Tool Cek Plagiarisme Artikel Terbaik, Akurat dan Mudah
Blog Tips Keren Tool Cek Plagiarisme Artikel Terbaik, Akurat dan Mudah

Tool Cek Plagiarisme Artikel Terbaik, Akurat dan Mudah

Mendapatkan peringkat atas hasil pencarian menjadi keinginan para blogger atau pemilik website. Mereka pun melakukan berbagai optimasi agar bisa kartunya menempati peringkat satu salah satunya dengan membuat konten berkualitas. Selain berkualitas konten yang bisa masuk peringkat atas Google adalah konten yang asli dan original. Kita mengetahui bahwa persaingan konten ini sangat ketat ada ribuan artikel yang terposting di Google setiap harinya. Jika artikel tidak berkualitas maka akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan peringkat atas tersebut. Mengingat bahwa algoritma Google yang semakin ketat akhir-akhir ini. Sehingga artikel-artikel yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan maka akan langsung de-index secara otomatis. Nah untuk memastikan apakah konten yang Anda buat tidak ada plagiat maka dibutuhkan tool untuk mengeceknya yaitu tool cek plagiarisme artikel terbaik.

Selain dimata mesin pencari untuk pembaca juga akan merasa lebih percaya dengan website Anda jika demikian mereka pun akan kembali untuk membaca artikel-artikel Anda secara rutin. Oleh karena itu penting untuk selalu membuat konten yang original tidak ada plagiat di dalamnya. Jika membuat konten asal dan tidak memperdulikan keaslian konten yang Anda buat maka reputasi dan SEO website yang semakin menurun hingga trafik turun drastis.

Bagaimana Menjaga Konten Tetap Berkualitas tidak Plagiat?

Sebenarnya mengutip konten orang lain itu tidak masalah namun harus mengerti aturannya seperti tidak mengcopy sepenuhnya misal kutipan, memberi sumber referensi, dan lain sebagainya. Namun demikian yang terbaik adalah membuat konten yang asli. Karena IDwebhost yakin saat ini konten yang murni berasal dari pemikirannya sendiri tidaklah ada kebanyakan adalah dengan menyadur dari artikel orang lain dengan bahasanya sendiri inilah yang bisa dilakukan untuk mencegah plagiat konten. Hal ini lebih baik dilakukan daripada menyalin secara utuh konten orang lain yang justru akan merugikan Anda dari segi waktu, energi dan akan sia-sia di mesin pencari.

Apa itu Tool Cek Plagiarisme Artikel

Apa itu Tool Cek Plagiarisme Artikel?

Tool cek plagiarisme artikel adalah software yang bisa digunakan untuk mendeteksi konten yang memiliki kesamaan dengan konten atau artikel yang lainnya. Dengan tool ini para penulis akan lebih mudah untuk menghindari plagiat konten sehingga konten yang dibuat akan lebih berkualitas.

Nah untuk memastikan agar konten yang Anda ketik tidak sama dengan konten orang lain dan menghindari duplikat atau plagiat konten maka Anda bisa memanfaatkan tool yang tersedia secara gratis maupun berbayar untuk mengeceknya. Untuk menggunakannya juga cukup mudah hanya dengan copy-paste artikel pada form yang tersedia atau melalui link yang tersedia dan tinggal klik cek saja hingga muncul hasilnya. Saat ini ada banyak tool online yang bisa Anda gunakan untuk mengecek jika ada unsur plagiasi sebagai berikut:

Cek Plagiarisme Artikel Copyscape

1. Cek Plagiarisme Artikel dengan Copyscape

Copyscape adalah aplikasi untuk cek plagiarisme artikel yang bisa digunakan secara gratis. Untuk menggunakannya pun sangat mudah tinggal copy-paste link yang ingin Anda cek kemudian klik tombol Go maka otomatis Copyscape akan memindai artikel yang memiliki tingkat kesamaan atau kemiripan konten Anda. Dengan menggunakan tool ini tujuannya adalah supaya konten Anda tidak dikenali sebagai konten plagiat. Namun untuk menggunakan versi gratis hanya menampilkan konten terbatas untuk fitur-fitur yang lain Anda harus membeli layanan yang premium.

Fitur lain dari Copyscape sebagai berikut:

  • Copyscape Premium
  • Premium API
  • Copysentry
  • Free Comparison Tool
  • Free Plagiarism Banner

Cek Plagiarisme Artikel Small SEO Tools Plagiarism Checker

2. Cek Plagiarisme Artikel Small SEO Tools / Plagiarism Checker

Small SEO Tools menjadi salah satu aplikasi yang tergolong populer saat ini karena memang bisa digunakan secara gratis tanpa harus melakukan registrasi dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya juga sangat mudah tinggal copy-pastekan artikel Anda dengan batasan 1000 kata, kemudian tinggal di cek aja kemudian tunggu hasil persentase yang detail dan informasi yang tersedia.

Fitur lain dari Small SEO Tools sebagai berikut:

  • Plagiarism Checker
  • Grammar Check
  • Reverse Image Search
  • Word Counter
  • What is My IP
  • PDF To Word Converter
  • Internet Speed Test
  • SEO checker

Cek Plagiarisme Artikel Quetext

3. Quetext

Berikutnya adalah Quetext yang memiliki memiliki antarmuka tampilan yang terlihat sederhana dan minimalis dengan model warna yang flat. Anda bisa menggunakannya secara gratis untuk cek plagiarisme artikel, namun untuk yang gratis hanya bisa sampai 500 kata saja. Untuk bisa menggunakan secara penuh Anda perlu menggunakan layanan versi berbayar dengan biaya bulanan sebesar 9.99$/Month dengan versi berbayar ini Anda bisa mengeceknya sampai 25.000 kata . Dengan demikian Anda bisa langsung mengecek dengan jumlah kata yang banyak dengan mudah dan cepat melalui aplikasi ini.

Plagium

4. Plagium

Alat pendeteksi plagiarisme ini menawarkan Anda untuk copy-paste teks ke pada kolom yang tersedia kemudian melanjutkan pengecekan konten. Penulis juga dapat dengan mudah mengunggah Microsoft Word, ekstensi file asli yang dimungkinkan dengan akun Plagium.

Plagium tool gratis terbaik yang akan membantu membandingkan dokumen teks dengan konten-konten di internet.

Fitur lain dari Plagium sebagai berikut:

  • Pemeriksa Plagiarisme
  • Unggah 1000 karakter sekaligus
  • Akun institusi untuk banyak pengguna
  • Analisis konten melalui teks, URL, dan file
  • Banyak file yang diunggah dengan versi berbayar
  • Laporan plagiarisme yang dapat diunduh
  • Unggah dan pindai banyak dokumen sekaligus
  • Dukungan pelanggan khusus dan penjelajahan bebas iklan
  • Pemeriksa plagiarisme terbaik untuk tesis dan e-learning

Dustball

5. Dustball

Dustball adalah tool untuk mengecek plagiarism dengan tampilan yang simple dan user friendly. Untuk fitur yang ditawarkan untuk saat ini memang hanya berfokus pada plagiarism checker saja. Untuk menggunakannya juga mudah seperti hanya tool yang lain yaitu copy kemudian paste teks pada kolom yang tersedia. Dari hasil yang ditampilkan adalah keterangan “OK” dan “Plagiarism?” nah jika keterangan OK maka konten Anda lolos, sedangkan keterangan “Plagiarism?” konten terindikasi ada kesamaan dengan konten orang lain.

Sayangnya ada batasan pengecekan setiap harinya yaitu gratis untuk 1000 user per hari di seluruh dunia jadi harus berebutan mungkin untuk mendapatkan slot free. Jika tidak mendapatkan slot free maka Anda perlu membayar sebesar $8 (lifetime) untuk perawatan saja.

Cek Plagiarisme Artikel Duplichecker

6. Duplichecker

Tool pengecekan duplikat atau plagiarisme selanjutnya adalah Duplichecker, dengan tool ini Anda bisa menggunakannya langsung tanpa embel-embel apapun dengan kapasitas 1000 kata. Saat Anda melakukan proses pengecekan Anda akan disuguhkan beberapa informasi seperti persentase kemiripan, persentase keunikan dengan konten yang lainnya.

Website menyediakan sistem pengecekan lainnya seperti:

  • Grammar
  • Paraphrasing
  • Keyword position checker
  • Domain authority
  • Backlink checker

Nah jika Anda ingin menggunakan fitur yang lebih Anda bisa menggunakan yang versi pro yang bisa mendapatkan fasilitas pengecekan yang lain seperti Deep search, Support Upto 10,000 words, Accurate Reports, No ads.

Plagiarism Detector

7. Plagiarism Detector

Plagiarismdetector.net hampir mirip dengan Duplichecker yang juga menampilkan persentase kemiripan, persentase keunikan dengan konten yang lainnya. Dengan tampilan simple dan penggunaanya pun juga mudah tinggal copy-paste artikel dengan maksimal 1000 kata, jika sudah langsung klik tombol Check Plagiarism maka proses pengecekan akan langsung berjalan.

Fitur lain dari sebagai berikut:

  • Plagiarism checker
  • Grammar Check
  • Paraphrasing Tool
  • PDF to Word
  • Word to PDF
  • Text Compare

Selain itu ada fitur yang lebih lengkap namun Anda perlu membeli yang versi pro untuk mendapatkan fitur-fitur lengkapnya.

Baca juga: Pentingnya Tahu Cara Membuat Konten Marketing yang Menarik

Penutup

Saat ini telah banyak penyedia tool untuk mengecek duplikat atau plagiarisme konten yang Anda buat sehingga dengan menggunakan tool ini Anda dapat terhindar dari konten yang mirip sama persis dengan yang lainnya. Selain itu memastikan konten Anda berkualitas baik di mata pembaca maupun dimata mesin pencari dengan demikian akan lebih mudah dalam mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Untuk versi yang gratis sebenarnya sudah cukup untuk mengecek konten Anda saat ini namun jika ingin yang lebih dan Anda memiliki uang lebih juga mungkin bisa mencoba yang versi berbayar. Namun demikian sesuaikan kebutuhan dan kenyaman adalah pilihan yang tepat.

Demikian pembahasan kali ini terkait dengan tool cek plagiarisme artikel mudah-mudahan dari artikel ini bisa menjadi referensi Anda untuk mengecek konten artikel Anda nantinya. Mungkin Anda memiliki referensi lain yang belum disebutkan dalam pembahasan kali ini, untuk itu kami harap Anda jangan sungkan untuk membagikannya di dalam kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.