Trend Digital Marketing 2019 Yang Perlu Anda Ketahui

14 Jun 2019
Trend Digital Marketing 2019 Yang Perlu Anda Ketahui campaign-unlimited

Trend digital marketing terus berkembang dari tahun ke tahun. Selain mengikuti perkembangan teknologi dan algoritma berbagai platform, tren ini rupanya juga berevolusi mengikuti perubahan perilaku pengguna. Lalu, bagaimana dengan trend digital marketing 2023?

Di tahun 2023, pemasaran digital berkembang dengan cukup beragam. Mulai dari ramainya penggunaan alat AI, video pendek, dan masih banyak lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut ini telah kami rangkumkan 8 trend digital marketing yang harus marketer tahu. Mari langsung saja menuju ke pembahasan!

Trend Digital Marketing 2019 Yang Perlu Anda Ketahui
idwebhost.com
  1. AI Tools

Trend digital marketing 2023 yang pertama adalah AI Tools. Terutama sejak perilisan OpenAI, alat kecerdasan buatan menjadi semakin banyak diperbincangkan dan digunakan. Salah satu alatnya yang populer adalah ChatGPT. Sudah pernah tahu? Atau kamu sudah menggunakannya?

ChatGPT merupakan chatbot berbasis teknologi artificial intelligence. Alat ini memungkinkan pengguna untuk memberikan instruksi melalui interaksi percakapan. Hal ini memungkinkan sebab ChatGPT menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) untuk meniru cara berkomunikasi manusia.

Kemampuannya tidak dapat dianggap remeh. Teknologi AI pada ChatGPT memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi dalam waktu yang singkat. Ini membuatnya cukup andal untuk dimanfaatkan di berbagai sektor bisnis, termasuk digital marketing.

Selain ChatGPT, digital marketer juga dapat memanfaatkan AI tools lain seperti Copy.AI, Jasper.AI, atau DALL-E. Alat-alat ini dapat membantu untuk menemukan ide, menuliskan konten, hingga membuat ilustrasi dari teks. Jika digunakan dengan tepat, AI tools dapat mendukung strategi digital marketing yang lebih efektif.

  1. Personalisasi dan Otomatisasi Email Marketing

Email marketing masih bertahan dan tetap relevan sebagai strategi digital marketing 2023. Meskipun begitu, email marketing kini telah diinovasikan dengan personalisasi dan otomatisasi.

Dengan menyebut nama user secara langsung pada kalimat pembuka, tingkat keterbacaan dan diterimanya penawaran dalam email akan lebih tinggi. Pasalnya hal ini dikarenakan adanya kesan kedekatan antara user dengan bisnis kamu. Apalagi jika email disesuaikan menurut preferensi user.

Personalisasi pesan yang disesuaikan dengan perilaku dan minat, membuat user semakin yakin bahwa email yang dikirimkan perlu dibaca dan bukan sekadar pesan spam. Dengan strategi ini, digital marketer dapat membangun engagement sekaligus meningkatkan peluang konversi.

Strategi ini bisa dilakukan menggunakan data-data yang sudah dikumpulkan dengan alat analitik. Dengan data-data user yang sudah tersegmentasi, selanjutnya gabungkan personalisasi dengan otomatisasi penjadwalan pengiriman. Alhasil, kamu tidak perlu kesulitan mengirimkan email penawaran satu per satu ke user.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Website Penting Untuk Bisnismu

  1. Short-form Video

Trend digital marketing 2023 yang banyak diminati berikutnya adalah short-form video. Pemasaran dengan media video semakin banyak diminati seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna TikTok. Media sosial seperti Instagram dan YouTube bahkan turut mengembangkan fitur video pendek di platformnya, yaitu Reels dan Shorts.

Menurut hasil riset Tubular Insight, 96% dari total 1.000 responden menyatakan akan melakukan pembelian setelah melihat review produk yang menarik. Ini artinya, konten video dapat mempermudah pengenalan dari suatu brand atau produk.

Melalui konten video pendek, kamu dapat menjelaskan produk secara ringkas, cepat, dan mudah dipahami. Akan tetapi, hal ini juga melibatkan pemberian informasi yang tepat, penempatan CTA, dan ide video yang menarik. Nah, kira-kira kamu tertarik untuk mengadopsi strategi ini juga nggak?

  1. Live Streaming Shopping

Trend digital marketing 2023 satu ini sempat menghebohkan, lantaran mampu menghasilkan konversi pembelian dengan nilai omzet yang luar biasa. Ini merupakan bukti lain bahwa kini pelanggan sangat mengandalkan konten video, terutama dalam mengambil keputusan pembelian.

Selain melibatkan interaksi secara aktif antara host dengan audiens, tren ini juga dapat membantu brand mendapatkan kepercayaan pelanggan. Biasanya, selama live berlangsung penjual akan menampilkan produk dan memberikan tutorial atau demo penggunaannya secara langsung.

Siaran langsung juga bisa menjadi media untuk memberikan promo terbatas. Dengan adanya potongan harga atau penawaran cashback yang hanya diberikan selama live berlangsung, penjual dapat mendorong leads untuk melakukan pembelian.

  1. SEO Mobile

Kini sebagian besar traffic website berasal dari perangkat seluler. Hal ini membuat marketer harus lebih memperhatikan optimasi SEO, terutama dari sisi kemudahan akses bagi pengguna seluler. Responsivitas dan tingkat kecepatan website merupakan poin utama yang harus diperhatikan.

Dengan kecepatan yang baik, pengguna tentu akan lebih nyaman dan bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan lebih cepat. Tanpa hal ini, dapat dipastikan bisnis kemungkinan menghadapi kesulitan dalam persaingan bisnis di lanskap digital masa kini.

Untuk memastikan kamu tidak ketinggalan tren satu ini, mulailah optimasi SEO  mobile sekarang juga. IDwebhost menyediakan jasa pembuatan website dan dukungan hosting, yang bisa bantu website kamu mobile-friendly dan bekerja 40x lebih cepat.

  1. Social Media Ads

Walaupun bukan sebuah hal baru, pasang iklan di media sosial rupanya masih bertahan dan menjadi trend digital marketing 2023. Kini hampir semua media sosial populer mewadahi kebutuhan promosi produk dengan adanya fitur iklan berbayar.

Strategi ini dapat memberikan hasil yang signifikan selama kamu mengenali fitur-fiturnya dan mampu mengidentifikasi audiens dengan tepat. Dengan mengoptimalkan kecanggihan fiturnya, kamu dapat menentukan segmentasi audiens dan memberikan konten yang relevan.

Selain kemudahan tersebut, beriklan di media sosial juga bisa membantu kamu mengukur kinerja kampanye digital marketing. Umumnya fitur iklan berbayar juga dilengkapi dengan berbagai alat dan metrik untuk melacak performa iklan.

  1. User Generated Content (UGC)

User Generated Content adalah konten buatan user atau pelanggan, yang diunggah kembali oleh brand pemilik produk. Biasanya konten ini bisa berupa tulisan terkait testimoni pemakaian, foto, maupun video. Strategi ini sangat cocok untuk brand/bisnis yang sedang berfokus membangun reputasi.

Konten-konten UGC mampu menarik kepercayaan konsumen, sebab melibatkan pengalaman nyata dari pengguna produk. Untuk mengadopsi strategi ini, ajaklah user untuk menceritakan pengalaman baiknya saat menggunakan produkmu.

Kamu dapat menyediakan ruang untuk UGC melalui forum online, grup komunitas, atau melalui channel media sosial. Yang terpenting, pastikan untuk menjaga kualitas produkmu sehingga user akan dengan senang hati membagikan pengalamannya.

  1. Influencer Marketing

Strategi pemasaran digital ini melibatkan kolaborasi dengan figur berpengaruh. Bukan hanya di tahun 2023, strategi ini bahkan diperkirakan akan tetap relevan selama beberapa tahun mendatang.

Figur influencer biasanya memiliki followers sekaligus penggemar, yang tersegmentasi dengan niche tertentu. Bercermin pada hal ini, mengadopsi strategi influencer marketing dapat meningkatkan engagement antara brand dan pelanggan dalam jangka panjang.

Namun, keuntungan ini hanya bisa diraih apabila kamu bekerja sama dengan influencer yang tepat. Selain berada di industri yang sama, influencer yang tepat berarti juga memiliki reputasi yang baik dan mampu membuat konten yang otentik.

Sekian artikel tentang trend digital marketing 2023 ini. Sebagai digital marketer, penting untuk memiliki pemahaman yang mendalam akan perilaku konsumen, teknologi, dan tren terbaru agar strategi pemasaranmu tetap relevan.

Kamu suka dengan artikel seperti ini? Yuk, baca lebih banyak artikel kami lainnya di blog IDwebhost! Jangan lupa untuk berlangganan juga biar selalu update trend dan berita terkini ya.

Trend Digital Marketing 2019 Yang Perlu Anda Ketahui

Trend Digital Marketing 2019 Yang Perlu Anda Ketahui
idwebhost.com
Elly Santi
Member since 7 Sep 2022