Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!
Blog Digital Marketing Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value Proposition merupakan istilah bisnis yang bertujuan dalam menjual nilai dan manfaat pada produk bisnis.

Karena, dengan membangun dan menampilkan value proposition yang menarik, berpotensi meningkatkan ketertarikan calon pembeli untuk membeli produk Anda.

Di pembahasan ini, kita akan mempelajari mengenai hal ini secara lebih dalam disertai contohnya. Tanpa basa-basi lagi berikut penjelasannya:

 

Isi Artikel  :

 

 

 

Apa Itu Value Proposition?

 

apa-itu-value-proposition

Value proposition merupakan suatu pernyataan yang mengandung manfaat yang ditawarkan bisnis kepada pelanggannya. Biasanya, pernyataan value proposition ini terdiri atas:

  1. Headline 
  2. Sub-headline 
  3. Tombol CTA (Call-To-Action) 
  4. Gambar

Tapi tidak semua hal tsb ini mempunyai keempat komponen tersebut yang secara lengkap. Terkadang ada terdapat value proposition yang hanya menampilkan headline dan juga CTA saja.

Tapi, jika Anda ingin tahu contoh value proposition yang lengkap, lihatlah halaman untuk layanan pembuatan website di IDwebhost ini :

contoh-value-proposition

Dari gambar diatas, Anda dapat melihat semua komponen value proposition dari headline, sub-headline, tombol cta, dan gambar yang terlihat sangat jelas:

  1. Headline : Pada bagian ini Anda dapat langsung melihat elemen headline yang menjelaskan manfaat utama layanannya, yaitu “Hosting Super Hemat”.
  2. Sub-headline : Pada bagian ini bertujuan untuk mendukung pernyataan pada headline. Jadi, kalimatnya menekankan bahwa pembeli dapat langsung menerima website siap pakai.
  3. CTA : Call to Action atau CTA ini tujuannya adalah mengarahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi. Itulah kenapa tombolnya diberikan tulisan “Pesan Sekarang”.
  4. Gambar : IDwebhost memasang gambar yang cocok dengan mendukung narasi “hosting murah dan hemat biaya”.

 

Perlu diperhatikan juga kunci dari keberhasilan value proposition adalah dapat menyampaikan manfaat dari produk atau layanan. Jadi, tidak hanya sekadar slogan.

Sebagai contoh, kita dapat melihat slogan dari beberapa brand yang sudah dikenal yaitu:

  • Nike : Just do it
  • Apple : Think different
  • McDonald’s : I’m lovin’ it!

Ketiga slogan di atas tentu saja tidak dapat menjelaskan manfaat produk. Selain itu, kalimat branding juga tidak termasuk value proposition. Contohnya seperti:

  • Warung Gudeg pertama di Yogyakarta! 
  • Toko buku online nomor satu di Indonesia. 
  • Franchise ayam goreng terbaik dengan 70 cabang di seluruh Indonesia.

Alasannya, pernyataan branding tidak berfungsi dalam menaikkan reputasi dan tidak untuk menawarkan manfaat kepada calon pelanggan.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat value proposition yang menarik? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

 

Cara Membuat Value Proposition yang Menarik

 

Apakah untuk membuat value proposition yang menarik Anda perlu mengetahui banyak trik dan mempelajari banyak teori? Untungnya, tidak. Justru, bisa dibilang caranya cukup simpel. Anda hanya perlu melakukan tiga hal berikut:

  • Deskripsikan produk dan manfaatnya
  • Deskripsikan siapa yang pantas untuk membeli produknya
  • Deskripsikan mengapa produk Anda lebih unggul dari kompetitor

Selesai! Jika Anda telah selesai menjelaskan ketiganya, kemungkinan besar Anda telah mempunyai value propositions yang ideal.

Tapi.. walaupun Anda memiliki penawaran yang menarik, terkadang eksekusinya belum tentu sesuai dengan harapan. Biasanya, hal ini karena penawarannya tidak tersampaikan dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu tahu cara mempresentasikan value proposition Anda secara lebih menarik. Berikut caranya!

 

1. Cara Menawarkan Value Proposition secara Lebih Menarik

Agar value propositions yang Anda tawarkan menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti calon pembeli, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

 

  • Hindari bahasa yang terlalu teknis

Pastikan Anda untuk menargetkan konsumen agar paham dengan apa yang Anda tawarkan. Lalu, jangan lupa untuk gunakan bahasa yang dapat dimengerti orang awam.

 

  • Jangan berlebihan

Bahasa penawaran iklan yang terlalu heboh seperti “Produk nomor 1!” atau “Layanan terbaik sepanjang masa!” tentunya dapat dinilai berlebihan bagi banyak orang. Padahal, penawarannya jujur dan apa adanya justru lebih menarik konsumen.

 

 

2. Contoh Membuat Bonus Penawaran yang Menarik bagi Pelanggan

Nah, bicara mengenai bonus, apa saja sih bonus yang sekiranya menarik untuk ditawarkan? Berikut adalah beberapa contoh bonus yang memiliki potensi dalam membuat calon konsumen tertarik untuk membeli:

 

  • Gratis ongkir

Cara telah banyak dilakukan oleh online marketplace terkenal contohnya Shopee dan Tokopedia.

 

  • Beli satu produk gratis produk lain

Contohnya seperti IDwebhost.  Jadi pelanggan yang membeli hosting di IDwebhost bisa mendapatkan domain gratis.

 

  • Gratis instalasi

Contohnya bisnis internet service provider yang telah menawarkan gratis instalasi modem. Atau usaha isi ulang gas yang telah menawarkan pemasangan tabung gas secara cuma-cuma.

 

  • Garansi

Terkadang konsumen takut akan produk yang mereka beli tidak sesuai harapan. Jadi, bila Anda perlu menawarkan garansi, mereka pun tidak perlu lagi khawatir dengan risiko kerugian.

 

  • Potongan Biaya

Anda dapat memberikan potongan harga di produk-produk tertentu yang Anda miliki agar dapat memberikan nilai tambah.

 

Contoh Value Proposition yang Menarik Calon Pembeli

 

Berikut merupakan beberapa bisnis yang telah berhasil menawarkan value propositions yang menarik.

1. Flip

Flip adalah aplikasi yang dapat membantu penggunanya dalam melakukan transfer antar bank tanpa mengeluarkan biaya.

Manfaat tersebut dapat ditampilkan Flip sebagai headline utama. Lalu, mereka juga dapat menempatkan tombol CTA tepat di bawahnya. Sehingga pengguna yang tertarik dapat langsung mendaftar.

 

Berikut value propositions dari Flip :

 

contoh-value-proposition

 

Analisa value proposition

  • Produk dan manfaatnya: Aplikasi yang dapat memungkinkan penggunanya dalam melakukan transfer antar bank tanpa biaya. 
  • Cocok digunakan oleh: Orang-orang yang sering melakukan transfer antar bank. Karena, mereka dapat menghemat banyak biaya dengan menggunakan Flip.
  • Keunggulan produk: Flip bersaing dengan aplikasi-aplikasi mobile banking yang dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank juga. Namun, dengan rata-rata kompetitornya masih menerapkan biaya transfer.

 

2. Mitra Bukalapak

Mitra Bukalapak merupakan program yang dibangun oleh Bukalapak guna membantu para anggotanya yang membuka usaha dengan berjualan berbagai produk dan jasa yang ada di Bukalapak. Value proposition yang mereka tawarkan pun cukup menarik.

contoh-value-proposition

Tanpa basa-basi, headline utama websitenya langsung dapat menjelaskan pada pengunjung bahwa siapapun dapat memperoleh untung jutaan dengan menjadi Mitra Bukalapak. Hal ini tentu dapat menggoda sekali bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

 

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Program mitra usaha yang bisa membantu anggotanya dalam meraih penghasilan tambahan.
  • Cocok digunakan oleh: Siapa pun yang berminat dalam mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan.
  • Keunggulan produk: Mitra Bukalapak juga dapat bergabung tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya contohnya harga ekonomis untuk produk grosir dan juga potongan harga untuk layanan top up dan tagihan.

 

Kesimpulan

Jika Anda ingin membuat value proposition yang menarik sekarang juga, Mulailah dengan mengidentifikasi manfaat produk, target konsumen, dan juga keunggulan produknya.

Lalu, Anda juga perlu untuk memberikan ciri khas pada penawaran Anda, serta tambahkan bonus-bonus yang bisa membuat penawarannya menjadi semakin menarik.

Semoga bermanfaat 

Untuk mendapatkan informasi artikel dari IDwebhost yang bermanfaat lainnya, Anda dapat mengunjungi halaman website IDwebhost pada bagian blog IDwebhost.

Tidak lupa juga IDwebhost sampaikan, jika Anda saat ini sedang mencari hosting terbaik untuk membangun website Anda, Anda dapat menggunakan layanan hosting dari IDwebhost dan domain lengkap. Selain itu juga terdapat promo didalamnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Kemudian jika Anda merasa kesulitan dalam membuat website, Anda juga dapat memanfaatkan layanan jasa pembuatan website dari IDwebhost atau wunik yang masih dalam satu naungan IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.