Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

13 Mar 2022
Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Sebagai pengusaha, Anda tentu ingin produk dari perusahaan Anda laris oleh konsumen, bukan? Tetapi, permasalahannya adalah bukan hanya Anda yang menawarkan produk tersebut. Pastilah terdapat sedikit atau banyak pebisnis lain yang menawarkan produk serupa. Lalu, bagaimana caranya agar konsumen terpikat dengan produk Anda? Satu-satunya cara untuk memikat konsumen adalah dengan memberikan value proposition atau nilai lebih dari produk atau perusahaan Anda.

Dalam berbisnis, memberikan value proposition pada produk atau perusahaan sangatlah penting jika Anda tidak ingin tenggelam di tengah-tengah ketatnya persaingan. Hal ini juga berlaku bagi lini bisnis yang baru masuk di pasar.

Tanpa memberikan value proposition terhadap produk dan perusahaan,bisa saja usaha Anda akan sulit untuk bertahan lama. Nah, jika Anda ingin konsumen terpikat dengan produk Anda, simak hingga habis artikel ini.

Pengertian Value Proposition

apa-itu-value-proposition

Value proposition adalah salah satu elemen atau nilai paling penting dalam berbisnis. Setiap perusahaan atau brand harus memberikan nilai ini terhadap produknya agar konsumen mau memilih produk tersebut diantara pilihan lainnya. Tetapi, apa sebetulnya yang dimaksud dengan value proposition itu? Value proposition adalah nilai-nilai yang perusahaan janjikan kepada konsumen apabila konsumen memilih untuk membeli produk perusahaan.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Pelanggan? Cari Tahu Lebih Banyak tentang Customer Retention

Perusahaan harus memiliki value proposition yang membuat produk tersebut menjawab kebutuhan atau permasalahan konsumen. Bukan hanya produk saja, tetapi juga bagaimana perusahaan memberikan pelayanan yang menguntungkan dan pastinya bermanfaat bagi konsumen. Intinya, value proposition harus menjawab mengapa para konsumen harus menggunakan atau membeli produk Anda.

Mengapa value proposition penting bagi perusahaan? Karena menurut CFI (Corporate Finance Institute) memberikan proposisi nilai merupakan cara yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan serta menjaring lebih banyak customer

contoh-value-proposition
Contoh value proposition IDWebhost

Proposisi nilai sebetulnya masuk ke dalam strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan. Biasanya, nilai ini akan disampaikan dalam bentuk pernyataan singkat, padat, dan jelas yang mewakilkan keseluruhan nilai perusahaan atau brand.

Tetapi, seringkali para pengusaha menyalahartikan nilai ini sebagai sebuah slogan atau tagline. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda. Slogan atau tagline adalah kalimat pendek yang menarik bagi audiens mengenai suatu hal

Slogan tidak selalu memuat nilai-nilai dari perusahaan. Berbeda dengan proposisi nilai yang menyampaikan keseluruhan nilai yang perusahaan tawarkan kepada para pelanggan.

Elemen Penting Value Proposition

Untuk menciptakan sebuah proposisi nilai yang baik, Anda harus mengetahui lebih dahulu elemen penting apa saja yang harus ada dalam sebuah value proposition. Banyak pakar bisnis yang membahas mengenai elemen dalam value proposition dalam versi mereka sendiri. Untuk itu, berikut ini 5 elemen yang harus Anda terapkan dalam membuat value proposition.

1. Value Proposition Fungsionalitas

Elemen pertama yang harus Anda terapkan dalam membuat proposisi nilai produk adalah fungsionalitas dari produk yang akan dijual. Jangan datang kepada konsumen hanya untuk berjualan dan mendapatkan uang saja. 

Tetapi, tawarkanlah kepada konsumen fungsi dan solusi apa yang dapat produk Anda selesaikan. Jadilah solusi dari permasalahan dan kebutuhan konsumen.

2. Emosi

Selanjutnya, elemen yang harus Anda masukkan dalam membuat sebuah proposisi nilai adalah emosi. Membangun emosi customer dalam value proposition yang Anda tawarkan menjadi penting. 

Emosi ini dapat dibangun apabila customer mengetahui hal menarik apa yang ada dalam produk perusahaan Anda. Untuk itu, Anda harus memberi tahu konsumen atau pelanggan tentang poin paling menarik dari produk.

3. Ekonomi

Hal ketiga yang harus Anda pertahankan dalam proposisi nilai produk adalah nilai ekonomi. Nilai lebih yang dapat Anda tonjolkan dari produk Anda adalah bagaimana produk Anda dapat sesuai dengan kondisi ekonomi target pelanggan. 

Membuat produk yang berkualitas dengan harga tinggi boleh-boleh saja, akan tetapi apakah pengguna dari produk tersebut mau membeli dengan harga tinggi?

4. Simbolis

Elemen yang keempat yang harus Anda perhatikan adalah simbolis. Elemen simbolis artinya bagaimana produk Anda dapat mewakili suatu hal. Misalnya, Anda membuat sebuah produk yang luxury maka sudah pasti produk ini akan menonjolkan status sosial dan kepribadian para penggunanya..

5. Value Proposition Akhir

Yang terakhir adalah nilai akhir dari produk Anda. Elemen dalam proposisi nilai produk ini mengacu kepada apa yang dapat Anda janjikan kepada pelanggan dari produk Anda. Nilai ini dapat berupa kualitas produk yang tahan lama atau garansi jika produk rusak. 

Anda dapat menawarkan nilai yang berbeda yang tentunya bermanfaat dan menguntungkan bagi

Cara Membuat Value Proposition yang Menarik 

Setelah mengetahui pengertian dari value proposition beserta elemen apa yang harus Anda perhatikan dalam membuatnya. Selanjutnya Anda dapat membuat proposisi nilai untuk produk bisnis Anda. Tetapi, bagaimana cara untuk membuat value proposition yang menarik?

Dilansir dari Hubspot, terdapat 5 cara untuk membuat value proposition dari sebuah produk. Berikut ini penjelasan tentang kelima cara dalam membuat proposisi nilai yang menarik customer.

1. Ketahui Permasalahan Utama Customer

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat sebuah proposisi nilai suatu produk adalah mengetahui apa yang menjadi masalah utama bagi pelanggan atau calon pembeli. Anda dapat mengetahui ini dengan cara melakukan riset atau berdiskusi dengan tim Anda. 

Biasanya, tim customer service dan sales yang berhubungan langsung dengan konsumen akan mengetahui banyak hal tentang permasalahan mereka. Selain itu, Anda dapat melakukan riset kepada konsumen yang menggunakan produk Anda.

2. Identifikasi Manfaat dari Produk

Setelah mengetahui apa yang menjadi permasalahan bagi customer, langkah selanjutnya adalah  mengidentifikasi manfaat apa saja yang dapat produk Anda tawarkan kepada pelanggan. Manfaat ini haruslah ringkas dan terfokus pada kebutuhan pelanggan. Misalnya, salah satu layanan hosting dari IDwebhost dimana pembeli dapat langsung menggunakannya untuk website mereka.

3. Jelaskan Value Proposition dari Manfaat Produk

Selanjutnya, jelaskan kepada customer mengenai manfaat produk Anda. Jelaskan kepada mereka apa yang membuat produk Anda begitu berharga. Anda bisa menggunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami oleh orang awam. Hindari penggunaan bahasa teknis yang rumit.

4. Hubungkan Nilai dengan Masalah Customer

Yang keempat, hubungkan nilai produk Anda dengan masalah utama yang dialami customer. Pastikan nilai atau manfaat dari produk Anda dapat menjadi solusi dari permasalahan utama customer. Jelaskan kepada customer bahwa produk Anda adalah jawaban dari permasalahan mereka.

5. Bedakan Bisnis Anda dengan Bisnis Lain

Sentuhan terakhir yang harus Anda cantumkan adalah membedakan bisnis Anda dengan para kompetitor. Tunjukkan perbedaan Anda dari kompetitor dari berbagai hal. Mulai dari kualitas produk, customer service, layanan tambahan, atau pembanding lainnya yang membuat Anda berbeda dari bisnis lain sejenis.

contoh-value-proposition

Komponen dalam Value Proposition

Seperti yang telah disampaikan dalam penjelasan pengertian value proposition, biasanya nilai-nilai ini disampaikan dalam bentuk pernyataan yang singkat, padat, dan jelas. Nah, agar tersampaikan dengan baik, terdapat 4 komponen dalam menyampaikan value proposition. Keempat komponen tersebut terdiri dari headline, sub-headline, CTA, dan juga gambar. Agar Anda lebih mudah memahami, simak penjelasan dibawah ini.

  • Headline, tunjukkan layanan utama atau produk utama dari bisnis Anda. Anda juga dapat menjelaskan secara singkat manfaat apa yang akan didapatkan pelanggan. Gunakan kata-kata yang menarik dan kreatif tetapi juga singkat dan jelas.
  • Sub-headline, jelaskan lebih lanjut dalam bagian ini mengenai layanan atau produk Anda. Jangan berikan penjelasan yang terlalu panjang. Berikanlah penjelasan yang singkat, padat, dan jelas yang mendukung isi headline
  • CTA, setelah  menjelaskan secara singkat dan jelas dalam headline dan sub-headline, dukung kembali pernyataan tersebut dengan CTA atau call to action. Arahkan calon pembeli atau pelanggan untuk melakukan pemesanan atau pembelian.
  • Gambar, untuk mendukung value proposition yang Anda tawarkan kepada pelanggan sertakan juga gambar yang sesuai. Anda dapat menyertakan gambar produk atau mungkin gambar lainnya yang menarik dan mendukung isi dari value produk bisnis Anda.

contoh-value-proposition

Tanpa basa-basi, headline utama websitenya langsung dapat menjelaskan pada pengunjung bahwa siapapun dapat memperoleh untung jutaan dengan menjadi Mitra Bukalapak. Hal ini tentu dapat menggoda sekali bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Program mitra usaha yang bisa membantu anggotanya dalam meraih penghasilan tambahan.
  • Cocok digunakan oleh: Siapa pun yang berminat dalam mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan.
  • Keunggulan produk: Mitra Bukalapak juga dapat bergabung tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya contohnya harga ekonomis untuk produk grosir dan juga potongan harga untuk layanan top up dan tagihan.

Kesimpulan

Value proposition menjadi hal yang sangat penting dalam strategi pemasaran bisnis. Memiliki nilai lebih dalam bisnis dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Buatlah proposisi nilai yang efektif untuk menyampaikan pesan pada konsumen. Karena hal ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menaikkan penjualan dan pendapatan.

Anda bisa mengikuti cara yang telah disampaikan pada penjelasan di atas. Buatlah dengan kata-kata yang menarik dan kreatif. Hindari pemilihan kata atau bahasa yang terlalu rumit yang sulit dipahami oleh awam. Anda dapat melihat contoh value proposition milik IDwebhost dengan layanan web hosting terbaik pada laman utama.

Agar bisnis Anda berjalan semakin baik dan semakin efektif dalam menyampaikan proposisi nilai, buat website bisnis Anda di IDwebhost tanpa ribet! Beli juga domain murah dan gunakan layanan hosting murah dari IDwebhost untuk keperluan bisnis Anda!

 Dapatkan juga promo-promo menarik lainnya dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini! 

special promotions

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013