Update 2021 Teknik SEO Terbaru Untuk Pemula
Blog SEO Update 2021 Teknik SEO Terbaru Untuk Pemula

Update 2021 Teknik SEO Terbaru Untuk Pemula

Pengunjung website adalah suatu kebutuhan yang sangat penting tentunya semakin banyak pengunjung semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan. Apakah sahabat IDwebhost ingin memiliki website dengan pengunjung yang banyak dan bahkan terus meningkat? Kalau iya kalian perlu belajar dan mengenal dasar SEO. Sebagai blogger atau pemilik website ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam mengisi konten yang ada di websitenya, salah satunya menerapkan teknik SEO terbaik. Dalam pengaplikasiannya sebenarnya tidak terlalu rumit cukup mengetahui dasar-dasar SEO pun sudah bisa bersaing dengan website-website yang lain namun begitu Google search engine terus berkembang terutama algoritma yang mereka miliki.

Nah tepat sekali jika kalian sebagai pemula yang ingin mengenal SEO di artikel ini kami akan mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh dasar penerapan yang baik sesuai algoritma Google. Meskipun pada artikel ini tidak bisa memastikan mendapat peringkat pertama dalam pencarian Google setidaknya kalian akan mengerti dasar-dasar penerapan teknik SEO terlebih dahulu.

Karena seorang SEO master sekalipun belum tentu bisa mendapatkan peringkat pertama saat membuat konten tertentu. Alasan tidak ada yang bisa memastikan rahasia query algoritma Google search. Akan tetapi dengan sedikit mengenal SEO seorang pemula pun bisa berkesempatan mendapatkan peringkat atas dengan membuat konten berkualitas. Oleh karena itu dari artikel ini mari mengenal teknik SEO yang paling mudah.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya pemilik mengoptimasi website atau blog agar bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian Google search. Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian potensi mendapatkan trafik atau pengunjung juga semakin tinggi. Kalian akan mendapatkan visitor organik yang tertarget sesuai dengan kepentingan website kalian.

Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya

Bagi pemula yang baru saja membuat blog atau website sebagian besar belum mengetahui apa itu SEO? Karena memang mereka baru saja terjun di dunia website. Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya pemilik mengoptimasi website atau blog agar bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian Google search. Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian potensi mendapatkan trafik atau pengunjung juga semakin tinggi. Kalian akan mendapatkan visitor organik yang tertarget sesuai dengan kepentingan website kalian.

Untuk itu sangat penting untuk setiap pemilik website bisa menerapkan teknik SEO yang mereka pahami untuk mengoptimalkan hasil pencarian dari konten websitenya. Penerapan teknik SEO sendiri tidaklah asal-asalan tentunya harus sesuai aturan dan pedoman Google search. Disini kita harus memahami cara kerja, algoritma dan faktor apa saja untuk mengoptimalkan peringkat pencarian.

Cara Kerja SEO

Singkatnya setiap mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya memiliki algoritma mereka sendiri terutama Google. Algoritma ini lah yang berperan besar dalam perangkingan dan menentukan sebuah konten layak berada di peringkat berapa. Disini kami tidak membahas dari berbagai algoritma mesin pencari karena kita sendiri sudah tahu bahwa mesin pencari yang paling besar adalah Google search. Jadi untuk penerapan teknik SEO sebagai patokan utama SEO master adalah Google.

Sebelum algoritma Google mengalami perkembangan yang pesat, para pemilik blog atau website sering menggunakan spam keywords (keyword stuffing) yaitu dengan cara memasukan kata kunci sebanyak mungkin. Namun saat ini sudah tidak berlaku lagi bahkan sangat berbahaya yang akan menurunkan peringkat website bahkan Google akan banned dari pencarian.

Kalau demikian langkah teknik optimasi SEO terbaru seperti apa yang masih berlaku dan sesuai dengan pedoman Google search? Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan teknik SEO sesuai pedoman Google dari optimasi kecepatan website hingga link building.

Optimasi Kecepatan Website

Optimasi Kecepatan Website

Yang perlu diperhatikan saat memiliki website atau blog yang pertama adalah kecepatan website. Bahkan Google sendiri memberikan pernyataan untuk bisa meningkatkan peringkat pencarian harus memperhatikan kecepatan website. Intinya Google merekomendasikan untuk selalu update kecepatan loading website baik itu perangkat desktop maupun mobile. Semakin cepat website semaik baik pula kemungkinan mendapatkan ranking pertama pencarian.

Untuk memastikan kecepatan website kita tidak bisa hanya berasumsi namun perlu mengecek dengan tool yang sudah tersedia seperti Google PageSpeed Insights ataupun GTMetrix yang bisa digunakan secara gratis. Setelah mengetahui berapa hasil kecepatan website kalian, maka jika website dirasa masih lambat sebaiknya segera optimasi kecepatan website atau blog kalian.

Jika sudah optimasi namun belum optimal pastikan server atau hosting yang kalian gunakan adalah yang terbaik sesuai kebutuhan. Jika masih ragu memilih layanan hosting kami sarankan untuk memastikan kepada layanan web hosting kalian sekarang juga. IDwebhost memiliki layanan hosting murah dan terbaik di Indonesia saat ini.

Optimasi Website Agar Mobile Friendly

Optimasi Website Agar Mobile Friendly

Kita pasti sudah tahu bahwa pengguna smartphone yang semakin tinggi dan saat mengakses internet sebagian besar sudah menggunakan smartphone untuk menjelajah internet. Hal ini membuktikan pentingnya membuat website yang mobile friendly. Bahkan Google sendiri sering mengingatkan bahwa website mobile friendly lebih diprioritaskan untuk bisa masuk hasil pencarian teratas. Juga jangan lupa gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages) yaitu teknologi software yang dikembangkan oleh Google.

Riset Keyword

Melakukan Riset Keyword

Sebelum membuat artikel atau konten website penting sekali untuk mengetahui target kata kunci yang akan dimasukkan. Namun ada sebagian blogger pemula yang kesulitan untuk mencari kata kunci ini. Sebenarnya ada banyak tool yang bisa kalian manfaatkan untuk meriset keyword ini secara gratis seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, Ubersuggest by Neil Patel dan lain sebagainya. Dengan melakukan riset keyword kalian akan memahami apa saja kebutuhan pengguna di internet.

Membuat Konten berkualita

Membuat Konten Berkualitas

Selanjutnya setelah mengoptimalkan website dan melakukan riset keyword, saatnya kalian siap untuk mengisi konten yang berkualitas pada website tersebut. Konten sendiri bagian terpenting dalam optimasi SEO karena semua teknik SEO akan kalian curahkan pada artikel atau konten yang kalian buat.

Cara Menulis Konten Berkualitas yang Baik dan Benar

  • Menggunakan kata kunci yang paling dicari pengunjung dengan memperhatikan kompetitor.
  • Fokus kata kunci yang dimasukkan sewajarnya hindari keyword stuffing.
  • Membuat tulisan artikel yang baik dan benar sesuai EYD.
  • Artikel memberikan manfaat dan menjawab pertanyaan pencari.
  • Mengoptimasi gambar dari nama hingga alt tags dan lain sebagainya.
  • Memanfaatkan dan juga menerapkan link internal dan eksternal.
  • Maksimalkan meta tags.
  • Gunakan heading dan subheading.

Baca juga: Panduan Lengkap Google Search Console untuk SEO 2021

mengetahui Technical SEO

Mengetahui Technical SEO

Terdapat dua jenis SEO yang bisa diterapkan pada website kalian yang biasa dikenal dengan SEO On Page dan SEO Off Page. Dari jenis SEO yang ada memiliki teknik, skema, penerapan, strategi yang berbeda yang sesuai kebutuhan. Dari keduanya memiliki peran masing-masing dalam meningkatkan peringkat pencarian.

On Page SEO

  • On Page SEO

Jenis SEO yang pertama ini teknik yang paling diutamakan karena berhubungan langsung dengan isi konten suatu website. On Page SEO bisa kalian terapkan dengan membuat permalink, judul konten yang relevan, struktur konten, penerapan heading h1, h2 dan seterusnya, memperhatikan kecepatan website, menggunakan tema yang responsif,internal link building, optimasi gambar, meta description, dan lain sebagainya.

Off Page SEO

  • Off Page SEO

Sebaliknya jenis Off Page SEO melakukan optimasi secara eksternal dan tidak bisa dikontrol secara langsung. Artinya optimasi jenis ini dilakukan diluar halaman website kita, yang paling umum digunakan untuk penerapan teknik ini biasanya dilakukan dengan membangun backlink. Backlink sendiri akan memberikan reputasi website kalian dengan kata lain website kalian direkomendasikan oleh website-website orang lain. Hal ini akan membuat reputasi website semakin baik di mata Google. Namun perlu diingat membuat backlink tidak sembarangan harus memperhatikan ranking website orang lain dan relevansi dengan topik website kita.

Link Building

Mengoptimalkan Link Building

Sudah dijelaskan pada bagian SEO Off Page di atas bawah membangun link ini juga berperan penting untuk meningkatkan visitor dengan cara mendapatkan link yang mengarah ke website kita. Disini perlu dipertimbangkan dari segi Domain Authority dan memperhatikan link yang berjenis DoFollow dan NoFollow.

Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Saat ini banyak faktor yang mempengaruhi peringkat di mesin pencari terutama algoritma Google yang terus terupdate. Tentu saja dengan algoritma ini memberikan persaingan yang kompetitif, adil dan mengabaikan konten yang tidak berkualitas di mesin pencari. Walau dengan ratusan faktor yang mempengaruhi peringkat Google Search kalian sebagai pemula jangan terlalu khawati karena kesempatan untuk mendapatkan peringkat Google memiliki kesempatan yang sama. Kalian hanya perlu mengenal dasar penerapan teknik SEO seperti penjelasan dari artikel ini. Selebihnya seiring berjalannya waktu kalian akan merasakan sendiri pengalaman dalam menerapkan SEO.

Demikina artikel tentang teknik SEO bersama IDwebhost.com. Semoga bermanfaat memberi informasi dan nilai tambah untuk kalian. Jangan lupa ikuti terus tips, tutorial, dan berbagai informasi menarik dari Idwebhost ya.