10 Trend Konten Marketing 2020 Yang Harus Dipelajari
Blog Tips Keren 10 Trend Konten Marketing 2020 Yang Harus Dipelajari

10 Trend Konten Marketing 2020 Yang Harus Dipelajari

Perkembangan trend konten marketing 2020 memiliki pengaruh besar terhadap pebisnis khususnya bisnis online. Dengan berkembangnya trend dalam pemasaran juga akan mengubah cara pembuatan konten agar bisnis yang dijalankan lebih luas jangkauannya. Dalam hal ini konten marketing bukanlah satu-satunya hal yang berubah tetapi juga kebutuhan audiens juga akan terus berkembang. Bahkan salah satu pakar konten marketing, Andrew Davis, mengatakan bahwa Content builds relationships, relationships are built on trust dan trust drives revenue. Dalam tersebut, konten menjadi hal yang sangat penting daripada promosi yang tidak bernilai.

Trend konten marketing akan selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Di tahun 2020 ini Anda harus mampu menciptakan konten yang memiliki nilai lebih. Strategi konten marketing yang Anda buat harus lebih spesifik dan fokus pada konsumen. Pembuatan konten yang efektif merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bisnis online. Konten berkualitas tinggi sangat penting di masa mendatang, maka dari itu muncul sebuah trend yang harus Anda pelajari demi meningkatkan kualitas konten marketing.

Apa saja trend konten marketing populer tahun 2020?

Bagi Anda yang memiliki bisnis online tentu selalu mengharapkan keikan omzet setiap tahunnya. Seperti halnya tahun 2020 ini yang tergolong masih awal. Mengikuti perkembangan zaman, perubahan marketing trend juga akan semakin signifikan. Lalu seperti apa konten marketing yang akan menjadi trend di tahun 2020? Trend konten marketing paling populer tahun 2020:

Trend Konten Marketing

1.Konten video

Di tahun 2020, konten video memiiki peluang yang sangat bagus dalam mengembangkan bisnis online. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan, Konsumen modern selalu menginginkan agar melihat konten jenis video dari produk-poduk yang mereka inginkan. Dengan adanya konten video akan  membuat pengunjung terlibat lebih lama dari jenis konten lainnya. Anda bisa membuat konten video dengan cara yang menarik, seperti behind the scene video dan masih banyak lagi.

2.Konten visual

Orang cenderung tertarik dengan konten visual lantaran lebih mudah dipahami. Untuk memanfaatkan konten visual, Anda bisa membuat gambar yang mampu menarik audiens. Pastikan konten yang Anda buat lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor. Agar konten visual semakin maksimal, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook maupun youtube. Dengan memanfaatkan platform tersebut maka konten visual akan lebih mudah terjangkau.

3.Podcast

Podcast masih menjadi daya tarik dan akan semakin populer di tahun 2020. Menurut data statistik, jumlah pendengar podcast telah meningkat menjadi tiga kali lipat dan akan terus bertambah. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan brand Anda. Jangkauan podcast juga lebih luas sehingga dapat membantu meningkatkan brand awareness. Memanfaatkan podcast juga akan membangun kredibilitas brand Anda.

Trend Konten Marketing

4.Storytelling

Storytelling bertujuan memberikan nilai lebih pada konten sehingga mampu menarik konsumen sekaligus mampu menciptakan CTA (Call to action). Bahkan pelaku bisnis selalu menyebut bahwa, “Storytelling is the heart of content marketing”. Relevansi konten merupakan hal yang wajib karena memudahkan engagement terhadap pelanggan. Untuk menghasilkan konten yang menarik, maka yang Anda lakukan adalah dengan menghubungkan cerita dengan kampanye yang mempengaruhi konsumen dan membantu mereka terhubung dengan brand yang sedang Anda jalankan.

5.Live video

Tak hanya konten video saja yang menjadi trend konten marketing 2020. Adanya live video juga sangat populer dalam pemasaran bisnis. Bahkan sosial media sekarang juga sudah dilengkapi fitur live video seperti Instagram story, Facebook story, Snapchat, VLive dan masih banyak lagi. Live video dianggap lebih autentik jika dibandingkan dengan video lainnya. Dengan adanya Live video juga memungkinkan brand untuk melakukan komunikasi dua arah dengan audiens mereka ketika melakukan Q&A.

6.Voice-driven content

Untuk memudahkan pengguna, banyak produsen handphone yang kini melengkapi fitur voice search seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant. Konten berbasis suara ini memiliki pengaruh yang tinggi terhadap konsumen. Selain itu, voice-driven content juga telah memicu pertumbuhan konten dan memunculkan babak baru dalam trend marketing 2020. Ini juga akan memberikan solusi cepat dengan upaya yang sangat minimum sehingga dapat memberikan fungsi yang tepat pada pencarian suara.

7.Data driven-content

Dengan persaingan dalam memasarkan sebuah brand, tentunya sangat penting jika Anda memperhatikan trend marketing khususnya di tahun 2020. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan konten berbasis data yang akan membantu Anda dalam mencari konsumen yang paling tepat. Untuk memanfaatkan trend marketing yang satu ini, Anda perlu mencari data yang akurat  dan paling banyak digunakan audiens. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam membuat konten yang paling relevan.

8.Personal content

Maraknya persaingan di dunia bisnis membuat konsumen lebih cerdas. Hal ini dibuktikan bahwa Audiens tidak ingin mendapatkan konten yang sama persis dengan yang diterima oleh pelanggan lainnya. Mereka lebih menginginkan konten yang yang dirancang khusus untuk mereka sehingga Anda harus membuat konten yang berbeda. Personalisasi konten juga akan sangat membantu dalam membangun hubungan pribadi antara brand dan konsumen di mana konsumen merasakan kepuasan serta pengakuan. Ini juga akan membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan lebih banyak klik per tayang pada kampanye sekaligus membantu engagement dan konversi pengguna.

9.User generated content (UGC)

Berdasarkan survey yang telah dilakukan, 85% konsumen menganggap User generate content lebih berpengaruh jika dibandingkan dengan konten brand. UGC bisa berupa konten apa saja termasuk blog, situs web, postingan di media sosial, tesmoni dan masih banyak lagi. Salah satu keuntungan User generated content adalah Anda bisa mengindentifikasi tentang bagaimana konten yang akan Anda bagikan ke audiens. Dalam pembuatan konten ini Anda juga bisa berfikir lebih luas lagi.

Trend Konten Marketing

10.Fokus dengan Topik

Alogaritma dalam mesin pencari akan selalu berubah. Google selalu mempertimbangkan konteks pada halaman tertentu di seluruh situs. Di sini Anda bisa lebih fokus dengan topik yang akan diangkat. Anda dapat membangun otoritas melalui konten strategis, salah satunya dengan membuat berbagai posting tentang topik tertentu. Hal ini akan membantu Anda dalam meningkatkan kredibilitas.

Konten marketing yang menarik mampu memberikan nilai lebih di mata konsumen Hal ini juga harus diimbangi dengan pemasaran yang atraktif agar konsumen berinteraksi terhadap brand, salah satunya dengan memaksimalkan trend konten marketing di tahun 2020.

Demikian penjelasan tentang trend konten marketing yang akan mendominasi di tahun 2020 dan bisa Anda coba untuk menerapkannya. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.