Panduan: Ubah Tulisan Blog anda Menjadi Video
Blog Tips Keren Panduan: Ubah Tulisan Blog anda Menjadi Video

Panduan: Ubah Tulisan Blog anda Menjadi Video

Membuat tulisan Blog di sosial media tidak cukup untuk mengembangkan bisnis anda. Anda perlu menambahkan sesuatu hal yang bisa menarik pengunjung untuk datang ke website anda atau sosial media bisnis anda. Jangan hanya mengandalkan tulisan Blog anda di media sosial, anda juga bisa membuat tulisan Blog anda menjadi sebuah video yang bisa anda upload di youtube. Guna menambahkan semakin banyak traffic yang datang ke website atau sosial media bisnis anda.

Dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif. YouTube adalah salah satu platform paling efektif yang dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan traffic website anda dan mempromosikan bisnis anda lebih luas. Tidak perlu pusing bagaimana cara membuat video untuk Youtube anda. Anda dapat membuat video sendiri tanpa harus mengeluarkan uang lebih. Berikut langkah-langkahnya :

Mengubah Tulisan Blog Anda Menjadi Video Youtube

Jika anda adalah orang yang baru memulai bisnis anda atau anda mempunyai bisnis kecil. Pasti anda akan merasa kesulitan untuk membuat sebuah video youtube untuk promosi bisnis anda. Mulai dari belum paham cara membuat script, take video, mengedit dan lainnya. Belum mulai aja pasti sudah banyak orang yang akan mengeluh, tapi berbeda jika membuat video dengan tulisan blog. Ini adalah poin-poin yang harus kalian sertakan saat membuat video:

  • Pilih tulisan blog yang sesuai
  • Buat point dalam tulisan blog yang ingin dijadikan konten video
  • Pilih foto dan video untuk video yang akan anda buat
  • Tambahkan music dan audio anda dalam video tersebut
  • Kemudian tambahkan poin-poin yang akan dimasukkan pada video

Panduan: Ubah Tulisan Blog anda Menjadi Video

Selanjutnya pasti anda kebingungan nih. Ingin membuat video tapi belum tahu nih aplikasinya apa saja ya, yang bisa digunakan untuk membuat video untuk youtube anda. Berikut beberapa rekomendasinya:

  • Ubah Tulisan Blog di Microsoft PowerPoint

Jika anda benar-benar tidak punya pengalaman dalam membuat video, cara termudah untuk membuat tulisan blog menjadi video adalah dengan membuat tayangan slide dan kemudian mengubahnya menjadi video. Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah menggunakan Microsoft PowerPoint.

Cukup buat presentasi seperti biasa anda lakukan di saat presentasi. Tambahkan slide baru sebanyak yang anda butuhkan. Tambahkan gambar dan efek animasi ke slide Anda. Setelah selesai mengedit dengan slide yang telah anda buat, Selanjutnya buka File> Simpan & Kirim> dan pilih Buat Video. Dari sini Anda dapat memilih kualitas video mencapai 4k dan mengekspor tayangan slide anda sebagai video.

  • Ubah Tulisan Blog di Platform Digital seperti Lumen5

Panduan: Ubah Tulisan Blog anda Menjadi Video

Lumen5 adalah sebuah platform digital yang memungkinkan anda mengubah tulisan blog anda menjadi video informatif animasi yang dapat anda upload menjadi konten video Youtube anda. Saat ini, platform ini mempunyai fitur yang bisa gratis dan juga mempunyai fitur premium yang berbayar untuk digunakan.

Pastikan anda mendaftar dahulu, setelah mendaftar untuk mendapatkan akun gratis, anda memiliki dua opsi untuk mengimpor konten dari posting blog Anda. Anda dapat mengetikkan tautan ke tulisan anda atau membuat teks anda secara manual.

Selanjutnya, Pilih Point-Point dalam tulisan blog anda menjadi storyboard yang ada pada aplikasi Lumen5. Sebaiknya anda menggunakan tidak lebih dari 120 huruf di setiap kotak sehingga teks akan bagus di setiap adegan video Anda. Klik di kotak untuk mengedit teks untuk mengubah kata-kata atau menghapus karakter. Setelah selesai membuat storyboard video, klik lanjutkan di bagian atas halaman.

Pilih Media, Klik foto dan video yang akan menjadi video anda. Lumen5 juga menyediakan fitur untuk mencari foto dan video jika anda kesulitan membuatnya. Jika sudah, anda bisa memberikan text pada foto dan video di tempat yang sudah disediakan dan tuliskan sesuai keinginan anda. Tahap selanjutnya, Tambahkan audio dan music dikolom Music, Pilih audio music yang anda inginkan dari perpustakaan audio Lumen5.

Langkah Terakhir, Pada kolom Branding anda harus menambahkan Logo bisnis atau Brand anda untuk video yang sedang anda buat. Anda juga dapat mengubah warna teks dan warna latar background anda. Setelah anda berhasil membuat video, klik Continue dipanel atas. Anda akan melihat preview video yang telah anda buat, jika kalian masih merasa kurang, Pilih Continue Editing jika tidak pilih Publish. Setelah itu akan muncul akan masuk proses rendering video, jika selesai kalian akan bisa mendownload bisa yang kalian buat dengan format MP4.

  • Adobe Premier Pro

Meskipun butuh waktu dan kemauan yang tinggi, membuat video sendiri adalah cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis anda dengan apa yang anda inginkan. Anda dapat menyesuaikan efek, menambah dan mengedit konten sesuai keinginan, dan menambahkan apapun sesuai keinginan anda tanpa perlu membayar editor video.

Ada banyak aplikasi software edit video gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat video anda sendiri. Misalnya, Adobe Premier Pro sepenuhnya bisa anda dapatkan gratis. Ada banyak tutorial yang tersedia di Youtube tentang cara menggunakan Adobe Premier Pro. Anda dapat menggunakan tutorial tersebut untuk mempelajari dasar-dasarnya dengan cepat dan mulai membuat video.

  • Menyewa Profesional Videography

Jika anda tidak punya waktu untuk hal-hal diatas, anda dapat mempekerjakan orang prefesional untuk melakukannya. Anda bisa mencari editor video dari yang sudah berpengelaman sampai pada mahasiswa tingkat akhir untuk anda pekerjakan.

Anda juga bisa mempekerjakan seorang animator untuk mengubah tulisan blog anda menjadi video konten youtube anda. Tetapi anda juga bisa memberikan tugas seperti membuat design produk baru, video iklan atau bahkan feed dan konten untuk media sosial bisnis anda.

Panduan: Ubah Tulisan Blog anda Menjadi Video

Dengan menggunakan strategi ini, Anda dapat mengubah tulisan blog anda menjadi video dalam beberapa menit untuk diupload ke Channel YouTube atau halaman Facebook anda. Dalam video anda, Pastikan juga sertakan website, sosial media dan blog bisnis anda untuk memberikan opsi kepada calon pelanggan anda.

Bagaimana menurut anda? Apakah tertarik untuk membuat video dari tulisan blog?? Selain artikel ini, kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda manfaatkan jasanya yang menawarkan website dengan harga terjangkau, salah satunya adalah IDwebhost.