Value Adalah: Inilah Arti, Jenis, serta Cara Menentukannya pada Diri Sendiri & Bisnis

23 Jul 2023
Value Adalah: Inilah Arti, Jenis, serta Cara Menentukannya pada Diri Sendiri & Bisnis campaign-unlimited

Value adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan. Dengan adanya value seorang individu, kelompok, maupun objek usaha dapat melakukan peranannya dengan tepat. Meskipun terdengar abstrak, value merupakan konsep yang bisa ditemui di semua objek baik itu manusia, lembaga, ataupun bidang usaha.

Jika kamu belum mengetahui value dari diri kamu atau value dari usaha yang ingin kamu bangun, maka kini kamu berada di tempat yang tepat. Artikel kali ini akan membantu kamu untuk mengenali dan meningkatkannya. Mari menuju ke pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Apa Itu Value

Sebelum mulai mengetahui value diri kamu, mari kita mengenal definisinya terlebih dahulu. Apa sih yang dimaksud dengan value? Value adalah nilai atau kepercayaan yang dianggap penting dan dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

Tanpa memiliki bentuk yang konkret, value bisa berupa apa saja. Misalnya seperti karakteristik sikap, sifat, atau lainnya. Value diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kebiasaan dan cara individu berinteraksi.

Dengan value, kamu bisa mengetahui apa yang kamu inginkan, bagaimana kamu perlu bersikap, dan seperti apa citra yang ingin kamu tunjukkan. Misalnya kamu memiliki value kemampuan untuk menghargai sesama manusia. Dalam penerapannya, kamu harus mengatur cara berperilaku sesuai dengan value yang kamu percayai tersebut.

Contohnya seperti kamu bisa menjadi pendengar yang baik, menghargai perbedaan, dan sebagainya. Setiap individu meyakini value yang berbeda-beda. Begitu pula dengan value dalam sebuah usaha. Agar tampil berbeda dan konsisten, sebuah bisnis perlu memiliki dasar value yang jelas.

Jenis-jenis Value

Pada dasarnya value adalah nilai yang bisa ditemui pada objek apapun itu. Kamu bisa menemukan value dalam diri kamu sendiri, dalam kelompok, pada sebuah brand, dan sebagainya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenisnya yang bisa membantu kamu mengenal seperti apa itu value dengan lebih baik.

1. Personal Value

value adalah

Seperti yang terlihat dari namanya, personal value merupakan nilai-nilai yang dipercayai dan diterapkan secara personal oleh seorang individu. Personal value dapat berbeda-beda menyesuaikan dengan keyakinan yang dimiliki oleh setiap orang.

Adapun contoh dari beberapa personal value meliputi disiplin, konsistensi, empati, dan sebagainya. Namun, karena nilai ini sifatnya ‘personal’ maka tidak ada parameter standar yang bisa digunakan untuk mengukur penerapannya sudah tepat atau belum.

2. Moral Value

Kamu pasti tidak asing dengan istilah moral value, bukan? Kamu bisa mendapatkan moral value dari cerita yang diangkat dalam sebuah film, buku, atau karya sastra lainnya. Moral value adalah nilai-nilai yang dipercayai dan dipatuhi untuk merealisasikan sifat-sifat baik demi terwujudnya kebahagiaan.

Ini merupakan nilai-nilai yang ada di dalam dinamika masyarakat. Sebagai seorang individu kamu tidak diwajibkan untuk mengikuti value ini. Tapi akan lebih baik jika kamu mematuhi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh moral value antara lain seperti etika dan kejujuran.

3. Constitutional Value

Constitutional value ialah nilai-nilai yang ditentukan oleh pemerintah atau konstitusi untuk diberlakukan pada sebuah negara.  Warga negara yang memiliki constitutional value wajib mematuhi nilai-nilai tersebut lantaran nilai tersebut mencerminkan cita-cita dan pandangan hidup yang berlaku di masyarakat.

Indonesia meyakini satu constitutional value yakni Pancasila. Dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang meliputi kepercayaan akan Tuhan Yang Maha Esa, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, serta keadilan. Warga negara Indonesia wajib menerapkan Pancasila sebab sudah diyakini sebagai acuan pandangan hidup bernegara.

4. Customer Value

Jenis value berikutnya adalah customer value. Istilah ini sering digunakan dalam bidang bisnis. Customer value adalah nilai kepuasan konsumen akan sebuah produk atau layanan. Nilai ini sifatnya subjektif, konsumen bisa menentukan nilai kepuasan akan sebuah produk atau jasa menurut pengalamannya sendiri.

Sebab sifatnya cukup subjektif, customer value justru menjadi indikator kesuksesan sebuah produk atau brand. Hal ini dikarenakan customer value dapat mengukur  kepuasan konsumen pada produk atau layanan. Untuk membangun customer value yang baik kamu perlu menerapkan strategi marketing yang tepat.

5. Social Value

Ini merupakan nilai yang ditentukan dan diterapkan oleh sekelompok individu atau masyarakat. Value ini memastikan seluruh orang dalam cakupan yang sama menganut nilai-nilai yang telah disepakati sehingga dapat tercipta kehidupan sosial yang harmonis.

Dalam istilah sehari-hari, social value juga dikenal sebagai etos. Salah satu contoh dari penerapan social value adalah tradisi rewang. Ini merupakan tradisi di mana masyarakat saling bergotong royong untuk mengurus keperluan sebuah perhelatan. Tradisi ini menjadi aktualisasi dari rasa solidaritas dalam kehidupan bermasyarakat.

Cara Mengetahui Value

Jika kamu masih belum mengetahui value diri atau value bisnis yang ingin kamu jadikan acuan, maka kamu bisa menentukannya dari beberapa aspek. Adapun beberapa aspek tersebut ialah sebagai berikut:

1. Karakteristik

Ketahui karakteristik yang paling sesuai. Untuk menentukan value diri, kamu bisa mengingat kembali karakteristik apa yang dapat menggambarkan diri kamu. Bukan hanya itu saja, pastikan kamu juga merasa nyaman dan bahagia dengan karakteristik ini.

Dalam bidang bisnis, kamu bisa menentukan value dari manfaat atau kelebihan yang bisa kamu tawarkan. Coba pikirkan kembali, kira-kira karakteristik apa yang bisa menjadi kelebihan dan bahkan membawa manfaat bagi konsumen.

2. Preferensi

Agar kamu tidak bingung saat menentukan value, putuskan mana yang menjadi preferensimu. Apakah kamu cenderung untuk memegang teguh nilai-nilai kejujuran, keberanian, tanggung jawab, atau integritas.

3. Branding

Value adalah

Branding atau menciptakan citra juga bisa menjadi salah satu aspek untuk menentukan value. Untuk menentukan value diri, kamu bisa membayangkan bagaimana kamu ingin dipandang sebagai seorang individu. Begitu pula untuk menentukan value bisnis. Terapkan value proposition dari bisnismu.

Ketahuilah di mana kamu memposisikan produk atau bisnismu. Katakanlah kamu ingin produkmu dikenal sebagai sabun anti kuman nomor 1 di Indonesia. Artinya, kamu perlu memiliki value berupa integritas, konsisten, based on medical formulation, dan sebagainya.

Cara Meningkatkan Value

Lalu, bagaimana jika kamu sudah menemukan value? Tentu saja tahap berikutnya adalah mengembangkan value tersebut. Untuk mengembangkan value, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut:

1. Fokus pada Hal yang Bisa Dikontrol

Value adalah aspek yang tidak sepenuhnya objektif. Khususnya untuk personal value, tidak ada indikator pengukuran yang tepat dan bisa digunakan untuk mengukurnya. Lalu, apakah value harus selalu ditampilkan? Jika kamu dan orang sekitarmu bisa mendapatkan manfaat, maka jawabannya iya.

Untuk menampilkan value, kamu hanya perlu berfokus pada hal-hal yang bisa dikontrol saja. Misalnya seperti cara berbicara, bersikap, presentasi produk, kualitas, dan sebagainya. Jika kamu sudah melakukan hal-hal yang ada dalam jangkauanmu tersebut maka kamu bisa menunjukkan brand yang otentik tanpa dibuat-buat.

2. Terbuka dengan Kritik dan Melakukan Evaluasi

Cara untuk meningkatkan value berikutnya adalah dengan menerima kritik. Jika kamu menerima kritik yang sifatnya membangun, pastikan untuk merefleksikannya dan melakukan evaluasi. Terutama jika kamu sedang membangun customer value. Pertimbangkan untuk memperbaiki kualitas produk dengan bantuan masukan dari pelanggan.

3. Ciptakan Unique Selling Point

Terakhir, kamu bisa menjadikan value yang kamu miliki saat ini untuk mengembangkan unique selling point. Semua hal memiliki keunikannya masing-masing.

Terapkan value secara konsisten untuk mencapai pembangunan uniqu selling point. Terutama dalam dunia industri, USP bisa membantu brand atau bisnismu untuk bertahan dan bahkan berkembang lebih luas.

Itulah dia ulasan tentang value, jenis-jenis, cara mengetahui, serta tips untuk mengembangkannya. Value adalah aspek yang tidak bisa dilewatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya value yang tepat dan konsisten, kamu bisa membangun branding dengan lebih terarah.

Jika kamu mencari partner untuk membangun branding usahamu, layanan hosting IDwebhost siap sedia menyediakan berbagai keperluan hosting website yang berkualitas. Bangun brandingmu sekarang bersama kami, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022