5 Tips Penting Agar Font Dalam Typography Web-mu Mudah Dibaca
Blog Domain

5 Tips Penting Agar Font Dalam Typography Web-mu Mudah Dibaca

Sebagian besar halaman web berkontenkan teks, baik itu artikel informative, produk dengan deskripsi, atau informasi yang terupdate. Font yang kamu gunakan pada web-mu dapat mencerminkan gaya Typography-mu dan ini akan menentukan keberhasilan web-mu. Mari kita simak beberapa tips untuk memperbaikki gaya Typography pada web-mu:

  • Minat Adalah Kunci

Jika orang merasa kesulitan membaca kontenmu, maka tidak akan ada orang yang akan membacanya. Akibatnya, mereka tidak akan bisa mengambil tindakan untuk memberlli, meninjau layanan, dan membuat janji, dll. Konten web yang efektif yaitu yang meliputi Typography yang mudah dibaca.

Meskipun semua berkontribusi untuk membaca konteks. Teks font-family, kontras, ukuran, dan spasi menjadi poin penting.

  • Font-Family

Font-Family semakin beragam keberadaanya. Ini jumlah yang besar tapi tidak memberikan tantangan. Setiap huruf memiliki tujuan yang berbeda, jadi kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan Typography yang berbeda.

Typography memiliki kemungkinan yang tipis untuk dibaca pada ukuran besar, seperti judul. Tetapi pada letterform bisa sangat sulit dibaca, jadi tampilkan konten dengan ukuran yang lebih kecil.

Ini juga berlaku untuk font yang berhias, seperti gaya kursif, bisa ditempakan pada judul besar tetapi tidak untuk body copy. Menggunakan font-family yang tepat menjadi faktor pentiing agas situs web mudah dibaca.

  • Kontras

Kontras teks adalah faktor kunci untuk meninjau Typography pada situsmu. Terkesan membosankan, jika menggunakan teks hitam dengan latar belakang putih, meskipun mudah dibaca. Banyak desainer yang memilih menggunakan teks yang tidak menggunakan kontras agar desain lebih terlihat indah, tapi sulit dibaca.

Desain akan terlihat bagus di photoshop, tapi sesungguhnya orang harus benar-benar membaca teks yang terkandung didalamnya. Jika kontras teks rendah, ini menjadi sebuah tantangan baru bagi orang-orang ketika membaca isi suatu web.

  • Ukuran

Ukurasn teks pada situs web menjadi pertimbangan penting. Teks yang terlalu besar akan terlihat canggung, sementara teks yang terlalu kecil akan terlihat tegang, terutama bagi orang yang sempurna. Tampilkan teks dengan ukuran yang mudah dibaca, sesuaikan dengan ukuran pada layar dan perangkat seseorang ketika mengunjungi situs web. Situs yang responsive dengan ukuran teks akan menyesuaikan diri dengan layar yang berbeda, ini dapat memastikan teks yang terkecil ke layar besar.

  • Spasi

Sesuatu yang mengelilingi teks situsmu memainkan peran mudah tidaknya teks tersebut dibaca. Dengan menambahkan spasi yang memadai antara baris teks dan sekitar teks, akan mencegah orang menjadi bingung dengan teks yang berantakan yang mempengaruhi cara baca orang.

  • Penutup

Ini hanya beberapa faktor yang berkontribusi terhadao desain Typography yang efektif, tetapi pembaca adalah orang yang mudah mengidentifikasi masalah agar situs webmu mudah dibaca, efektif, dan menarik. Coba perhatikan Typography pada webmu dan pertimbangkan poin yang dibahas pada artikel ini, barang kali ini bisa meningkatkan presentasi teks pada webmu.