Mengarahkan Domain Ke IP
Blog Tutorial

Mengarahkan Domain Ke IP

Berikut adalah panduan singkat mengarahkan domain ke IP melalui member area di member.idwebhost.com  . Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah login ke   member.idwebhost.com kemudian ke menu  Domain > Domain > My Domain . Klik tanda segitiga kemudian klik menu  Manage Nameserver

menu  Domain

1.  Silahkan ubah name server domain ke name server khusus untuk kelola dns , berikut ada 2 cara dikarenakan untuk domain terbaru memiliki registrar yang berbeda . Untuk cara melihatnya dengan mengakses alamat https://www.whois.com kemudian isikan nama domain Anda di pojok kanan atas kolom pencarian lalu lihat bagian ” registrar

  • Registrar JOGJACAMP/RESELLERCAMP : ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id nameserver

  • Registrar NameSilo, LLC : NS1.DNSOWL.COM, NS2.DNSOWL.COM , dan NS3.DNSOWL.COM custom nameserver

  • Lalu klik menu change nameservers

Info tambahan : Semua domain yang menggunakan menu kelola dns harus menggunakan name server tersebut . Bila ada yang tidak memakai name server itu maka setting dns Anda tidak akan berfungsi .

2. Untuk memasukkan record dns silahkan klik menu DNS Management .

DNS Management

3. Masukkan record dns nya dengan mengisi kolom yang ada . Karena yang disetting adalah pointing IP maka settingnya memilih record type nya A(Address) . Ada perbedaan setting antara yang memakai registrar JOGJACAMP/RESELLERCAMP dengan REGISTRAR NameSilo, LLC .

  • Untuk domain yang registrarnya JOGJACAMP/RESELLERCAMP maka settingnya Host Name @ , Record Type A(Address) , Address masukkan IP server tempat domainnya akan diarahkan .

simpan DNS Management

  • Untuk domain yang registrarnya NameSilo, LLC maka settingnya Host Name kosong , Record Type A(Address) , Address masukkan Ip server tempat domainnya akan diarahkan .

host name

  • Pada kolom priority dikosongkan . Priority hanya diisi bila setting yang dimasukkan typenya adalah MX (Mail) .
  • Bila record yang dimasukkan lebih dari satu maka memasukkannya satu persatu sampai semua record berhasil disimpan . Setiap satu record berhasil disimpan akan muncul satu kolom kosong untuk memasukkan record baru .

4. Setiap setting DNS untuk berfungsi membutuhkan waktu propagansi antara 6-24 jam . Untuk mengecek apakah domain sudah mengarah ke record yang sudha disetting bisa dari web seperti  https://www.whatsmydns.net/