Apa itu Google Ads? 7+ Keuntungan Menggunakan Google Ads untuk Bisnis

Apa itu Google Ads? 7+ Keuntungan Menggunakan Google Ads untuk Bisnis campaign-unlimited

Bagi Anda para pebisnis pasti sudah mengenal apa itu Google Ads. Dalam bisnis, iklan adalah salah satu strategi marketing yang paling ampuh untuk mengenalkan brand dan produk. Tidak sedikit bisnis kecil yang kemudian mengalami peningkatan setelah membuat iklan. Nah, Google Ads adalah layanan iklan online berbayar yang disediakan oleh Google.

Google Ads adalah salah satu platform beriklan yang bisa dikatakan efektif dalam menghasilkan output. Hal ini karena iklan yang Anda pasang bisa menargetkan pengguna yang spesifik.

Dan meeski berbayar, nyatanya Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari alokasi dana iklan. Supaya lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini mengenai apa itu Google Ads.

Apa Itu Google Ads?

Google Menjamin Keterlihatan Iklan Anda

Meski sudah memiliki banyak mitra, nyatanya masih banyak pebisnis yang belum memahami betul mengenai apa itu Google Ads. Nah, Google Ads, yang dulunya dikenal sebagai Google Adwords, adalah sebuah platform beriklan secara online yang berbayar.

Saat ini, Google menempati posisi pertama sebagai mesin pencari paling populer di dunia.

Hal inilah yang kemudian membuat Google menghadirkan Google Ads bagi para penggunanya yang memiliki bisnis. Dengan beriklan melalui Google Ads, para pebisnis dapat memasang iklannya secara online dalam berbagai macam skala yang lebar.

Lalu, apa, sih, fungsi dari Google Ads itu? Google Ads sendiri berfungsi untuk menempatkan iklan yang Anda pasang sesuai dengan kata kunci dan target pasar dari bisnis Anda.

Dilansir dari Halaman Bantuan Google Ads, setiap iklan yang Anda pasang dapat muncul di berbagai tempat. Nah, tempat ini bergantung pada filter yang Anda pilih saat memasang.

Lantas, apa saja pilihan tempat pemasangan iklan itu? Terdapat empat tempat munculnya iklan dari Google Ads yaitu sebagai berikut.

  • Google SERP dan situs penelusuran lain yang menjadi partner
  • Situs jaringan display Google seperti Gmail, Blogger, Youtube dan lainnya.
  • Perangkat seluler dan tablet untuk iklan teks serta iPhone, Android dan tablet untuk iklan teks, gambar dan video. Iklan juga muncul di aplikasi seluler jaringan display
  • Sesuai lokasi atau bahasa yang dipilih mitra.
Website muncul di deretan paling atas pencarian

Cara Kerja Google Ads

Setelah memahami mengenai apa itu Google Ads secara singkat, selanjutnya Anda juga harus memahami cara kerja dari platform yang satu ini. Seperti yang telah dijelaskan dalam penjelasan mengenai apa itu Google Ads, platform ini adalah layanan berbayar.

Nah, untuk itu Google menggunakan sistem Pay-per-Click (PPC) untuk pembayarannya.

Dalam penjelasan sebelumnya tentang apa fungsi dari Google Ads, bahwa platform ini akan menempatkan iklan Anda sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan. Untuk biayanya sendiri, terdapat dua macam biaya yang Anda bayarkan untuk iklan tersebut.

Yang pertama, Anda dapat membuat penawaran maksimum untuk kata kunci yang Anda targetkan. Penawaran maksimum ini maksudnya adalah berapa biaya yang bisa Anda keluarkan untuk memasang iklan di Google Ads. Penawaran ini sendiri ada tiga macam yaitu Cost-per-Click (CPC), Cost-per-mille (CPM), Cost-per-engagement (CPE).

Sedangkan, jenis yang kedua yaitu Anda dapat menentukan langsung berapa budget harian yang Anda siapkan untuk beriklan. Jenis yang satu ini tentunya bisa dikatakan lebih hemat karena tidak akan memakan biaya lebih dari yang sudah Anda tentukan.

Misalnya, Anda memasang biaya beriklan untuk satu hari sebesar Rp100.000 dengan tarif per klik Rp1.000. Maka, uang tersebut akan habis untuk seratus klik dari calon pelanggan terhadap iklan bisnis Anda. Hal ini tentu lebih murah dan efektif untuk mempromosikan brand serta memasarkan produk Anda lebih luas.

Selanjutnya, iklan Anda tidak akan tayang begitu saja di bagian teratas hasil pencarian Google. Setelah penawaran atau budget Anda tentukan, Google Ads akan menilai apakah iklan Anda berkualitas atau tidak dengan skala 1-10. Skala ini akan menentukan posisi penempatan iklan Anda di tempat yang Anda pilih. Semakin tinggi skor, semakin bagus pula lokasi serta tarif iklan Anda.

Keuntungan Beriklan dengan Google Ads Indonesia

Lebih Mudah Digunakan

Setelah membahas mengenai apa itu Google Ads dan bagaimana cara kerjanya, Anda tentunya sudah lebih memahami mengenai platform iklan online berbayar yang satu ini. Agar Anda lebih yakin lagi dalam beriklan di Google Ads, Anda juga harus mengetahui keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Nah, apa saja keuntungan yang dapat Anda peroleh dari beriklan di Google Ads itu?

  1. Iklan Google Ads Pasti Terlihat

Apa sih keuntungan pertama dari beriklan di Google Ads itu? Jawabannya adalah iklan Anda dijamin pasti terlihat oleh audiens. Jika kita menggunakan cara beriklan konvensional seperti menyebar selebaran, belum tentu orang berniat untuk melihat iklan tersebut. Sedangkan, Google Ads menjamin iklan Anda terlihat oleh para audiens yang sudah ditargetkan.

Sehingga, iklan Anda tidak akan sia-sia muncul di tempat orang yang tidak tertarik. Google pasti akan menempatkan iklan Anda di halaman para pengguna yang memang memiliki ketertarikan dengan produk yang Anda jual.

apa itu Google Ads
  1. Situs Bisnis Bisa Muncul di Peringkat Teratas SERP

Keuntungan kedua dari memasang iklan melalui Google Ads adalah situs bisnis atau toko online Anda bisa muncul di peringkat teratas Google SERP. Hal ini tentu menjadi keuntungan yang paling diinginkan oleh setiap pebisnis, bukan? Dengan situs bisnis yang muncul pada peringkat pertama, maka kemungkinan mereka akan mengunjungi sangatlah besar.

Tentunya, situs bisnis Anda akan muncul untuk kata kunci yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda menentukan kata kunci ‘kedai kopi’ untuk iklan Anda. Maka, iklan tersebut akan muncul di setiap audiens mengetik kata kunci ‘kedai kopi’ pada mesin pencari.

  1. Google Ads User-friendly

Ada salah satu kelebihan dari Google Ads yang membuatnya kini jadi solusi beriklan para pebisnis, apa itu? Google Ads memiliki cara membuat iklan yang sangat mudah meskipun Anda buta soal SEM dan cara beriklan secara online lainnya. Cukup daftarkan bisnis Anda dan mulailah beriklan.

Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah untuk beriklan di Google. Anda nantinya akan dipandu dengan panduan yang disediakan oleh Google Ads itu sendiri. Jadi, Anda bisa beriklan secara online dengan mudah dan efektif.

Trafik Website Anda akan Langsung Meningkat dan Tertarget
  1. Biaya yang Terjangkau

Selain cara pembuatan iklan yang sangat user-friendly, ada hal lain yang membuat Google Ads ini lebih unggul daripada iklan konvensional, apa itu? Seperti yang sudah dijelaskan dalam penjelasan mengenai apa itu Google Ads dan juga cara kerjanya, Anda tidak membutuhkan uang banyak untuk beriklan di platform ini.

Yup, biaya iklan yang harus dikeluarkan di Google Ads lebih murah daripada beriklan secara konvensional. Anda dapat memberikan penawaran maksimum atau menentukan budget iklan dari bisnis Anda.

  1. Google Ads Meningkatkan Traffic Website

Dalam penjelasan mengenai apa itu Google Ads dikatakan bahwa salah satu tempat iklan Anda muncul adalah di penelusuran Google. Artinya, situs Anda akan menempati halaman pertama hasil pencarian. Jika sudah menempati halaman pertama, sudah pasti traffic website bisnis atau toko online Anda pun meningkat.

Iklan situs Anda yang dipasang nantinya akan muncul di setiap kata kunci yang audiens ketik di mesin pencari. Misalnya, kata kunci yang Anda gunakan untuk bisnis Anda adalah fashion korea. Maka, setiap audiens yang mengetikkan kata kunci tersebut akan melihat situs Anda di halaman pertama Google SERP.

apa itu Google Ads
  1. Google Ads Meningkatkan Brand Awareness

Saat mengiklankan brand Anda di Google Ads, bukan hanya traffic website yang meningkat. Brand awareness dari bisnis Anda pun akan meningkat karena semakin banyak orang yang melihat situs Anda di halaman pertama atau lokasi iklan lainnya. Jadi, meskipun mereka tidak melakukan pembelian, setidaknya brand Anda sudah dikenal oleh audiens baru.

Brand dan produk Anda pun akan lebih dilihat oleh banyak audiens di tempat iklan lainnya. Misalnya di aplikasi seluler yang termasuk dalam jaringan display Google. Ketika audiens sering melihat produk serupa dengan brand Anda, maka bisa saja Google menampilkan produk Anda di iklan dalam aplikasi yang audiens gunakan.

apa itu Google Ads
  1. Mudah untuk Mengukur Kesuksesan Iklan di Google Ads

Saat menerapkan strategi marketing dengan beriklan di Google Ads, ada satu hal yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda, apa itu? Dengan menggunakan Google Ads, Anda dapat mengukur seberapa sukses iklan bisnis yang dipasang tersebut.

Anda dapat melihat berapa banyak audiens yang mengklik iklan Anda dan segala aktivitas dan transaksi yang akhirnya dilakukan oleh audiens tersebut. Semuanya akan terpapar secara terperinci pada laman Google Ads Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Beriklan Google Ads App untuk Pemula

Kesimpulan

Apa itu Google Ads? Google Ads adalah platform beriklan online yang berbayar dengan sistem Pay-per-Click (PPC). Melalui platform berbayar ini, Anda dapat mengiklankan bisnis sesuai dengan target pasar dan kata kunci dari situs Anda. Hal ini tentunya membuat strategi marketing Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Banyak sekali keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan memasang iklan melalui Google Ads. Supaya situs Anda berjalan lancar saat iklan Anda diklik oleh audiens, gunakan layanan hosting murah dari IDwebhost. Anda juga bisa membeli layanan web hosting lainnya dari IDwebhost untuk menunjang website bisnis atau toko online Anda.

Nah, jangan lupa juga gunakan promo dari IDwebhost dengan klik disini!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019