Top 10 Platform CMS Toko Online Terbaik Populer Terbaru
Blog Bisnis Online Top 10 Platform CMS Toko Online Terbaik Populer Terbaru

Top 10 Platform CMS Toko Online Terbaik Populer Terbaru

Bisnis online saat ini memang menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan dengan peluang dan keuntungan yang sangat besar. Kita ketahui pengguna internet yang sangat besar juga menjadi faktor kesuksesan para pelaku bisnis online ini. Toko online menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, karena kita bisa menawarkan produk atau jasa yang kita miliki dengan mudah, murah, cepat, dan efektif. Nah untuk bisa memiliki sebuah toko online sekarang sudah mudah siapapun bisa memiliki tidak perlu mahir dalam pemrograman website. Saat ini ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat toko online dengan mudah hanya dengan klik dan instal, toko online Anda sudah jadi dengan cepat dan muda. Dengan CMS toko online kami, Anda akan mudah memiliki website dan siap untuk menjual produk Anda.

Meskipun terdengar mudah untuk membuat website saat ini tinggal klik dan instal, Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu mana yang terbaik. Karena memang ada banyak puluhan platform CMS toko online saat ini. Maka ada baiknya untuk menentukan mana yang terbaik untuk memaksimalkan bisnis Anda nantinya. Sebelum masuk pada inti pembahasan mari kita mengetahui terlebih dahulu tentang platform yang satu ini.

Apa itu Platform CMS untuk Toko Online

Apa itu Platform CMS untuk Toko Online?

CMS adalah singkatan dari Content Management System yaitu sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten untuk website tanpa harus memiliki pengetahuan khusus tentang pemrograman website. Fungsi CMS ini ada banyak salah satunya untuk membuat toko online. Ada beberapa aspek untuk menentukan mana yang terbaik untuk CMS Toko Online Anda yaitu adanya fitur kemudahan dalam transaksi pembayaran, manajemen inventaris, dan adanya fitur laporan penjualan. Dari ketiga aspek tersebut adalah kebutuhan paling dasar untuk menentukan CMS toko online yang terbaik.

Nah dari ketiga aspek diatas jika saja salah satu tidak terpenuhi maka sistem website toko online tidak akan berjalan dengan baik dan akan merepotkan. Kemudian saat Anda ingin membuat toko online tentunya ada fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mempermudah segala kebutuhan website tersebut seperti:

Kategorisasi produk:

  • Opsi kustomisasi halaman produk:
  • Fitur sales dan diskon
  • Menawarkan berbagai metode pembayaran
  • Memberikan informasi analytics

Anda ingin memiliki website toko onlne anti ribet? coba jasa pembuatan website toko onlin dari Jejualan.

Meskipun kita tahu membuat website toko online itu mudah, bukan berarti bahwa semua platform ecommerce akan memberikan kemudahan yang sama. Mereka tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu sebelum menentukan pilihan mana yang terbaik maka perlu melakukan riset dan mencari tahu dari berbagai platform CMS toko online terbaik yang ingin Anda gunakan. Nah berikut IDwebhost rangkum platform yang paling populer dan terbaik untuk Anda.

WooCommerce

1. WooCommerce

Jika Anda memiliki website dengan platform WordPress maka akan Anda bisa langsung menginstal WooCommerce. Karena platform in berbeda dari kebanyakan jenis toko online yang lainnya, jika Anda menggunakan WordPress maka akan langsung bisa membuat toko online dengan plugin WooCommerce. Sebenarnya, WooCommerce ini merupakan plugin yang bisa Anda aktifkan di WordPress yang memang menyediakan plugin toko online. Sistem Manajemen Konten terpopuler ini akan membuat WordPress yang awalnya dari website pada umumnya akan otomatis tersedia sistem ecommerce tanpa harus merubah platform awal.

Kombinasi dari platform website terbaik dengan fitur ecommerce yang user-friendly dari plugin WooCommerce maka akan menghasilkan website toko online yang terbaik untuk usaha online. Dengan menggunakan WooCommerce ini maka Anda akan mendapatkan berbagai fitur penjualan seperti posting produk, proses pembayaran, pengiriman dan lain sebagainya. Bagi pemula platform ini akan sangat mudah untuk digunakan karena dari tampilan yang intuitif dan tidak membingungkan.

PrestaShop

2. CMS Toko Online PrestaShop

Platform CMS toko online ini berbeda dengan WooCommerce yang memang bisa diintegrasikan dengan WordPress. PrestaShop adalah platform CMS ecommerce yang dedicated atau berdiri sendiri artinya Anda akan menginstal website toko online sejak dari awal. Tujuan dari platform PrestaShop ini yaitu untuk memudahkan Anda membangun toko online yang profesional dan cepat.

Ada sejumlah fitur unggulan yang tersedia pada PrestaShop yang akan membantu mempermudah dalam mengembangkan online shop Anda. Fitur-fitur tersebut seperti manajemen produk, opsi pembayaran, checkouti, dan lain sebagainya. Bahkan fitur PrestaShop memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pajak dari suatu produk.

Jika Anda menginstal PrestaShop maka pada bawaanya sudah menunjang seluruh kebutuhan dari tono online namun begitu juga disediakan plugin yang mungkin Anda butuhkan.

BigCommerce

3. BigCommerce

BigCommerce adalah salah satu platform CMS toko online ecommerce yang mulai populer. Sama halnya dengan platform toko online lainnya yaitu bertujuan untuk membuat sebuah website untuk jualan online yang akan menghasilkan pendapatan bagi bisnis online Anda. Platform yang satu ini memiliki keunggulan yaitu sudah terintegrasi langsung dengan Google Merchant Center, dimana akan memudahkan penggunanya dalam mempromosikan produk mereka di Google Belanja. Jika Anda ingin menggunakan BigCommerce Anda bisa menggunakannya dengan gratis namun pada versi ini hanya memiliki 7 template yang tersedia.

Squarespace

4. Squarespace

Squarespace adalah salah satu platform CMS sistem manajemen konten untuk perancang situs web yang terintegrasi dengan SaaS, platform blog, dan layanan host web. Dengan sistem ini memungkinkan pengguna secara umum ataupun perusahaan dapat membuat dan mengelola situs web-nya sendiri. Layanan ini tersedia secara bundel dan tidak terpisah. Squarespace terbagi menjadi 3 jenis yaitu standar,unlimited, dan business.

Shopify

5. Shopify

Shopify adalah salah satu platform CMS yang populer untuk membuat toko online yang berasal dari Kanada. Jika Anda ingin memiliki toko online yang menargetkan skala internasional maka Shopify adalah platform yang tepat untuk hal itu karena memang cocok untuk pasar internasional khususnya bagian Amerika, Kanada, dan juga Eropa. Karena platform ini memang memiliki skala internasional terkadang banyak orang Indonesia yang membuat toko online jarang menggunakannya, karena proses transaksi antarnegara yang cukup sulit. Namun demikian jika ingin mendapatkan pangsa pasar yang besar dengan peluang yang besar juga maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Shopify ini.

Ecwid

6. Ecwid

Apakah Anda ingin memiliki sebuah toko online yang mudah untuk membuatnya dan juga gratis? Maka Anda perlu untuk mencoba platform CMS toko online dari Ecwid ini. Pada tahun 2009 silam, Ecwid didirikan sebagai platform yang berbasis add-on store builder yang bertujuan untuk mendukung komunitas eCommerce. Dengan adanya Ecwid ini diharapkan akan mempermudah bisnis kecil menjual produk secara online dengan lebih cepat. Karena kemudahan dan bisa digunakan secara gratis maka Ecwid menjadi salah satu platform CMS e-commerce teratas di dunia saat ini. Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakannya secara gratis selamanya.

Big Cartel

7. Big Cartel

Big Cartel adalah platform e-Commerce yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online all in one yang memang dirancang untuk berbagai tujuan sebagai materi iklan, membuat toko online, menjual produk atau jasa dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki produk pakaian, band, perhiasan, kerajinan, seniman, dan lain sebagainya maka platform ini cocok untuk Anda.

Baca juga: Top 10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2021

Magento

8. Magento

Jika berbicara tentang platform CMS yang memiliki potensi fleksibilitas tertinggi MAKA Magento adalah salah satu yang terbaik diantara yang lainnya. Misalnya saja jika Anda sedang ingin membangaun sebuah toko online maka dengan menggunakan Magento ini Anad tidak perlu memikirkan seberapa besar toko online ini akan Anda dibangun. Karena dengan menggunakan Magento Anda akan lebih leluasa untuk menentukan besar kecilnya toko online yang Anda bangun. Ada banyak fitur yang tersedia untuk mendukung toko online Anda. Namun untuk mengembangkan lebih lanjut Anda harus mengerti tentang pemrograman website.

osCommerce

9. CMS Toko Online osCommerce

osCommerce pada dasarnya memiliki kegunaan dan fitur yang sama dengan platform CMS toko online yang lainnya seperti yang disebutkan di atas. osCommerce juga memiliki fitur yang cukup lengkap dengan fungsional yang baik dari tingkat standar hingga lanjut. Hanuman jika ANda ingin sebuah website toko online yang terlihat profesional maka osCommerce hanya memiliki tema dan plugin yang standar dan terbatas. Walaupun demikian ada komunitasnya tersendiri yang mungkin akan membuat Anda tertarik menggunakannya.

Wix

10. CMS Toko Online Wix

Wix adalah sebuah sembuat situs web intuitif yang berbasis cloud yaitu salah satu platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat website. Jika dilihat maka platform ini mirip dengan WordPress yang memang biasa digunakan untuk membuat segala jenis website. Dari fitur yang dimiliki juga hampir sama dengan WordPress yaitu memiliki beragam template gratis maupun berbayar. Dengan Wix ini Anad juga bisa membuat toko online telah tersedia template untuk membuat toko online tersebut.