Upgrade Versi WordPress Secara Instant

21 Oct 2008

Untuk mendapatkan fasilitas atau fitur baru pada blog WordPress yang kita gunakan, kita harus mengupgrade versi WordPress ke versi yang terbaru, karena beberapa fasilitas atau fitur terbaru tidak kita temukan pada versi WordPress yang lama. Selain itu versi WordPress terbaru tentunya telah memperbaiki bug atau error dari versi-versi sebelumnya.

Lalu bagaimana kita mengupgrade versi WordPress pada blog atau website kita, sedangkan website tersebut sudah online?

Ada sebuah cara instant yang bisa kita lakukan untuk mengupgrade versi WordPress kita, hanya dengan beberapa klik.

Yaitu dengan menggunakan plugin InstantUpgrade. Dengan cara ini kita bisa mengupgrade versi WordPress website kita dengan mudah, cepat, dan aman.

Bagaimana cara kerjanya?

Plugin InstantUpgrade akan mendownload versi WordPress terbaru dari server WordPress dan meletakkannya di server kita. Selanjutnya akan menghapus semua file WordPress lama (kecuali wp-content/ and wp-config.php) dan meletakkan file baru ke direktori WordPress kita. Terakhir plugin ini akan menjalankan script upgrade database. Prosesnya sederhana dan membutuhkan waktu yang singkat.

Apakah cara ini aman digunakan?

Ya. Antarmuka plugin sangat mudah dipahami, dan sebelum proses dimulai, sistem akan mengecek terlebih dahulu untuk meyakinkan bahwa tidak ada yang rusak. Namun bagaimanapun juga kemungkinan untuk error tetap ada, jadi sebelum melakukan proses ini ada baiknya kita backup dahulu file dan database WordPress kita.

Untuk plugin InstantUpgrade bisa kita download di:
.tar.gz archieve (105.2 kB)
.zip archieve (112.0 kB)

Petunjuk Penginstalan
– Download plugin InstantUpgrade.
– Ekstrak dan upload ke dalam folder plugins WordPress kita.
– Aktifkan plugin melalui halaman admin WordPress.
– Masuk ke menu Options >> InstantUpgrade, lalu pilih metode yang digunakan. Disarankan untuk menggunakan metode FTP.
– Saat plugin telah mengkonfirmasikan bahwa proses upgrade siap dijalankan, masuk ke menu Manage >> Instant Upgrade lalu jalankan proses upgrade. Lalu ikuti petunjuk yang ada sampai selesai.

Trik ini bisa dilihat di http://www.zirona.com/software/wordpress-instant-upgrade

Selamat mencoba!

IDwebhost
Member since 18 Jun 2007