Sustainable SEO: 7 Strategi untuk Menjaga Peringkat SEO Web agar Tetap Tinggi

10 Mar 2024
Sustainable SEO: 7 Strategi untuk Menjaga Peringkat SEO Web agar Tetap Tinggi campaign-unlimited

Untuk mendapatkan peringkat teratas di SERP umumnya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun, sayangnya, peringkat ini bisa berfluktuasi kapan saja. Lalu, bagaimana cara menjaga peringkat SEO agar tetap tinggi? Apakah ada strategi untuk membuat kampanye SEO berkelanjutan?

Jawabannya, ada! Saat ini ada banyak praktisi SEO yang terlalu berfokus untuk mendapatkan peringkat teratas di SERP, tanpa mempertimbangkan cara mempertahankannya dalam jangka panjang. Padahal, dengan strategi kampanye SEO yang berkelanjutan, website akan mampu mempertahankan peringkatnya di tengah lanskap digital yang dinamis.

Nah, di artikel ini kami akan mengajakmu untuk mengupas strategi kesuksesan SEO yang bertahan lama. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Kampanye SEO yang Berkelanjutan

strategi optimasi gambar

Rahasia untuk menjaga peringkat SEO agar tetap tinggi terdapat pada optimasi website yang berkelanjutan. Alih-alih menggunakan cara meningkatkan peringkat SEO yang instan, strategi ini menggunakan pertimbangan jangka panjang untuk membangun kehadiran online yang lebih kuat.

Strategi ini juga disebut sebagai SEO white hat atau ethical SEO. Ini merupakan praktik SEO yang cenderung memakan waktu dan tenaga yang lebih besar daripada SEO black-hat. Meskipun begitu, teknik ini lebih kuat untuk bertahan di tengah perubahan algoritma dan industri.

Strategi untuk Menjaga Peringkat SEO Stabil

Mempertahankan peringkat SEO dalam jangka panjang melibatkan serangkaian strategi. Kamu tidak perlu khawatir walaupun ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan dalam strategi ini. Kami merangkumkannya dalam pembahasan yang mudah dipahami. Mari, perhatikan pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Melakukan Audit SEO

Audit SEO dapat membantu mendeteksi adanya potensi masalah yang mungkin menghambat performa website. Adapun audit ini dapat dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan cakupan bidangnya, yaitu:

  • Audit aspek teknis. Ini mencakup pemeriksaan menyeluruh untuk mendeteksi adanya kesalahan dalam pengindeksan, masalah hosting, dan aspek teknis website lainnya.
  • Audit konten. Audit ini mencakup pemeriksaan pada performa SEO content, meliputi penggunaan kata kunci, optimasi data meta, analisis kompetitor, dan sitemap.
  • Audit profil backlink. Audit ini mengidentifikasi kualitas dan kuantitas backlink yang mengarah ke situs.

2. Memperbaiki Masalah Indexing dan Crawling

Untuk menjaga peringkat SEO tetap bertahan di urutan teratas, kamu perlu memastikan tidak ada masalah pada indexing dan crawling. Kedua hal ini merupakan metode yang digunakan oleh mesin pencari untuk memahami relevansi dan isi dari website.

Gunakan Google Search Console untuk memberikan insight terkait halaman web yang berhasil diindeks dan halaman web yang dikecualikan. Jika terdapat halaman yang tidak diindeks, periksa alasannya dan temukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Misalnya, suatu halaman tidak dapat diindeks karena menggunakan tag “noindex” yang mencegah indexing. Solusinya, kamu dapat menghapus tag meta robot pada halaman tersebut atau menggunakan tag instruksi pengindeksan khusus. Jika tidak ada tag meta robot, maka Google akan menganggapnya sebagai pemberian izin untuk mengindeks halaman.

3. Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan situs yang tinggi dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik. Memastikan website selalu mendapatkan update yang diperlukan akan membantunya untuk mencapai kecepatan maksimum. Untuk meningkatkan kecepatan website ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain, seperti:

  • Lakukan optimasi gambar. Mengoptimalkan gambar dalam ukuran dan dimensi yang tepat dapat membantu mengurangi waktu pemuatan.
  • Manfaatkan cache HTTP browser. Memberikan instruksi cache browser pada header respon HTTP dari server hosting dapat mempersingkat waktu memuat kembali.
  • Gunakan layanan hosting yang andal. Layanan hosting dengan web server yang cepat dapat mempersingkat waktu loading halaman situs.

4. Melakukan Optimasi On Page SEO

menjaga peringkat SEO

Strategi untuk menjaga peringkat SEO tetap tinggi berikutnya adalah memastikan optimasi on page SEO yang berkelanjutan. Ada dua indikator optimasi on page SEO yang cukup esensial untuk diperhatikan, yaitu:

  • Judul halaman. Penggunaan judul yang tepat dapat membantu Google dan pengunjung untuk memahami isi dari halaman. Pastikan untuk menggunakan judul halaman yang kurang dari 60 karakter.
  • Meta tag. Deskripsi meta memberikan konteks dan daya tarik tambahan bagi pengunjung. Meskipun Google tidak selalu menggunakannya, elemen ini bisa menjadi nilai tambah di mata pengunjung.

5. Memperbarui Konten

Teknik sustainable SEO menekankan bahwa mempertahankan konten yang sudah ada sama pentingnya dengan membuat konten baru. Lakukan peninjauan kembali untuk memeriksa konten-konten yang mungkin sudah tidak akurat.

Pembaruan konten dapat diterapkan dalam berbagai bentuk. Misalnya dengan menambahkan informasi baru, memberikan infografis tambahan, atau menyertakan koreksi pada konten.

Tautan internal mempunyai peran penting untuk menjaga peringkat SEO tetap tinggi dalam jangka waktu lama. Internal link dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik, menciptakan relevansi topik, dan mendukung crawling bekerja secara optimal.

Untuk menemukan internal link yang rusak dapat menggunakan bantuan alat SEO. Misalnya dengan menggunakan bantuan alat dari Ahrefs. Dengan menggunakan alat Ahrefs, kamu dapat melakukan penjelajahan situs untuk memeriksa halaman mana saja yang mempunyai broken internal link.

7. Memastikan Situs Ramah Pengguna Perangkat Seluler

Agar tetap relevan, kamu perlu beradaptasi dengan perilaku pengguna internet. Kini, perangkat seluler terus mendapatkan pembaruan yang semakin canggih. Ini memengaruhi perilaku pengguna internet yang semakin lama lebih menyukai akses internet menggunakan perangkat seluler.

Untuk menghadapi tren ini, pastikan situs dapat diakses melalui perangkat seluler. Perbarui navigasi halaman, dan optimalkan desain serta fungsionalitas website agar tetap responsif dan memungkinkan akses yang cepat. Website mobile-friendly memungkinkan jangkauan audiens yang lebih luas.

Kesimpulan

Strategi SEO yang berkelanjutan dapat membantu konten dan website tetap menempati peringkat teratas di SERP dalam jangka panjang. Selain membutuhkan konten yang berkualitas, strategi ini juga melibatkan pemantauan dan evaluasi yang harus dilakukan secara berkala.

Dengan melakukan evaluasi atau audit secara berkala, kamu bukan hanya bisa mengatasi masalah yang muncul secara real time. Metode ini juga dapat membantumu untuk mendeteksi adanya potensi masalah yang mungkin akan memengaruhi performa SEO kedepannya.

Kuncinya, menjaga peringkat SEO tetap tinggi dalam waktu panjang membutuhkan optimasi teknis, peningkatan pengalaman pengguna, dan memastikan konten tetap relevan. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan peringkat website di SEO tetap kuat dari waktu ke waktu.

Semoga informasi ini bemanfaat dan bisa menambah wawasan tentang penerapan teknik sustainable SEO. Pastikan untuk menggunakan layanan hosting yang andal dari IDwebhost agar websitemu tetap jadi nomor 1!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022