berkesan

Kesan adalah sesuatu yang harus anda pahami dalam membuat halaman untuk web wordpress maintenance. Dari sini kesan yang positif akan dirasakan pengunjung. Hal ini akan membuat mereka menganggap situs anda punya cara yang professional dalam kondisi tertentu semacam ini. Anda pun tetap akan mendapatkan perhatian dari mereka dan bisa berkunjung lagi ke situs tersebut pada saat tertentu. Selain itu, kesan ini juga akan sangat bagus manfaatnya apabila anda ingin memberikan sesuatu yang berbeda kepada pengunjung setia anda dalam kondisi web sedang perbaikan atau kustomisasi.

Menunjukkan Profesionalitas Pemilik Website

Web wordpress maintenance yang punya tampilan bagus menujukan bahwa yang ada didalamnya adalah orang-orang professional. Jadi bukan orang biasa saja yang membiarkan tampilan web mereka apa adanya. Ini juga akan meningkatka rasa hormat pegujung terhadap situs yang anda miliki. Alhasil, daya tarik tersebut akan semakin bertambah. Seperti yang diketahui banyak web diluar sana yang membiarkan tampilan situsnya jelek begitu saja tanpa adanya perubahan yang mendalam sama sekali. Dengan memiliki tampilan web yang bagus, maka banyak kepuasan yang nantinya akan bisa anda peroleh. Yang mana situs anda tersebut akan bisa tampil dengan lebih menawan dan istimewa lagi dibandingkan dengan sebelumnya.

Menghargai Upaya Visitor Datang Ke Situs Anda

Para pengunjung setia pasti kaget jika visitor yang berkunjung ke web anda melihat situs tersebut tiba-tiba tampilannya kurang menarik. Dalam kondisi maintenance semacam ini, sudah pasti anda sebaiknya melakukan yang terbaik dalam menghargai upaya visitor yang sudah memasukan URL anda di mesin pencari. Bagaimanapun juga mereka sangat berjasa dalam menambah jumlah traffic yang ada di situs anda. Dengan menujukan bahwa web anda sedang maintenance, sudah pasti akan semakin banyak keuntungan yang akan bisa anda dapatkan. Kini membuat situs yang bagus dan istimewa, sudah bukan lagi halangan.

Menunjukan Keseriusan Anda Membangun Sebuah Website

Para pengunjung web wordpress bisa tau apakah anda sosok yang serius dalam membangun situs atau tidak dengan cara melihat bagaimana anda menyuguhkan tampilan situs yang user friendly. Tentu hal ini beda jika anda membuat situs asal-asalan dan terkesan membiarkannya begitu saja. Dengan menyuguhkan tampilan situs secara istimewa, sudah pasti anda akan bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar dan nyata nanti. Dari sinilah anda akan bisa membuat situs anda menjadi lebih berkesan dan punya daya tarik tersendiri didalamnya. Jangan biarkan situs anda biasa saja tampilannya.

Baca Juga: Beberapa Plugin Terbaik Untuk Backup WordPress

Kebanyakan orang menganggap tampilan yang penting di front end atau halaman utama website adalah ketika pengunjung membuka situs tersebut saja, tapi bagaimana jika situs itu dalam mode maintenance? Sudahkah anda memperhitungkan untuk membuat pengunjung web wordpress anda tetap bisa memahami profesionalitas anda? Dari sinilah dibutuhkan kesiapan dengan menginstall plugin tertentu agar website anda bisa tetap dalam kondisi bagus meskipun ada maintenance yang sedang berjalan didalamnya. Anda telah menyuguhkan sesuatu yang bernilai kepada pengunjung. Hal ini jika memperlihatkan anda tidak sama dengan web-web diluar sana yang tampilannya terkesan biasa saja pada saat maintenance. Jangan sampai anda disamakan dengan pemilik web-web gratis atau blog gratis yang membuat web mereka apa adanya begitu saja.

Cara Membuat Web WordPress Mode Maintenance
idwebhost

Instalasi terhadap plugin yang berguna semacam ini memang perlu supaya nantinya anda bisaa mendapatkan benefit atau manfaat yang jelas dan pasti lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Kalau perlu riset dahulu tentang tampilan maintenance seperti apa yang anda inginkan. Dengan memilih pilihan tampilan halaman yang tepat, sudah pasti semakin banyak kemudahan yang akan bisa anda dapatkan di dalamnya. Pilihan ada di tangan anda, apakah anda ingin membuat sebuah website yang terkesan pro, atau seperti biasa-biasa saja? Dalam menciptakan sebuah website terbaik tentu saja ada sejumlah proses yang harus anda terapkan. Mulai sekarang saatnya untuk menciptakan website terbaik dengan cara yang anda inginkan didalamnya. Jadi hanya melihat tampilan utamanya saja, perhatikan web dalam kondisi maintenance tersebut.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.