3 Tools Online Untuk Mengecek Website Down Terbaik
Blog Tips Keren 3 Tools Online Untuk Mengecek Website Down Terbaik

3 Tools Online Untuk Mengecek Website Down Terbaik

Website yang lemot merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu. Karena lemotnya website dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Tak semata akan memiliki ranking SEO yang buruk, website lama loadingnya akan membuat dengan mudah ditinggalkan oleh pengunjung. Semakin tinggi bounce rate website Anda, akan buruk pula penilaian mesin pencari terhdap website Anda.

Performa server banyak disebut sebagai penyebab utama lemotya sebuah website. Ketika akan memutuskan akan membuat website, Anda harus memperhatikan secara detail spesifikasi kapasitas RAM dan kecepatan prosesor dari server yang dipakai. Pilihlah kapasitas server yang sesuai dengan kebutuhan websie Anda.

Sangat tidak memadai jika website Anda dikunjungi oleh ratusan ribu orang, tetapi hanya menggunakan server gratisan. Semakin banyak pengunjung, tentu akan semakin tingga popularitas website.

Ketika baru pertama memiliki website, bisa jadi Anda merasa sangat kesal ketika website mendadak tidak bisa diakses. Sudah pasti, hampir semua pemiliki website akan rewel ketika website miliknya down. Coba bayangkan, siapa yang tidak panik ketika tiba-tiba mendapatkan keluhan dari pelanggan karena website tidak bisa diakses.

Baca Juga : Cara Membangun Personal Branding

Sudah barang tentu, sebagai pemilik website, Anda akan menghubungi penyedia hosting untuk menyampaikan keluhan. Hanya saja, ketika melakuan komplain, pastikan Anda berada pada kondisi tenang, tidak perlu  untuk marah-marah. Sebaiknya, Anda juga perlu tahu penyebab server werbsite dapat down. Ini penting, agar Anda tidak mudah panic saat keadaan buruk tersebut terulang lagi. Lalu, apa sih yang menyebabkan server website down?

Sebagai langkah pencegahan dari web server down, maka Anda harus selalu melakukan pengecekan berkala pada server website Anda. Maka dari itu, pada artikel ini, kami akan membagikan pada Anda tools online untuk mengecek website down. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya.

Penyebab Server  Website Down

Tools Online Untuk Mengecek Website Down

Sebelum membahas tentang tools online untuk mengecek website down, mari membahas lebih dulu apa yang menyebabkan server sebuah website down. Berikut adalah penyebab server website down:

Traffic Naik Mendadak

Penyebab server website down yang pertama adalah traffic yang membludak secara mendadak. Misalnya Anda memiliki konten yang mendadak viral di website. Dengan viralnya konten tersebut, serta merta akan meningkatkan angka kunjungan website secara mendadak ke website Anda. Kenaikan jumlah pengunjung yang mendadak ini dapat membuat website down karena melebihi kapasitas disk space di website Anda.

DNS Error

Domain Name System (DNS) memiliki fungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui alamat IP suatu host terhadap host name. DNS sendiri memiliki peran yang penting bagi sebuah domain. Karena, apabila terjadi kesalahan pada pengaturan DNS bukan hanya mengakibatkan domain tak bisa diakses. Juga akan membuat Anda tidak bisa mengirim dan menerima email.

Data Center Down

Data center yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab server website down. Sebagai pengguna, kadang kita tidak mengetahui apa yang terjadi di data center. Bagaimana backup data, sinkronisasi data, dan banyak aktivitas lainnya. Unlimited berkomitmen untuk memastikan data center tetap berfungsi normal.

Tools Online Untuk Mengecek Website Down

Tools Online Untuk Mengecek Website Down

Dari paparan diatas, sebenarnya masih banyak hal yang menjadi penyebab website down. Untuk mengetahui website down atau tidak, Anda bisa menggunakan tools online berikut ini. Silakan pilih mana yang terbaik untuk Anda:

Downforeveryoneorjustme.com

Tools online pertama yang bisa Anda gunakan adalah downforeveryorjustme.com. Cara menggunakannya pun sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal membuka alamat website tersebut. Untuk menjaga keamanan, website ini menerapkan captcha, untuk memastikan bahwa pengunjung yang datang adalah pengunjung manusia, bukanlah robot.

Kemudian setelah memasukkan captcha dengan benar, Anda bisa segera memasukkan alamat website yang ingin Anda cek pada kolom URL dan klik tombol or just me. Jika berhasil, akan muncul tampilan yang menandakan website Anda UP.

Is It Down

Rekomendasi tools online mengecek website down selanjutnya adalah Is It Down. Anda bisa mengunjunginya di www[dot]isitdown[dot]us. Web yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. Mengapa? Ya, karena Anda akan langsung diarahkan untuk memasukkan nama domain website yang ingin dicek. Kemudian klik enter.

Pertama, silakan buka browser Anda dan klik isitdown[dot]us. Selanjutnya, silakan masukkan nama domain website Anda ke kolom yang telah tersedia. Kemudian klik “enter” atau klik tombol “Is It Down”. Tunggulah sejenak. Hingga akhirnya akan muncul pemberitahuan “com is not down”(web tidak down/aman) atau domainanda.com is down (website Anda down, dan perlu perbaikan).

Site24x7

Tools online mengecek website down selanjutnya adalah Site24x7. Alat yang satu ini adalah salah satu online checker server web yang terbak. Anda bisa mengakses tools ini di www[dot]24×7]dot]com untuk melakukan pengecekan website secara online, kapan saja, dan di mana saja.

Tools yang satu ini sangat interaktif dan terhitung simpel. Sehingga, siapapun bisa bisa menggunakannya. Cara menggunakannya sendiri juga cukup mudah. Akses site24x7[dot]com di browser. Kemudian masukkan URL website ke kolom yang sudah tersedia. Klik “test now” dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Setelah selesai proses, Anda akan menemukan tabel dan grafik terkait dengan situasi dan kondisi pada website. Jika semua kolom memuat keterangan “OK”, berarti website Anda dalam kondisi baik. Namun, jika yang Anda temui adalah “Host Unavailable”, maka website Anda berarti sedang down.

Down

Tools Online Untuk Mengecek Website Down

Kalau Anda sedang mencari toos checker website dengan tampilan user interface yang menarik, maka Anda bisa mencoba untuk mengakes tools down di www[dot]down[com]. Jika dibandingkan dengan web server lainnya, Down memiliki tampilan yang tergolong modern. Selain itu, website yang satu ini juga menyediakan rekomendasi dan review layanan web hosting terbaik yang bisa Anda pakai.

Cara menggunakan platform yang satu ini juga cukup mudah. Anda tinggal masuk ke website Down, kemudian memasukkan nama domain website Anda di kolom yang telah tersedia. Jika sudah, silakan klik check it now. Dan dalam hitungan menit, Anda sudah bisa mengetahui hasil penilaian pada tools ini pada website Anda.

Currently Down

Tools yang juga tak kalah powerful untuk mengecek website down adalah Currently Down. Alat yang satu ini dapat digunakan untuk mengecek web server secara detil dan spesifik. Pengecekan di tools yang satu ini menjadi beberapa aspek.

Aspek-aspek tersebut antara lain response time (waktu respon website terhadapa request), service status (untuk mengetahui kondisi hosting web). Dan yang terakhir adalah response code, untuk mengetahui apakah website berhasil memproses request dari user.

Penutup

Server down tidak bisa dibantah lagi sangat menyebalkan. Karena itu, Anda harus memilih penyedia hosting terbaik, yang menjanjikan server yang teruji dan tangguh. Maka sebagai langkah pencegahan, Anda bisa menggunakan tools online mengecek website down.

Go digital sekarang juga dengan berlangganan hosting murah IDwebhost.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.