Mengapa Harus Menggunakan Virtual Private Server?
Blog Tips Keren Mengapa Harus Menggunakan Virtual Private Server?

Mengapa Harus Menggunakan Virtual Private Server?

Virtual private server pada dasarnya merupakan server yang berada di dalam server yang lebih besar. VPS menjadi opsi hosting yang populer dan banyak ditawarkan oleh banyak penyedia web hosting untuk memuaskan pengguna yang tidak ingin berbagi sumber daya dengan situs web lain, namun dengan budget terbatas untuk berlangganan dedicated server. Dengan menggunakan VPS Anda akan mendapatkan keseimbangan yang bagus antara ketersediaan sumber daya serta memiliki lebih banyak akses dan fleksibilitas untuk apa yang bisa Anda lakukan dengan server itu sendiri.

Misalnya, VPS memiliki akses root dan dapat membuat konfigurasi dan OS sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini tidak akan terjadi pada Dedicated Server. Artikel ini secara lebih jauh akan membahas mengenai perbedaan antara VPS, dan dedicated server. Juga secara singkat akan membahas kelebihan Virtual Private Server, juga serta kekurangannya.Sebelum ittu, mari  membahas lebih detail tentang apa itu virtual private server dan bedanya dengan Dedicated server.

Perbedaan Antara dedicated Hosting dengan VPS

Terdapat banyak sekali perbedaan antara VPS dan dedicated  server. Kami akan membagikan informasi pada Anda perbedaan keduanya sehingga bisa memutuskan mana yang akan digunakan.

kelebihan Virtual Private Server

VPS

Pada waktu belakangan ini, VPS, lebih populer dibanding dengan dedicated server karena menawarkan lebih banyak fitur yang sangat superior dibanding kompetitornya. Dengan hosting VPS,  Anda berbagi sejumlah sumber daya fisik seperti ruang disk CPU dann RAM pada server yang dialokasikan secara khusus untuk anda, tetapi di waktu yang bersamaan masih menikmati kebebasan memiliki server pribadi, seperti memiliki panel control pribadi Anda sendiri. Dengan cara ini, CPU dan memori secara keseluruhan dibagi di semua akun yang terdapt pada mesin, dan pada waktu yang sama sebagian dari sumber daya tersebut selalu di dedikasikan untuk setiap akun.

Jadi dengan server virtual, Anda memiliki kekuatan dan control server khusus sekaligus memiliki keunggulan pada skalabilitas.

Dedicated Server

Dedicated server adalah servr fisik yang sepenuhnya ditujukan untuk penggunaan tunggal Anda. Ini berbedadengan VPS dimana Anda berbagi sumber daya perangkat keras dengan pengguna VPS lainnya. Jaid dedicated server sepenhnya hanya Anda sendiri yang menggunakannya.

Hal ini sangat bagus untuk Anda yang ingin tenang dalam mengelola website karena terjamin oleh keamanan server dan juga memiliki kekuatan yang bisa diandalkan untuk menjalankan website yang tentu saja membutuhkan banyak sumber daya. Hal ini berguna intuk memastikan bahwa aktivitas pihak ketiga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.

Virtual Private Server vs Dedicated Server

Ketika akan memutuskan hosting mana yang Anda pilih, ada baiknya untuk mempertimbangkan semua faktor sehingga anda tidak akan merasa salah pilih.

Fleksibilitas dan Skalablitas

Kelebihan Virtual private server dapat melakukan upgrade tanpa harus khawatir terjadi downtime. Anda dapat melakukan sendiri pemutakhiran perangkat keras, seperti menambah RAM, CPU, dan space disk.

Sementara pada dedicated servertidak memiliki kemampuan skalabilitas layaknya VPS. Dedicated server dirancang khusu untuk menyediakan beberapa sumber daya dan satu-satunya cara untuk meningkatkan daya komputasinya adalah dengan menambah smber daya tambahan sepeti RAM atau unit CPU tambaan, bahkan pada beberap kasus dengan mengelompokkan server dan menyeimbangkan diantaranya.

Perlu dicatat juga bahwa dengan Dedicated server Anda membutuhkan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan pertmbuhan website Anda. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan potensi downtime saat Anda melakukan upgrade.

Manajemen dan Reliabilitas

Dalam hal konfigurasi, VPS sangat dapat diandalkan karena data disimpan di beberapa server fisik di cloud. Hal ini merupakan pilihan terbaik dari sisi keandalan dan uptime dan menjadi kelebihan Virtual Private Server lainnya.

kelebihan Virtual Private Server

Sedangkan pada Dedicated Server, untuk mencapai potensi keandalan yang sempurna perlu menambahkan beberapa komponen keras tambahan. Perangkat itu antara lain hard drive tambahan. Selain itu juga perlu untuk menambah RAID controller yang berfungsi untuk memaksimalkan power supply. Ini membutuhkan server yang secara fisik lebih besar, kuat, dan akhirnya menjadi lebih mahal.

Suitabilitas

Kelebihan Virtual Private Server, cocok untuk Anda pemilik situs web dengan lalu lintas tinggi, pemilik usaha kecil, blogger, dan semua yang membutuhkan kekuatan server khusus dengan harga lebih rendah. Jika jenis server ini tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda karena persyaratan keamanan, maka dedicated Server adalah solusi terbaik untuk Anda.

Keamanan

Secara fisik, Dedicated server lebih aman daripada VPS karena Anda merupakan satu-satunya klien yang menggunakan server tersebut. Namun hal ini tidak untuk mngatakan bahwa VPS buruk dari sisi keamanan. VPS tetap memastikan bahwa server Anda terlindungi dan aman.

kelebihan Virtual Private Server

Biaya

Dalam hal biaya, VPS berbiaya lebih rendah dari pada Dedicated server.  Bagi Anda yang mempertimbangkan biaya dalam pemilihan hosting, menggunakan VPS lebih reasonable daripada menggunakan Dedicated server.

Mempertimbangkan apakah akan menggunakan VPS atau Dedicated Server, itu semua tergantung pada sumber daya apa saja yang diperlukan untuk memastikan bahwa website Anda tidak akan bermasalah. Juga mempertimbangkan sejumlah fotur keamanan dan penyesuaian yang kompatibel dengan hosting website Anda.

Faktor yang biasanya menjadi pertimbangan banyak orang adalah harga. VPS berbiaya lebih rendah daripada Dedicated server. Jika Anda yankin bahwa website anda akan tumbuh, menggunakan VPS merupakan oilihan yang bagus.

Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda sudah bisa merasakan rasanya memiliki web dengan konsep cloud hosting. Pertimbangkan juga ketersediaan tims support yang memadai. Anda tentu tak ingin ketika mengalami kesulitan tidak mendapat support yang bagus. Carilah provider hosting yang mempunyai tim support yang bagus. Plihlah web hosting yang mampu merespon dan menyelesiakan masalah yang dialami pelanggan. Percuma saja memllih web hosting yang mewarkan harga murah namun serverya tak bisa diandalkan.

Kesimpulan

Dengan teknologi yang semakin maju, semakin banyak kegiatan yang bergantung pada internet, termasuk kegiatan bisnis. Semakin banyak bisnis yang memanfaatkan internet untuk meningkatkan eksposur, juga adanya kebutuhan untuk menggunakan Virtual Private Server. Meskipun juga tersedia hosting lain seperti Dedicated Server dan Shared Hosting, keduanya masih kurang bisa diandalkan saat trafik website Anda meningkat pesat.

VPS memungkinkan fleksibilitas dan yang lebih mudah. Selain itu, VPS juga lebih ramah pada sektor biaya sehingga membuatnya lebih mudah dijangkau banyak orang.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis