8 Trik Untuk Pemilik Website Agar Aman Dari Hacker
Blog Tips Keren 8 Trik Untuk Pemilik Website Agar Aman Dari Hacker

8 Trik Untuk Pemilik Website Agar Aman Dari Hacker

 

Pemilik website sebaiknya harus tahu bagaimana agar website aman dari hacker  jika suatu saat website personalnya mengalami kendala. Hacker atau peretas adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang sistem komputer dan pemograman sehingga mereka bisa dengan mudah membobol situs dengan maksud dan tujuan tertentu.

Ketika Anda sudah menjalankan bisnis dan berhubungan dengan internet, maka segala hal bisa jadi kemungkinan, termasuk website terkena hack. Banyak hacker yang tidak pandang bulu, meski perusahaan bonafid juga akan menjadi targetnya. Beberapa website juga masih menjadi sasaran meskipun sudah melakukan pengamanan. Lalu seberapa hebat seorang hacker?

Jenis-jenis Hacker

Memiliki website khususnya untuk berbisnis sebaiknya agar lebih waspada karena bisa saja menjadi sasaran hacker. Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia internet tentu sudah paham dengan kecerdikan seorang hacker. Ada 5 jenis hacker yang harus Anda tahu, di antaranya adalah;

aman dari hacker

1.Black Hat Hacker.

Black hat hacker merupakan jenis hacker yang terkenal dengan “antagonis”.  Antagonis di sini maksudnya adalah mereka yang merugikan pihak lain demi kepentingan pribadinya. Jenis hacker ini biasanya akan mencuri data pada sebuah website, baik itu personal maupun untuk bisnis. Mereka juga akan mengambil alih hingga menyabotase sistem komputer. Black hat hacker juga dikenal dengan cracker.

2.White Hat Hacker.

Ini merupakan jenis hacker yang memegang teguh standar etika. Bisa dibilang, hacjer jenis ini merupakan hacker yang nantinya akan melakukan hal-hal positif yang nantinya bermanfaat bagi orang lain. White hat hacker biasanya akan melakukan peretasan untuk menguji ketahanan dan keamanan suatu website, mencari kelemahan sistem dan menjadi konsultan dalam keamanan sistem. Bahkan banyak dari mereka yang sering disewa sebagai konsultan keamanan karena membantu menjaga keamanan sistem pada suatu website.

3.Grey Hat Hacker.

Grey hat hacker adalah jenis hacker yang bisa melakukan hal positif maupun negatif.  Hacjer jenis ini juga disebut-sebut memiliki standar etika ganda dalam aktivitas hackingnya. Pada waktu tertentu mereka bisa melakukan tugas yang menjung etika hacker, namun pada waktu tertentu bis bisa melakukan kejahatan hingga melanggar batas-bats hukum. Hacker jenis berada di antara white hat hacker dan black hat hacker.

4.Script Kiddie Hacker.

Script kiddie hacker merupakan jensi hacker yang belum termasuk mahir. Meski begitu mereka bisa dengan membobol situs website. Mereka biasanya belajar dari para hacker profesioanl, sedangkan untuk cara yang digunakan adalah dengan menggunakan sebuah peretas yang sudah diciptakan sebelumnya oleh hacker lain.

aman dari hacker

5.Hacktivist Hacker.

Hackivist hacker adalah jenis hacker yang sering menyebar pesan yang berbau politik, ideologi dan agama. Cara kerjanya adalah dengan mengubah tampilan pada sebuah web untuk diisi dengan pesan-pesan yang terkait dengan isu-isu politik dan agama yang kemudian disatukan dengan pemikiran hacker tersebut. Pada satu sisi memang jenis hacker ini membawa dampak positif, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika mereka juga akan menyebarkan berita hoax terkait issu politik yang sedang terjadi.

Dengan mengenal jenis-jenis hacker,  sekarang tentunya Anda tidak bisa berfikir kalau semua hacker itu jahat. Hanya saja mereka memiliki tugas masing-masing. Hingga sekarang hacker masih saja mengintai website, maka dari itu Anda juga harus waspada, khususnya yang memiliki bisnis online.

Agar terhindar dari hacker, ada beberapa cara yang harus Anda coba, antara lain;

1.Gunakan platform wordpress.

Kabar baik bagi Anda yang menggunakan platform wordpress. Pasalnya wordpress merupakan platform yang aman untuk bisnis online karena dilengkapi dengan aplikasi yang sangat mudah untuk diupdate. WordPress dilengkapi dengan panel dashhboard wordpress admin yang akan membantu melakukan update secara otomatis.

2.Mengganti password secara berkala.

Semakin rumit password yang Anda pilih, maka hacker akan semakin kesulitan untuk membobol.  Jika Anda sering lupa dengan password yang dibuat, maka triknya adalah dengan menggabungkan dengan huruf besar dan kecil yang kemudian ditambahkan dengan angka. Dengan begitu, hacker biasanya enggan mengotak-atik  website Anda.

3.Selalu rajin update website ke versi terbaru.

Sekarang ini sudah banyak website yang selalu berinovasi sehingga lebih aman dari serangan hacker. Bagi Anda yang selalu diminta untuk update ke versi terbaru dari website, sebainya langsung diupdate agar tidak kedahuluan hacker yang akan mengacak-acak website Anda.

4.Back up manual secara berkala ke PC lokal.

Melakukan back up bisa dilakukan untuk mengantisipasi ketika hacker menghapus maupun mengotak-atik data Anda, maka Anda masih punya data aslinya yang telah diback-up di PC lokal. Meski Anda merasa aman dengan data-data Anda, tapi tidak ada salahnya jika Anda melakukan pem-backup-an rutin demi keamanan data.

5.Pastikan di komputer atau laptop tidak Anda virus.

Semua orang kadang tidak sadar ketika di laptop maupun komputernya telah terdeteksi malware atau virus. Jika hal ini dibiarkan maka hanya akan mengundang hacker. Sebaiknya gunakan antovirus yang berkualitas demi menjaga agar komputer tetap aman dan tidak terinfeksi virus. Virus yang dibiarkan juga akan merusak beberapa sistem di komputer yang akan menyerang data-data penting Anda.

6.Gunakan SSL.

SSL sangat penting untuk website. Jika Anda memiliki bisnis online, maka usahakan agar webistenya sudah bersertifikat SSL. Ini akan mekindungi dari serangan hacker. Cara mudah mengetahui apakah website sudah bersertifikat SSL sangatlah mudah, Anda hanya tinggal melihat gampar gembok di bagian samping URL, jika sudah Anda gembok berarti bisa dipastikan aman namun tetap waspada.

aman dari hacker

7.Melakukan pemasangan Firewall pada website.

Bagaimanapun bentuk website Anda, hacker tentu akan selalu mengawasi sampai  Anda lengah. Salah satu cara agar hacker “kapok” mengobrak-abrik webiste Anda adalah dengan memasang firewall. Pemasangan farewall bisa menjadi pelindung website. Cara kerja firewall di sini akan membuat ketetapan antara server website dan koneksi data. Selain itu, firewall juga akan membaca setiap bit data yang melewatinya.

8.Pilih server hosting terpercaya.

Demi keamanan website, usahakan agar selalu memilih server hosting yang terpercaya. Semakin  kuat tingkat keamanan yang Anda pilih, maka website akan semakin aman. Memilih server hosting yang aman tentu akan membuat hacker sulit membobol website Anda. Untuk tingkat keamanan dan kualitas, Anda bisa mempercayakan web hosting hanya di IDwebhost.

Itulah beberapa cara mudah agar aman dari hacker. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan domain dan hosting yang murah.