Tutorial Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok
Blog Tips Keren Tutorial Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok

Tutorial Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok

Seperti yang sudah diketahui, TikTok memang sudah berkembang menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer. Fitur dalam Tiktok juga mempunyai tampilan yang unik dan mudah diperbaharui jika memang adanya perubahan fitur. Sapuan tiktok memang sangat membantu dalam penentuan algoritma berdasarkan pada pilihan Anda hingga akhirnya memutuskan untuk memilih konten apa yang ditampilkan pada FYP Anda. Jika Anda baru saja berkecimpung dalam Tiktok dan tengah mencari cara agar bisa menambahkan teks tulisan pada video tiktok, kali ini akan dibahas secara mendetail. Menambahkan teks tulisan ke video tiktok merupakan sebuah proses yang mudah apalagi adanya bantuan editor dari teks bawaan yang ada di TikTok.

menambahkan teks tulisan pada video tiktok

Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok

Agar bisa menambahkan teks tulisan pada video tiktok, cukup dengan membuka aplikasi TikTok yang ada di ponsel atau smartphone Anda. Cukup dengan ketuk pada ikon “+” yang terdapat pada bagian bawah layar Anda. Kemudian, Anda bisa langsung mulai merekam dan ketika selesai cukup ketuk pada “centang merah” yang terletak di sudut kanan bawah layar smartphone Anda. Atau Anda juga bisa memilih video yang sudah ada take sebelumnya. Selanjutnya, Anda akan dibawa pada halaman pengeditan aplikasi. Ketuk pada “Text” yang ada di sudut kiri bawah layar Anda. Dan Anda bisa memasukan teks apa yang Anda inginkan. Setelah text berhasil ditambahkan, Anda juga bisa memilih gaya teks dengan cara memilih dan menggulir semua saran yang ada dibagian bawah layar Anda. Jangan lupa untuk memilih perataan dengan cara mengetuk ikon yang terdapat pada bagian kiri smartphone Anda.

Jika nantinya teks Anda tidak terlihat, bisa menggunakan opsi latar belakang yang ada di sudut kiri layar Anda agar bisa menambahkan latar belakang pada teks. Ketika sudah selesai, ketuk DONE yang terdapat pada sudut kanan atas. Teks nantinya akan menjad terlihat pada video Anda, ketuk pada bagian atasnya, dan segera pilih ‘Set Duration’. Setelah selesai, Anda juga bisa melihat timeline pada video Anda yang ada dibagian bawah layar. Timeline tersebut mempunyai hamparan merah yang nantinya dapat menentukan durasi dan juga lokasi teks Anda. Memulainya dengan cara menyeret overlay dari kedua ujung agar bisa menetukan waktu Anda menginginkan teks Anda. Setelah Anda selesai mengatur durasi teksnya, ketuk dan tahan pada overlay merah untuk memilihnya. Setelahnya, cukup dengan menyeret ke dalam posisi yang  Anda inginkan untuk menampilkan teksnya. Terakhir, ketuk “centang” yang ada di sudut kanan bawah agar bisa menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan. Jangan lupa untuk posting di TikTok.

menambahkan teks tulisan pada video tiktok

Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok yang Unik

Hampir semua kalangan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi TikTok. Yang merupakan aplikasi hits di kalangan anak muda millennial jaman sekarang. Selain memang menarik, bisa juga membuat bahagia yang memainkannya. Karena pada aplikasi TikTok Anda dapat melakukan banyak hal, mulai dari menari, membuat sebuah video dengan efek gerakan slow motion atau gerakan lambat, animasi dan masih banyak video yang bisa dibuat.

Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok, Mulai dengan Membuka Aplikasi TikTok

Langkah awal yang harus Anda lakukan tentunya membuka aplikasi TikTok. Nantinya Anda akan menemukan ikon dengan warna merah ditandai dengan catatan music dengan warna putih pada bagian atasnya. Ikon inilah yang merupakan ikon merk dagang. Anda dapat mengetuk ikon tersebut agar bisa membuka aplikasi TikTok.

Menambahkan Teks Tulisan pada Video TikTok, Mengetuk Ikon +

Jika Anda sudah berhasil membuka aplikasi tiktok, Anda bisa langsung mencari tombol ikon +. Terdapat pada bagian bawah pada layar utama smartphone Anda. Tentunya fungsi dari tombol tersebut adalah untuk merekam video yang baru.

Menekan Tombol Berwarna Merah

Agar bisa memulai merekam video yang Anda inginkan, bisa langsung menekan tombol warna merah. Anda juga bisa langsung mengatur durasi atau waktu rekaman sesuai dengan lama waktu yang Anda inginkan.

menambahkan teks tulisan pada video tiktok

Menambahkan Efek, Sticker, dan Filter

Tentunya untuk membuat video yang Anda rekam menjadi lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan efek, stiker dan juga filter. Caranya pun sangat mudah karena hanya memilih menu mana yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Menambahkan Teks pada Video

Pada aplikasi TikTok setelah Anda berhasil membuat video, bisa memilih beberapa menu. Salah satunya adalah dengan menambahkan teks. Tentunya Anda dapat memilih menu teks yang ada dibagian bawah. Selajutnya ketika teks yang ingin Anda tulis sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Kemudian, klik lagi pada teks tersebut dan pilihlah durasi. Pada durasi inilah yang bisa Anda gunakan agar bisa menetukan letak dari teks akan ditempatkan dimana dan akan muncul dalam durasi waktu berapa lama. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur durasi waktu sesuai dengan yang Anda inginkan, caranya dengan menentukan sampai mana teks yang Anda tulis tersebut berada di video. Lakukan cara tersebut pada teks yang lain. Tujuannya adalah agar Anda dapat membuat teks pada video secara runtut dan menarik.

Memakai Bantuan Aplikasi Lain

Selain menggunakan aplikasi TikTok, cara membuat Tulisan di TikTok juga bisa Anda lakukan dengan bantuan aplikasi tambahan lainnya. Bisa dengan menggunakan SnapChat. Tetapi, Anda juga harus memastikan jika video yang sudah Anda buat sudah berhasil disimpan terlebih dahulu. Selanjutnya adalah memilih ikon kenangan agar bisa menemukan video Anda. Jika Anda sudah menemukan video mana yang nantinya akan diedit, berikutnya adalah dengan memilih ikon titik 3. Agar bisa menambahkan teks, Anda juga dapat memilih opsi edit snap. Kemudian, memilih ikon T agar bisa menambahkan teks sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda bebas memilih gaya penulisan teks termasuk warna dan ukurannya. Lakukan hal tersebut sesuai dengan tulisan teks yang Anda inginkan. Jika dirasa sudah, bisa langsung simpan.

menambahkan teks tulisan pada video tiktok

Yang membedakan tiktok dengan platform lain adalah keberadaan filter dan juga efek yang sudah terintegrasi dengan aplikasi. Hasilnya adalah banyak efek tiktok yang sangat bagus untuk bisa dipasang oleh pengguna sesuai dengan keinginan dan juga pilihan masing-masing. Filter maupun efek tiktok dapat diselipkan secara langsung atau real time ketika Anda mulai merekamnya ataupun ketika nantinya akan ditempelkan pada klip video yang sudah tersedia sebelumnya. Namun, perbedaan ini memang biasanya menjadi salah satu kendala untuk pengguna tiktok pemula. Walaupun sebenarnya aplikasi ini sudah lama tersedia di PlayStore, namun baru beberapa tahun belakangan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ramainya penyebaran video TikTok pada platform lain menjadi salah satu pemicu dalam peningkatan penggunaan aplikasi tersebut. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609