Tutorial Optimalkan SEO pada WordPress
Blog Tips Keren Tutorial Optimalkan SEO pada WordPress

Tutorial Optimalkan SEO pada WordPress

Optimalkan SEO pada WordPress sangat penting untuk mendapatkan traffic lebih banyak ke website anda. Sayangnya sebagian besar panduan SEO WordPress terlalu teknis bagi pengguna baru untuk memulai. Jika anda serius meningkatkan traffic website anda, maka anda perlu mengetahui cara terbaik menggunakan SEO WordPress.

Banyak orang mengatakan bahwa untuk mengoptimalkan WordPress sebagai website anda harus menggunakan SEO. Inilah salah satu alasan banyak orang memilih WordPress untuk memulai website mereka. Sementara WordPress memastikan bahwa kode yang dihasilkannya mengikuti mesin SEO, ada banyak lagi yang perlu anda lakukan jika anda ingin memaksimalkan mesin SEO anda.

Optimalkan SEO pada WordPress

Untuk membuatnya mudah dipahami, berikut Tutorial Optimalkan SEO pada WordPress sebagai website anda:

Pengertian SEO

SEO merupakan singkatan dari Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO). Dalam istilah sederhananya, SEO adalah proses sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di mesin pencarian. Dengan demikian, semakin baik situs WordPress mengerti apa yang dicari banyak orang di mesin pencarian seperti Google. Semakin besar peluang situs WordPress anda akan muncul di halaman pertama hasil di mesin pencarian seperti Google.

Algoritma mesin pencarian seperti aturan yang digunakan untuk menentukan peringkat website orang lain dirancang dengan cara yang memberikan prioritas pada website yang memberikan pengalaman yang terbaik dan lebih relevan bagi pengguna.

Jadi, jika anda ingin mengoptimalkan situs WordPress website anda di mesin pencarian anda. Menggunakan SEO akan sangat membantu untuk mendapatkan peringkat website anda di mesin pencarian seperti Google.

Kenapa peringkat website anda penting ?

Mesin pencari sering menjadi sumber traffic terbesar untuk website website yang ada. Google dan mesin pencari lainnya menggunakan algoritma canggih untuk memahami dan memberi peringkat halaman website secara tepat dalam hasil pencarian. Namun, algoritma tersebut tidak sempurna, mereka masih membutuhkan bantuan anda untuk memahami tentang apa konten Anda.

Jika konten anda tidak dioptimalkan melalui SEO, maka mesin pencari tidak akan tahu bagaimana memberi peringkat pada website anda. Saat orang mencari topik yang anda tulis, website anda tidak akan muncul di hasil pencarian. Anda akan kehilangan semua traffic website anda. Sangat penting bagi semua perusahaan dan pelaku bisnis untuk menggunakan SEO di website mereka, sehingga mereka dapat memaksimalkan traffic pencarian mereka.

Optimalkan SEO pada WordPress

Selanjutnya ini merupakan tutorial Optimalkan SEO pada WordPress:

  • Pengaturan visibilitas mesin pencari di WordPress

WordPress hadir dengan fitur bawaan seperti menyembunyikan website anda dari mesin pencarian. Tujuan fitur ini adalah memberikan anda waktu untuk mengoptimalkan website anda sebelum siap untuk di posting di mesin pencarian.

Silahkan Login dahulu ke WordPress website anda kemudian pilih Settings » Reading page. Carilah tab menu ‘Search Engine Visibility’ dan pastikan menubar dengan nama ‘Discourage search engines from indexing this site’ tidak tercentang. Jangan lupa klik ‘Save Changes’.

Menggunakan URL yang mudah ditemukan di mesin pencarian berguna untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian. Anda dapat memeriksa dan memperbarui struktur permalink website WordPress anda.

Pilih Pengaturan » Permalinks. Pilih opsi ‘post name’  dan kemudian klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan pengaturan anda.

  • Install Plugin Optimalkan SEO pada WordPress

Salah satu hal terbaik menggunakan WordPress adalah bahwa ada plugin untuk SEO juga. Ada ribuan plugin WordPress SEO yang bakal membingungkan orang untuk memilih salah satu plugin. Daripada menginstall Plugin SEO yang terpisah pisah, kami akan membantu anda memilih plugin WordPress SEO terbaik yang dapat melakukan semuanya dan ini 100% gratis.

Ketika memilih plugin WordPress SEO terbaik, Ada dua plugin yang sangat populer yaitu: Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan pilih salah satu yang anda cocok untuk gunakan.

  • Tambahkan XML Sitemaps Optimalkan SEO pada WordPress

XML Sitemap adalah tools khusus yang mencantumkan setiap halaman di website anda. Ini memudahkan mesin pencari untuk menemukan semua konten anda. Tetapi sitemap XML tidak meningkatkan peringkat pencarian di website anda, Hal ini membantu mesin pencari menemukan halaman dengan cepat dan mulai memberi peringkat. Jika anda menggunakan plugin Yoast SEO, maka akan secara otomatis muncul peta situs XML untuk anda.

  • Tambahkan website ke Google Search Console

Google Search Console juga dikenal sebagai tools Webmaster adalah sebuah tools yang diberikan Google untuk memberikan pemilik website melihat bagaimana konten mereka terlihat oleh mesin pencari. Ini memberikan laporan dan data untuk membantu anda memahami bagaimana website anda muncul di hasil pencarian. Anda juga dapat melihat istilah pencarian aktual yang digunakan orang untuk menemukan website anda, bagaimana setiap halaman muncul dalam hasil pencarian, dan seberapa sering halaman anda diklik.

Semua informasi ini membantu anda memahami apa yang berfungsi di situs anda dan apa yang tidak. Anda kemudian dapat merencanakan strategi konten anda berikutnya. Google Search Console dapat memberikan peringatan ketika ada sesuatu yang salah dengan website anda. seperti ketika crawler pencarian tidak dapat mengaksesnya, adanya konten duplikat atau sumber daya terbatas.

  • Gunakan Keywords untuk Optimalkan SEO pada WordPress

Sebelumnya anda perlu riset keywords dahulu. Riset keywords adalah teknik penelitian yang digunakan oleh pembuat konten dan untuk mengoptimalkan SEO. Ini membantu anda menemukan kata-kata yang dimasukkan pengguna ke mesin pencari untuk menemukan konten, produk, dan layanan di bidang bisnis anda. Anda kemudian dapat menggunakan kata-kata dan frasa tersebut di website anda untuk mendapatkan lebih banyak traffic pencarian.

  • Gunakan Foto untuk optimalkan SEO WordPress.

Gambar lebih menarik daripada teks tetapi membutuhkan lebih banyak waktu untuk menguploadnya. Jika anda tidak berhati-hati dengan ukuran dan kualitas gambar, maka dapat memperlambat situs web anda. Anda perlu memastikan bahwa anda menggunakan gambar yang dioptimalkan untuk upload lebih cepat.

Trik lain yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan gambar Anda untuk mesin pencari adalah dengan menggunakan judul deskriptif dan tag alt. Tag ini membantu mesin pencari memahami tentang apa gambar anda. Hal ini juga membantu pengguna tunanetra karena pembaca layar mereka dapat membacakan teks alternatif untuk mereka.

Tutorial Optimalkan SEO pada WordPress

Jadi bagaimana nih sudah mulai paham bukan, silakan menerapkan tutorial Optimalkan SEO pada WordPress. anda akan melihat peningkatan traffic anda dalam beberapa bulan saat mesin pencari memproses perubahan pada website anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.