Untung Ruginya Beriklan Menggunakan Google Ads
Blog Digital Marketing Untung Ruginya Beriklan Menggunakan Google Ads

Untung Ruginya Beriklan Menggunakan Google Ads

Bagi pelaku bisnis beriklan menjadi strategi pemasaran yang tidak bisa dilepaskan dari bisnisnya. Pemilik bisnis baik itu sekala kecil maupun sekala besar saat ini menyadari betapa pentingnya media periklanan yang bisa meningkatkan penjualan produk atau jasanya. Biasanya pebisnis akan mencari media promosi atau iklan terbaik efektif namun dengan biaya yang bisa di sesuaikan dengan bisnisnya. Tak jarang banyak juga yang kesulitan untuk mencari media periklanan untuk meningkatkan bisnis merek. Google Ads dan Facebook Ads saat ini mendominasi media periklanan internet . Nah pada pembahasan kali ini kami akan fokus membahas tentang kekurangan dan kelebiha Google Adwords untuk promosi bisnis Anda.

Kunci kesuksesan menjalankan iklan Ads ini adalah mengetahui target pasar dan juga dimana mereka menghabiskan waktu saat menjelajahi internet. Google sendiri adalah perusahaan internet raksasa yang berbasis mesin pencari. Kita tahu semua orang pengguna internet saat ingin menemukan suatu informasi pasti akan membuka Google. Nah yang pertama perlu kita ketahui adalah pengertian apa itu Google Ads?.

Apa itu Google Ads?

Semua orang mengetahui betapa besarnya pengguna mesin pencari Google ini, bahkan ada jutaan pencari setiap harinya. Melihat besarnya pengguna ini maka Google meluncurkan media periklanan Ads dimana pemilik bisnis dan lain sebagainya bisa memanfaatkan untuk menempatkan iklan sesuai target calon konsumen mereka.

Dengan pengguna internet yang mengakses Google yang terus semakin besar, maka hingga saat ini Adwords menjadi tempat terbaik untuk beriklan melalui internet. Cara kerjanya yaitu jika serang melakukan pencarian pada Google dan memunculkan hasil pencarian teratas. Dengan media Google Ads inilah memungkinkan iklan Anda muncul pada hasil pencarian teratas.

Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian maka kemungkinan orang akan mengklik iklan Anda akan semakin besar. Hal ini akan lebih efektif dan murah dibandingkan menggunakan media konvensional. Oh iya Google Adwords dan Google Ads itu adalah produk yang sama, jika dulu nama yang populer adalah Adwords dan sekarang telah menjadi Google Ads.

Keuntungan Iklan Google Ads

Bagaimana Anda tertarik untuk menggunakan media iklan dan promosi dengan Google Ads ini. Untuk bisa memberikan gambaran lebih jelas terkait Google Ads ini, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

Google Menjamin Keterlihatan Iklan Anda

1. Google Menjamin Keterlihatan Iklan Anda

Dengan Anda mendaftar dan membayarkan sejumlah uang untuk iklan dengan target kata kunci yang Anda inginkan, maka iklan Anda akan selalu muncul pada peringkat atas Google pencarian. Google akan selalu menampilkan iklan Anda sesuai kata kunci yang relevan dengan apa yang di cari oleh pengunjung.

Tidak hanya itu ada berbagai jenis iklan yang bisa Anda pilih yang nantinya juga akan tampil pada blog atau website yang telah terdaftar atau menjadi mitra Google Adsense.

Website muncul di deretan paling atas pencarian

2. Website Muncul di Deretan Paling Atas Pencarian

Jika Anda telah memiliki website maka secara otomatis website Anda berada pada peringkat atas hasil pencarian. Dengan demikian pengunjung website Anda akan terus meningkat hasilnya adalah penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan pun akan semakin meningkat. Website yang telah menggunakan Google Adwords akan selalu muncul pada peringkat atas pencarian sesuai dengan kata kunci relevan saat orang mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada pencarian.

Lebih Mudah Digunakan

3. Lebih Mudah Digunakan

Jika Anda masih awam dalam menggunakan media periklanan internet jangan khawatir sekalipun Anda belum pernah menggunakan akan sangat mudah jika sudah mendaftar. Selain itu ada banyak panduan yang bisa Anda gunakan untuk membuat iklan yang efektif dan baik untuk website Anda. Kemudian Google juga memberikan panduan lengkap untuk iklan efektif Anda.

Biaya Iklan Google Ads Yang Terjangkau

4. Biaya Iklan Google Ads Yang Terjangkau

Jika Anda menggunakan media periklanan konvensional tentu yang paling berat adalah pengeluaran biaya yang cukup membebankan dan juga sesuai dengan seberapa besar perusahaan iklan yang ingin digunakan. Berbeda dengan menggunakan Google Adwords dengan harga yang terjangkau dan lebih efektif. Untuk perhitungan biayanya sendiri dari tiap klik pengunjung yang akan mengarah pada website Anda atau bisa disebut dengan PPC (Pay Per Click).

Selain itu Anda bisa mengatur sendiri biaya per klik sesuai kebutuhan Anda misalnya saja Rp500,-/klik dan lain sebagainya.

Trafik Website Anda akan Langsung Meningkat dan Tertarget

5. Trafik Website Anda akan Langsung Meningkat dan Tertarget

Dengan iklan yang tertarget memungkinkan Anda untuk bisa menjangkau pengunjung dengan target yang relevan dengan website dan kata kunci yang Anda gunakan. Dengan demikian pengunjung yang memiliki minat terhadap produk tertentu yang sesuai dengan apa yang Anda tawarkan maka otomatis hasil pencarian akan sama dengan apa yang Anda tawarkan. Misalnya saja Anda menargetkan kata kunci “hosting murah” ketika orang mengetikkan kata kunci hosting murah maka yang akan muncul adalah iklan dan website Anda pada hasil pencarian. Dengan demikian website Anda akan selalu muncul di peringkat atas dan trafik pun akan meningkat secara drastis.

Membuat Brand Awareness Perusahaan Anda Meningkat

6. Membuat Brand Awareness Perusahaan Anda Meningkat

Jika website Anda selalu muncul di peringkat atas pencarian maka secara tidak langsung orang akan lebih mudah dan mengingat perusahaan Anda. Dengan begitu nama perusahaan, bisnis, produk atau jasa Anda akan lebih mudah dikenali oleh pengguna Google yang begitu besar ini.

Mudah dalam Mengukur Seberapa Sukses Iklan Anda

7. Mudah dalam Mengukur Seberapa Sukses Iklan Anda

Jika seseorang telah meng klik iklan Anda, maka bisa langsung diketahui seberapa banyak klik iklan yang telah terjadi. Selain itu juga bisa mengetahui apakah pengunjung tersebut memfollow iklan Anda hingga membeli, mendaftar, mendownload dan lain sebagainya Ada data dan informasi yang seperti itu pada Google Adwords.

Baca juga: Panduan Lengkap Beriklan Google Ads App untuk Pemula

Kerugian menggunakan Iklan Google AdS

Dari pembahasan di atas kita sudah mengetahui beberapa kelebihan dari penggunaan Google Ads ini. Tentunya jika ingin benar-benar menggunakan perlu mengetahui kekurangannya terlebih dahulu, agar jika sudah menggunakan ternyata menjumpai hal yang tidak diinginkan bisa mengantisipasinya. Dengan mengetahui kekurangannya akan lebih mudah untuk menilai seberapa efektif jika menggunakan iklan Google Ads ini.

1. Ada Tulisan Iklan (Ad) Pada Hasil Pnecarian

Saat menggunakan Google Adwords memang akan langsung muncul pada hasil pencarian atas namun akan ada tulisan Ad nya. Untuk orang yang belum tahu pasti akan langsung klik iklan tersebut namun jika orang yang sudah tahu bahwa itu adalah iklan maka orang cenderung akan mengabaikannya.

2. Harga Iklan Premium yang Masih Cukup Mahal

Jika Anda adalah perusahaan besar iklan premium bisa jadi akan menjadi efektif dan tidak membebani keuangan perusahaan Anda. Namun untuk bisnis sekala UKM tentu akan sangat membebani dan bahkan tidak bisa terbeli.

Google Ads sendiri akan bisa lebih optimal jika bisa menilai dari kemampuan perusahaan Anda dalam menyisihkan biaya iklan untuk media periklanan internet. Sehingga nantinya jangan sampai malah membebankan keuangan perusahaan Anda. Namun mengingat pengguna internet yang begitu besar akan memberikan peluang besar juga untuk bisnis Anda bisa mendapatkan calon konsumen yang akan membeli produk atau jasa Anda. Tidak heran jika hingga saat ini pebisnis lebih memilih media iklan internet seperti Google Ads ini.