Cara Mengatasi VPS Panel Webuzo Down Setelah Restart atau Reboot
Blog Tips Keren Cara Mengatasi VPS Panel Webuzo Down Setelah Restart atau Reboot

Cara Mengatasi VPS Panel Webuzo Down Setelah Restart atau Reboot

Sebagai pengelola website sudah seharusnya Anda mengetahui cara mengatasi VPS panel webuzo down setelah melakukan restart atau reboot. Melakukan restart sangat penting meski tidak sedang dalam keadaan darurat. Namun terkadang para pemilik website ini mengalami kendala setelah melakukan restart  atau reboot. Akan tetapi jangan khawatir karena Anda akan bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa cara mengatasi VPS panel webuzo mengalami down setelah restart atau reboot memang bukan masalah besar namun tetap saja akan memberikan pengaruh besar terhadap kinerja sebuah website. Website kini sangat penting untuk dimanfaatkan sebagai bisnis. Hal ini karena kemudahan dalam mengelolanya. Dengan banyaknya jasa pembuatan website, maka tak heran jika banyak orang yang memilih bisnis online sebagai sampingannya.

Memilih VPS sebagai web server tentunya memiliki kelebihan dari sisi software yang akan diinstal, termasuk dalam menggunakan control panel yang akan dipakai. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan, apakah Anda ingin menggunakan control panel yang harus bayar sewa atau atau yang gratisan seperti webuzo.

Sebelum memutuskan menggunakan VPS control panel webuzo, maka Anda harus bisa meminimalisir kendala yang akan Anda hadapi, salah satunya adalah ketika website mati. Bahkan beberapa orang pernah mengalami kendala tersebut. Setelah dicek, ternyata masalahnya karena server VPS baru saja mati namun control panel webuzo tidak menyala secara otomatis sehingga perlu dinyalakan secara manual.

Tak hanya bermasalah pada hal itu saja tetapi kadang Anda juga akan mengalami kendala pada admin panel webuzo yang tidak diakses. Padahal website yang berada di VPS tidak mengalami masalah dan login root di PuTTY juga aman. Kendala ini sudah sangat umum dialami dan banyak orang yang sampai saat ini belum mengetahui mengapa admin panel pada webuzo tiba-tiba tidak dapat diakses. Menanggapi hal tersebut Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

webuzo down

Cara Mudah Mengatasi Admin Panel Webuzo Yang Tidak Bisa Diakses

Langkah yang pertama adalah dengan melakukan login ke VPS.

Pada langkah ini Anda bisa menggunakan PuTTY. Setelah itu, cek pada konsol PuTTy dan masukkan perintah seperti ini: service webuzo restart

Langkah kedua adalah tunggu hingga selesai.

Pada poin ini Anda harus login kembali ke panel webuzo melalui browser. Kemudian tunggu dan lihatlah hasilnya. Dalam hal ini Anda juga harus berhati-hati jika terlalu sering melakukan perintah restart karena akan berdampak buruk pada situs yang dikontrol webuzo.

Jika suatu saat Anda mengalami kendala mengapa admin panel webuzo tidak dapat diakses, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah tersebut. Namun, permasalan pemilik website tak hanya itu saja karena masih banyak yang harus Anda ketahui, salah satunya adalah cara mengatasi VPS panel webuzo yang down setelah melakukan restart atau reboot.

Trik Mudah Mengatasi VPS Panel Webuzo Down Setelah Restart atau Reboot

Salah satu permasalahan yang paling umum terjadi bagi pemilik website adalah VPS panel webuzo yang down setelah melakukan restart maupun reboot. Hal ini seringkali membuat pemilik website kebingungan, padahal jika dilihat, panel control webuzonya baik-baik saja dan masih bisa diakses.

Sebenarnya hal tersebut bisa muncul dari IP, web server atau virtual servernya. Akan tetapi yang sering dialami di sini adalah, ketika melakukan restart atau reboot, service apache pada webuzo seringkali tidak bisa load.Dan hal tersebut tentunya membuatnya down atau eror.Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengaktifkan kembali service apache di webuzo.

Berikut cara mudah mengatasi VPS panel webuzo down setelah restart:

webuzo down

1. Login ke admin panel webuzo.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan login pada admin webuzo. Pada bagian ini Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password.

2. Buka menu service.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka menu service. Kemudian Anda akan diminta untuk mengaktifkan layanan apache atau dengan menekan tombil start.

3. Memastikan jika sudah berhasil.

Untuk memastikan berhasil atau tidaknya, maka akan muncul tanda centang hijau pada sebuah kolom dengan bertuliskan “service started successfully”. Jika sudah maka Anda telah berhasil mengatasi VPS panel webuzo yang mengalami down ketika direstart  atau reboot.

VPS sangatlah efektif digunakan, khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis online dengan traffic yang tinggi. Hal tersebut karena apabila menggunakan hosting biasa, capaian traffic yang tinggi akan menarik perhatian admin hosting untuk memblok hosting karena dianggap akan mempengaruhi kinerja hosting-hosting yang lain.

Virtual Private Server juga bisa diartikan sebagai sebuah metode untuk mempartisi atau membagi sumber daya resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Dan server virtual tersebut juga memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda juga dapat melakukan reboot sebuah server virtual secara terpisah.

Demi keefektifan dalam mengelola website, Anda juga harus tahu apa saja kelemahan dan kelemahan dalam memakai VPS.

Keunggulan VPS

  • Memiliki server yang stabil (downtime berkurang).
  • Memiliki IP public khusus.
  • Dilengkapi dengan akses resources server yang cukup.
  • Manajemen web yang mudah dengan cPanel.
  • Migrasi data yang mudah dari shared ke VPS.
  • Administrasi penuh sebagai pemilik root.
  • Bebas install dan uninstall perangkat lunak.
  • Monitoring web servis dari provider.

webuzo down

Kelemahan VPS

  • Kurang cocok untuk pemula.
  • Jika terjadi kegagalan pada salah satu hardware, maka akan memperngaruhi semua VPS dalam sebuah server.
  • Server harus sering dimonitoring.
  • VPS tidak berjalan dengan maksimal karena harus berbagi resources dengan pengguna lain.
  • Instalasi dan manajemen perangkat lunak yang lebih rumit.
  • Keharusan update patch perangkat lunak terbaru.
  • Harga yang lebih mahal daripada shared hosting.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahannya, maka hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan entah mau menggunakannya atau tidak. Untuk lebih gampangnya, VPS bisa dibilang sebagai titik tengah antara shared dan dedicated server. Itulah mengapa pelanggan bisa menggunakan server yang berfungsi mirip dedicated dengan harga hampir sama dengan shared.

Jika Anda menggunakan VPS dengan panel, maka seluruh konfigurasi akan dimudahkan dengan tampilan antarmuka panel yang mudah dipahami sehingga jika terjadi eror akan lebih mudah diperbaiki. Demikian cara mudah mengatasi VPS panel webuzo down setelah direstart atau reboot. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.