User Generated Content (UGC): Pengertian dan Keuntungan untuk Bisnis

5 Jan 2022
User Generated Content (UGC): Pengertian dan Keuntungan untuk Bisnis

User Generated Content atau UGC di era modern ini menjadi salah satu strategi marketing yang mampu membantu keuntungan dalam bisnis.

Contohnya, mungkin kita baik sadar ataupun tanpa sadar pernah menemukan sebuah postingan yang mengulas produk atau testimoni dari konsumen.

Testimoni atau ulasan dari konsumen ini kebanyakan memang murni dari konsumen. Artinya mereka memberikan ulasan secara cuma-cuma.

Testimoni yang terdapat pada postingan tersebutlah yang dinamakan User Generated Content atau UGC ini. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan belajar lebih dalam mengenai UGC dan manfaatnya bagi bisnis.

Hal ini dikarenakan seperti yang telah disebutkan di awal, UGC menjadi salah satu metode terbaik dalam mempromosikan produk atau bisnis.

Di samping itu, cara marketing yang biasa dilakukan seperti promosi produk tentunya harus mengeluarkan anggaran dalam memasang iklan di Instagram atau membayar endorsement. 

Nah, adanya UGC menjadi solusi untuk Anda dalam mempromosikan produk secara gratis Untuk itu mari kita simak pembahasannya sampai habis berikut ini. 

Apa Itu User Generated Content (UGC)?

User Generated Content atau UGC yaitu pengguna atau konsumen yang membuat konten yang secara sukarela. Konten apa saja yang dapat dibuat? Konten yang dibuat ini meliputi tulisan, ulasan, foto, ataupun video yang mereka unggah ke internet.

Pada konten yang mereka buat, konsumen seringkali share pengalaman atau opini mereka yang telah menggunakan produk itu. Selain itu, konsumen juga dapat memberikan mention akun brand tersebut. Kemudian, brand yang menerima mention dari konsumen akan mengunggah kembali atau repost konten ke media sosial mereka.

Adanya UGC ini dapat memberikan manfaat secara tidak langsung pada produk yang dimiliki brand untuk dipromosikan oleh konsumen dengan ulasan yang positif.

UGC juga dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk pemasaran yang orisinil.

Mengapa?

Karena konten dapat dibuat secara alami oleh pembeli yang sudah menggunakan produk sehingga menghasilkan experience user. Dengan begini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh sebuah bisnis, terutama yang ketika melakukan strategi digital marketing sebagai salah satu jalur pemasaran.

Ulasan positif yang dapat diupload oleh experienced user tentunya dapat berpotensi meningkatkan brand equity. Brand awareness juga dapat terlihat oleh followers. 

Contoh Penggunaan UGC untuk Bisnis

Setelah kita belajar mengenai pengertian beserta penjelasannya, mari kita lihat beberapa contoh bisnis yang telah menerapkan UGC. 

Terdapat pelanggan Starbucks yang baru saja membeli kopi dan juga menyempatkan untuk memfotonya. Kemudian pelanggan tersebut mengupload di Instagram dan memberikan mention kepada akun Starbucks Indonesia.

 

user-generated-content

 

Postingan tersebut akhirnya dapat masuk ke dalam radar mereka lalu di posting ulang pada akun Instagram Starbucks.

Contoh penggunaan UGC lainnya yang juga dapat Anda lihat ada pada akun Instagram J.CO Indonesia. Postingan tersebut datang melalui salah satu pengunjung gerai J.CO.

 

user-generated-content

 

Pengunjung tersebut baru telah membeli makanan dan minuman kemudian mengabadikan momen tersebut dan menguploadnya ke Instagram. Akun J.CO Indonesia pun akhirnya me-repost ulang dan juga memberi ucapan terima kasih karena sudah berkunjung.

Kenapa UGC itu Penting bagi Bisnis?

Padahal jika kita pikirkan kembali, masih banyak alternatif lain tentang bagaimana mempromosikan bisnis seperti memasang iklan di sosial media, membeli endorse atau menggunakan public figure yang menjadi brand ambassador. 

Pilihan tersebut boleh saja Anda terapkan, tapi sebenarnya masih terdapat beberapa alasan mengapa UGC bisa menjadi kunci perkembangan bisnis digital anda, di antaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Bayangkan ketika ada orang yang bertanya tentang merek mie instan, Sudah tentu sebagian besar akan menjawab Indomie, Mie Sedap atau beberapa merek terkenal lainnya kan!?

Inilah yang disebut dengan kesadaran merek atau brand awareness.

Brand awareness merupakan sejauh mana produk Anda dapat dikenali oleh konsumen. Karena hal ini merupakan salah satu langkah awal dalam mencari lebih banyak pelanggan dan juga membuat mereka terus menerus membeli.

Agar dapat membuat konsumen sadar terhadap merek tentu bukan hal yang mudah dan membutuhkan proses yang panjang. 

Untuk itu, salah satu hal yang mampu meningkatkan kesadaran merek adalah melalui UGC ini. Jika terdapat salah satu pelanggan yang mau membuat ulasan tentang produk Anda yang mereka beli.

Hal ini tentunya dapat menarik lebih banyak user baru yang dapat mengenali produk tersebut dan tidak berhenti sampai di sini saja. User akan mencoba untuk mencari tahu lebih lanjut yang pada akhirnya, secara tidak langsung mereka dapat untuk terus mengingat pada produk atau brand kamu itu.

Polanya akan terus berjalan seperti itu. Jadi semakin banyak UGC maka semakin mudah pula untuk dikenali. Itulah alasan mengapa UGC menjadi penting dalam sebuah bisnis.

2. Meningkatkan Traffic Organik

Saat konsumen Anda membuat UGC, tentu postingan mereka dapat memberikan mention pada akun IG bisnis Anda.

Selain itu, dari postingan tersebut juga mampu untuk menjangkau user atau target pasar yang lebih luas lagi. Selanjutnya, apabila user tersebut merasa tertarik pada postingan tersebut, tentunya hal ini dapat membuat mereka mau untuk mengklik mention-an brand Anda dan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai produk tersebut.

Melalui inilah akun Anda dapat memperoleh traffic secara organik.

3. Memberikan Sumber Konten yang Autentik

Seperti yang telah diketahui, para konsumen lebih mempercayai konten yang mengandung ulasan atau review yang bersumber dari pelanggan langsung. Pelanggan yang telah pernah menggunakan produk tersebut tentu dapat memberikan pengalaman pribadinya secara jujur baik itu suka atau pahitnya.

Hal ini berbeda jika brand itu sendiri yang memberikan ulasan. Konsumen cenderung merasa kurang percaya.

Ditambah lagi, konsumen yang memberikan UGC juga tidak mendapat penghasilan, artinya mereka memang secara sukarela mau untuk memberikan review atau ulasan yang sesuai faktanya.

Jika terdapat konsumen yang tidak sengaja menemukan postingan UGC, maka besar kemungkinan mereka dapat tertarik sehingga dapat menimbulkan rasa percaya pada produk tersebut. Alhasil, lambat laun mereka mau membeli produk pada brand tersebut yang salah satunya dikarenakan dari kejujuran review atau ulasan tersebut.

Cara Mendapatkan User Generated Content untuk Bisnis Anda

 

user-generated-content

Agar semakin mempermudah Anda dalam melakukan strategi UGC ini, Anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut ini:

1. Influencer marketing

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jasa influencer marketing. Influencer di sini maksudnya adalah orang – orang yang mempunyai ribuan bahkan jutaan pengikut (followers) yang dapat memberikan pengaruh kuat terhadap pengikutnya. 

Contohnya seperti : 

  • Selebritis
  • Influencer
  • Content Creator
  • Blogger
  • Dan lain-lain

 

Saat ini influencer marketing telah menjadi salah satu trend sebagai strategi dalam memasarkan produk. Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pasar.

Ketika influencer mau memberikan ulasan atau testimoninya, otomatis mereka juga akan memberikan mention brand yang sedang digunakan.

Melalui inilah Anda menjadi dapat memperoleh user generated content. Tapi yang perlu Anda ingat, strategi influencer marketing telah masuk dalam kategori berbayar, jadi setidaknya Anda perlu untuk menyiapkan dana sesuai dengan influencer yang ingin digunakan.

2. Mengadakan giveaway

Cara kedua adalah dengan mengadakan giveaway yang bisa dikatakan sebagai cara dengan biaya yang lebih murah dari sebelumnya. Meskipun Anda akhirnya tetap mengeluarkan biaya untuk hadiah giveaway tersebut.

Agar dapat memperoleh UGC, Anda dapat menerapkan beberapa syarat supaya dapat mengikuti giveaway, seperti :

  1. Harus follow akun IG brand bisnis Anda,
  2. Membuat postingan berupa ulasan ketika menggunakan brand Anda,
  3. Wajib mention akun IG brand.

Cara ini juga dinilai dapat memberikan impact tambahan followers pada akun bisnis Anda. Jadi dapat double manfaat kan!?

3. Memulai tren atau challenge

Cara terakhir untuk mendapatkan UGC adalah dengan membuat tren atau challenge, apa maksudnya!?

Tren atau challenge merupakan tantangan yang sering diadakan oleh para pemilik brand dengan tujuan untuk mengajak followers mereka agar turut meramaikan trend tersebut.

Ditambah lagi dengan adanya TikTok dan Instagram Reels saat ini, hal tersebut menjadi sangat mendukung dalam memasarkan produk lewat video. 

Nah, untuk memperoleh UGC dengan cara ini, Anda hanya perlu membuat sebuah tren atau challenge contohnya berupa video review produk, foto kontes atau yang lain sebagainya yang bisa Anda sesuaikan.

Lalu tidak lupa juga, Anda perlu untuk mengajak followers Anda agar ikut meramaikan dan meminta mereka supaya me-mention akun sosial media bisnis Anda. Melalui cara ini, Anda sudah mendapatkan user generated content.

Kesimpulan

UGC menjadi cara untuk mempromosikan produk secara gratis yakni dengan membuat konsumen mau memberikan ulasan mengenai produk secara cuma-cuma.

Dengan cara ini tentunya mampu meningkatkan brand awareness bisnis, meningkatkan traffic secara organik, dan juga memberikan sumber konten yang autentik.

Semoga bermanfaat

Kami juga memberikan informasi tambahan lainnya jika Anda tertarik tentang informasi-informasi bisnis dan teknologi, Anda dapat mengunjungi halaman blog IDwebhost

Semakin menariknya lagi, jika Anda membutuhkan hosting dan sedang mencari hosting terbaik untuk keperluan pembuatan website, Anda dapat menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost . Masih ada lagi, jika Anda merasa kesulitan membuat website dan membutuhkan bantuan dalam pembuatan website, Anda dapat menggunakan layanan jasa pembuatan website dari IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013