8 Web Builder Terbaik Yang Harus Anda Coba di Tahun 2020

12 Apr 2020
8 Web Builder Terbaik Yang Harus Anda Coba di Tahun 2020 campaign-unlimited

Memilih web builder yang tepat sangat penting karena akan memberikan pengaruh terhadap website Anda. Sebuah website juga memerlukan “tukang” dan peralatan untuk dibangun. Di masa lampau, peralatan tersebut hanya bisa dibuat oleh siapapun yang mahir mengedit kode karena tidak sembarangan orang bisa membuat dan mengembangkan website. Untungnya, di era sekarang ini membangun website tidak memerlukan kemampuan mengedit kode. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah website.

Web builder nantinya akan sangat membantu Anda dalam mengelola website. Jika Anda memiliki bisnis online, maka dengan adanya web builder akan sangat membantu Anda agar website terlihat semakin profesional. Kebutuhan dalam memiliki sebuah website saat ini memang sangat dibutuhkan, baik itu untuk perusahaan maupun pelaku usaha. Banyak manfaat yang bisa didapat, salah satunya untuk mempromosikan atau membantu orang untuk menemukan bisnis yang Anda kembangkan.


Dengan berkembangnya teknologi, kini membuat website tidaklah harus memiliki skill untuk membangun situs yang bagus dan kompleks. Tidak seperti dulu, seorang pengembang website harus menguasai minimal tiga bahasa pemograman, yakni PHP, HTML, dan CSS. Hal ini tentu berbeda dengan sekarang karena Anda bisa membuat website dengan bantuan web terbaik.

Web builder
Web builder

Apa Itu Web Builder?

Sekarang ini banyak sekali software pembuat website online maupun offline, bahkan ada yang berbasis web. Beberapa perusahaan yang menyediakan website builder mematok tarif relatif, bahkan ada yang gratis. Namun dengan menggunakan web builder, Anda tidak memerlukan kemampuan khusus di bidang pengeditan kode.

Web builder adalah alat-alat yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Web builder juga dapat Anda artikan sebagai program pembuat website untuk non-praktisi IT. Dengan begitu orang yang awam sekalipun bisa membangun website tanpa mahir di bidang IT. Namun, bukan berarti membangun website dengan website builder itu semudah membalikkan telapak tangan karena dibutuhkan pengalaman dan keterampilan untuk mengoptimalkan sebuah web.

Apa saja web builder terbaik di tahun 2020?

Anda perlu tahu bahwa berdasarkan cara format programnya, terdapat 2 jenis website builder, yaitu web builder online dan offline. Berdasarkan edisi dan fitur, website builder dapat dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu web builder gratis dan berbayar. Apapun pilihan Anda pastikan kalau web builder yang Anda pilih adalah yang terbaik.

Berikut pilihan web builder terbaik di tahun 2020 yang harus Anda coba:

Web builder
Web builder

1.Wix

Wix merupakan website creator populer berbasis web yang menawarkan berbagai fitur bagus dan lengkap. Kumpulan 500 tema yang elegan akan membantu Anda dalam memilih sesuai dengan kategori situs. Untuk menggunakan Wix, Anda tidak harus menguasai bahasa pemograman, yang harus Anda lalukan hanyalah melakukan drag-and-drop fitur yang diperlukan. Wix dapat Anda gunakan secara gratis, namun jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih, terdapat beberapa plan yang dapat Anda pilih.

2.Weeby

Weebly adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang menyediakan pembuat website yang menawarkan serangkaian fitur mumpuni dan akan membantu Anda dalam mengembangkan website khususnya untuk bisnis online. Weebly juga menyediakan plan gratis yang dapat Anda pilih. Web yang satu ini juga menawarkan ratusan tema web yang dirancang secara profesional, mencakup hampir untuk semua jenis situs.

3.Shopify

Shopify bisa dikatakan sebagai best website untuk website ecommerce (toko online). Sesuai dengan namanya, Anda akan mendapatkan fitur-fitur untuk membangun website belanja daring. Shopify memiliki interface yang intuitif, mudah dikuasai, dan sangat sederhana. Fitur utama Shopify adalah app store di mana melalui fitur ini Anda dapat dengan bebas memilih aplikasi ecommerce, dari mulai aplikasi invoice hingga aplikasi review produk.

4.Jimdo

Jimdo merupakan pembangun situs web yang unik dan ditargetkan sebagian besarnya untuk pengguna pemula. Layanan ini bisa Anda gunakan secara gratis. Jimdo juga memberikan latar belakang pada toko online Anda di Facebook dan media sosial lainnya. Biaya untuk pemutakhirannya juga cukup murah dan bisa Anda lakukan dengan mudah.

5.Squarespace

Squarespace adalah web builder terbaik untuk Anda yang mencari tampilan website yang elegan. Dalam urusan templates dan themes tidak ada yang mampu menandingi Squarespace. Jika Anda sedang membangun website yang menitikberatkan pada kenikmatan visual seperti fotografi dan lain-lain, maka Squarespace sangatlah cocok untuk Anda.

6.SimpleSite

SimpleSite akan membantu Anda dalam mengelola website dengan mudah dan cepat. Hal yang paling menarik dalam menggunakan SimpleSite dibandingkan builder situs web lainnya adalah bahwa Anda memiliki kemampuan terbatas untuk menjual produk menggunakan rancangan gratisnya.

7.Strikingly

Bagi Anda yang ingin membuat website yang sederhana, maka Strikingly adalah pilihan yang tepat. Dengan web builder ini Anda bisa menciptakan situs web satu halaman dengan desain pilihan Anda yang telah dibuat sebelumnya. Tidak seperti banyak pembuat situs web gratis lainnya, Strikingly dapat mengubah template sebanyak yang Anda inginkan setelah situs Anda ditayangkan.

8.Wordpress

Website builder yang satu ini tentu sangat familiar, bukan? WordPress memiliki semua kelebihan pendahulunya yaitu WordPress.org dengan desain yang lebih disederhanakan dari website builder. WordPress.com dibangun khusus untuk blogging sehingga fitur pendukung blog yang luas secara otomatis terintegrasi di dalam builder ini, seperti analitik, search, komentar, kategori tampilan, pengarsipan, dan banyak lagi.

Bagaimana cara memilih web builder terbaik?

Agar penggunaan website semakin lancar, berikut beberapa tips agar Anda lebih tepat dalam memilih website builder

1.Kemudahan dalam penggunaan

Website builder yang paling canggih di dunia tidak berguna jika tidak sulit digunakan. Idealnya, web builder akan menawarkan fitur umum dalam pengembangan website tetapi sangat mudah digunakan sehingga tidak memerlukan petunjuk.

2.Kecepatan

Kecepatan merupakan hal penting pada sebuah website, baik itu dalam sebuah blog pribadi hingga toko online besar. Hal ini sangat mempengaruhi begitu banyak hal sehingga harus menjadi salah satu persyaratan utama dalam setiap host.

Web Builder Terbaik

3.Dukungan seluler

Kini masyarakat luas sudah banyak menggunakan seluler. Bahkan mesin telusur seperti Google juga lebih berfokus pada peningkatan kemudahan penggunaan seluler. Website seperti ini setidaknya harus dapat menawarkan peluang untuk menjadikan website Anda mobile-friendly.

4.Fitur ecommerce

Salah satu elemen terpenting dari toko online adalah kemampuan untuk memproses transaksi. Bagi Anda yang memiliki bisnis online, pastikan bahwa Anda memilih web yang tepat sehingga akan memudahkan dalam mengelola website jualan online Anda.

Demikianlah website builder terbaik yang harus Anda coba khususnya di tahun 2020. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah namun tetap berkualitas.

Penulis
Member since 2 Jul 2013