Tools Untuk Cek Kecepatan Website
Blog Tips Keren Tools Untuk Cek Kecepatan Website

Tools Untuk Cek Kecepatan Website

Memiliki website yang cepat adalah dambaan semua orang. Baik bagi pemilik website maupun pengunjung. Ya, bagaimana tidak, kecepatan sebuah website merupakan salah satu factor penting pada trafik sebuah website. Dan jika sebuah website semakin cepat, maka peringkatnya di mesin pencari juga semakin baik. Jika website Anda mudah dan cepat di akses, pengunjung akan nyaman dan betah berlama-lama di sana. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui kecepatan website Anda. Untuk membantu Anda melakukan pengecekan, artikel ini akan membahas berbagai macam tools atau alat untuk cek kecepatan website. Sahabat IDwebhost, simak artikel ini sampai habis, ya.

Mengapa Sebuah Website Harus Cepat?

Sebelum membahas apa saja tools untuk cek kecepatan website, ada baiknya Anda mengetahui mengapa sebuah website harus cepat. Berikut ini adalah penyebab mengapa sebuah website haru bisa diakses dengan cepat:

  • Pengunjung yang Tidak Sabaran

Di zaman yang serba cepat dan instan seperti saat ini, kecepatan sebuah website menjadi tuntutan pengunjung. Pengguna internet zaman sekarang secara umum ingin mendapatkan informasi atu membeli produk pada website yang punya kecepatan bagus.

  • Pengunjung tidak akan kembali ke website yang lambat

Tools Untuk Cek Kecepatan Website, Penting Untuk SEO

Di Jawa Timur ada istilah sanpokji, atau pisan kapok, ping siji. Kalau di Bahasa Indonesia berarti cukup sekali saja. Hal demikian yang akan dirasakan pengunjung saat mengunjungi website yang proses loadingnya memakan waktu yang lama. Mereka tidak akan kembali lagi. Hal ini tentu memberikan user experience yang buruk bagi pelanggan atau pengunjung.

  • Ranking di Mesin Pencari

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian mesin pencari, Google sebagai mesin pencari dengan pengguna terbanyak kedua di dunia menjelaskan bahwa kecepatan website adalah salah satu faktor utama. Semakin cepat waktu loading sebuah website, semakin bagus nilai Anda di mesin pencari. Hal ini berlaku sama, baik di personal komputer maupun perangkat mobile.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Berikut faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website:

  • Hosting

Hosting bisa dibilang sangat mempengaruhi kecepatan loading page sebuah website. Saat ini banyak penyedia hosting yang menawarkan harga yang teramat murah pada konsumennya. Sebagai konsumen, tentu Anda tidak boleh mudah tergiur begitu saja. Anda harus memiliih web hosting terbaik untuk website Anda.

  • Gambar

Gambar pada website juga berpengaruh pada kecepatan website. Ukuran gambar yang terlalu besar dapat memperlambat page speed website Anda.

  • Widget

Hal lain yang mempengaruhi kecepatan sebuah website adalah widget. Beberapa ahli SEO mengatakan, adanya action button yang terlalu banyak dapat memperlambat waktu loading website Anda.

Karena itu, Anda harus selektif saat memilih widget yang akan digunakan pada website Anda.

  • Theme Website

Tools Untuk Cek Kecepatan Website, Penting Untuk SEO

Factor lain yang mempengaruhi kecepatan website adalah theme yang digunakan. Memiliki website dengan tampilan yang menarik serta interaktif adalah hal yang diinginkan oleh pengelola website. Hanya saja, jika theme yang Anda gunakan memiliki terlalu banyak theme dan plugin, malah akan membuat website Anda melambat.

Tool Untuk Cek Kecepatan Website

Jika Anda sudah memahami mengapa sebuah website harus cepat, juga factor apa saja yang mempengaruhi kecepatannya, sekarang saatnya mengetahui alat yang digunakan untuk cek kecepatan website. Berikut tools untuk cek kecepatan website:

Rapid Search Metrics

Tools pertama yang bisa Anda gunakan untuk cek kecepatan website adalah Rapid Search Metrics. Dengan tools ini, Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang ada didalamnya. Antara lain fitur speed analysis dan estimated loading time. Fitur ini berguna untuk menganalisa kecepatan performa website. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan tools ini untuk kebutuhan analisa SEO.

Pingdom Tools

Tools untuk cek kecepatan website selanjutnya adalah Pingdom Tools. Bisa dikatakan, Pingdom Tools adalah salah satu tools untuk tes kecepatan website yang sangat popular. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Pingdom Tools adalah kemampuannya untuk menampilkan loading time dair setiap elemen yang ada di dalam website. Seperti CSS, HTML, JS, images, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menggunakannya, Anda bisa mengaksesnya di tools.pingdom.com.

GT Metrix

Jika Anda menginginkan system penilaian yang akan memberikan peringatan bagi Anda, tidak ada salahnya melakukan tes kecepatan website menggunakan GT Metrix. Hanya dengan memasukkan nama website Anda, sudah terlihat rangkuman dari kinerja website miliki Anda.

Free Speed Test

Tools cek kecepatan website selanjutnya adalah Free Speed Test. Dengan tools ini, Anda bisa melihat waktu loading time melaui pusat data yang ada di seluruh dunia. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan pengunjung untuk membuka website Anda.

Google Page Speed Insight

Tools Untuk Cek Kecepatan Website, Penting Untuk SEO

Google tak mau ketinggalan untk meramaikan tools cek kecepatan blog. Pada saat mengumumkan kecepatan website sebagai salah satu indicator SEO, secara bersamaan mesin pencari nomor satu di dunia ini merilis Google Page Speed. Insight. Anda bisa mengecek kecepatan website untuk perangkat mobile maupun desktop dengan alat ini.

Google memberikan nilai menggunakan skala persen. Semakin tinggi angka yang Anda dapatkan, berarti kecepatan website Anda semakin baik. Alat tes kecepatan website besutan Google in juga aka memberikan saran untuk meningkatkan user experience bagi pengguna.

Google Mobile Website Testing Tools

Bagi Google, website mobile friendly adalah harga mati. Karena itulah, Google melepas Google Mobile Website Spedd Testing Tools ke pasaran. Meskipun didukung oleh teknologi dari Google Page Speed Insight, tool uji kecepatan website ini lebih focus pada perangkat mobile.

Sistem penilaiannya pun sama dengan Google Page Speed Insight. Menggunakan skala persen sebagai indikatornya.

KeyCDN Website Speed Test

KeyCDN juga tak mau ketinggalan mengeluarkan alat analisa kecepatan website besutannya sendiri. Tools ini menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk melakukan analisa kecepatan sebuah website. Nantiya, KeyCDN akan menampilkan ringkasan analisis serta preview halaman yang diperiksa.

Elemen website yang bisa dicek menggunaakn KeyCDN antara lain status kode HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu, download, dan lain sebagainya.

Website Optimization

Tools lain yang juga sangat powerful untuk melakukan uji kecepatan website adalah Website Optimization. Tools ini punya fitur seperti web page, speed report, analysis and recommendation, dan juga loading time. Dengan laporan yang Anda terima tersebut, Anda akan mendapatkan insight baru untuk meningkatkan performa website Anda.

Kesimpulan

Demikian tadi tool untuk tes kecepatan website. Anda bisa menggunakannya untuk mengecek kecepatan loading website Anda. Dengan mengetahui performa website Anda, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kecepatan website tersebut. Apalagi kecepatan website adalah salah satu factor SEO yang sangat penting.

Ingin memiliki website bagus dengan kecepatan mumpuni? IDwebhost memili berbagai macam pilihan paket hosting terbaik dengan harga yang murah dan jaminan uptime 99%. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar web hosting murah IDwebhost janga ragu menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis