Top 10 Plugin WordPress Terbaik untuk Website 2021
Blog WordPress Expert Top 10 Plugin WordPress Terbaik untuk Website 2021

Top 10 Plugin WordPress Terbaik untuk Website 2021

Jika Anda adalah pengguna platform WordPress tentunya juga tak asing dengan istilah plugin. Karena dengan plugin inilah pemilik website lebih mudah mengoptimasi dan juga membangun website mereka. Kepopuleran WordPress hingga menjadi platform CMS terbaik dengan pengguna terbesar hingga saat ini salah satu alasan menjadikanya booming adalah dengan menyediakan ribuan jenis plugin WordPress terbaik yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Platform CMS WordPress ini memang software open source yang memungkinkan orang bisa mengambangkan secara bebas. Oleh karenanya para developer juga banyak yang ikut serta membuat dan mengembangakan berbagai fitur, plugin dan lain sebagainya.

Seperti yang Anda ketahui saat pertama kali menginstal WordPress Anda hanya mendapatkan beberapa fitur yang sederhana untuk website Anda. Nah disinilah peran plugin untuk melengkapi semua kebutuhan dari website Anda nantinya. Plugin sendiri adalah suatu software atau aplikasi yang digunakan untuk menambahkan, melengkapi, memperkaya berbagai fitur dan fungsi dari sebuah website.

Hingga saat ini bahkan sudah ada ribuan plugin WordPress terbaik yang bisa digunakan oleh pemilik website untuk memenuhi kebutuhan website mereka. Nah karena saking banyaknya mungkin terkadang akan terasa menyulitkan bahkan membingungkan ketika mencari ataupun memilih plugin mana yang terbaik untuk website Anda.

Cara Memilih Plugin WordPress Terbaik untuk Website Anda

Bagaimana Memilih Plugin WordPress Terbaik Website?

Ada beberapa kategori plugin WordPress terbaik yang tersedia di WordPress mulai dari plugin untuk keamanan website, plugin optimasi SEO, optimasi Kecepatan Website,membuat contact form, plugin share media sosial, dan juga plugin untuk backup data.

Karena ada beberapa kategori plugin yang bisa digunakan, maka untuk pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memahami terlebih dahulu tujuan dari instalasi plugin yang akan Anda gunakan nantinya. Apakah untuk kebutuhan SEO, keamanan dan lain sebagainya. Anda cukup mengketikan pada pencarian plugin dengan kata kunci misalnya SEO maka akan muncul hasil plugin SEO yang tersedia.

Pertimbangan Ketika Memilih Plugin WordPress Terbaik

Pertimbangan saat Memilih Plugin WordPress Terbaik?

Sebenarnya Anda bebas mau menggunakan plugin WordPress yang mana karena memang bisa digunakan secara gratis dan mudah oleh siapa saja. Namun demikian karena memang gratis tidak boleh asal-asalan dalam memilih plugin ini yang justru akan membebani kinerja dari website yang Anda miliki. Selain itu saking banyaknya plugin yang tersedia jika di instal sembarangan malah tidak memberikan nilai plus pada website Anda bahkan berakibat buruk untuk website tersebut. Lihatlah rating, jumlah pengguna, review pengguna dan lain-lain untuk memastikan bahwa plugin tersebut berkualitas.

Kriteria Plugin WordPress terbaik untuk Website Anda

Plugin WordPress Terbaik yang Wajib untuk Website WordPress Anda

Nah dari uraian diatas kita sudah mengetahui pentingya memilih plugin WordPress terbaik yang tepat untuk website sehingga akan memberikan dampak baik untuk website. Selanjutnya IDwebhost akan memberikan rekomendasi plugin yang bisa digunakan untuk kebutuhan website Anda, tujuannya untuk meningkatkan performa website menjadi lebih optimal.

Daftar plugin WordPress terbaik berikut adalah aspek dasar dari kebutuhan website Anda mulai dari untuk keaman, kecepatan, optimasi SEO dan lain sebagainya yang sudah bisa memenuhi kebutuhan website Anad sebagai berikut:

Plugin WordPress Terbaik WooCommerce

1. Plugin WordPress Terbaik WooCommerce

Jika Anda sedang mengembangkan website toko online maka plugin WooCommerce tidak boleh dilewatkan. Bahkan sepertiga website e-commerce dunia menggunakan plugin Wordpres yang satu ini. Plugin ini bisa Anda gunakan untuk membuat toko online tanpa harus coding sama sekali dan bisa digunakan secara gratis. Anda pun bisa mengelola tampilan produk yang ingin Anda jual dan mengatur atau mengelola pembayaran. Karena memang dikembangkan oleh WordPress maka untuk instalasi juga sangat mudah dengan dukungan komunitas yang solid.

Plugin WordPress Terbaik Yoast SEO

2. Plugin WordPress Terbaik Yoast SEO

Jika website Anda SEO friendly makan Yoast SEO menjadi plugin Andalan yang perlu di instal. Plugin ini memang akan memberikan kemudahan dalam mengoptimasi konten website yang Anda miliki. Saat membuat konten akan ada indikator penilaian seberapa baik kualitas SEO dari konten yang Anda buat. Fitur yang tersedia juga lengkap sitemap XML, kata kunci, meta description dan lain sebagainya. Selain itu plugin ini akan memberitahu Anda jika konten yang dibuat belum memenuhi standar SEO sehingga Anda bisa memperbaiki dengan mudah.

Plugin WordPress Terbaik Jetpack

3. Plugin WordPress Terbaik Jetpack

Jika berbicara tentang keamanan maka plugin Jetpack ini menjadi pilihan terbaik mengingat saat ini penggunanya yang telah menginstal pada websitenya mencapai 5 juta pengguna. Manfaat dari plugin ini adalah untuk meningkatkan traffic, memberikan keamanan, memonitor performa website dan lain sebagainya. Anda bisa menginstal plugin ini secara gratis namun jika ingin menggunakan yang premium berbayar maka Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti backup, scanning keamanan dan lain-lain.

Fitur utama Jetpack yaitu:

  • Brute-force Attack Protection
  • Secure login
  • Spam Filtering
  • Malware Scanning

Plugin Key Two Factor Authentication

4. Plugin Keyy Two Factor Authentication

Keamanan website menjadi prioritas utama bagi pemiliknya terlebih jika website tersebut adalah website yang akan menangani transaksi besar seperti website e-commerce. Hingga saat ini orang yang tidak bertanggung jawab terus mengintai website-website di dunia untuk mengambil keuntungan bahkan merusaknya. Maka berbagai macam software keamanan juga telah diciptakan untuk mencegah dari kejahatan.

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan website adalah dengan cara menerapkan Two-Factor Authentication (2FA) untuk memverifikasi akun Anda. Nah salah satu plugin yang bisa digunakan untuk sistem ini adalah Keyy Two Factor Authentication.

Plugin Broken Link Checker

5. Plugin Broken Link Checker

Broken Link adalah link yang sudah tidak aktif, mati atau mengarah ke error 404. Broken link juga berpengaruh negatif pada website jika diabaikan bahkan mesin pencari akan menilai website Anda tidak berkualitas karena adanya missing link atau broken link tersebut. Jika Anda menginstal plugin ini maka Anda akan lebih mudah menemukan broken link yang ada pada website Anda untuk dihapus atau di edit. Jika sistem mendeteksi atau menemukan link tidak aktif ini maka dashbord WordPres Anda akan ada notifikasi dari plugin ini.

Plugin Contact Form 7

6. Plugin Contact Form 7

Interaksi dengan pengunjung atau pelanggan adalah bagian penting dari website. Nah dengan menggunakan plugin Contact Form 7 memungkinkan Anda untuk membuat form yang Anda butuhkan yang nantinya pengunjung akan bisa berinteraksi dengan Anda secara mudah. Jangan khawatir untuk spam tidak akan bisa masuk karena sudah terintegrasi dengan sistem CAPTCHA, Akismet

Plugin Sleeknote

7. Plugin Sleeknote

Untuk meningkatkan konversi penjualan maka Sleeknote adalah plugin popup WordPress untuk mendukung strategi pemasaran. Plugin popup ini akan mempermudah pengunjung untuk bisa mengarah ke halaman yang telah ditentukan. Dengan tampilan yang elegan dan ramah pada pengunjung template yang tersedia juga lumayan banyak sekitar 110 jenis template yang bisa digunakan.

Plugin Wordfence Security

8. Plugin Wordfence Security

Wordfence Security adalah plugin all-in-one salah satu plugin yang digunakan untuk keamanan website dari berbagai serangan atau ancaman. Plugin keamanan dari Wordfence Security ini bisa bisa melakukan blacklist atau whitelist terhadap alamat IP tertentu, memblokir user yang tidak diinginkan dan lain sebagainya.

Baca juga: Pasang Plugin WordPress Dengan 3 Cara Mudah Ini

Plugin Imagify Image Optimizer

9. Plugin Imagify Image Optimizer

Kecepatan loading website menjadi salah satu yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan website sehingga memiliki kinerja yang baik. Kecepatan website menjadi faktor penentu keberhasilan website karena tidak hanya untuk pengguna saja mesin pencari juga menyukai dan memprioritaskan website yang memiliki kecepatan loading yang baik. Kebanyakan dari website yang lambat salah satu penyebabnya terletak pada gambar yang memiliki ukuran terlalu besar. Dengan adanya plugin Imagify Image Optimizer maka secara otomatis gambar dapat dioptimalkan menjadi ukuran yang lebih kecil namun dengan kualitas yang baik.

Plugin OptinMonster

10. Plugin OptinMonster

Dengan menginstal dan menggunakan plugin WordPress OptinMonster , Anda akan bisa lebih mudah untuk membuat email list, meningkatkan penjualan, serta bisa membantu meningkatkan prospek dari pengunjung website Anda. Plugin ini akan lebih mudah meningkatkan konversi pengunjung menjadi langganan.Fitur unggul yang diberikan adalah penargetan geolokasi, deteksi exit-intent dan penargetan ulang on-site.

Untuk memberikan performa terbaik untuk website Anda maka ada baiknya untuk uninstall Plugin yang tidak diperlukan atau tidak aktif. Dengan demikian website Anda akan terisi dengan plugin yang memang memberikan dampak positif dengan performa yang terbaik. Sampai sini sudah siapkah Anda untuk menginstal plugin terbaik pilihan Anda? Sekarang silahkan memilih plugin yang terbaik dan memperhatikan mana plugin ideal yang pas untuk website Anda.