Top 10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2021
Blog Website Development Top 10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2021

Top 10 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website 2021

Apakah Anda ingin membuat website profesional dan masih awam dengan bahasa pemrograman web?. Tenang saja kami akan memberikan solusi terbaik untuk Anda bisa memiliki website profesional tanpa perlu begitu mahir dengan pemrograman web. Nah pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang platform CMS terbaik yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk websitenya.

Bisa dikatakan platform CMS terbaik dilihat dari kriteria sudut pandang orang yang telah menggunakan dan merasakan pengalaman saat menggunakanya. Baik itu dari popularitasnya, seberapa besar penggunanya di internet. Jika berbicara tentang CMS maka akan ada puluhan platform yang tersedia di internet, yang pastinya bagi pemula akan bingung untuk menentukan mana yang terbaik.

Hingga saat ini CMS menjadi platform yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi dan informasi terutama pada dunia website. Bahkan diperkirakan lebih dari 30% website di seluruh dunia telah menggunakan atau membuat websitenya dengan CMS.

Pengertian Apa Itu CMS?

Content Management System (CMS) adalah konten manajemen sistem yang bisa digunakan untuk membuat website secara instan dan cepat tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web. Jika diibaratkan seperti mie instan yang hanya membutuhkan kurang lebih 5 menit diseduh sudah siap untuk disajikan dan di santap. Begitu juga dengan platform CMS ini tidak butuh waktu lama hanya tinggal klik dan instal maka Anda akan memiliki website profesional sendiri.

Selain mudah digunakan telah disediakan berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk mengelola dan mendesain website Anda mulai dari plugin, template tema dan masih banyak lagi. Tentunya tool dan fitur yang tersedia akan membantu Anda dalam mengelola berbagai macam kebutuhan website Anda nantinya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menemukan pada artikel berikut: Ini Dia Pengertian dan Fungsi CMS Yang Wajib Diketahui.

Kriteria Content Management System (CMS) Terbaik

Di atas tadi kita sudah mengetahui sekilas tentang pengertian apa itu CMS, Nah kemudahan untuk memilih mana yang terbaik ternyata tidak mudah mengingat ada banyak bahkan puluhan jenisnya. Untuk itu ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih dan menggunakan salah satu CMS yang tersedia saat ini. Berikut beberapa kriteria yang bisa Anda gunakan untuk menentukan mana yang terbaik untuk membuat website Anda.

  • Mudah dalam mempublish konten. CMS terbaik berkualitas pastinya akan menyediakan editor yang mudah digunakan layaknya Anda mengetik pada microsoft word kemudian adanya sejumlah fungsi untuk memberikan tampilan yang menarik untuk untuk konten Anda nantinya.
  • Memiliki manajemen konten yang baik. Manajemen konten disini pastinya akan membantu untuk Anda bisa mengelola konten-konten yang Anda milik. Misalnya seperti sortir, pencarian, edite, delet dan lain sebagainya selain itu opsi-opsi yang lain juga perlu tersedia.
  • Memiliki komunitas yang solid. CMS yang telah memiliki komunitas solid menandakan bahwa konten manajemen sistem tersebut aktif digunakan oleh banyak pengguna. Kemudian dari dukungan komunitas CMS akan terus berkembang dan selalu terupdate. Juga jika ada seorang pengguna menemukan masalah maka komunitas akan siap membantu permasalahan dari anggotanya.

 

grafik-cms-terbaik

CMS Terbaik yang Tepat untuk Website Anda

Kita sudah mengetahui pengertian, fungsi dan kriteria CMS terbaik untuk membuat website profesional maka selanjutnya masuk pembahasan 10 CMS terbaik yang bisa Anda pilih:

Platform CMS Terbaik WordPress

1. WordPress

Hingga saat ini WordPress sangat populer yang pastinya Anda pernah mendengar nama salah satu CMS terbaik ini. Karena besarnya pengguna konten manajemen sistem WordPress ini sehingga menjadikannya yang teratas dari CMS yang lainnya. Dulu pada awalnya memang platform ini di peruntukan untuk blogging namun seiring berjalannya waktu sekarang sudah menjadi platform yang menawarkan banyak keunggulan dari modifikasi, plugin, tersedia tema yang lengkap dan Anda bebas mau memodifikasi sesuka hati untuk kebutuhan website Anda.

Kegunaan dari WordPress sangat fleksibel dan mudah untuk membuat berbagai jenis website dari toko online, blog, website perusahaan dan lain-lain. Yang menarik adalah WordPress menawarkan berbagai macam tool dan template secara gratis yang bisa Anda gunakan tanpa harus membayar atau langganan terlebih dahulu.

Software open source yang artinya semua orang pengguna bisa bebas dan ikut serta untuk memodifikasi, mengembangkan, dan juga berkontribusi dalam pengembangan versi terbarunya.

Platform CMS Terbaik Joomla

2. Joomla

Pada posisi kedua ditempati oleh Joomla yang menjadi platform CMS dengan pengguna yang cukup banyak hingga saat ini. Meskipun jika dilihat dari cara mengelolanya yang tidak semudah saat menggunakan WordPress namun Joomla menjadi platform yang lebih fleksibel digunakan. Jika Anda ingin membuat website toko online maka Joomla menjadi alternatif terbaik untuk membuat website tersebut. Karena Joomla memungkinkan Anda untuk bisa “custom post type” yaitu yang tidak berfokus dengan konten teks maka akan lebih mudah untuk mengelola toko online Anda. Untuk instalasi juga mudah layaknya WordPress tinggal klik dan instal otomatis Anda akan langsung memiliki website.

Platform CMS Terbaik Drupal

3. Drupal

Walaupun Drupal tidak populer seperti WordPress dan Joomla namun bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan membuat website. Layaknya WordPress, Drupal juga menawarkan berbagai macam fitur gratis yang bisa digunakan seperti plugin dan lain sebagainya yang siap Anda gunakan. Selain itu juga untuk instalasi juga memiliki kesamaan yaitu klik dan instal namun untuk mengembangakn yang lebih jauh harus memuiliki pengetahuan mendalam dalam mengelola CMS ini.

Shopify

4. Shopify

Shopify saat ini menjadi CMS yang mulai dilirik oleh berbagai kalangan dan banyak juga yang mengapresiasi keberadaanya. Penggunanya kebanyakan adalah digunakan sebagai website jenis e-commerce dengan berbagai macam fitur seperti manajemen produk, tool penjualan, pembayaran atau transaksi penjualan dan lain sebagainya. Namun untuk menggunakan CMS ini Anda harus membayar terlebih dahulu karena memang CMS premium.

Squarespace

5. Squarespace

Sama seperti shopify yang mengharuskan untuk membayar sejumlah uang untuk bisa menggunakannya. Ada beberapa paket yang bisa digunakan tentunya setiap paket memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan harganya. Untuk kelebihannya adalah anda dapat dengan mudah mengatur tata letak website Anda dengan metode drag-and-drop.

Blogger

6. Blogger

Blogger sendiri sudah ada sejak tahun 1999 dan sekarang telah diakuisisi dan dikembangkan oleh Google. Dari namanya saja Blogger yang bisa kita bayangkan bahwa platform CMS terbaik ini diciptakan untuk media blogging. Dengan menggunakan Blogger Anda tidak perlu lagi memikirkan hostingnya karena sudah disediakan oleh Google untuk menyimpan file-file dari website Anda. Untuk domain sendiri akan otomatis mendapat ekstensi .blogspot.com namun Anda bisa menggantinya dengan domain TLD .COM dan lain sebagainya.

Selain gratis, mudah dioperasikan, sudah terintegrasi dengan layanan Google. Mengingat Google sendiri Adalah raksasa mesin pencari maka sebagai pengguna akan merasa lebih percaya diri untuk menggunakan CMS yang satu ini. Anda ingin membeli domain murah dan berkualitas untuk Blogger Anda? IDwebhost adalah penyedia layanan web hosting murah dan terbaik di Indonesia.

TYPO3

7. TYPO3

Ketenaran sebuah CMS memang bisa mempengaruhi orang untuk menggunakannya namun ternyata masih banyak orang yang mempercayakan CMS mereka selain big tri diatas. TYP03 sendiri menjadi pilihan banyak orang karena memiliki fitur multi bahasa dan juga bisa mengelola beberapa situ dalam satu atap.

Baca juga: Platform CMS Untuk Toko Online

PrestaShop

8. PrestaShop

PrestaShop sendiri adalah Platform CMS open source yang di khususkan pada website eCommerce. Dengan CMS yang satu ini memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola website toko online. Semua fitur kebutuhan untuk toko online sudah disediakan dan Anda bisa langsung menggunakannya.

Magento

9. Magento

Mirip dengan CMS jenis eCommerce lainnya Magento adalah platform yang digunakan untuk membuat website toko online. Dari fitur dan ekstensi yang tersedia ternyata ada ribuan yang bisa Anda gunakan dengan gratis untuk mendukung website toko online Anda. Magento telah menerapkan Studio Progressive Web Applications (PWA) yang akan membuat website Anda bisa diakses dengan baik dengan mobile maupun desktop.

Wix

10. Wix

CMS Wix memiliki kesamaan dengan Squarespace atau Shopify yang mengharuskan untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fitur yang premium. Jenis platform ini biasa digunakan untuk membuat toko online dan bisnis yang tersedia juga fitur metode pembayaran, diskon, lacak pesanan dan lain sebagainya.

Penutup

Content Management System (CMS) adalah sistem yang populer digunakan untuk membuat website dengan mudah tanpa harus ahli bahasa pemrograman web terlebih dahulu. Dengan CMS ini Anda bisa membuat website dengan klik dan instal, drag and drop dan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia untuk kebutuhan website Anda.