Kapan Waktu Terbaik Posting di Media Sosial?
Blog Social Media Marketing Kapan Waktu Terbaik Posting di Media Sosial?

Kapan Waktu Terbaik Posting di Media Sosial?

Waktu terbaik posting di media sosial menjadi hal penting agar akun facebook, instagram, twitter, dan akun media sosial Anda mendapatkan interaksi yang maksimal.

Untuk mengetahui waktu terbaik di media sosial, Anda dapat mempelajarinya seperti pada pembahasan di bawah ini.

 

Daftar Isi

 

 

Waktu Terbaik Posting di Instagram

 

waktu-terbaik-posting-di-instagram

Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif dan merupakan platform media sosial paling populer saat ini.

Dari jumlah tsb, sekitar 25 juta diantaranya adalah akun bisnis. Hal ini karena instagram memang menyediakan dan medukung para pelaku bisnis dalam mengembangkan dan memasarkan bisnisnya.

Dari sekian banyaknya pengguna instagram tsb, bagaimana menentukan waktu terbaik post instagram agar postingan bisa mendapatkan engagement yang baik ?

Berdasarkan informasi dari Sprout Social, jam posting instagram adalah pada Rabu pada jam 11 pagi. Kemudian juga dengan jum’at pada pukul 10-11 pagi.

Sementara itu, waktu yang terburuk dalam melakukan posting di Instagram adalah hari minggu. Hal ini bisa dikarenakan banyak orang beristirahat dan berkumpul dengan kerabatnya pada hari tsb.

Jadi berdasarkan informasi dari Sprout Social maka Anda bisa mengikuti waktu yaitu :

Waktu terbaik : Rabu pukul 11 pagi

Waktu terburuk : Minggu

 

 

Waktu Terbaik Posting di Twitter

 

waktu-terbaik-posting-di-twitter

Twitter menjadi media sosial bagi para milenial. Dari data Statista, ada sekitar 330 juta pengguna aktif Twitter pada kuartal pertama tahun 2019.

Tapi dibandingkan instagram, Twitter mempunyai sifat yang lebih kronologis. Semakin sering Anda melakukan upload konten di Twitter, maka semakin mudah akun Anda dapat dilihat oleh pengguna Twitter lainnya. 

Lalu berkaitan dengan waktu paling pas posting di twitter berdasarkan Sprout Social, merekomendasikan pada hari Rabu dan Jum’at 9 pagi. Hal ini dikarenakan para pengguna Twitter pada umumnya ingin tahu update berita pada pagi hari.

Kemudian untuk hari terburuk pada posting di Twitter adalah di hari Sabtu.

Waktu terbaik : Rabu dan Jum’at pukul 9 pagi

Waktu terburuk : Sabtu

 

 

Waktu Terbaik Posting di Facebook

 

waktu-terbaik-posting-di-facebook

Platform media sosial ini memiliki umur lebih dari 16 tahun. Namun walaupun memiliki umur yang sudah lama, platform media sosial ini masih menjadi andalan para pebisnis.

Hal ini dikarenakan, Facebook mempunyai banyak fitur yang mendukung kegiatan bisnis pengguna seperti page dan Facebook Ads.

Tapi, pada dasarnya setiap industri mempunyai waktu terbaiknya masing-masing.

Lalu menurut Sprout Social, waktu terbaik posting facebook yaitu pada hari Rabu pada jam 11 pagi dan 1-2 siang.

Kemudian untuk waktu terburuk dalam melakukan posting di Facebook adalah hari Minggu

Waktu terbaik : Rabu jam 11.00 dan 13.00-14.00

Waktu terburuk : Minggu

 

 

Waktu Terbaik Posting di LinkedIn

 

waktu-terbaik-posting-di-linkedin

LinkedIn menjadi media sosial yang banyak digunakan untuk kebutuhan hal-hal yang berkaitan profesional contohnya dalam mencari pekerjaan, kelas online serta membangun relasi atau networking.

Jadi karena platform media sosial ini lebih cenderung ke arah profesional, maka ada waktu-waktu tertentu dalam melakukan posting di LinkedIn.

Menurut Sprout Social, waktu terbaik dalam melakukan posting di platform ini adalah hari Rabu pada jam 8-10 pagi dan pada siang hari, Kamis pada jam 9 pagi dan 1-2 siang, serta Jum’at pada jam 9 pagi.

Lalu untuk waktu terburuk pada posting di LinkedIn adalah hari Minggu.

Waktu terbaik : Rabu 8-10 pagi dan siang, Kamis pukul 9 pagi dan 1-2 siang, serta Jum’at pada pukul 9 pagi.

Waktu terburuk : Minggu

 

 

Waktu Paling Pas Posting di TikTok

 

waktu-paling-pas-posting-di-tiktok

Jika Anda juga memiliki konten di TikTok, penting untuk Anda mengetahui juga waktu-waktu yang tepat dalam memposting konten pada TikTok agar dapat meningkatkan engagement dan menarik viewer dalam jumlah yang banyak.

Lalu, di TikTok ada fitur yang dikenal yaitu FYP atau For Your Page yang bertujuan untuk menampilkan video yang trending dan viral secara acak.

Jadi, syarat agar konten pada TikTok Anda dapat muncul di FYP adalah jika konten Anda memiliki engagement yang tinggi dan memiliki elemen-elemen yang menjadikan video Anda bisa memenuhi syarat bisa trending, seperti dari keunikan, keoriginalitasan, dan daya tarik lainnya.

Di samping itu, ada unsur lainnya yang dapat mempengaruhi konten agar bisa FYP adalah pada jam-jam berapa ketika bisa upload konten.

Berdasarkan data dari kompiwin.com, waktu yang tepat untuk konten di TikTok adalah pada jam 12.00-13.00 dan sore hari pada pukul 14.00, sedangkan untuk malam hari mulai dari jam 19.00 – 23.00.

Kemudian untuk jam-jam bisa muncul FYP berdasarkan hari adalah sebagai berikut :

 

Hari Senin 

Hari Senin merupakan hari dimana orang-orang lebih banyak melakukan aktivitas.  Hal ini karena kebanyakan waktu-waktu mereka lebih banyak digunakan untuk kegiatan sekolah, bekerja, kuliah dan kesibukan lainnya.

Untuk jam yang tepat agar upload video pada hari senin adalah jam 12.00 – 13.00 yaitu pada waktu makan siang atau istirahat di siang hari.


Hari Selasa

Pada hari tsb masih menjadi hari yang sibuk. Tapi masih lebih baik dibanding hari senin karena beberapa hal terkait pekerjaan sudah dapat diselesaikan, sehingga kesempatan user untuk membuka aplikasi TikTok lebih besar. 

Jadi jam yang cocok untuk buat konten pada pukul 16.00.

 

Hari Rabu

Pada hari Rabu orang sudah mulai terbuka untuk membuka aplikasi media sosial untuk menghibur diri.

Jadi waktu yang pas dalam memposting video di TikTok adalah jam 11.00 dan 21.00.

 

Hari Kamis

Hari kamis mendekati weekend dan waktunya menjadi lebih fleksibel. Jadi di waktu ini ada kesempatan untuk content creator dalam meng-upload 3 konten dalam sehari, pertama di waktu 12.00-13.00, lalu upload kedua pada pukul 15.00 – 16.00 dan terakhir pada jam 20.00 – 23.00.

 

Hari Jum’at

Pada waktu ini memang terkesan harinya lebih pendek dan membuat banyak waktu terpotong untuk menghibur diri.

Jadi content creator bisa menggunakan kesempatan untuk memanfaatkan waktu di jam 12.00 – 13.00, sore pada jam 15.00 –  16.00 dan malam hari pada jam 20.00 – 23.00.

 

Hari Sabtu

Pada waktu ini merupakan waktu weekend dimana merupakan waktu yang tepat untuk meng-upload konten ke TikTok, karena orang lebih banyak memiliki banyak waktu luang karena aktivitas mereka libur.

Anda dapat melakukan upload konten TikTok sebanyak 2 kali di waktu pagi jam 09.00 dan siang pada jam 12.00. Kemudian untuk waktu malam hari, Anda dapat menunda hadwal post terlebih dahulu karena banyak yang melakukan aktivitas keluar rumah.

 

Hari Minggu

Pada hari ini banyak orang yang memiliki waktu di rumah yaitu pada hari minggu. Anda dapat meng-upload konten TikTok dengan bebas karena banyak dari mereka beraktivitas di rumah dan meluangkan waktu untuk me time.

Waktu terbaik : jam 12.00-13.00 dan sore hari pada pukul 14.00, sedangkan untuk malam hari mulai dari jam 19.00 – 23.00.

 

Kesimpulan

Memilih waktu yang tepat untuk memposting di sosial media menjadi solusi yang tepat agar mendapatkan engagement dari user.

Anda dapat mengikuti waktu-waktu yang tepat dalam memposting di sosial media dengan mengikuti referensi pada artikel yang telah dibahas di atas.

Semoga bermanfaat

Anda juga dapat mengikuti informasi di blog IDwebhost ini supaya mendapatkan info seputar bisnis secara gratis.

Lalu, IDwebhost juga memiliki promo hosting dan domain yang dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan hosting atau domain pada website Anda. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’Amour Aktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.