Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Router

router adalah sebuah perangkat yang memiliki tugas utama untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet menuju perangkat lain. Proses pengiriman paket data ini juga sering disebut sebagai routing.

Router menurut mekanismenya: - Router statis  - Router dinamis

Router menurut bentuknya: - Router software _ Router hardware - Router PC

- Mengirimkan informasi - Menghubungkan jaringan - Menyaring paket data Menghubungkan jaringan ke DSL - Membagikan file

Router bekerja dengan memastikan paket data atau internet sampai ke perangkat-perangkat yang terhubung secara efektif. Dalam melakukan tugasnya, router bekerja dengan bantuan table routing untuk menganalisis dan mengirimkan paket data atau internet.

Fugsi Modem mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal dari ISP menjadi sinyal digital yang dapat dibaca atau dikenali oleh berbagai jenis perangkat. Jika fungsi modem meliputi proses pengubahan, router hanya mencakup pengelolaan.

Sambungan: router dapat terhubung pada beberapa PC sekaligus dengan jaringan nirkabel wifi. Sementara itu, modem hanya dapat digunakan untuk terhubung pada satu atau beberapa komputer saja dengan menggunakan perangkat lunak.

Tipe alamat IP: Router dan modem mempunyai tipe IP address yang berbeda. Tipe IP address yang digunakan oleh router adalah private IP address, sedangkan modem menggunakan public IP address.