Web Developer : Pelajari Cara Menjadi Web Developer dan Berbagai Hal lainnya!

31 Des 2021
Web Developer : Pelajari Cara Menjadi Web Developer dan Berbagai Hal lainnya!

Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati di masa perkembangan teknologi yang bergerak semakin pesat. Lebih mengasyikannya lagi, bidang pekerjaan web development (di mana web developer bekerja) menjadi salah satu bidang yang posisi permintaan lowongan pekerjaan memberikan standar gaji yang sangat tinggi.

Jadi, tidak mengherankan jika bidang pekerjaan ini banyak dilirik dan juga diminati.

Jika saat ini Anda ingin menjadi web developer serta mempelajari bidang pekerjaan pada web development, maka Anda telah tepat berada di sini untuk membaca artikel ini!. 

Mari ikuti pembahasannya sebagai berikut:

Apa itu Web Developer?

Web developer merupakan profesi yang bertugas sebagai pembuat aplikasi dan website. Pilihan karir ini cukup prospektif dikarenakan semakin lama, dan juga semakin banyak perusahaan yang menginginkan membuat website.

Nah, untuk menjadi seorang web developer yang handal,Anda perlu untuk menentukan tujuan menjadi developer agar Anda jelas memutuskan hal apa saja yang perlu Anda pelajari supaya lebih jelas.

Jenis dan Tugas Web Developer?

 

Apa-itu-Web-Developer

Umumnya di dunia kerja, terdapat tiga pilihan karir untuk menjadi web developer, diantaranya yaitu Front-end Developer, Back-end Developer, dan Full-stack Developer.

Berikut ulasan dari masing-masing jobdesknya :

1. Front End Developer

Front end developer merupakan profesi yang memiliki tugas dalam mengembangkan website dari sisi tampilan dengan memakai HTML, CSS, dan JavaScript.

Front-end developer bertugas untuk mengurusi desain website secara menyeluruh. Hal-hal yang dikerjakannya meliputi pengerjaan dari segi menu (development, design, marketing, company), tombol interaksi (menampilkan banner ebook gratis), serta gambar untuk meningkatkan pengalaman user (UX) saat membuka website.

Adapun nama front-end sendiri dianggap sama dengan halaman muka pada sebuah toko yang menunjukan gambaran umum atau informasi sebelum orang pergi ke dalamnya.

Inilah alasannya mengapa seorang front-end perlu untuk berpikir dan bertindak secara kreatif serta mempunyai skill desain yang cukup pada bagian desain. Front-end developer harus memikirkan tentang bagaimana cara pengunjung berinteraksi dengan sebuah website.

Nah untuk mengakomodasi semua proses kebutuhan tersebut, seorang front-end perlu juga untuk menguasai beberapa bahasa pemrograman, contohnya HTML, CSS, dan JavaScript.

2. Back End Developer

Backend developer merupakan profesi yang bertugas dalam mengatur bagian belakang website, contohnya server, penerimaan data dari front end, dan lain sebagainya.

Jika front-end developer berperan  mengatur tampilan website, back-end developer memili tugas untuk penulisan kode yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung. Biasanya back-end developer juga menangani pada berbagai peningkatan dan perbaikan fungsi sistem, API, library, dan lain sebagainya.

3. Full Stack Developer

 

Apa-itu-Web-Developer

Full stack developer merupakan gabungan dari keduanya, jadi posisi ini bertugas untuk mengurusi front-end hingga ke bagian back-end. Jadi Full Stack Developer untuk perlu memiliki keahlian dalam mengembangkan bagian depan website serta bagian dalamnya.

Di sisi lain, seorang full stack developer dituntut untuk memiliki pengetahuan mendalam tentang server management, API, database, websocket, pemrograman, dan struktur website. Penting juga sebagai seorang full stack developer untuk memahami disiplin ilmu lain yang berhubungan dengan tampilan depan contohnya user experience (UX) dan user interface (UI). 

Skill Web Developer

 

Apa-itu-Web-Developer

Nah setelah kita memahami tentang web developer beserta jenisnya, sekarang kita mulai ke tahap skill apa saja sih yang dibutuhkan oleh seorang Web Developer? Berikut penjelasan detailnya :

Skill Front End Developer

1. Hypertext Markup Language (HTML)

Untuk menyusun dan membuat bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan juga blockquote pada halaman website seorang pengembang website perlu untuk menggunakan HTML. 

HTML adalah bahasa pemrograman yang telah cukup lama digunakan dalam mengembangkan website. Bahasa ini menjadi poin utama yang perlu untuk diketahui oleh orang yang ingin terjun pada dunia pemrograman.

Bahasa pemrograman ini dikenal mudah untuk dipelajari, jadi Anda tidak perlu khawatir. Saat Anda menggunakan HTML, Anda dapat berhubungan dengan struktur kode yang sederhana, contohnya tag dan atribut untuk mark up halaman website.

Contoh lain ketika Anda membuat sebuah paragraf, Anda cukup memasukkan sebuah teks di antara tag pembuka <p> dan juga penutup </p>.

2. Cascading Style Sheets (CSS)

Untuk membuat tampilan website yang modern dan menarik, Anda dapat menggunakan CSS yang dapat mempermudah pembuatan tampilan website.

Fungsi utama dari CSS ini yaitu agar dapat memisah antara konten dengan tampilan visual di website. Anda bebas untuk mengatur tampilan elemen website yang tertulis dalam bahasa mark up, contohnya HTML. Nah, melalui CSS Anda dapat mengubah warna, posisi, dan ukuran elemen di dalam website dengan sangat mudah.

CSS pun juga bisa untuk membuat fungsi-fungsi yang cukup rumit seperti membuat dropdown menu. 

3. JavaScript

Tentu sebagian besar seorang pengembang web menginginkan untuk membuat website yang sempurna navigasi beserta tampilannya, semua itu bisa Anda bisa wujudkan dengan menggunakan JavaScript. Dengan menggunakan JavaScript, Anda menjadi lebih mudah dalam pembuatan berbagai fitur dari yang sederhana sampai dengan yang paling rumit sekalipun . Sebagai contoh layout, galeri, tombol, carousel, dan lain sebagainya.

JavaScript juga dapat dalam membuat berbagai jenis animasi dua dimensi maupun tiga dimensi. Lebih hebatnya lagi, javascript ini juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang berhubungan dengan database kalau Anda mau mengembangkannya.

Mengenai kelebihan JavaScript dibandingkan dengan bahasa pemrograman sejenisnya yaitu banyaknya framework yang tersedia.

Skill Back End Developer

1. Structured Query Language (SQL)

Jika Anda sudah pernah mempelajari tentang database, maka umumnya sudah tidak asing dengan SQL yang berguna saat Anda mau mengumpulkan berbagai informasi pengunjung. 

Ketika pengunjung mendaftar atau mengisi form dengan melakukan submit, SQL bertugas supaya dapat mengeksekusi sebuah perintah dalam mengambil data tersebut yang disimpan ke dalam database.

Jadi Anda bisa menyimpan informasi contohnya username, password, nama, dokumen, dan lain sebagainya dengan menggunakan SQL.

SQL juga membantu Anda dalam menampilkan informasi yang sebelumnya telah tersimpan di dalam database. Selain dapat menyimpan dan juga menampilkan informasi di dalam database, SQL juga mampu untuk menghapus dan menyunting informasi di dalam database.

Masih tersimpan banyak fungsi SQL yang di dalamnya dapat digunakan supaya memudahkan berjalannya sebuah website. Saat Anda membuat form sign up, login, form pendaftaran, pemesanan, dan lain sebagainya, hal ini semua tidak pernah lepas dari peran SQL.

2. Hypertext Preprocessor (PHP)

Ketika kita tertarik mendaftar di website, biasanya website akan menampilkan suatu form login atau sign-up. Form ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tidak hanya sampai di sini saja, PHP juga dapat membuat tampilan website Anda menjadi lebih menarik, dinamis atau menyesuaikan perangkat pengunjung, dan mempunyai fungsionalitas secara maksimal.

Nah sekarang, apa bedanya dengan HTML? Website yang menggunakan HTML saja hasilnya masih terbilang statis atau tidak responsif sehingga tampilannya terlihat biasa saja dan monoton. Sedangkan jika website dikombinasikan CMS dengan PHP, website mampu berjalan lebih maksimal dari segi tampilan maupun navigasinya lebih menarik.

Tak hanya itu, proses input dan output menggunakan database akan jauh lebih mudah dilakukan menggunakan PHP daripada HTML.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang web developer tidak ada yang mustahil untuk dilakukan. Dengan bermodalkan wawasan yang cukup, Anda pun punya peluang menjadi seorang web developer yang sukses.

Kemudian, jenis developer apapun yang Anda pilih, tentu semua memiliki pasarnya masing-masing. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai memilih karir sebagai front end developer, back end developer, atau full stack developer.

Rekomendasi dari kami, Anda dapat memilih jenis pilihan karir sebagai web developer yang sesuai dengan minat serta kemampuan Anda.

Semoga bermanfaat 

Tidak lupa kami sampaikan, Anda dapat mengunjungi halaman blog IDwebhost untuk mendapatkan update informasi artikel dari IDwebhost menarik dan bermanfaat lainnya.

Anda juga bisa menggunakan layanan hosting pada IDwebhost dan domain lengkap jika Anda membutuhkan hosting terbaik dalam membangun website.

Kemudian masih ada juga layanan jasa pembuatan website dari IDwebhost atau wunik yang masih dalam satu bisnis dengan IDwebhost untuk membuat website secara instan dan mudah.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013