Reset Password Admin Opencart di Phpmyadmin

23 Feb 2014
Reset Password Admin Opencart di Phpmyadmin campaign-unlimited

Untuk mereset password admin di Opencart menggunakan PHPMyAdmin, silakan mengikuti langkah-langkah berikut:

Masuk ke PHPMyAdmin menggunakan control panel server milikmu, lalu pada menu sebelah kiri, pilih database untuk situs web Opencart . 

Dalam contoh ini nama databasenya adalah candibinangun_24, klik nama database lalu temukan tabel dengan nama ocsy_user.  Seperti pada gambar di bawah ini :

password

Pastikan pada tabel ocsy_user berisi user_id bervalue 1 dan user_group_id juga bervalue 1 untuk memastikan kalau user tersebut tersebut adalah administratornya. Pada contoh ini username administratornya adalah admin.

phpmyadmin

Lalu klik Edit sehingga muncul detil kolom dari tabel ocsy_user, pada baris password pilih type data MD5 dan isikan password barumu pada value di sebelahnya dan lalu simpan perubahan dengan cara klik GO seperti gambar di bawah ini :

MySQL

Jika query berhasil maka akan muncul log query seperti ini

phpmyadmin

Sampai tahap ini password barumu sudah siap di gunakan.

Adapun cara yang lebih mudah yakni dengan klik tab menu SQL pada nama database OPencartmu, pada contoh ini tetap menggunakan database candibinangun_24.

opencart

Setelah klik database candibinangun_24 lalu pada tab sebelah kanan klik menu SQL lalu paste query di bawah ini lalu klik GO untuk mengeksekusi query.

UPDATE `ocsy_user` SET `password` = MD5(‘P4sswotBaruV2’) WHERE `ocsy_user`.`user_id` = 1; 

JIka query berhasil di eksekusi maka akan muncul record updated seperti gambar di bawah ini, yang artinya password berhasil kamu ubah dan siap di gunakan untuk login sebagai administrator Opencart milikmu ya.

opencart

Catatan: Dianjurkan untuk mengganti password dengan password yang kuat dan aman untuk melindungi situs websitemu dari akses yang tidak sah.

Penulis
Member since 2 Jul 2013