10 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik 2022

10 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik 2022 campaign-unlimited

Jika Anda adalah pengguna WordPress, tentunya sudah tak asing dengan istilah plugin. Karena dengan plugin WordPress terbaik, inilah pemilik website lebih mudah membangun website mereka.

WordPress sendiri memang software open source yang memungkinkan orang bisa mengambangkan website secara bebas. Oleh karenanya para developer juga banyak yang ikut serta membuat dan mengembangkan berbagai fitur dan plugin WordPress terbaik

Seperti yang Anda ketahui saat pertama kali menginstal WordPress, Anda hanya mendapatkan beberapa fitur yang sederhana yang bisa digunakan. Nah disinilah peran plugin untuk melengkapi semua kebutuhan dari website Anda nantinya.

Plugin sendiri adalah suatu software atau aplikasi yang digunakan untuk menambahkan, melengkapi, memperkaya berbagai fitur dan fungsi dari sebuah website.

Hingga saat ini bahkan sudah ada ribuan plugin WordPress terbaik yang bisa digunakan oleh pemilik website untuk memenuhi kebutuhan website mereka.

Nah karena saking banyaknya, mungkin terkadang akan terasa menyulitkan bahkan membingungkan ketika mencari ataupun memilih plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall.

Cara Memilih Plugin WordPress Terbaik untuk Website Anda

Bagaimana Memilih Plugin WordPress Terbaik ?

Ada beberapa kategori plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall. Mulai dari plugin untuk keamanan website, plugin optimasi SEO, optimasi kecepatan website,membuat contact form, plugin share media sosial, dan juga plugin untuk backup data.

Karena ada beberapa kategori plugin yang bisa digunakan. Maka Anda harus memahami plugin berdasarkan saja kebutuhannya.

Misalnya untuk kebutuhan SEO, keamanan dan lain sebagainya. Anda cukup menuliskan di bilah pencarian plugin dengan kata kunci. Seperti SEO, maka hasilnya akan muncul plugin SEO yang tersedia.

Pertimbangan Ketika Memilih Plugin WordPress Terbaik

Pertimbangan saat Memilih Plugin WordPress Terbaik?

Sebenarnya sebagai pengguna, Anda bebas mau menggunakan plugin WordPress terbaik sesuai kebutuhan. Karena memang bisa digunakan secara gratis dan mudah oleh siapa saja.

Namun demikian, karena memang gratis, jadi tidak boleh asal-asalan dalam memilih plugin. Salah-salah, plugin ini akan membebani kinerja dari website yang Anda miliki.

Selain itu, karena banyaknya plugin yang tersedia jika di instal sembarangan malah dapat berakibat buruk untuk website Anda.

Lihatlah rating, jumlah pengguna, review pengguna dan lain-lain untuk memastikan bahwa plugin tersebut berkualitas.

Kriteria Plugin WordPress terbaik untuk Website Anda

Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Diinstall

Nah dari uraian diatas kita sudah mengetahui pentingya memilih plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall di website Anda.

IDwebhost akan memberikan rekomendasi plugin yang bisa digunakan untuk kebutuhan website Anda. Tujuannya untuk meningkatkan performa website menjadi lebih optimal.

Berikut adalah plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall:

Plugin WordPress Terbaik WooCommerce

1. Plugin WordPress Terbaik WooCommerce

Jika Anda sedang mengembangkan website toko online, maka plugin WooCommerce tidak boleh dilewatkan. Ada sepertiga website e-commerce di dunia yang menggunakan plugin WooCommerce.

Plugin ini bisa Anda gunakan untuk membuat toko online tanpa harus coding sama sekali. Dan Anda bisa menggunakannya secara gratis. Anda pun bisa mengelola tampilan produk yang ingin dijual dan mengatur atau mengelola pembayaran.

Karena memang dikembangkan oleh WordPress, maka untuk instalasi juga sangat mudah dengan dukungan komunitas yang solid.

Plugin WordPress Terbaik Yoast SEO

2. Plugin WordPress Terbaik Yoast SEO

Jika menginginkan website yang SEO friendly, maka Yoast SEO bisa menjadi plugin yang bisa diinstall. Plugin ini akan memberikan Anda kemudahan dalam mengoptimasi website.

Saat membuat konten, akan ada indikator penilaian seberapa baik kualitas SEO dari konten yang Anda buat. Fitur yang tersedia juga lengkap. Seperti sitemap XML, kata kunci, meta description dan lain sebagainya.

Selain itu plugin ini akan memberitahu Anda jika konten yang dibuat belum memenuhi standar SEO sehingga Anda bisa memperbaiki dengan mudah.

Plugin WordPress

3. Plugin WordPress Terbaik Jetpack

Jika berbicara tentang keamanan, maka plugin Jetpack ini menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan. Apalagi saat ini Jetpack telah diinstall hingga 5 juta pengguna.

Manfaat dari plugin ini adalah untuk meningkatkan traffic, memberikan keamanan, memonitor performa website dan lain sebagainya. Anda bisa menginstal plugin ini secara gratis. Namun jika ingin menggunakan yang versi premium, maka Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti backup, scanning keamanan dan lain-lain.

Fitur utama Jetpack yaitu:

  • Brute-force Attack Protection
  • Secure login
  • Spam Filtering
  • Malware Scanning

Plugin Key Two Factor Authentication

4. Plugin Keyy Two Factor Authentication

Keamanan website harus menjadi prioritas utama. Terlebih jika website tersebut adalah website yang akan menangani transaksi besar seperti website e-commerce.

Hingga saat ini, banyak orang yang tidak bertanggung jawab terus mengintai website-website di dunia untuk mengambil keuntungan bahkan merusaknya. Maka berbagai macam software keamanan juga telah diciptakan untuk mencegah dari kejahatan.

Salah satu cara terbaik mengamankan website adalah dengan cara menerapkan Two-Factor Authentication (2FA) untuk memverifikasi akun Anda. Nah salah satu plugin yang bisa digunakan untuk sistem ini adalah Key Two Factor Authentication.

Plugin WordPress

5. Plugin Broken Link Checker

Broken Link adalah link yang sudah tidak aktif, mati atau mengarah ke error 404. Broken link juga berpengaruh negatif pada website jika diabaikan. Bahkan mesin pencari akan menilai website Anda tidak berkualitas karena adanya missing link atau broken link tersebut.

Jika Anda menginstal plugin ini maka Anda akan lebih mudah menemukan broken link di website. Jika sistem mendeteksi atau menemukan link tidak aktif, maka di dashbord WordPres Anda akan ada notifikasi dari plugin ini.

Plugin Contact Form 7

6. Plugin Contact Form 7

Interaksi dengan pengunjung atau pelanggan adalah bagian penting dari website. Nah dengan menggunakan plugin Contact Form 7 memungkinkan Anda untuk membuat form yang Anda butuhkan yang nantinya pengunjung akan bisa berinteraksi dengan Anda secara mudah.

Plugin WordPress

7. Plugin Sleeknote

Untuk meningkatkan konversi penjualan, maka Anda bisa menggunakan Sleeknote. Ini  adalah plugin pop up WordPress untuk mendukung strategi pemasaran.

Plugin pop up ini akan mempermudah pengunjung untuk bisa mengarah ke halaman yang telah ditentukan. Dengan tampilan yang elegan dan ramah pengguna. Tersedia lumayan banyak template yang bisa digunakan.

Plugin Wordfence Security

8. Plugin Wordfence Security

Wordfence Security adalah plugin all-in-one yang digunakan untuk keamanan website dari berbagai serangan atau ancaman. Plugin keamanan Wordfence Security ini bisa melakukan blacklist atau whitelist terhadap alamat IP tertentu, memblokir user yang tidak diinginkan dan lain sebagainya.

Baca juga: Pasang Plugin WordPress Dengan 3 Cara Mudah Ini

Plugin WordPress

9. Plugin Imagify Image Optimizer

Kecepatan loading website menjadi salah satu yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan website. Kecepatan website menjadi faktor penentu keberhasilan website, karena tidak hanya untuk pengguna saja. Tetapi mesin pencari juga menyukai dan memprioritaskan website dengan kecepatan yang baik.

Kebanyakan dari website yang lambat, salah satu penyebabnya terletak pada gambar yang memiliki ukuran terlalu besar. Dengan adanya plugin Imagify Image Optimizer maka secara otomatis gambar dapat dioptimalkan menjadi ukuran yang lebih kecil namun dengan kualitas yang baik.

Plugin WordPress

10. Plugin OptinMonster

Dengan menginstal dan menggunakan plugin OptinMonster , Anda bisa lebih mudah untuk membuat email list, meningkatkan penjualan, serta bisa membantu meningkatkan prospek dari pengunjung website Anda.

Plugin ini dapat meningkatkan konversi pengunjung menjadi langganan.Fitur unggul yang diberikan adalah penargetan geolokasi, deteksi exit-intent dan penargetan ulang on-site.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall. Buat Anda yang ingin mengoptimalkan website, beberapa pilihan plugin yang wajib diinstall.

Ketika membuat website, jangan sampai salah pilih penyedia hosting, ya. IDwebhost dengan berbagai jenis pilihan paket hosting terbaik dan domain murah bisa dijadikan pilihan. Ada berbagai paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019