Tutorial Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pemula
Blog Tips Keren Tutorial Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pemula

Tutorial Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pemula

Tidak dipungkiri, Aplikasi TikTok memang sedang menjadi salah satu plaftrom sosial media yang trending. Walaupun beberapa yang lalu sempat dilakukan pemblokiran oleh pemerintah. Setelah mendapatkan beberapa perbaikan, saat ini TikTok menjadi salah satu platform yang bisa menumbangkan eksistensi Facebook. Benar atau tidaknya hanya waktu yang dapat menjawabnya. TikTok sebagai salah satu aplikasi yang dapat membuat atau mengedit video hits yang ada di kalangan anak muda millennial. Merupakan salah satu aplikasi yang mengharuskan Anda merekam video terlebih dahulu sebelum dapat mengedit dengan cara memberikan efek yang menarik. Ada begitu banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh TikTok. Sedangkan untuk durasi video, hanya diperbolehkan untuk membuat video dalam kurun waktu kurang dari 30 detik. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tutorial menggunakan aplikasi TikTok agar Anda bisa menggunakannya.

menggunakan aplikasi tiktok

Menggunakan Aplikasi TikTok, Mendownload Aplikasi TikTok

Sebelum Anda bisa mengetahui dan menggunakan aplikasi TikTok, sudah pasti Anda harus mempunyai aplikasi TikTok. Tidak perlu khawatir, karena TikTok merupakan salah satu aplikasi gratis yang bisa Anda download di Google PlayStore. Cara mendownloadnya juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke dalam aplikasi PlayStore
  2. Carilah dalam mesin pencari dengan cara mengetikkan Tik Tok.
  3. Terakhir, install aplikasi yang sudah Anda pilih.

Tentu menjadi hal yang sangat mudah tanpa harus merasa ribet jika harus  mengikuti tiga langkah diatas. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung mendapatkan aplikasi Tik Tok.

menggunakan aplikasi tiktok

Cara Log in Akun Tik Tok

Jika Anda sudah berhasil menginstall aplikasi Tik Tok, maka Anda harus masuk atau log in akun pada aplikasi terlebih dahulu. Karena jika Anda tidak melakukan log in, maka Anda akan mengalami kesulitan agar bisa menyimpan hasil rekaman dan juga edit video pada Tik Tok. Nantinya, video yang sudah Anda buat juga akan otomatis tersimpan dalam draft akun Tik Tok milik Anda. Berikut cara log in ke dalam aplikasi Tik Tok:

  1. Masuklah ke dalam aplikasi Tik Tok yang telah berhasil Anda download dan install sebelumnya.
  2. Setelahnya, Anda dapat langsung symbol orang yang berada pada bagian pojok kanan bawah.
  3. Nah, Anda bisa melakukan log in dengan menggunakan akun Facebook, Instagram maupun Google. Dapat memilih salah satunya.

menggunakan aplikasi tiktok

Mulai Merekam Video

Hal yang paling utama sebelum Anda mengedit video yang kece adalah Anda harus merekam video terlebih dahulu. Berikut ini merupakan cara menggunakan aplikasi Tik Tok yang harus Anda lakukan:

  1. Masuk ke dalam aplikasi Tik Tok yang sudah Anda download sebelumnya.
  2. Agar bisa merekam video, Anda bisa langsung klik pada symbol plus (+) yang terdapat pada bagian tengah.
  3. Setelahnya, Anda dapat langsung memilih genre music yang Anda inginkan. Sebagai informasi, Anda dapat memilih genre music apapun, karena Tik Tok mempunyai daftar lagu yang sangat lengkap. Mulai dari lagu lokal, lagu korea, dan juga lagu barat atau western. Anda bisa klik More agar bisa mendapatkan berbagai genre lagu yang lain.
  4. Kemudian, setelah memilih lagu yang cocok yang sesuai dengan keinginan Anda. Maka, secara otomatis tik tok akan langsung menampilkan daftar lagunya. Setelah berhasil memilih salah satunya, klik pada confirm to use and begin shooting.

Menggunakan Aplikasi TikTok, Lanjutan Merekam Video

  1. Selain itu, Anda juga bisa memilih gerakan pada video yang akan Anda rekam, mulai dari epic, slow, normal, fast atau flash. Kemudian, klik salah satunya. Jika Anda ingin menambahkan efek yang lucu dan menggemaskan juga bisa dengan cara klik effects yang ada pada bagian kiri.
  2. Jika Anda sudah mengklik pada effect, maka Tik Tok secara otomatis akan langsung menampilkan beberapa efek yang dapat Anda download. Selanjutnya, klik saja pada efek yang Anda inginkan dan nantinya secara otomatis efek tersebut akan langsung bisa Anda aplikasikan pada video yang akan Anda buat.
  3. Ketika Anda sudah merasa cocok dan lengkap dengan semua efek, maka bisa langsung rekam videonya. Anda dapat klik pada HOLD. Nah, ketika Anda merasa kerepotan untuk terus menekan tombol HOLD, Anda dapat menggesernya pada bagian Tap Shooting. Sehingga, Anda hanya perlu untuk sekali saja megklik agar bisa merekam video.

menggunakan aplikasi tiktok

Melakukan Edit Video yang Telah Direkam

Ketika Anda sudah selesai dalam merekam video, akan kurang lengkap rasanya jika belum diedit. Sehingga untuk mengeditnya bisa dengan menggunakan cara yang mudah dan juga simple. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Ketika sudah selesai merekam, nantinya secara otomatis akan menampilkan beberapa piliham. Anda dapat langsung dengan menyimpan hasil rekamanan atau bisa juga dengan mengedit rekaman tersebut terlebih dahulu. Agar bisa mengeditnya, Tik Tok sudah menyiapkan beberapa fitur edit mulai dari edit music, sound, dan juga special effects.
  2. Mengedit lagu, bisa Anda mulai dengan langsung klik pada edit music. Pada fitur ini hanya bisa memiluh pada bagian lagu, caranya dengan menggeser symbol yang berwarna kuning dari kanan ke kiri. Jika Anda memang sudah memilih pada bagian lagu yang sudah sesuai dengan keinginan Anda, maka langsung klik tanda checklist pada kotak dengan warna pink.
  3. Jika Anda ingin mengedit suara, bisa dengan klik pada Sound. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menentukan berapa besar volume yang bisa digunakan untuk original soundtrack dan juga soundtrack. Anda dapat menggeser pada setiap bulatan putih, agar bisa menentukan volumenya. Terakhir, klik tanda checklist.

Menggunakan Aplikasi Tiktok, Editing Video

  1. Sudah selesai dengan mengedit pada bagian music dan sound, Anda bisa menambahkan efek yang menarik untuk video Anda. Caranya cukup mudah dengan klik pada fitur special effects. Pada bagian filter effects, inilah Anda dapat memilih berbagai efek seperti shake, illusion, black magic dan masih banyak yang lainnya. Pilih dan klik pada salah satunya.
  2. Setelah Anda selesai dengan bagian Filter Effects, Anda dapat mengedit Time Effects. Kegunaan dari Time Effects adalah agar bisa memberikan efek pada durasi tertentu yang ada d video tersebut. Bisa dengan mengklik pada salah satu efek, selanjutnya Anda bisa mengatur penempatan efek dengan cara menggeser bulatan hijau yang terdapat dalam durasi video. Jika Anda sudah merasa cukup, bisa langsung klik pada save yang terdapat pada abgian pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan hasilnya dengan klik pada draft. Tetapi, jika Anda ingin langsung mengupload ke social media, bisa langsung klik post.

Perlu Anda tahu jika setiap video yang sudah berhasil direkam dan juga di post hanya akan muncul pada aplikasi Tik Tok saja. Sehingga, hasil rekaman dan juga hasil editan video Anda tidak akan muncul dalam galeri handphone Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609