Kapan Sebaiknya Anda Upgrade Ke Dedicated Hosting?
Blog Tips Keren

Kapan Sebaiknya Anda Upgrade Ke Dedicated Hosting?

Sebagian besar bisnis mencapai titik di mana mereka perlu meningkatkan lingkungan hosting mereka agar dapat terus memberikan pengalaman browsing yang luar biasa kepada pengunjung website mereka. Ada banyak manfaat menggunakan shared hosting, mulai dari efektivitas biaya hingga kemudahan penggunaannya. Dan untuk sebagian besar bisnis kecil dan blogger, paket hosting bersama lebih dari cukup untuk kebutuhan Anda. Tergantung pada kebutuhan atau preferensi bisnis Anda, ada saatnya ketika Anda mungkin perlu meningkatkan hosting. Sudahkah Anda memperhatikan bahwa situs web tidak berfungsi dan memuat secepat yang digunakan? Dengan dapat melihat potensi batasan yang dapat diberikan oleh paket shared hosting di situs web, Anda dapat beralih ke dedicated hosting pada waktu yang tepat.

Enam Pertanyaan Sebelum Beralih ke Dedicated Hosting

Enam Pertanyaan Sebelum Beralih ke Dedicated Hosting
Enam Pertanyaan Sebelum Beralih ke Dedicated Hosting

1. Apakah terlalu banyak mengalami downtime?

Salah satu kelemahan shared hosting adalah kadang-kadang terjadi downtime, tergantung pada sifat bisnis dan berapa banyak orang yang bergabung di server. Meskipun demikian, banyak bisnis dengan volume lalu lintas yang tinggi baik-baik saja dengan shared hosting dan tidak melihat adanya gangguan yang signifikan. Tetapi tergantung pada bisnis dan penyedia hosting Anda, lonjakan besar dalam lalu lintas dapat menurunkan situs web selama beberapa menit, jam, atau bahkan berhari-hari.

Itu mungkin bukan masalah besar untuk bisnis atau situs web pribadi jika hanya berfokus pada pembuatan konten dan melibatkan komunitas, tetapi adalah bencana bagi situs e-commerce dan bisnis yang bergantung pada perolehan prospek. Pertimbangkan berapa banyak penjualan yang akan hilang jika situs web Anda mengalami downtime. Bukan hanya penjualan yang bisa hilang, reputasi bisnis Anda juga ternodai yang tidak selalu mudah dipulihkan.

2. Apakah situs web saya terlalu lambat?

Situs web yang lambat mungkin tidak mengganggu Anda, tetapi dapat memengaruhi penjualan, perolehan prospek, bahkan SEO Anda. Menurut survei hampir separuh pengguna web mengharapkan situs dimuat dalam dua detik atau kurang, dan akan meninggalkan situs yang tidak dimuat dalam tiga detik. Situs web yang lambat bisa memiliki banyak penyebab yang tidak ada hubungannya dengan shared hosting. Misalnya, situs memiliki grafis yang berat, tema situs web yang dirancang dengan buruk, atau bahkan plugins yang rusak bisa menjadi alasan sebenarnya halaman Anda dimuat dengan lambat.

Luangkan waktu untuk mematikan plugin yang tidak terpakai, bersihkan grafis dan gambar lama yang Anda gunakan untuk mempromosikan merek, dan ubah tema situs web Anda untuk mencari tahu alasan sebenarnya di balik pelambatan. Setelah Anda mengesampingkan masalah lain yang dapat memengaruhi situs web, sekarang saatnya menyelidiki apakah shared hosting penyebab kecepatan situs web menjadi lambat. Konsultasikan dengan IDwebhost untuk mendapatkan solusi. Mungkin ini saatnya untuk melakukan upgrade website ke dedicated server.

3. Keamanan perlu ditingkatkan?

Keamanan Dedicated Hosting
Keamanan Dedicated Hosting

Dengan menggunakan shared hosting website akan rentan terhadap serangan dan peretasan. Selain itu, peretas mungkin lebih bertekad untuk menyerang server dedicated hosting  karena peluang untuk mengunjungi banyak situs web dan bisnis pada saat yang bersamaan. Meskipun ada beberapa plugin yang dapat membantu melindungi situs web dari malware dan serangan, mereka tidak selalu dapat diandalkan atau mereka mungkin memerlukan banyak tenaga kerja dan pemantauan di pihak Anda untuk memastikan situs aman.

Situs Anda juga dapat menangani informasi sensitif, seperti informasi pribadi klien, detail pembayaran, bahkan nomor kartu kredit mereka. Dalam hal ini, server khusus diperlukan untuk situs web Anda. Anda juga perlu menyelidiki apakah pesaing di industri Anda menggunakan fitur keamanan yang disediakan oleh dedicated hosting. Jika mereka melakukannya, Anda dapat kehilangan pelanggan yang memilih mereka karena dianggap lebih aman.

4. Apakah saya memerlukan lebih banyak penyesuaian server?

Paket hosting bersama biasanya sangat memadai untuk seorang blogger. Namun, penting untuk diketahui bahwa server bersama itu sendiri tidak dapat dikustomisasi. Ini mungkin tidak memengaruhi bisnis Anda sendiri jika konfigurasi default server bersama sesuai dengan kebutuhan, tetapi perusahaan yang lebih besar ingin memodifikasi server mereka dan mempertahankan lebih banyak penyesuaian dan kontrol. Dengan dedicated server Anda bisa mengupgradenya tanpa batasan seperti layanan yang ditawarkan IDWEBHOST.com.

5. Apakah saya membutuhkan lebih banyak dukungan pelanggan?

Banyak penyedia hosting situs website bersama yang menawarkan layanan pelanggan berkualitas, tetapi tidak selalu demikian. Jika Anda menjalankan situs web besar dengan banyak lalu lintas dan penyesuaian yang rumit, shared hosting bukanlah cara yang tepat. Anda benar-benar membutuhkan dedikasi bukan hanya server khusus, tetapi juga dukungan pelanggan khusus.

6. Apakah saya perlu lebih banyak kontrol atas situs web saya?

Pertanyaan ini meluas dari mereka yang menginginkan lebih banyak kustomisasi atau dukungan pelanggan, tetapi pada akhir hari, Anda mungkin hanya perlu lebih banyak kontrol atas situs web Anda. Jika Anda merasa frustrasi karena nasib situs web Anda terletak di tangan orang lain, Anda dapat memutuskan bahwa Anda memerlukan kontrol yang diberikan oleh server khusus.

Keuntungan dari Dedicated Hosting

Keuntungan dari Dedicated Hosting
Keuntungan dari Dedicated Hosting

Hosting khusus dapat sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Namun, meningkatkan ke server khusus berarti Anda harus meningkatkan keterampilan teknologi Anda, atau membawa seseorang yang tahu cara mengelola server. Pengelolaan server bisa rumit, tetapi dapat bermanfaat setelah Anda menjelajahi manfaat peningkatan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Kontrol Server Lengkap 

Berada di server khusus berarti Anda memiliki kendali atas seluruh server. Anda tidak lagi berbagi sumber daya dengan berbagai situs website berbeda yang tidak memiliki afiliasi dengan Anda. Terkadang situs lain dapat memonopoli semua sumber daya server, yang berarti bahwa situs Anda dapat berfungsi lebih lambat. Beberapa server khusus memang membutuhkan sedikit pengetahuan teknis tambahan. Anda harus dapat meningkatkan dan memelihara server agar berjalan secara efektif. Namun, beberapa opsi server khusus memiliki tim dukungan khusus untuk membantu Anda.

Peningkatan Keamanan

Jika bisnis Anda berada pada titik di mana Anda perlu meningkatkan ke server khusus, maka Anda mungkin memiliki banyak informasi berharga yang tersimpan di situs web Anda. Untuk alasan ini meningkatkan keamanan situs Anda sangat penting. Dedicated hosting secara alami lebih aman karena Anda akan menjadi satu-satunya situs yang menggunakan server. Jika situs Anda terinfeksi, atau diretas, setidaknya Anda akan lebih mudah untuk menanganinya.

Peningkatan Kecepatan Situs Web

Situs web Anda harus cepat jika Anda ingin bersaing di pasar saat ini. Jika situs Anda tidak dimuat dalam beberapa detik, Anda menjalankan risiko pengunjung mengeklik sebelum mereka mendapat kesempatan untuk mengalami apa yang Anda tawarkan. Dedicated server yang dikonfigurasi dengan benar adalah cara yang pasti untuk memastikan situs Anda akan selalu dimuat dengan cepat, bahkan ketika dibanjiri dengan banyaknya lalu lintas. Server khusus tidak sesuai untuk semua jenis situs web.

Namun, jika situs Anda mengalami beberapa tanda di atas dan Anda pikir Anda dapat memperoleh manfaat dari host yang berdedikasi, maka mungkin layak untuk beralih. Asalkan Anda memiliki keterampilan teknologi dan laba yang masuk untuk membayar biaya.

Apa pun paket hosting yang Anda pilih pastikan ia menawarkan fleksibilitas untuk meningkatkan ke langkah berikutnya. Dukungan pelanggan berkualitas yang dapat membantu menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan juga merupakan keharusan. Seperti pelayanan di IDWEBHOST.com yang akan selalu siap menangani segala kendala dari pelanggannya.

 

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.