Strategi SEO Jitu Untuk Visual Content Marketing Blog 2019

25 Agu 2019
Strategi SEO Jitu Untuk Visual Content Marketing Blog 2019 campaign-unlimited

Anda para blogger, perlu membaca panduan komprehensif mengenai strategi SEO jitu visual content marketing terbaru ini. Faktor visual seperti gambar memang sangat krusial untuk meningkatkan trafik Anda. Jika Anda ingin membuat audiens blog Anda bertahan lebih lama di web atau page Anda, pastinya Anda harus mengetahui bagaimana caranya.

Sebentar, mengapa sih Anda harus membuat para pembaca Anda berlama-lama pada page Anda? Para ahli SEO menyatakan, dengan lamanya pengunjung web dalam mengakses suatu page akan menjadi faktor penentu bagi mesin telusur seperti Google untuk menaikkan peringkat web Anda pada halaman hasil pencarian (SERP). Jika ranking Anda telah meningkat di Google, maka trafik web anda akan meningkat. Hal ini dikarenakan para pengguna Google cenderung mengakses halaman yang disarankan di halaman pertama dengan ranking tertinggi saja. Kemudian, penelitian dari Microsoft menyatakan bahwa kita sekarang mempunyai rentang perhatian yang lebih pendek daripada ikan emas. Ikan mas? Ya, hewan air satu ini diteliti memang mempunyai daya fokus yang pendek.

Apakah ini menjadi masalah? Bagi kami, ini kenyataannya dan inilah mengapa menarik perhatian pengunjung web Anda menjadi pekerjaan yang semakin sulit. Rentang waktu perhatian dari pengunjung rata-rata di tahun 2000 sudah tergolong pendek, yaitu 12 detik. Nah, penelitian diatas menemukan bahwa rentang perhatian dari pengunjung rata-rata sekarang bahkan cuma sampai 8 detik saja. Dengan begitu, tidak mengherankan kalau 73% pembuat konten merasa prioritas utama mereka lebih kepada penciptaan konten yang menarik secara visual. Lalu Bagaimana caranya? Gunakanlah strategi visual dari kami berikut ini!

Tips Visual Content Marketing

1. Buat Konten Gambar Anda Sendiri

Tips Visual Content Marketing yang pertama yaitu Buatlah konten dengan gambar Anda sendiri. Sekarang memang sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendesain. Anda juga bisa memotret dengan kamera sendiri untuk dimasukkan kedalam konten blog atau website Anda.

Tetapi, sebenarnya Anda yang tidak mempunyai aplikasi seperti Photoshop atau Adobe InDesign, tidak perlu khawatir. Ada website yang dapat Anda akses secara gratis sebagai online tool dalam membuat gambar dengan mudah tanpa memerlukan kemampuan ahli, software itu adalah Canva.

Canva merupakan alat desain grafis online yang gratis. Canva ini mempunyai banyak sekali template bagi setiap jenis konten visual sesuai kebutuhan anda. Apa saja itu? Mulai dari selebaran dan sampul CD hingga CV serta kartu pos. Canva juga menyediakan perpustakaan gambar yang komprehensif dilengkapi dengan fitur filter gambar.

2. Gunakan Free Royalty Photo Stock

tips visual content marketing
IDwebhost

Tips Visual Content Marketing yang kedua yaitu menggunakan free royalty photo stock. Sebenarnya sudah tersedia banyak sekali website yang menyediakan stok foto yang free royalty. Arti dari free royalty yaitu Anda bisa menggunakan foto tanpa harus membayar sejumlah uang untuk menggunakannya.

Salah satu website tersebut adalah Kaboompics . Kaboompics lebih banyak menyediakan foto yang artistik dan kekinian dengan fitur filter yang disukai anak muda. Hal ini cocok untuk mencari konten visual yang akan digunakan oleh para blogger fashion, interior design, atau sekadar blog pribadi. Jika Anda ingin menyamakan warna tema dari foto untuk diletakkan ke template website Anda dengan warna tertentu, Anda bisa memakai alat penyaringan pencarian berdasarkan jenis warnanya.

3. Buat infografik

Tips Visual Content Marketing yang ketiga yaitu buatlah infografik. Jika anda mempunyai situs blogpost informatif yang memuat beberapa data atau fakta singkat. Akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan infografik, dibanding dengan sekadar mencantumkan data dengan text. Mengapa? Anda tentunya tidak mau membuat pembaca atau pengunjung Anda bosan dengan apa yang mereka baca. Jadi, ringkaslah beberapa hal supaya menarik dari penjabaran Anda tersebut kedalam sebuah infografik yang atraktif. Ini contoh infografik yang dibuat oleh sebuah media berita Tirto.id!

visual content marketing terbaru
IDwebhost

4. Tambahkan Screenshot Jika Memungkinkan

Tips Visual Content Marketing yang ke empat yaitu menambahkan screenshot. Jika Anda membuat sebuah konten teknis. Misalkan, Anda membuat konten tentang Cara Navigasi Client Area di Website Baru IDwebhost, maka cobalah anda untuk melakukan screenshot pada langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh pembaca Anda. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pembaca dalam melakukan setiap langkah-langkahnya. Selain itu, yang utama yaitu untuk menahan pembaca agar lebih lama mengakses blog Anda serta membaca konten Anda sampai habis.

Berikut ini contohnya dari blogpost kami!

trik visual content marketing
IDwebhost

Cara Melakukan Screenshot di Mac

Tekan tombol Command, Shift dan 4 secara bersamaan. Nantinya Gambar akan langsung tersimpan di layar Dekstop Anda.

Cara Melakukan Screenshot di Windows

Tekan tombol yang berlogo Windows dan Printscreen secara bersamaan. Ada banyak cara lainnya untuk melakukan screenshot terhadap layar perangkat Anda. Anda bisa memakai berbagai aplikasi online yang lebih banyak pilihan dalam pengaturannya seperti dapat melakukan screenshot penuh satu tampilan page pada website tertentu dan lain sebagainya.

5. Gunakan Memes Menarik

Tips Visual Content Marketing kelima yaitu menggunakan memes yang menarik. Apakah Anda tahu memes? Memes merupakan sesuatu hal yang menjadi terkenal atau populer melalui Internet. Memes bisa berupa gambar, video, atau bahkan foto orang itu sendiri yang sedang ditampilkan. Dikatakan meme jika dibuat dan diunggah ke Internet serta tersebar secara luas hingga viral dan digunakan oleh orang lain. Kami juga terkadang menggunakan strategi visual satu ini untuk menahan rentang waktu dari perhatian pembaca blog kami.

6. Tambahkan GIF yang Atraktif

visual content marketing 2018
IDwebhost

Tips Visual Content Marketing keenam yaitu menambahkan GIF yang atraktif. GIF merupakan gambar yang dapat bergerak. Jika Anda pernah menggunakan fitur Instastory, Anda pasti pernah membuat sebuah potongan klip pendek, itulah file GIF.

Anda bisa cari berbagai file GIF menarik di berbagai website lalu download atau taruh kodenya pada text editor di CMS Anda seperti WordPress, Blogspot, dan lain-lain. GIPHY adalah salah satunya website yang menyediakan kumpulan file GIF.

7. Masukkan Video

Tips Visual Content Marketing ketujuh yaitu memasukkan video. Selain dengan membuat pembaca Anda mengakses page lebih lama karena konten berisi video yang menarik yang anda sajikan, Anda bisa melakukkan embed video pada blogpost, dan hal ini akan menaikkan poin ranking Anda. Mengapa? YouTube sudah jelas mempunyai Domain Authority yang bagus, karena ia adalah satu-satunya platform video yang banyak diakses orang sepanjang waktu. Namun, hal ini hanya berlaku jika file video yang Anda masukkan relevan dengan tema yang sedang Anda paparkan. Contohnya seperti pada situs laatouche.com berikut ini, dimana seorang blogger sedang membahas pengalamannya dalam menonton konser musik klasik di Jakarta yang terasa seperti sedang berada di luar negeri. Ia memasukkan video rekaman konser di halamannya.

visual content marketing 2019
IDwebhost

Cara Memasukkan Embed Video YouTube ke WordPress

Klik “Share” yang berada di bawah video YouTube yang ingin Anda masukkan di blog Anda. Lalu, klik “Embed”. Kemudian Copy code dan salin di Post Editor Anda pada panel bagian “Text” bukan “Visual”. Selipkan di posisi yang Anda inginkan, coba arahkan kursor dan klik di bagian “Visual” terlebih dahulu untuk memperkirakan letak posisi lalu klik bagian “Text”, kemudian tempel kode embednya.

visual content marketing news
IDwebhost

Kesimpulan

Dengan membaca artikel diatas, Anda jadi mengetahui strategi jitu mengenai konten visual untuk diterapkan pada website atau blog Anda. Jika Anda sudah melakukannya, Anda bisa meningkatkan traffic web dan membuat pengunjung web membaca konten Anda sampai habis karena faktor visual yang menarik. Sebagai provider hosting murah dan dedicated server murah, IDwebhost berkomitmen untuk membantu Anda agar sukses secara online. Jangan lupa untuk subscribe email kami ya, dan selamat mengembangkan usaha online Anda!