Virtual Account Membuat Belanja Online Menjadi Lebih Simpel
Blog Tips Keren Virtual Account Membuat Belanja Online Menjadi Lebih Simpel

Virtual Account Membuat Belanja Online Menjadi Lebih Simpel

Beberapa tahun belakangan ini, e-commerce merupakan industri yang tengah hype dan cukup digemari oleh masyarakat luas. Tidak heran lagi jika kuantitas pemain di bidang ini jadi meningkat secara pesat. Proses transaksi atau kegiatan jual beli yang bisa dilakukan secara online merupakan salah satu alasan mengapa industri ini digemari oleh masyarakat. Berbagai website jual beli online atau e-commerce bergantian menghiasi media mulai dari Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan masih banyak lagi. Semua website e-commerce tersebut menggunakan cara pembayaran yang dilakukan secara online menggunakan virtual account.

Anda sendiri juga mungkin sudah sering melakukan transaksi online. Saat Anda melakukan transaksi online, mungkin Anda sering merasa ribet karena harus kirim bukti transfer ini itu dan sebagainya ke penjual sebelum barang atau jasa Anda diproses. Dengan semakin berkembangnya dunia e-commerce, maka proses pembayaran transaksi juga telah berkembang. Virtual account adalah salah satu jawabannya. Oleh karena itu berikut di artikel ini kami akan membahas tentang apa itu virtual account, apa manfaatnya dan berbagaicontoh di Indonesia.

Apa itu Virtual Account?

Dilansir dari BNI, Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuka oleh Bank atas permintaan perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya (entah itu perorangan maupun non perorangan atau kelompok) sebagai No Rekening Tujuan penerimaan (collection). Dimana setiap setoran atas keuntungan dari cara ini, sistem secara otomatis membuku yang ditujukan ke Rekening Utama dengan mencantumkan Nomor dan Nama Rekening Virtual, Virtual Account tidak memiliki jumlah tagihan yang pasti atau dengan kata lain tidak tetap (open payment).

Fitur Virtual Account yaitu :

  1. Nomor Virtual Account sebagai Account tujuan transfer dan identifikasi mitra Biller atau pelanggan Biller.
  2. Nomor dan Nama Virtual Account muncul di rekening koran Perusahaan.
  3. Pembayaran bisa lewat berbagai channel ataupun dari bank lain (Kliring, RTGS), dan bisa dalam mata uang Rupiah ataupun USD.
  4. Fasilitas yang bisa digunakan :
    1. Transaction, mitra Biller diberikan pilihan fasilitas untuk melakukan pembayaran yaitu dengan cara :
      • Pembayaran lewat cabang.
      • Pembayaran via bank lain (kliring, RTGS)
      • Instruments
      • Tunai, Cek dan Bilyet Giro, atau juga Bank Lain
      • Transfer yang masuk dari rekening bank lain
  5. 8 digit akhir Nomor Virtual, bebas ditentukan oleh perusahaan.

Jadi bisa disimpukan, Virtual account adalah rekening bank tidak nyata yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi pembayaran ke penjual atau rekening yang dituju. Virtual account ini berupa sebuah nomor ID customer yang dibuat oleh bank sesuai permintaan sebuah perusahaan untuk tujuan melakukan transaksi. Setiap transaksi yang terjadi, customer akan mendapatkan ID virtual account yang selanjutnya disebut sebagai nomor virtual account. Nomor atau ID ini berbeda untuk setiap customer dan bisa berubah – ubah untuk setiap transaksi.

 

virtual account
idwebhost

 

Virtual account ini metodenya berbeda dengan bank transfer. Kalau Anda melakukan pembayaran dengan bank transfer secara manual, Anda harus melakukan konfirmasi pembayaran kepada penjual secara manual juga kan? Anda wajib mengirim bukti transfer dalam rupa foto struk transfer atau screenshot mBanking atau eBanking.

Namun beda ceritanya dengan menggunakan virtual account. Karena jika Anda menggunakan virtual account, Anda tidak usah repot mengirimkan bukti transfer ke penjual lagi. Anda hanya perlu membayar sesuai dengan nilai invoice ke ID virtual account yang diberikan oleh penjual. Jika pembayaran Anda sukses, transaksi Anda akan langsung tercatat secara otomatis tanpa perlu konfirmasi lagi.

BACA JUGA: Cara Memakai IP Deny Manager

Apa Manfaat yang didapat?

Pembayaran dengan menggunakan virtual account sebenarnya akan memiliki banyak manfaat, dan tidak hanya dari satu sisi melainkan 2 belah pihak. Jadi pembayaran dengan cara ini akan memberi manfaat bagi perusahaan dan pelanggan.

Bagi para pelanggan, melakukan transaksi melalui virtual account akan membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah dan simple. Anda akan bisa langsung mendapatkan satu nomor yang langsung memberi tahu Anda berapa nominal transaksinya.

Disamping itu, karena transfer menggunakan virtual account juga akan langsung masuk ke akun penjual dan tercatat secara otomatis ke dalam pembukuan mereka, jadi Anda tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran sebelum Anda bisa mendapatkan barang atau jasa mereka karena nomor unik virtual accountnya sudah mengidentifikasi siapa pelanggannya.

Beberapa perumahan dan apartemen sudah ada yang mendukung auto debit berbagai tagihan mulai dari listrik atau iuran lingkungan agar penghuninya bisa melakukan pembayaran dengan otomatis. Hal ini tentunya akan membantu kelancaran layanan pada hunian tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan transaksi virtual account dimana saja dan kapan saja selama Anda punya internet kalau Anda menggunakan m-banking atau internet banking.

Sedangkan keuntungan bagi penjual atau perusahaan, dengan membuat virtual account untuk keperluan transaksi juga membantu Anda untuk mendapatkan pembayaran dengan lebih cepat. Uang yang datang dari transaksi virtual account akan langsung masuk ke rekening Anda secara real time. Lalu juga, transaksinya juga akan langsung tercatat ke pembukuan akun Anda jadi Anda tidak harus mengecek semua transaksi secara manual satu per satu. Selain itu, untuk memudahkan pebisnis, bank juga telah menyediakan berbagai pilihan bagi Anda untuk memberikan nomor virtual account yang disesuaikan dengan nomor ponsel pelanggan misalnya. Hal ini dilakukan agar mudah bagi perusahaan dan pengguna dalam melakukan transaksi untuk mengingat nomor virtual accountnya.

 

virtual account
idwebhost

Kapan Sebuah Bisnis Bisa Mulai Menggunakan Virtual Account?

Sebenarnya, sebuah bisnis bisa langsung mulai mencoba dan menggunakan virtual account. Walaupun memang selama ini yang terkenal menggunakan virtual account adalah perusahaan dan lembaga-lembaga besar. Dalam mengatur penggunaannya, Anda bisa menggunakan payment gateway seperti contohnya Doku atau Midtrans untuk membantu hal ini.

Payment gateway biasa tidak akan memberi Anda biaya tambahan kalau Anda ingin menggunakan virtual account. Jadi, sebagai pemilik bisnis, Anda hanya harus membayar transaksi bulan itu saja. Besar nominalnya akan tergantung dari payment gateway apa yang akan Anda gunakan.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik menggunakan virtual account? Jika iya, faktor apa saja yang harus diperhatikan? Pertama anda harus tahu dulu berapa harga jual produk, produk apa saja yang Anda jual, dan berapa banyak profit atau keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Selain itu, Anda perlu ingat bahwa ada biaya per transaksi yang harus Anda pertimbangkan juga. Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak bank yang memiliki fasilitas virtual account. Beberapa di antaranya adalah Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Maybank, Permata Bank, dan masih banyak lagi.

Nah itu dia pengenalan sedikit yang cukup mendalam tentang virtual account. Bagaimana? Apakah perusahaan anda tertarik menerapkan hal ini? Cara pembayaran baru sangat disarankan karena sangat mudah untuk digunakan yaa.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.