Tren Digital Marketing 2019 yang Harus Anda Ketahui

6 Mar 2019
Tren Digital Marketing 2019 yang Harus Anda Ketahui campaign-unlimited

Digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling populer sejak beberapa tahun belakangan ini. Kemunculannya tidak terlepas dari keberadaan internet yang juga sedang tumbuh pesat di era digital ini. Setiap tahunnya, tren digital marketing baik itu skala nasional maupun skala global mengalami perubahan dan perkembangan terus menerus. Lalu, bagaimanakah tren digital marketing di tahun 2019 ini? Berikut ini ada 9 hal di antaranya yang harus anda ketahui.

Penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi perbincangan di kalangan perusahaan besar terutama di dalam bidang pengembangan teknologi. Keberadaan AI sekarang diprediksi akan sangat membantu kegiatan pemasaran terutama dalam digital marketing karena mempunyai berbagai kelebihan. Beberapa di antaranya yaitu untuk membantu mengolah data dalam jumlah besar, dan memberikan respon yang cepat serta menciptakan tren pasar yang baru.

Inilah yang menjadi pertimbangan utama oleh perusahaan besar dunia untuk menggunakan AI. Selain bisa menghemat pengeluaran suatu perusahaan. Contohnya seperti berdasarkan data dari “Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Online Survey” sebanyak 57 % perusahaan telah menggunakan AI untuk meningkatkan pelayanan dan pengalaman pada konsumen. Hasilnya, AI mampu untuk meningkatkan pelayanan konsumen dan penjualan produk hingga 44 %.

Aplikasi Chatbot untuk menjalin kedekatan dengan konsumen

Beberapa tahun belakangan popularitas aplikasi chatbot semakin meningkat serta akan mengalami lonjakan di tahun ini. Hal ini dikarenakan chatbot mempunyai banyak keunggulan, salah satunya yaitu mampu menanggapi pertanyaan dasar dari para pelanggan secara cepat dan memuaskan. Chatbot dalam pengembangannya kedepan tidak hanya mampu untuk melayani pertanyaan konsumen secara cepat, namun bisa juga melakukan layanan transaksi yang semakin lengkap.

Kelebihan dari chatbot lainnya yaitu mampu menjawab segala bentuk pertanyaan, dan masukan serta keluhan konsumen selama 7 hari 24 jam nonstop. Bandingkan saja bila menggunakan customer service konvensional, tentu hal ini akan sulit dilakukan. Selain itu, dari segi pengeluaran biaya, dapat menghemat biaya bagi perusahaan daripada harus membayar jasa customer service. Sementara itu dari sisi kepuasan pelanggan, tentu mereka akan lebih merasa puas dengan pelayanan yang cepat dan nyaman.

 

chat box digital marketing
IDwebhost

Omnichannel Marketing

Strategi marketing omnichannel merupakan model bisnis lintas channel yang umumnya digunakan untuk dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi para konsumen pada suatu perusahaan, baik itu secara online maupun offline. Misalnya, terdapat konsumen yang memposting barang belanja di sebuah situs di pagi hari, lalu dia melakukan proses transaksi pembelanjaan di siang hari saat istirahat dan mengambil barang yang dipesan di toko sore harinya.

Keunggulan dari penerapan strategi ini yaitu lebih kepada digital marketing, baik pemasaran maupun penjualan yang terintegrasi tanpa terputus. Penelitian yang lakukan oleh “Invesp” menyebutkan jika perusahaan yang menggunakan strategi ini mampu untuk meningkatkan engagement kepada konsumen sebesar 89 %. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkannya di brand anda.

Accelerated Mobile Pages (AMP)

Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan open source atau gratis yang dapat memformat halaman/page web statis sehingga bisa memuat artikel/konten dengan sangat cepat di sebuah perangkat mobile. AMP ini sudah banyak dipakai oleh lebih dari 200 penerbit konten. Termasuk dalam hal ini yaitu WordPress, Google, LinkedIn, dan Medium, serta Twitter.

Penggunaan AMP sangat berguna untuk pengembangan situs perusahaan terutama untuk engagement konsumen. Dengan menggunakan AMP, laman yang dimuat hanya membutuhkan waktu kurang dari 0.5 detik. Sehingga konsumen lebih cepat dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari di dalam situs perusahaan.

Marketing Automation

Marketing automation merupakan suatu teknik otomatisasi dalam bidang digital marketing dengan menggunakan bantuan software marketing. Dalam bidang pemasaran, terkadang ada beberapa hal yang harus dilakukan secara rutin seperti mengirimkan email, media sosial, dan nomor telepon kepada  konsumen. Bila ini dilakukan dengan cara manual, jelas akan membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama.

Maka dari itu dengan adanya strategi marketing automation mampu membuat tugas tersebut menjadi lebih mudah. Manfaat dari penggunaan marketing automation ini yaitu untuk segmentasi konsumen. Misalnya untuk menentukan kriteria pelanggan berdasarkan latar belakang/background mereka untuk memudahkan dalam menawarkan produk/jasa berdasarkan segmen yang tepat.

 

omnichannel digital marketing
IDwebhost

 

Baca Juga : 7 Tips Marketing Online yang Efektif

Penggunaan video masih banyak diminati

Pada tahun 2019 ini penggunaan konten melalui video masih banyak diminati oleh perusahaan besar ternama maupun start up. Video merupakan salah satu sarana yang efektif untuk memasarkan dan mengenalkan produk baru ke calon konsumen. Keberadaan platform video seperti NetFlix, YouTube, dan Amazon Prime Video, maupun fitur live di media sosial seperti Facebook dan Instageam menjadi penentu dalam perkembangan penggunaan video bagi digital marketing.

Riset yang dirilis oleh “Tubular Insight” menyebutkan sekitar 64 % orang akan membeli produk setelah menonton video yang menarik mengenai ulasan sebuah produk. Tidak hanya itu saja, data yang dilansir dari “Cisco” juga menyebutkan bahwa sekitar 82 % traffic di internet pada tahun 2021 nanti akan didominasi dengan video. Keunggulan menggunakan video selain lebih dapat mengenalkan produk, juga dari segi biaya produksi lebih terjangkau.

Tren penggunaan voice search

Selain video, kini muncul tren terbaru yakni penggunaan voice search. Dalam ranah digital marketing strategi ini akan berdampak pada SEO. Metode smart speakers dapat memudahkan para konsumen melalui cara verbal tanpa harus mengetikkan kata atau kalimat panjang lebar melalui gadget mereka.

Perusahaan yang memulai menggunakan strategi ini yaitu Amazon Echo, yang kemudian menyusul Google Assistant dan Apple Home. Data yang dirilis oleh “NPR dan Edison Research” menunjukkan bahwa sekitar 39 juta warga Amerika Serikat menggunakan teknologi ini untuk memudahkan mereka dalam mencari sesuatu di internet.

Memanfaatkan fitur stories

Sejak fitur ini diluncurkan tahun lalu, Instagram (IG) semakin diminati oleh orang-orang. Termasuk pula orang Indonesia, Survei dari “We Are Social” menunjukkan bahwa user aktif Instagram di Indonesia mencapai 53 juta orang. Adanya fitur stories di IG memungkinkan user untuk berbagi foto dan video yang akan hilang dalam 24 jam.

Angka tersebut tentu merupakan potensi yang besar untuk digital marketing. Dalam fitur tersebut anda bisa mengunggah apa saja termasuk juga sebagai promosi. Selain cara untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen, anda juga bisa melakukan polling melalui fitur ini. Contohnya mengenai produk mana yang menjadi unggulan dan diminati. Ini juga sebagai analisa awal peluncuran dari sebuah produk brand anda.

 

amp digital marketing
IDwebhost

Influencer marketing, tren yang masih banyak diminati

Keberadaan IG juga menjadi ladang baru bagi para influencer marketing. Tren menggunakan media sosial di kalangan milenial kini juga dipertimbangkan oleh perusahaan besar sebagai salah satu faktor strategi pemasaran mereka. Keunggulan dari influencer marketing yaitu setiap postingan yang diunggah membuat kecenderungan konsumen membeli produk/jasa semakin meningkat.

Hal inilah yang juga dikatakan oleh Anthony Reza selaku CEO dari GetCraft Indonesia seperti dilansir dari “Marketeers”. Menurutnya, 8 dari 10 konsumen terbukti percaya rekomendasi dari orang yang mereka kenal. Bisa saja termasuk selebritis yang memasarkan sebuah produk di media sosial seperti IG. Otomatis, para fans akan terpengaruh untuk membeli produk/jasa yang direkomendasikan tersebut.

Baca juga : Tren Digital Marketing Di Instagram 2019

Kesimpulan

Di atas merupakan beberapa tren dalam digital marketing yang telah diprediksi akan banyak diperhitungkan tahun 2019 ini. Sudahkah anda memilih salah satu dari hal di atas untuk menunjang bisnis anda? Jangan lupa juga untuk memilih penyedia jasa layanan hosting terbaik dan terpercaya untuk kelancaran bisnis anda ya.