Ini Dia 5 Web Browser Terbaik Yang Paling Nyaman Digunakan
Blog Tips Keren

Ini Dia 5 Web Browser Terbaik Yang Paling Nyaman Digunakan

Web browser merupakan salah satu aplikasi paling penting saat ini. Siapa sih yang tidak pernah menggunakan browser hingga detik ini? pasti tidak ada bukan. Browser bisa kita katakan sebagai jembatan yang dapat menghubungkan kita sebagai pengguna ke internet atau dunia maya. Browser memiliki peran penting untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi, berinteraksi secara sosial, melakukan bisnis, kegiatan hiburan dan sebagainya. Kita perlu menggunakan web browser terbaik untuk memudahkan dalam berselancar di internet.

Seiring berkembangnya teknologi, fitur yang dimiliki web browser juga turut mengalami peningkatan bahkan beberapa juga telah dilengkapi dengan pengelola berkas, pengelola kata sandi, pengelola unduhan, hingga hal-hal teknis seperti menghubungi server DNS untuk mendapatkan alamat IP dari situs web.

Namun ancaman di browser pun juga kian meningkat. Ancaman keamanan online seperti phising, virus, dan malware semakin berkembang. Anda sangat perlu memilih web browser yang baik, cepat dan aman untuk menghindari berbagai ancaman tersebut. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara memilih web browser terbaik dari segi keseluruhan yang akan membuat anda nyaman memakainya.

Browser Yang Aman Itu Seperti Apa Sih?

Keamanan dan privasi tentunya menjadi dua hal yang harus dipertimbangkan secara serius saat anda berselancar di Internet. Web browser, atau sering juga disebut peramban yang aman harus bisa memberikan peringatan atau bisa blokir akses ketika anda sedang mengakses website yang tidak aman.

Lalu web browser yang terbaik dan aman harus bisa memberitahu ketika jaringan yang Anda gunakan tidak terenkripsi hingga memblock website yang memanfaatkan kerentanan sistem keamanan.

Keamanan dan privasi pastinya adalah hal yang kita inginkan ketik menggunakan internet, namun mayoritas konten yang anda temukan secara online itu gratis, namun banyak website yang memanfaatkan aktivitas pengguna untuk mendapatkan keungungan.

Contohnya adalah iklan online yang mampu mengumpulkan banyak data anda dibandingkan dengan iklan tradisional. Semua informasi yang anda simpan di Google, Apple, Facebook dan lainnya dikumpulkan untuk menayangkan iklan yang sudah ditargetkan.

Oleh karena itu untuk menghindari berbagai macam hal negatif tersebut anda membutuhkan web browser terbaik agar dapat berselancar di internet dengan aman. Berikut ini ulasan kami tentang web browser terbaik yang mungkin cocok dengan anda untuk dapat meningkatkan kenyamanan ketika berselancar di Internet

Web browser terbaik
Anda harus berhati-hati memilih browser demi keamanan

Web Browser Terbaik

1. Google Chrome

Web browser terbaik yang pertama adalah Google Chrome. Ya, mungkin sebagian besar dari anda menggunakan web browser satu ini. Hal ini wajar saja karena sejak dirilis pada tahun 2009 lalu, Google Chrome dengan cepat meningkat popularitasnya karena merupakan browser paling cepat pada saat itu bahkan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan seperti pengelolaan bookmark, ekstensi, tema, mode penyamaran dan semacamnya.Selain itu, Google Chrome juga sudah memiliki fasilitas ekstensi pemblokir iklan yang bisa anda gunakan kapanpun.

Melalui berbagai fitur ini, tidak heran kan jika Google Chrome menjadi web browser paling populer digunakan. Hingga kini tercatat dua dari tiga pengguna di internet memilih Google Chrome sebagai web browser mereka. Ya hal ini wajar saja karena selain memiliki berbagai fitur yang menarik, Chrome juga aman digunakan.

Satu hal yang sedikit kurang memuaskan dari Google Chrome adalah tentang privasi. Ya keuntungan yang didapatkan Google berasa dari melacak aktivitas online pengguna. Contohnya seperti apa yang anda beli, apa yang anda tonton, apa yang anda cari dan sebagainya. Dari hal inilah Google berhasil mendapatkan 90% penghasilan mereka dari iklan.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan salah satu saingan berat bagi Google Chrome karena memiliki berbagai fitur dan kemampuan yang mampu bersaing dengan Google Chrome. Apalagi setelah beberapa tahun lalu Mozilla berhasil merilis web browser Firefox 57 yang disebut dengan Quantum. Firefox versi terbaik merupakan revolusi dari semua versi sebelumnya.

Web browser terbaik
Mozilla Firefox

Bahkan Firefox 57 ini dinilai lebih cepat dan resmi dibanding Google Chrome. User Interface atau tampilan yang ditawarkan pun cukup menarik sehingga memaksa banyak pengguna pindah menggunakan browser Firefox ini.

Salah satu keunggulan utama Firefox adalah bagaimana ia menangani masalah privasi. Karena sepenuhnya open source, maka siapapun termasuk anda bisa melihat cara kerjanya. Artinya pengiklan cenderung tidak akan menyembunyikan apapun seperti pelacak perangkat lunak jadi sangat aman digunakan.

3. Apple Safari

Apakah anda pengguna Mac? Jika iya, pasti tidak asing dengan web browser satu ini. Ya Safari merupakan web browser bawaan dari yang tersedia secara default pada platform Apple yakni MacOS dan iOS saja. Web browser ini cocok digunakan bagi anda yang merasa bosan menggunakan browser mainstream macam Google Chrome dan Firefox.

Web browser terbaik
Safari salah satu web browser terbaik

Sempat dirilis di Windows, namun tidak bertahan lama Apple menariknya kembali. Dan hingga saat ini, Safari hanya tersedia khusus untuk Apple dan belum diketahui apakah di masa depan akan dirilis di Windows kembali atau tidak.

Safari memiliki reputasi hebat dalam hal keamanan dan privasi karena mempunyai fitur anti-malware yang menakjubkan dan mereka cepat dalam meluncurkan update keamanan.

4. Opera

Web browser terbaik selanjutnya adalah Opera. Ya, Opera merupakan web browser yang cukup populer dari sejak dulu, bahkan ketika ponsel masih menggunakan sistem operasi Java. Kecepatan dan fitur yan disediakan oleh browser ini membuat Opera disukai banyak orang. Salah satu fitur terbaiknya adalah mampu menghentikan crytojacking saat sedang menggunakan browser.

Untuk masalah keamanan dan privasi ada langkah lain yang harus anda lakukan, yaitu dengan menambahkan pemblokir iklan bawaan langsung di perambannya tanpa harus memasang ekstensi apapun. Anda bisa mengontrol di situs apa pemblokir iklan (Ads block) harus bekerja.

Opera juga merupakan browser pertama yang mengintegrasikan Virtual Private Network (VPN) gratis dan tidak terbatas di browser mereka. Maka dari itu, Anda tidak perlu membayar untuk VPN berkualitas atau meng-instal ekstensi VPN secara terpisah.

5. Vivaldi

Selanjutnya web browser terbaik yang terakhir adalah Vivaldi. Ya namanya cukup asing didengar karena ini merupakan web browser pendatang baru. Vivaldi diciptakan oleh mantan CEO dan beberapa developer Opera.

Walaupun berstatus pendatang baru, Opera tidak boleh diremehkan karena memiliki banyak fitur bagi penggunanya seperti pengelolaan tab berjajar, screenshot tampilan web langsung dari browser hingga kemampuan menampilkan huruf kanji secara vertikal.

Web browser ini juga dilengkapi dengan tampilan riwayat selancar yang menarik, penulisan catatan (notes) yang mudah, serta kemudahan mengubah layout peramban secara keseluruhan. Selain itu, sisi keamanan juga sangat diperhatikan dalam setiap rilisnya.

Itu dia lima web browser terbaik yang sangat aman dan nyaman digunakan untuk menjaga privasi anda ketika berselancar di Internet. Jadi ketika anda membuka website IDwebhost.com, anda akan menggunakan web browser yang mana?

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.