Tutorial XAMPP, Membuat Database
Blog Tips Keren Tutorial XAMPP, Membuat Database

Tutorial XAMPP, Membuat Database

Berikut ini merupakan panduan praktis tutorial XAMPP, yaitu pembuatan database dengan menggunakan XAMPP. Tentunya akan membantu sekali bagi Anda yang sedang belajar dalam membuat sebuah database di XAMPP.

Pengertian Database

Jika diartikan, database merupakan sekelompok data yang diletakkan secara otomatis dalam sebuah perangkat komputer yang Anda gunakan. Data tersebut nantinya dapat diolah atau dapat juga dimanipulasi dengan menggunakan software suatu program tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan beberapa informasi yang nantinya akan berguna di kemudian hari. Adanya berbagai spesifikasi yang berkaitan dengan database ditentukan berdasarkan tipe data, struktur data dan adanya beberapa batasan yang ada pada data yang akan disimpan.

Database juga menjadi salah satu bagian penting dalam suatu sistem informasi. Hal ini dapat terjadi karena fungsi database merupakan tempat dari penyimpanan data penting yang akan diolah pada waktu yang sudah ditentukan. Selain itu database juga memiliki sebuah kemampuan yang dapat mengorganisasikan keseluruhan data yang ada, dapat mengenali jika terjadi kesamaan data, dan yang paling penting adalah agar dapat mencegah terbentuknya hubungan antar data yang tidak saling membantu.

tutorial xampp

Tutorial XAMPP dalam Membuat Database

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang perlu Anda ikuti dalam tutorial XAMPP dalam membuat database:

  1. Masuk ke dalam phpmyadmin XAMPP. Anda dapat mengetikan pada kolom browser Anda berikut ini localhost/phpmyadmin. Kemudian akan muncul pada layar komputer Anda dashboard PHPMyAdmin.
  2. Silahkan klik pada menu database. Kemudian, Anda dapat mencoba memasukkan nama Database yang Anda mau secara bebas. Selanjutnya klik “Create” yang terletak di pojok kanan bawah yang terdapat dalam menu Database. Diharapkan Anda mencatat nama database yang sudah dimasukkan, karena nantinya akan digunakan lagi.
  3. Kemudian, tambahkan nama pengguna atau user untuk database yang baru saja Anda buat. Caranya dengan masuk ke dalam database tersebut, Anda dapat menemukannya pada bagian sebelah kiri yang terdapat pada dashboard. Ketika sudah masuk, lihat pada menu dan kemudian klik “privileges”, kemudian klik “Add user” untuk menambahkan pengguna.
  4. Nantinya, akan ada form yang digunakan dalam membuat user baru setelah Anda mengklik pada “Add user”. Isikan dengan nama bebas, terserah Anda dengan catatan hafalkan nama user karena nantinya akan terpakai kembali. Pada kolom “Host”, isikan menggunakan “use text field” dan isi dengan menggunakan kata “localhost”. Isikan password dua kali dengan password yang sama. Bagian terakhir, pada bagian bawah box, klik pada pilihan “grant all privileges on database”.
  5. Selanjutnya, scroll pada bagian bawah. Selanjutnya Anda akan melihat pilihan “Global Privileges” dimana pilihan ini sangat berguna dalam memberikan hak akses pada user ketika mengelola semua database yang sudah dibuat.

Database MySQL

Merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam mengolah database. Pengolahan database menggunakan MySQL bersifat opensource yang saat ini dikembangkan oleh Oracle. Pengolahan data menggunakan MySQL menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Yang menjadi alasannya adalah karena tersedia gratis untuk pengguna, bahkan Facebook juga menggunakan MySQL dalam mengolah data mereka.

Cara Membuat Database MySQL di XAMPP

Berikut ini merupakan tutorial XAMPP dalam membuat database di MySQL. Salah satunya adalah dengan menggunakan phpMyAdmin. Yang merupakan sebuah perangkat lunak yang terbuat dari PHP yang mempunyai kegunaan dalam mengatur pada administrasi MySQL dengan bantuan sebuah web. Banyak operasi dari MySQL yang didukung oleh phpMyAdmin seperti dalam mengelola database, relasi, kolom, pengguna dan lain-lain. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membuat database MySQL di XAMPP:

tutorial xampp

  1. Jalankan service pada Apache dan MySQL yang terdapat pada XAMPP dengan cara menekan tombol start.
  2. Buka browser, kemudian ketikkan localhost/phpmyadmin
  3. Selanjutnya, untuk membuat database, klik New. Dan masukkan nama database sesuai dengan apa yang diinginkan, selanjutnya klik pada tombol create.
  4. Database yang baru Anda buat akan terlihat pada menu dibagian sebelah kiri. Dan pada langkah tersebut artinya database Anda berhasil dibuat.

Aplikasi Database Lain

Selain menggunakan XAMPP, masih ada beberapa aplikasi database yang lain juga bisa Anda gunakan. Berikut ini merupakan jenis database yang masuk dalam golongan database Relational database Management System (RDBMS):

  1. Tutorial XAMPP SQLite

Merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam mengolah database yang mempunyai ukuran sangat kecil. Sifatnya juga sama dengan MySQL yaitu opensource. Database SQLite saat ini sudah banyak digunakan oleh programmer dan developer yang memang digunakan dalam mengembangkan aplikasi Android.

  1. Microsoft SQL Server atau MSSQL

Database Microsoft SQL Server merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah database yang memang dikembangkan dibawah Microsoft. Aplikasi pengolah database ini tergolong komersial karena ditarik dengan tarif yang relative mahal. Padahal sebenarnya, Microsoft sudah menyediakan versi Freeware yang penggunanya dibatasi beberapa user saja.

  1. Tutorial XAMPP Oracle

Database oracle ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan dalam mengolah database yang bertujuan untuk bisnis atau komersial. Oracle ini sudah dikembangkan dengan sangat pesat sehingga mempunyai beberapa varian yang sudah dikenal di pasaran developer. Database oracle juga sudah dipakai oleh perusahaan besar karena mempunyai kualitas yang bagus dan harganya mahal.

tutorial xampp

  1. PostgreSQL

Adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah database yang sifatnya sama dengan MySQL yaitu opensource. PostgreSQL dapat digunakan dibeberapa macam sistem operasi seperti Windows, Linux ataupun FreeBSD.

  1. IBM DB2

Database IBM DB2 merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah database yang sudah dikembangkan dibawah naungan IBMI. Sifatnya sama dengan oracle, diciptakan untuk kepentingan komersil dari pengembang. Selain itu DB2 dibagi kedalam 3 jenis yaitu DB2 untuk linux, unix dan windows. DB2 untuk z/OS (mainframe) dan DB2 untuk iSeries (os/400).

  1. MongoDB

Salah satu pengolah database yang sifatnya sama dengan MySQL yaitu opensource. Pengolah database ini tersedia dalam berbagai macam platform sistem operasi dan sudah digunakan oleh beberapa situs ternama.

  1. Microsoft Acces

Adalah sebuah pengolah database bawaan jika sudah menginstall Microsoft Office di perangkat atau komputer Anda. Untuk pengolah database satu ini juga sudah banyak digunakan untuk beberapa keperluan, diantaranya digunakan untuk belajar para programmer atau developer pemula. Hal tersebut karena programnya mudah dimengerti dan juga mudah digunakan. Tetapi, untuk Microsoft Access ini mempunyai beberapa keterbatasan jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi pengolah database lainnya.

tutorial xampp

Kesimpulan Tutorial XAMPP

Beberapa penjelasan diatas memungkinkan Anda untuk mengetahui database dan juga tutorial database utamanya menggunakan XAMPP. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi Anda dalam membuat database dengan menggunakan MySQL. Dan juga beberapa daftar database yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.