Top 10 Mesin Pencari Paling Populer dan Aman
Blog Bisnis Top 10 Mesin Pencari Paling Populer dan Aman

Top 10 Mesin Pencari Paling Populer dan Aman

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini memungkinkan orang bisa mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Selain itu dalam memenuhi kebutuhan dari ujung kepala hingga kaki sangat mudah didapatkan dengan internet dan teknologi yang semakin canggih. Internet menjadi teknologi yang begitu dibutuhkan oleh orang karena dengan internet inilah semua dapat dengan mudah dilakukan mulai dari transaksi, jual beli, mencari informasi, berbagi informasi, dan lain sebagainya. Saat mencari sebuah informasi di internet pastinya Anda akan langsung membuka Google untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Karena memang Google saat ini menjadi raksasa mesin pencari dengan pengguna yang terbesar.

Berbicara tentang Mesin Pencari, tahukah Anda ternyata di dunia ini ada lebih dari 20 mesin pencari yang bersaing selain Google?. Ya benar mesin pencari atau search engine di dunia ada lebih dari 20 mesin pencari yang mereka semua ingin mendapatkan market share global mulai dari Google sendiri, Bing, Yandex, DuckDuckGo, dan lain lain. Dari setiap search engine yang ada tentunya memiliki keunikan dan fiturnya masing-masing. Nah sebelum kita membahas tentang mesin pencari yang paling populer saat ini, IDwebhost akan mulai pembahasan dari pengertiannya dulu sebagai berikut.

Pengertian search engine mesin pencari

Pengertian search engine/mesin pencari

Banyak orang yang menyebut (search engine, mesin pencari, pelacak/ penelusur web) dan sejenisnya merupakan artian yang sama. Mesin pencari adalah sebuah software yang dibuat atau dirancang secara khusus untuk memudahkan orang dalam menemukan data, informasi, file atau konten di database internet berdasarkan kata kunci yang dimasukan oleh pengguna. Database disini yaitu berisi konten dan alamat situs-situs atau website yang ada di World Wide Web (WWW).

Kemudian setelah search engine menemukan file, data, informasi yang relevan dengan penggunaan, maka search engine tersebut akan menampilkannya pada search engine result page (SERP). Semakin baik mesin pencari yang digunakan maka informasi yang didapatkan juga akan semakin relevan dengan apa yang dicari pengguna.

Top 10 Mesin Pencari Paling Populer

Di seluruh dunia tentu Anda mengenal Google merupakan search engine terbesar sampai saat ini kemudian disusul Bing dan lain sebagainya. Nah berikut adalah deretan mesin pencari yang juga termasuk populer saat ini:

Google

1. Google

Google menduduki peringkat pertama dengan pengguna yang besar bahkan lebih dari 78% pengguna internet di seluruh dunia meggunakan search engine Google. Hingga dijuluki raksasa search engine karena memang memeiliki pengguna yang besar juga. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 yang telah bertumbuh dengan berbagai produk. Bahkan Alexa Ranking menyebut bahwa Google.com adalah situs yang paling banyak dikunjungi di dunia.

 

Bing

2. Bing

Bing adalah search engine yang dikembangan oleh perusahaan raksasa microsoft yang hadir setelah aplikasi sebelumnya yaitu SN Search, Windows Live Search, dan Live Search dan sekarang menjadi Bing. Dari perubahan yang dilakukan microsoft ini memang bertujuan untuk mengimbangi mesin pencari terbesar saat ini yaitu Google sehingga menjadi salah satu alternatif mesin pencari di dunia selain Google.

Karena jika suatu perangkat menggunakan sistem operasi Windows maka otomatis browser secara default akan disertakan mesin pencari Bing ini. Jika dilihat dari tampilan Bing ini mirip seperti Yahoo yang menampilkan gambar beresolusi tinggi pada halaman awalnya.

Yandex

3. Yandex

Yandex merupakan search engine yang berasal dari Rusia yang telah diciptakan pada tahun 1997. Komitmen Yandex ini adalah membantu pengguna, konsumen maupun para pebisnis untuk menjalankan bisnis online dan offline menjadi lebih baik. Dari komitmen inilah Yandex menyediakan beberapa fitur dan layanan pendukung pengembangan bisnis.

Pada search engine Yandex ini tersedia fitur seperti Images, Video, Mail, Maps, Translate, Browser, dan AppMetrica yang seperti Google Analytics. Dilihat dari fitur yang tersedia terbilang cukup lengkap dengan kegunaanya masing-masing hal ini menjadikan search engine Yandex bisa menjadi alternatif selain Google.

DuckDuckGo

4. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah search engine yang mengutamakan privasi penggunanya sehingga dibilang paling aman digunakan dengan tagline “Privacy, Simplified”. Mesin pencari ini karena memang mengutamakan privasi pengguna maka tidak akan mengumpulkan data yang Anda masukkan ketika melakukan pencarian. Baik itu data kata kunci yang dimasukkan, identitas pribadi, dan lain sebagainya.

Meski demikian dalam menampilkan hasil pencarian tidak boleh diremehkan karena DuckDuckGo mengumpulkan data dari robot crawler yang dimiliki, situs-situs crowd-source seperti Bing, Yandex, dan sebagainya sehingga tingkat akurasinya juga baik. Itulah mengapa dari hasil pencarian yang ditampilkan bisa diandalkan.

Baidu

5. Baidu

Bidu didirikan pada tahun 2000, yang menjadi situs pencarian yang sangat populer di China. Search engine ini mirip dengan Google, bahkan menempati market share pada posisi kedua setelah Google. Dari fitur yang disediakan terbilang cukup lengkap mulai dari pencarian dengan kata kunci, suara, bahkan dengan gambar juga bisa menampilkan informasi terkait gambar tersebut. Untuk bahasa karena memang berfokus pada segmen lokal maka bahasa dari mesin pencari Baidu ini menggunakan bahasa Mandarin.

Yahoo!

6. Yahoo!

Anda pastinya tidak asing lagi dengan Yhoo apalagi di awal tahun 2000an Yahoo menjadi pesaing dari Google yang cukup tenar pada waktu itu. Namun saat ini search engine Yahoo sudah tenggelam dengan adanya search engine Google, Bing, dan lain sebagainya yang sekarang hanya menyisakan market share sebesar 2.15% di seluruh dunia. Dahulu mesin pencari ini terkenal akan adanya fitur seperti Yahoo! Mail, News, Finance, Sports, dan Answers sehingga pada waktu itu penggunanya juga besar.

Gibiru

7. Gibiru

Search engine Gibiru ini sama seperti DuckDuckGo yang memang mengutamakan privasi dan juga keamanan dari konten-konten sensor untuk penggunanya. Gibiru tidak menyimpan data-data yang dimasukkan oleh pengguna seperti kata kunci, riwayat pencarian, dan IP dari pengguna tersebut. Dengan demikian privasi Anda akan lebih aman jika menggunakan mesin pencari Gibiru ini.

Baca juga: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

Search Encrypt

8. Search Encrypt

Dari tampilan Search Encrypt sekilas memang sederhana dan juga minimalis hampir mirip dengan Google. Karena memang desain seperti search engine Google yang sederhana terbukti efektif dalam mendorong pengguna saat melakukan pencarian lebih mudah dan tanpa gangguan. Jika Anda membuka Search Encrypt maka disitu ada gambar logo gembok dan tameng yang jika diartikan adalah keamanan.

Search Encrypt mengklaim bahwa mereka mengutamakan privasi pengguna dengan menghalangi robot pengumpul data. Yang paling untuk mesin pencari ini akan menyimpan riwayat pencarian Anda dalam waktu 30 menit setelah itu akan terhapus dengan sendirinya.

Ecosia

9. Ecosia

Ecosia merupakan salah satu search engine yang pertama kali dikembangkan dan diciptakan pada Desember 2009 oleh seorang warga negara Jerman yang bernama Christian Kroll. Inisiatif dari pencipta awalnya ingin membuat alternatif mesin pencari yang ramah lingkungan. Jika Anda menggunakan mesin pencari ini pasti akan menjumpai iklan, karena memang profit mereka dari iklan tersebut. Nah profit inilah yang sebagian besar digunakan untuk lingkungan seperti penghijauan, konservasi, dan lain sebagainya.

Swisscows

10. Swisscows

Search engine Swisscows ini juga mengutamakan privasi dari penggunanya. Sma halnya dengan mesin pencari sejenisnya yang juga mengutamakan privasi dengan tidak mengambil data atau riwayat pencarian dari penggunanya. Untuk fiturnya yang paling menarik adalah opsi regional search, title-like map, opsi filter.

Tidak menutup kemungkinan bahwa mesin pencari di kemudian hari akan menjadi sebuah teknologi yang semakin berkembang pesat. Selain itu tentu akan menyajikan berbagai fitur-fitur yang lebih berguna dalam memudahkan pencarian informasi yang akurat. Mengingat pengguna yang besar ini memunculkan peluang-peluang yang besar untuk memasarkan produk maupun jasa.