Twitter Spaces Adalah: Pengertian, Panduan Lengkap dan Manfaat Untuk Bisnis

27 Aug 2021
Twitter Spaces Adalah: Pengertian, Panduan Lengkap dan Manfaat Untuk Bisnis

Seakan terinspirasi dari Clubhouse khusus pengguna iOS, Twitter kini mengembangkan fitur baru yang serupa untuk para penggunanya. Untuk menambah pengalaman para penggunanya, Twitter kemudian mengeluarkan fitur baru bernama Twitter Spaces. Nah, Twitter Spaces adalah fitur berbasis audio yang hampir serupa dengan Clubhouse.

Bedanya, Twitter Space dapat diakses oleh setiap penggunanya dengan mudah dari manapun. Menariknya, fitur Spaces ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi marketing untuk bisnis Anda, lho. Sayangnya, tidak semua pengguna Twitter dapat menjadi host di fitur yang satu ini. Nah, untuk mengenal lebih jauh, ikuti terus penjelasan berikut ini hingga tuntas, ya!

Twitter Spaces Adalah

twitter spaces adalah

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, Space itu aplikasi apa? Wajar saja masih banyak yang belum mengenal fitur terbaru dari Twitter ini. Twitter Spaces adalah fitur keluaran tahun 2021 dari Twitter. Hampir mirip seperti Clubhouse, Twitter Spaces adalah fitur berbasis audio yang memungkinkan para penggunanya melakukan obrolan suara secara streaming.

Baca Juga: Apa Itu Clubhouse? Bagaimana Cara Kerjanya

Nah, di dalam Twitter Spaces ada tiga peran yang dapat Anda lakukan. Ketiga peran dalam Twitter Spaces ini adalah sebagai host, listener (pendengar) dan speaker (pembicara). Sayangnya, untuk menjadi host di Space, Anda harus memenuhi syarat memiliki minimal 600 follower. Selain itu, pengguna tidak bisa memulai sebagai host Spaces bila akun Twitter dilindungi.

Hal menarik lainnya dari Twitter Spaces ini adalah Anda dapat memilih siapa pembicara di ruang Anda. Sama seperti peran, ada tiga pilihan pembicara yang dapat Anda pilih. Tiga pilihan pembicara dalam Twitter Spaces ini adalah publik, followers dan undangan. Fitur ini sedikit berbeda dengan Clubhouse yang pembicaranya hanya berasal dari invite only.

Hal lain yang membedakan antara Twitter Spaces dengan Clubhouse adalah akses Space yang bisa dari manapun. Anda dapat mengakses fitur Space ini di Android maupun iOS. Menariknya lagi, para pendengar kini juga dapat mengaksesnya melalui desktop PC dan web browser. Akan tetapi, untuk memulai Space sebagai host hanya dapat Anda akses melalui iOS dan Android.

twitter spaces adalah

Cara Menggunakan Twitter Spaces

Untuk memulai Twitter Spaces, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai host lebih dulu yang adalah memiliki minimal 600 followers dan akun tidak dilindungi. Jika sudah memenuhi syarat host Space, Anda dapat memulai ruang obrolan sebagai host. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai Twitter Spaces sebagai host.

1. Buat Ruang Obrolan (Spaces)

Langkah pertama untuk menggunakan Twitter Spaces ini adalah membuat ruang obrolan atau Spaces sebagai host. Nah, cara yang harus Anda lakukan untuk memulai ini cukup mudah. Berikut ini adalah cara untuk membuat Spaces di Twitter sebagai host.

  • Akses Twitter Spaces dengan cara tekan ikon tulis Tweet hingga muncul empat pilihan. Klik ikon Spaces untuk mengakses Space sebagai host. Jika Anda mengaksesnya melalui iOS, akses Spaces dengan menekan lama ikon tulis Tweet atau profile picture akun Anda.
  • Setelah Twitter Spaces berhasil diakses, langkah selanjutnya adalah membuat nama Space atau ruang obrolan. Selain nama ruang obrolan, Anda juga diminta untuk memilih hingga tiga topik obrolan. Nah, jika Anda ingin merekam obrolan, silahkan aktifkan fitur Rekam Space.
  • Jika sudah, Anda dapat langsung memulai Space atau menjadwalkannya dengan mengklik tombol Mulai Space Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan microphone Anda dengan mengklik tombol yang tersedia.
  • Setelah itu, Anda dapat mengatur siapa yang dapat berbicara di Spaces tersebut. Pengaturan ini dapat Anda lakukan dengan mengklik ikon Adjust Settings. Pada bagian tersebut, terdapat tiga pilihan pembicara yaitu everyone, followers dan invite only.

2. Undang Pembicara (Speakers) 

Setelah Anda mengatur akses untuk siapa yang dapat berbicara, selanjutnya Anda dapat mengundang speakers melalui ikon people yang ada di halaman muka Space.

Setelah mengklik ikon tersebut, selanjutnya Anda dapat menambahkan speakers dengan mengklik tombol add speakers. Nah, disini Anda dapat mengundang siapapun hingga 10 orang. Jika sudah memilih 10 orang, silahkan klik tombol invite yang berada di bawah.

3. Undang Pendengar (Listeners)

Setelah semua pembicara telah diundang ke ruang obrolan Anda, langkah selanjutnya untuk memulai Twitter Spaces ini adalah mengundang para pendengar (listeners). Nah, undangan ini dapat Anda kirimkan melalui direct message (DM), Tweet atau copy link untuk disebarkan ke social media lainnya.

4. Memulai Obrolan

Nah, jika semua telah selesai diatur dan para speakers serta listeners sudah masuk ke ruang obrolan, selanjutnya Anda dapat memulai Spaces ini. Selama obrolan berlangsung, Anda dapat mengatur siapa saja yang akan berbicara di waktu tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan izin kepada audiens yang mengajukan request untuk berbicara. Tetapi, fitur ini hanya dapat dilakukan jika Anda mengatur pembicara ke everyone atau followers.

Menariknya lagi, jika ada pembicara atau pendengar yang tidak kondusif, Anda dapat menghapusnya dengan cara mengklik ikon remove di samping username mereka.

5. Mengakhiri Obrolan

Jika Anda dan para audiens serta speakers telah menyelesaikan obrolan, silahkan akhiri Spaces dengan cara mengklik tombol end di ruang tersebut. Nah, jika sebelumnya Anda memilih untuk merekam Space, Anda dapat membagikannya ke followers Anda melalui tulis Tweet. Rekaman ini dapat didengar oleh siapapun, selama tidak diblokir, dengan masa kadaluarsa 30 hari.

Manfaat Twitter Spaces bagi Bisnis

twitter spaces adalah

Selain memberikan pengalaman berbeda bagi para penggunanya, ternyata Twitter Spaces ini juga dapat dimanfaatkan dalam strategi marketing bisnis, lho. Neil Patel dalam blog-nya mengatakan bahwa Twitter Spaces adalah cara lain untuk meningkatkan engagement audiens sebagai social media marketing.

Nah, apa saja manfaat dari Twitter Spaces ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Twitter Spaces dalam sebuah bisnis.

  • Mendapatkan Umpan Balik dari Audiens

Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dari penggunaan Twitter Spaces dalam bisnis ini adalah Anda bisa mendapatkan umpan balik dari audiens. Tentunya, umpan balik yang diberikan ini akan terasa berbeda karena audiens dibebaskan untuk menyampaikan feedback mereka terhadap produk tersebut.

Baca Juga: Plugin Social Media WordPress Paling Populer

Agar lebih menarik dan mendapat lebih banyak masukan, buatlah feedback ini menjadi acara Question & Answer. Dengan begitu, para audiens dapat menanyakan dan memberikan feedback yang jujur atas produk bisnis Anda. Cara ini pun dinilai lebih efektif daripada mengumpulkan feedback melalui email atau tulisan lainnya secara sepihak.

  • Manfaat Twitter Spaces Adalah Media Promosi Produk Baru

Dengan menggunakan Twitter Spaces dalam bisnis, Anda dapat mempromosikan produk baru kepada para audiens dengan lebih mudah. Bahkan, dapat dikatakan bahwa promosi melalui Twitter Spaces lebih memangkas biaya.

Nah, melalui Twitter Spaces ini Anda dapat berbincang dengan para audiens mengenai produk baru ini. Bukan hanya para customers saja, tetapi Anda juga dapat menjangkau non-customers untuk mengenal brand dan produk Anda.

  • Membangun Brand Awareness

Seperti yang kita ketahui, media sosial adalah sarana yang ampuh untuk membangun brand awareness. Begitu pula dengan Twitter, Anda dapat membangun brand awareness ini melalui fitur Spaces.

Brand awareness ini dapat dibangun dengan cara mengadakan beberapa event, seperti obrolan ringan, diskusi tentang industri bisnis Anda, edukasi dan sebagainya. Nah, karena Anda mengadakannya secara online melalui Twitter Spaces, Anda tidak perlu lagi menyewa tempat dan menjalankan prosedur lainnya.

Kesimpulan

Twitter Spaces adalah fitur berbasis audio terbaru dari Twitter. Selain itu, Twitter Spaces adalah solusi baru dalam social media marketing bagi para pebisnis. Cara penggunaannya yang mudah pun dapat membuat strategi social media marketing bisnis Anda berjalan lancar.

Selain memanfaatkan Twitter Spaces sebagai social media marketing, manfaatkan juga website sebagai sarana dalam digital marketing. Anda dapat membuat website bisnis atau toko online Anda dengan mudah melalui IDwebhost.

Beli juga layanan hosting murah dan domain murah di IDwebhost untuk performa website yang lebih mantap! Supaya makin murah, gunakan juga berbagai promo menarik dengan klik disini!

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022