10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2022

10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2022 campaign-unlimited

Toko online menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, karena kita bisa menawarkan produk atau jasa yang kita miliki dengan mudah, murah, cepat, dan efektif. Ada banyak CMS toko online yang memudahkan penggunanya membuat website jualan.

Bisnis online saat ini menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan dengan peluang dan keuntungan yang sangat besar. Kita ketahui pengguna internet yang sangat besar juga menjadi faktor kesuksesan para pelaku bisnis online ini. Nah untuk bisa memiliki sebuah toko online sekarang sudah mudah siapapun bisa memiliki tidak perlu mahir dalam pemrograman website.

Meskipun terdengar mudah untuk membuat website , Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu mana yang terbaik. Karena tersedia banyak platform CMS toko online saat ini yang bisa Anda gunakan.

Maka ada baiknya untuk menentukan mana yang terbaik untuk memaksimalkan bisnis Anda nantinya. Sebelum masuk pada pembahasan utama, IDwebhost akan mengajak Anda terlebih dahulu mengetahui tentang platform yang satu ini.

Apa itu Platform CMS untuk Toko Online

Apa itu Platform CMS Toko Online?

CMS adalah singkatan dari Content Management System. Ini adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten website tanpa harus memiliki pengetahuan khusus tentang pemrograman website.

CMS memiliki banyak fiungis. Salah satunya untuk membuat toko online. Ada beberapa aspek untuk menentukan mana yang terbaik untuk CMS Toko Online Anda. Antara lain kemudahan dalam transaksi pembayaran, manajemen inventaris, dan adanya fitur laporan penjualan.

Dari ketiga aspek tersebut adalah kebutuhan paling dasar untuk menentukan CMS toko online yang terbaik.

Nah, dari ketiga aspek diatas, jika salah satu saja tidak terpenuhi maka sistem website toko online tidak akan berjalan dengan baik. Kemudian saat Anda ingin membuat toko online tentunya ada fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mempermudah segala kebutuhan website tersebut seperti:

Kategorisasi produk:

  • Opsi kustomisasi halaman produk:
  • Fitur sales dan diskon
  • Menawarkan berbagai metode pembayaran
  • Memberikan informasi analytics

Anda ingin memiliki website toko online anti ribet? Coba jasa pembuatan website toko onlin dari Jejualan.

Meskipun kita tahu membuat website toko online itu mudah, bukan berarti bahwa semua platform ecommerce akan memberikan kemudahan yang sama. Masing-masing tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan mana yang terbaik maka perlu melakukan riset dan mencari tahu dari berbagai platform CMS toko online terbaik yang ingin Anda gunakan. Nah berikut IDwebhost rangkum platform yang paling populer dan terbaik untuk Anda.

WooCommerce

1. WooCommerce

Jika Anda memiliki website dengan platform WordPress maka akan Anda bisa langsung menginstal WooCommerce. Sebenarnya, WooCommerce merupakan plugin yang bisa Anda aktifkan di WordPress yang memang menyediakan plugin toko online.

Salah satu plugin terpopuler ini akan membuat WordPress yang awalnya dari website pada umumnya akan otomatis tersedia sistem ecommerce tanpa harus merubah platform awal.

Kombinasi dari platform website terbaik dengan fitur ecommerce yang user-friendly dari plugin WooCommerce dapat menghasilkan website toko online yang ciamik.

Dengan menggunakan WooCommerce, maka Anda akan mendapatkan berbagai fitur website toko online terbaik. Seperti posting produk, proses pembayaran, pengiriman dan lain sebagainya. Bagi pemula, platform ini akan sangat mudah untuk digunakan karena dari tampilan yang intuitif dan tidak membingungkan.

PrestaShop

2. CMS Toko Online PrestaShop

Platform CMS toko online ini berbeda dengan WooCommerce yang memang bisa diintegrasikan dengan WordPress. PrestaShop adalah platform CMS ecommerce yang dedicated atau berdiri sendiri.

Artinya Anda harus menginstal website toko online sejak dari awal. Tujuan dari platform PrestaShop ini yaitu untuk memudahkan Anda membangun toko online yang profesional dan cepat.

Ada sejumlah fitur unggulan yang dimiliki oleh PrestaShop yang akan membantu mempermudah dalam mengembangkan bisnis online shop Anda.

Fitur-fitur tersebut seperti manajemen produk, opsi pembayaran, checkout dan lain sebagainya. Bahkan PrestaShop memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengetahui nilai pajak dari suatu produk.

PrestaShop juga menyediakan berbagai plugin yang semakin memudahkan Anda dalam mengelola website toko online.

BigCommerce

3. BigCommerce

BigCommerce adalah salah satu platform CMS toko online ecommerce yang tak kalah populer. Sama halnya dengan platform toko online lainnya, BigCommerce  digunakan  untuk membuat sebuah website jualan online.

Platform yang satu ini memiliki keunggulan yaitu sudah terintegrasi langsung dengan Google Merchant Center, dimana akan memudahkan penggunanya dalam mempromosikan produk mereka di Google Shops.

Jika ingin menggunakan BigCommerce, Anda bisa menggunakannya dengan gratis namun pada versi ini hanya memiliki 7 template yang tersedia.

Squarespace

4. Squarespace

Squarespace adalah salah satu platform CMS yang sudah terintegrasi dengan SaaS, platform blog, dan layanan host web. Dengan CMS toko online, pengguna bisa lebih mudah mengelola website bisnis mereka.

Layanan ini tersedia secara bundel dan tidak terpisah. Squarespace terbagi menjadi 3 jenis yaitu Standar, Unlimited, dan Business.

Shopify

5. Shopify

Shopify adalah salah satu platform CMS toko online populer asal Kanada. Jika Anda ingin memiliki toko online yang menargetkan pelanggan internasional Shopify  bisa jadi pilihan.

Karena platform ini memang memiliki skala internasional terkadang banyak orang Indonesia yang membuat toko online namun jarang menggunakannya. Ini tak lepas karena proses transaksi antarnegara yang cukup sulit.

Namun demikian jika ingin mendapatkan pangsa pasar yang besar, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Shopify ini.

Ecwid

6. Ecwid

Apakah Anda ingin memiliki sebuah toko online yang mudah untuk membuatnya dan juga gratis? Maka Anda perlu untuk mencoba platform CMS toko online dari Ecwid.

Ecwid didirikan di tahun 2009 sebagai platform yang berbasis add-on store builder yang bertujuan untuk mendukung komunitas eCommerce.

Dengan Ecwid,diharapkan dapat memudahkan bisnis kecil menjual produk secara online dengan lebih cepat. Karena kemudahan dan bisa digunakan secara gratis maka Ecwid menjadi salah satu platform CMS e-commerce teratas di dunia saat ini.

Big Cartel

7. Big Cartel

Big Cartel adalah platform e-Commerce yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online all in one yang memang dirancang untuk berbagai tujuan.  Seperti untuk beriklan, membuat toko online, menjual produk atau jasa dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki produk pakaian, band, perhiasan, kerajinan, seniman, dan lain sebagainya maka platform ini cocok untuk Anda.

Baca juga: Top 10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2021

CMS Toko Online

8. Magento

Jika berbicara tentang platform CMS yang memiliki potensi fleksibilitas tertinggi maka Anda bisa mengunakan Magento. Karena dengan menggunakan Magento Anda akan lebih leluasa untuk menentukan besar kecilnya toko online yang Anda bangun.

Ada banyak fitur yang tersedia untuk mendukung toko online Anda. Namun untuk mengembangkan lebih lanjut Anda harus mengerti tentang pemrograman website.

CMS Toko Online

9. CMS Toko Online osCommerce

osCommerce pada dasarnya memiliki kegunaan dan fitur yang sama dengan platform CMS toko online yang lainnya seperti yang disebutkan di atas. osCommerce juga memiliki fitur yang cukup lengkap dengan fungsional yang baik dari tingkat standar hingga lanjut.

Jika Anda ingin sebuah website toko online yang terlihat profesional maka osCommerce hanya memiliki tema dan plugin yang standar dan terbatas.

Walaupun demikian osCommerce memiliki komunitasnya tersendiri yang mungkin akan membuat Anda tertarik menggunakannya.

CMS Toko Online

10. CMS Toko Online Wix

Wix adalah sebuah sembuat platform website intuitif yang berbasis cloud. Jika dilihat sekilas, platform ini mirip dengan WordPress yang memang biasa digunakan untuk membuat segala jenis website.

Dari fitur yang dimiliki juga hampir sama dengan WordPress. Yaitu memiliki beragam template gratis maupun berbayar. Dengan Wix ini, Anda juga bisa membuat toko online karena tersedia banyak template untuk membuat toko online.

Kesimpulan

Itulah tadi deretan CMS toko online terbaik yang bisa Anda gunakan. Ada banyak CMS toko online yang bisa Anda gunakan. Selain menggunakan berbagai pilihan CMS diatas, jangan lupa untuk memilih penyedia hosting terbaik dan domain murah IDwebhost untuk website toko online Anda.

Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini ya!

Promo IDwebhost

Jagoan Web hosting Indonesia, ya IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019