Pilih Mana, VPS atau Dedicated Server?
Blog Tips Keren Pilih Mana, VPS atau Dedicated Server?

Pilih Mana, VPS atau Dedicated Server?

Saat menentukan pembuatan website, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan masak-masak. Selain nama domain, atau memilih penyedia web hosting terbaik, ada satu lain yang pastinya tidak boleh Anda sepelekan. Yaitu adalah pemilihan jenis hosting yang tepat. Setidaknya, saat ini terdapat empat jenis hosting yang umum digunakan. Yaitu VPS hosting, dedicated hosting, shared web hosting, dan cloud computing. Memilih jenis hosting yang tepat ini sangat penting dilakukan di awal karena akan menentukan perjalanan website Anda. Tentu, masing-masing tipe jaringan hosting tadi memiki keunggulan dan kekurangannya  masing-masing. Kembali lagi, Anda harus mempertimbangkan mana yang sekiranya pas untuk kebutuhan Anda. Artikel kali akan membahas secara mendalam VPS dan Dedicated Server mana yang lebih baik. Untuk itu, Sahabat IDwebhost, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian VPS

Sesuai dengan namanya, Virtual Private Server, Anda sebagai pengguna akan mendapatkan layanan server bertipe virtual. Selain itu, Anda juga diberikan kebebasan untuk memilih sistem operasi yang akan Anda gunakan. Bisa menggunakan Windows, atau Linux. Semua bergantung pada preferensi Anda sebagai pengguna dan pemilik website. Salah satu hal yang paling disukai oleh kebanyakan pengguna VPS adalah adanya akses langsung ke root. Hal ini tentu saja bukan tanpa manfaat. Dengan akses root, Anda dapat melakukan kustomisasi server di dalamnya.

Pembagian resource atau sumber daya adalah keunggulan pada VPS. Karena VPS adalah bagian dari Shared Web Hosting, Anda bisa menginstall software panel yang diinginkan untuk dibagai menjadi shared web hosting. Dari sini, Anda bisa melakukan pembagian server dengan perangkat lunak virtualisai berkat adanya server fisik. Jadi, Anda bisa menampung banyak guest di dalam server tersebut.

Hanya saja, VPS memiliki beberapa keterbatasan yang mungkin sulit diterima sebagian orang. Apa itu? Karena berbasis shared hosting, ada akan terdapat beberapa pembatasan yang akan Anda dapatkan. Dan hal lain yang mungkin tak akan membuat Anda puas adalah, VPS server tak akan mampu mengimbangi dedicated hosting dalam hal sumber dayanya yang terbatas.VPS dan Dedicated Server

Dedicated Server

Dedicated hosting adalah layanan hosting yang digunakan secara indeenden. Independen disini berarti Anda bisa menggunakan satu server secara utuh, dan kemudian bisa diutak atik sesuai dengan kebutuhan. Sangat menyenangkan tentunya jika Anda tak perlu berbagi hosting dengan pengguna lainnya. Anda adalah satu-satunya pengguna server tersebut.

Nantinya akan seperti apa dan bagaiman website tersebut, terserah Anda sebagai pemiliknya. Penggunaan dedicated hosting sendiri juga cukup mudah. Anda hanya perlu memilih tipe sistem operasi yang dibutuhkan. Server akan selalu siap kapan saja untuk menampung data Anda, dan menciptakan website terbaik sesuai dengan keinginan Anda.

Server yang dimiliki oleh dedicated hosting sendiri hanya satu buah saja. Jadi, apabila Anda ingin menambah server, mau tidak mau Anda harus menghubungi penyedia jasa layanan hosting dimana Anda berlangganan. Umumnya, orang yang meminta lebih dari satu dedicated hosting adalah mereka yang ingin membuat jaringan privat.

Satu hal penting yang tak boleh Anda lewatkan berkaitan dengan dedicated server ini adalah selalu tambahkan fitur switch dan firewall. Fitur ini berguna untuk meningkatkan kemanan server Anda pribadi. Akan sangat banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika bisa memilih penyeida hosting yang tepat dan jenis hosting yang tepat. Dedicatedserver sangat cocok untuk Anda ayang memiliki visi panjang untuk membesarkan website.

Meskipun nampak memiliki banyak keunggulan, terdapat beberapa hal yang membuat dedicated server atau dedicated hosting nampak kurang worth it. Apa itu? Pertama berkaitan dengan skill. Untuk bisa memahami bagaimana cara kerja dedicated server, pengguna dituntuut memiliki kemampuan teknikal yang memadai. Karena Anda akan menggunakan server hosting dengan performa yang lumayan tinggi.

Yang kedua adalah berkaitan dengan biaya. Jika dibandingkan dengan VPS, dedicated hosting memiliki biaya langganan yang relative lebih mahal. Dan ya, karena sumber daya dan performanya memang laebih tinggi daripada VPS maka wajar harga yang harus dibayar untuk berlangganan dedicated hosting lebih mahal. Dan untuk beberapa orang, hal ini sangat tidak menguntungkan.

VPS dan Dedicated Server: Sumber Daya

Jika membicarakan sumber daya, dedicated hosting mengungguli VPS. Dengan dedicated server, Anda akan mendapatkan alokasi resource yang besar dan tak berbagi dengan orang lain. Memang, VPS memiliki fitur yang nyaris serupa. Hanya saja, dalam hal kapasitas sumber daya masih jauh dibawah Dedicated server. Sumber daya menjadi salah satu yang pertama dipertimbangkan saat menentukan VPS dan Dedicated Server mana yang lebih baik.

Security

Secara umum, VPS memiliki keamanan yang sangat bagus. Hanya saja dedicated hosting menawarkan proteksi keamanan yang lebih. Kedua tipe hosting ini mengizinkan penggunanya untuk menginstall sendiri software kemanan. Namun dengan dedicated hosting, Anda bisa mengontrol keamanan website secara penuh.

VPS dan Dedicated Server

Performa

Dedicated hosting atau dedicated server memiliki keunggulan dari sisi performa daripada VPS. Semakin besar sumber daya yang dimiliki, berarti situs Anda harus bisa menangani lonjakan lalu lintas besar. Sekaligus harus juga tetap memiliki loading time yang sangat cepat. VPS hosting sebenarnya juga memiliki kecepatan loading yang bagus. Hanya saja karena batasan sumber daya yang kecil dan terjadi lonjakan pengunjung, website Anda akan sedikit melambat.

Konfigurasi dan Kustomisasi

Baik VPS maupu dedicated hosting memiliki paket yang banyak. Dalam hal ini, hosting VPS mempunyai keunggulan. Dimana Anda dapat menggunakan sumber daya dari website lain atau dari server lain jika Anda melebihi jumlah kapasitas bulanan yang telah ditetapkan.

Skalabilitas

Saat akan membuat website, alangkah baiknya Anda sudah merencakan seberapa jauh perkembangan situs website Anda. VPS hosting umumnya digunakan oleh website skala kecil sampai menengah. Hal yang berbeda dengan dedicated hosting. Bila Anda memang memiliki rencana untuk membesarkan website, dedicated hosting adalah pilihan yang bijak. Anda memiliki semua sumber daya, keamanan, dan kinerja, sesuai dengan biaya yang Anda miliki.

Pembiayaan

Dari sisi pembiayaan, VPS jelas lebih terjangkau daripada dedicated hosting. Hanya saja ini sejalan dengan beberapa keterbatasan yang nantinya akan Anda dapatkan. Sedangkan untuk dedicated hosting, dengan harga yang Anda keluarkan meskipun lebih besar, fitur yang anda dapatkan tentu saja lebih banyak.

VPS dan Dedicated Server

VPS dan Dedicated Server, Pilih Mana?

Dalam segala hal, termasuk di dunia web hosting, kita akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan. Semua kembali pada Anda sendiri. Anda yang menentukan mana yang terbaik bagi Anda. Dedicated hosting memiliki keunggulan pada fitur keamanan yang memadai.

Sedangkan VPS, meskipun dengan keterbatasan fitur namun bisa digunakan untuk membuat beberapa control panel. Adalah ide yang sangat bagus jika Adna menggunakan hosting ini untuk membuat beberapa domain yang diinginkan. Dari sisi biaya pun VPS lebih terjangkau dari Dedicated Hosting. Semua pilihan ada di tangan Anda.

Sekian artikelali  ini. Jika masih memiliki pertanyaan seputar web hosting, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan ataupun saran di kolom komentar. Sahabat IDwebhost, semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis