VPN Buat Apa Sih? Cari Tahu Fungsi dan Cara Menggunakannya

13 Mar 2024
VPN Buat Apa Sih? Cari Tahu Fungsi dan Cara Menggunakannya campaign-unlimited

VPN adalah salah satu aplikasi yang cukup populer, terutama bagi pengguna aktif internet. Tapi, sebenarnya VPN buat apa sih? Bagi kamu yang belum tahu, VPN pada dasarnya memiliki banyak manfaat lho.

Layanan VPN pada dasarnya menyediakan dukungan keamanan. Menggunakan koneksi VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara anonim, melindungi kerahasiaan data pribadi, dan masih banyak lainnya. Mari ketahui lebih banyak di pembahasan di bawah ini!

Apa Itu VPN?

vpn adalah

Sebelum cari tahu VPN buat apa, sebaiknya ketahui terlebih dahulu definisinya. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yang dapat dipahami sebagai jaringan pribadi virtual. Seperti namanya, VPN merupakan alat yang diandalkan untuk melindungi privasi dan keamanan jaringan internet.

Menggunakan VPN memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak konten di internet. Bukan hanya itu saja, konten-konten tersebut juga dapat dilihat secara anonim. Artinya, kamu dapat berselancar di internet tanpa diketahui identitas jaringannya.

VPN dapat digunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, laptop, hingga PC. Perangkat-perangkat tersebut akan diubah jalur koneksi servernya, sehingga pertukaran data saat berselancar di internet dapat disembunyikan.

Cara Kerja VPN

VPN memungkinkan kamu untuk terhubung secara anonim. Bagaimana caranya? Koneksi VPN mengalihkan paket data ke server jarak jauh lainnya, sebelum dikirimkan ke pihak ketiga. Ini membuat kamu dapat teridentifikasi sebagai pengguna dari lokasi yang berbeda. Pada dasarnya, cara kerja VPN mengacu pada dua prinsip, yaitu:

1. Protokol Terowongan (Tunneling Protocol)

Teknologi VPN mengandalkan protokol terowongan, yaitu sebuah mekanisme pengiriman data melalui saluran yang aman dan terselubung. Seperti namanya, tunneling atau terowongan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan internet melalui jalur khusus.

Pada VPN, prinsip ini bekerja dengan mengemas data dalam paket-paket yang terselubung, sebelum ditransimiskan. Selanjutnya, paket-paket data ini akan ditransmisikan melalui tunnel atau terowongan yang aman ke server VPN. Paket data ini akan diteruskan hingga tujuan akhir secara terselubung.

Tunnel yang aman berarti mampu menyediakan saluran transmisi khusus yang terselubung. Dengan begitu, paket data yang dikirimkan melalui terowongan ini tidak dapat dibaca atau dimengerti oleh pihak ketiga yang mengawasi.

2. Mekanisme Enkripsi

Selain dikirimkan melalui saluran khusus, paket data pada jaringan Virtual Private Network juga melalui proses enkripsi. Apa itu enkripsi? Singkatnya, enkripsi adalah proses mengamankan data dengan mengubahnya menjadi format yang hanya bisa dibaca oleh penerima.

VPN memanfaatkan sistem enkripsi untuk memastikan data-data dalam jaringannya terlindungi dan tidak dapat diakses oleh pihak ketiga. Dengan begitu, data pengguna hanya akan diterima oleh pemilik kunci enkripsi dan tidak dapat diakses atau dicuri selama proses transmisi.

VPN Buat Apa Sih?

fungis VPN

Menurut penjelasan tadi, jadi VPN buat apa sih? Secara sederhana, VPN dapat dipahami sebagai layanan yang menyediakan mekanisme perlindungan pengiriman data di internet. Melalui layanan ini, pengguna bisa mendapatkan manfaat, seperti:

1. Perlindungan Privasi Data

Virtual Private Network adalah teknologi yang dapat membantu pengguna internet untuk melindungi informasi data-data pribadi. Dengan menggunakan VPN, kamu dapat memastikan data-datamu tetap aman selama berselancar di internet. Misalnya data-data seperti lokasi, riwayat pencarian, aktivitas download, alamat IP, dan sebagainya.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering melakukan transaksi online. Saat melakukan transaksi di website, kamu harus memasukkan data-data penting seperti nama lengkap, nomor rekening, informasi kartu kredit, dan lainnya.

Informasi ini sangat rentan akan pembajakan dan pencurian, apabila kamu menggunakan layanan wifi publik. Oleh sebab itu, sebaiknya aktifkan VPN untuk mengamankan jaringan termasuk data-data penting pribadi saat melakukan transaksi online.

2. Penjelajahan Internet secara Anonim

Selain itu, VPN buat apa lagi sih? Jika kamu ingin berselancar di internet tanpa dikenali, mengaktifkan VPN adalah solusinya. Saat mengakses internet, pengguna dapat dikenali melalui alamat IP yang dapat mengidentifikasi lokasi dan identitasnya.

VPN dapat menyembunyikan alamat IP asli dan menggantinya dengan alamat IP server lain. Dengan alamat IP yang disembunyikan, maka pihak ketiga tidak dapat melacak aktivitas online yang dilakukan. Hal ini tentunya memberikan kebebasan berinternet yang lebih leluasa, terutama dalam mengakses konten yang terbatas.

Beberapa konten dan website hanya tersedia untuk wilayah geografis tertentu saja. Sebagai contoh, misalnya seperti Netflix yang tidak tersedia di Tiongkok dan negara lainnya. Dengan menggunakan VPN, kamu dapat mengakses Netflix sekalipun sedang berada di wilayah yang diblokir.

Ini memungkinkan sebab VPN bekerja dengan mengganti alamat IP, yang selanjutnya akan membuat pengguna teridentifikasi berada di wilayah lain. Koneksi VPN ini bukan hanya dapat menembus pembatasan area saja, namun juga pembatasan data dan bandwidth oleh ISP.

3. Perlindungan dari Akses Tidak Sah

Seperti yang kita tahu, kini serangan siber dapat mengancam siapa saja tanpa pandang bulu. Tidak peduli dengan pengguna individual maupun badan tertentu, serangan siber merupakan ancaman bagi semua pengguna internet. VPN dapat menyediakan bantuan keamanan untuk mencegah akses yang tidak sah.

Hal ini memungkinkan sebab cara kerja VPN mengandalkan prinsip enkripsi data. Dengan adanya mekanisme enkripsi, data yang akan dikirimkan akan diubah ke format yang hanya bisa dibaca oleh penerima.

Mekanisme ini dapat memastikan data disampaikan ke penerima dengan tepat dan mencegah pencurian data dalam proses transmisi. Tidak heran, kini teknologi VPN semakin banyak dimanfaatkan oleh organisasi untuk memberikan akses yang aman ke jaringan internal.

Saat terhubung ke jaringan wifi publik sekalipun, VPN boleh jadi salah satu perlindungan yang wajib dipertimbangkan. Seperti yang telah diketahui, kebanyakan serangan peretasan dan penyadapan dilancarkan melalui jaringan yang sifatnya publik. Oleh sebab itu, akan lebih aman jika wifi publik digunakan bersama dengan VPN.

Cara Menggunakan VPN

VPN buat apa sih

Nah, terakhir, bagaimana cara menggunakan VPN? Untuk menggunakan layanan ini, pengguna dapat memilih salah satu dari dua pilihan cara, yaitu:

1. Menggunakan Software VPN

Ini adalah cara menggunakan VPN yang paling umum. Cara ini menginstal program aplikasi VPN secara langsung pada perangkat. Hal yang perlu diperhatikan dalam cara ini adalah menentukan penyedia layanan VPN yang tepat. Jika masih bingung, ikuti beberapa kriteria berikut untuk menentukan penyedia VPN yang terbaik:

  • Tidak memiliki kebijakan pembuatan log, demi mencegah pelanggaran data di sisi penyedia layanan.
  • Menyediakan batas bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.
  • Menyediakan layanan di negara yang membutuhkan akses internet privat.
  • Menggunakan teknologi perangkat lunak dalam versi ter-update.

2. Menggunakan Router VPN

Cara lainnya untuk menggunakan VPN ialah dengan router. Layaknya layanan wifi, router VPN dapat dipasang langsung di rumah atau lokasi yang dikehendaki oleh pengguna. Dengan cara ini, setiap oang yang terhubung akan secara otomatis terlindungi oleh koneksi VPN.

Kesimpulan

Menjawab rasa penasaran kamu sebelumnya: VPN buat apa sih? Dapat disimpulkan bahwa kegunaan utama dari VPN adalah menyediakan layanan perlindungan data di internet. Dengan menggunakan VPN, kamu dapat mengganti alamat IP dan mengakses lebih banyak konten terbatas.

Soal perlindungan website, percayakan pada layanan hosting terbaik IDwebhost. Pastikan website aman dari peretasan dan siap menerima transaksi dari kustomermu sekarang, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022