Twitter Spaces: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Promosi Bisnis Anda
Blog Social Media Marketing Twitter Spaces: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Promosi Bisnis Anda

Twitter Spaces: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Promosi Bisnis Anda

Twitter Spaces merupakan fitur baru di tahun 2021 ini yang fungsinya mirip dengan clubhouse. 

Jadi jika Anda pengguna Twitterm Anda dapat membuat saluran untuk berdiskusi di twitter layaknya fitur pada clubhouse.

Berikut penjelasannya.

 

Isi Artikel :

 

 

 

Apa itu Twitter Spaces?

 

twitter-spaces

Twitter Spaces adalah fitur terbaru Twitter yang membantu Anda dalam melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna lainnya. Ruang obrolan suara dalam Twitter Spaces ini disebut dengan Space.

Twitter Spaces telah resmi diluncurkan ke pasar pada bulan Mei 2021 untuk pengguna iOS dan Android. Walaupun begitu, hanya pengguna yang memiliki followers di atas 600 yang dapat menjadi host ruang obrolan. 

Sebenarnya fitur terbaru twitter satu ini telah terinspirasi oleh Clubhouse. Namun berbeda dengan Clubhouse yang menggunakan invite only, Twitter Spaces telah terbuka untuk didengarkan kepada semua penggunanya. 

Nah, dengan begitu Twitter Spaces sudah mempunyai banyak manfaat untuk bisnis Anda. Berikut manfaatnya twitter space yang bisa digunakan untuk bisnis Anda.

 

Manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda

 

twitter-spaces

1. Membuat Event Jadi Lebih Mudah

Anda tak perlu repot-repot lagi dalam mengatur penyelenggaraan event offline. Cukup menggunakan Twitter Spaces, Anda telah dapat mengadakan acara atau sebuah event secara online hanya dengan melakukan beberapa klik saja. 

Tak hanya itu saja, Membuat event secara online dapat menghemat budget Anda. Sebab, event dapat diselenggarakan secara gratis. 

Nah, sisa dana Anda dapat Anda gunakan untuk berinvestasi lebih pada pembicara berkualitas. Event yang berkualitas itu dapat menjaring banyak klien potensial yang teredukasi. 

Apalagi di masa ini, popularitas pada acara atau event online memiliki potensi yang dapat meningkat hingga 1000%. Artinya, makin banyak kesempatan Anda dalam menjaring klien potensial melalui event online, kan?

 

2. Meningkatkan Reputasi Brand

Anda dapat menggelar diskusi panel yang meliputi topik sedang tren dalam industri bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk membangun online presence atau citra pada brand Anda. 

Online presence mampu memberikan kesempatan pada brand Anda dalam membangun narasi positif tentang brand Anda kepada pelanggan potensial. Alhasil mereka lebih percaya untuk melakukan pembelian produk.

Faktanya, 97% owner bisnis mengatakan bahwa manajemen online presence yang digunakan untuk reputasi brand ini sangatlah penting. Hal ini dikarenakan, sebelum membuat keputusan pembelian, pelanggan potensial akan mencari referensi melalui konten digital marketing.

Lalu, seperti apa ya contoh penerapan diskusi panel yang dapat meningkatkan reputasi brand?

Misalnya, Anda merupakan seorang social media strategist. Nah, Anda dapat mewakili brand Anda dalam berbagi ilmu dan pengalaman tentang social media marketing. 

Diskusi panel tersebut dapat membantu Anda agar supaya dipandang sebagai ahli di bidang bisnis Anda oleh para audiens. Jadi, reputasi brand Anda juga dapat menjadi makin kuat di mata mereka.

Dampaknya juga cukup signifikan. Berdasarkan riset Edelman dan LinkedIn, reputasi brand yang meningkat kuat karena keahlian mampu meningkatkan peluang kerjasama dalam bidang bisnis. Tentu saja hal ini dapaat menguntungkan bisnis Anda, kan?

 

3. Menambah Insight Bisnis

Anda juga dapat ikut dalam diskusi panel tentang bidang bisnis Anda yang diselenggarakan oleh brand kompetitor lho. Dengan begitu, insight bisnis Anda pun menjadi semakin kaya. Kenapa?

Sebab, Anda dapat mengetahui pengalaman para pelanggan kompetitor dari berbagai aspek. Informasi itu kemudian dapat Anda gunakan untuk membuat produk yang lebih baik.

Kemudian, jadilah pendengar yang baik. Hal ini dikarenakan, pembicaraan dalam diskusi bisa jadi membantu Anda ketika memahami trend terkini pada industri Anda. 

Nah, dengan begitu, Anda dapat mempunyai banyak inspirasi untuk strategi marketing atau konten marketing Anda.

 

4. Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru

Katakanlah Anda telah merilis produk baru. Tentu Anda memerlukan feedback dari pelanggan potensial bukan? Tujuannya adalah untuk mengetahui fitur apa saja yang perlu dalam pengembangan lebih lanjut.

Nah, Anda dapat membuat ruang obrolan dengan format tanya jawab untuk mengetahuinya. Beri audiens kesempatan dalam mengeksplor kelebihan dan kekurangan produk Anda dibandingkan produk lainnya. 

Cara ini lebih efektif dibandingkan melakukan survei menggunakan email lho. Sebab, Anda  bisa mendapatkan feedback secara real-time. Jadi, Anda tidak perlu lagi menunggu balasan email dari pelanggan.

Nah, setelah menyimak manfaat Twitter Spaces pada bisnis Anda, saatnya Anda mengintegrasikannya dengan strategi marketing Anda. Caranya adalah dengan membuat berbagai bentuk event. 

 

Cara Menggunakan Twitter Spaces

 

twitter-spaces

Kini tiba saatnya untuk kita belajar bagaimana  cara menggunakan Twitter Spaces. Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :

  1. Buat ruang obrolan (Spaces)
  2. Atur akses pembicara 
  3. Undang audiens
  4. Memulai Spaces
  5. Mengakhiri Spaces

 

1. Buat Ruang Obrolan (Spaces)

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, klik dan tahan ikon pada Add di profile picture Twitter Anda, lalu klik ikon Spaces.
  • Setelah itu, Anda dapat memberikan nama ruang obrolan Anda. Misalnya, tutorial. Kemudian klik Start your space. 
  • Lalu, klik pada ikon microphone untuk mengaktifkan suara Anda. 
  • Setelah microphone aktif, klik pada bagian ikon Options. Setelah itu klik  pada bagian Adjust settings.
  • Setelah itu, Anda dapat menemukan pilihan pengaturan pembicara. Berikut ini adalah opsi pengaturan yang diikuti beserta fungsinya :
    Everyone : semua pengguna Twitter, jadi jika bukan merupakan followers Anda, boleh menjadi pembicara
    People you follow : hanya followers Twitter Anda yang Anda perbolehkan untuk menjadi pembicara.
    Only people you invite to speak : pengguna yang Anda  diperbolehkan untuk  menjadi pembicara hanya orang yang telah Anda undang.

Sebagai tips pertama untuk Anda, supaya pembicaraan di dalam ruang obrolan atau Spaces kondusif, lebih baik Anda dapat memilih opsi Only people you invite to speak. 

 

2. Atur akses pembicara 

Setelah Spaces ruang obrolan jadi, kini Anda dapat mengundang pembicara dan pendengar.

  • Pertama-tama, klik back menuju pada opsi awal, kemudian klik ikon people agar dapat masuk ke opsi pengaturan pembicara dan audiens. 
  • Klik pada bagian add speakers untuk masuk ke opsi selanjutnya.
  • Setelah itu Anda dapat menemukan pengaturan yang dapat menambahkan pembicara. Ketikkan username pembicara pada bagian kolom pencarian. Lalu, klik Invite.

 

3. Undang audiens

Setelah Anda mengundang pembicara, kini saatnya Anda untuk mengundang audiens. 

Pertama-tama, dapat kembali ke opsi Space Anda. Lalu klik ikon share. Kemudian pilih opsi link undangan audiens yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda, yaitu:

  • Invite via DM : Anda dapat mengundang pengguna Twitter lainnya, dengan tujuan merupakan followers maupun bukan melalui sebuah DM
  • Share via Tweet – Anda juga dapat mengundang followers Anda melalui sebuah tweet.
  • Copy link : Anda juga dapat menyebarkan undangan berupa link ke media sosial lain.

Ingat, Anda perlu mengundang minimal 10 pengguna pada ruang obrolan Anda sebagai audiens. 

 

4. Memulai Spaces

Setelah semua pengaturan dilakukan, Anda dapat kembali ke beranda Anda. Spaces Anda telah siap dimulai! 

Saat obrolan di Space dimulai, Anda dapat mengatur giliran berbicara antar pembicara dengan cara klik pada bagian ikon speaker pada sebelah username pembicara. 

Jika ada audiens yang melakukan request menjadi pembicara, Anda bisa mendapatkan notifikasi. Selain itu, Anda juga berhak dalam menerima atau menolak request tersebut. 

Anda juga bebas untuk menghapus audiens maupun pembicara yang tidak aktif. Caranya Anda dengan klik remove pada samping username pembicara. 

Jika salah satu dari mereka berbicara tidak sopan atau berbicara yang tidak baik, Anda dapat melakukan mute atau block. Sehingga pembicaraan dapat lebih kondusif.

 

5. Mengakhiri Spaces

Setelah diskusi panel Anda selesai, Anda dapat mengakhiri Space Anda. Caranya dengan klik End di kiri atas opsi pada Space Anda. Hanya Anda sebagai host yang dapat mengakhiri Space.

Twitter dapat menyimpan data obrolan Space Anda selama 30 menit setelah Space diakhiri. Selama kurun waktu itu, Anda sebagai host juga dapat mendownload transkrip pembicaraan di akun Space Anda.

 

 

Kesimpulan

Fitur terbaru dari Twitter yaitu Twitter Spaces ini, bisa membantu Anda dalam membuat ruang obrolan audio dengan pengguna lainnya. 

Nah, fitur terbaru ini otomatis dapat mendatangkan banyak manfaat pada bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan reputasi brand, menambah insight bisnis dan juga strategi marketing sampai mendapatkan feedback pelanggan secara cepat. 

Semoga bermanfaat

Selanjutnya, supaya Anda juga bisa mendapatkan informasi artikel lainya, Anda bisa mengunjungi halaman website IDwebhost di bagian blog IDwebhost.

Kabar lainnya, Anda juga bisa memilih hosting terbaik pilihan yang disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Lalu untuk Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost untuk memaksimalkan bisnis Anda menggunakan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.