Keuntungan Bikin Toko Online dan Daftar Toko Online Indonesia, Buat Inspirasi Kamu!

21 Jan 2024
Keuntungan Bikin Toko Online dan Daftar Toko Online Indonesia, Buat Inspirasi Kamu! campaign-unlimited

Seiring dengan arus transformasi digital saat ini, orang-orang mulai mempertimbangkan untuk melakukan transaksi secara online. Selain cepat, pembelian via online juga tidak menguras terlalu banyak energi pembeli. Boleh jadi, ini merupakan salah satu faktor yang membuat toko online Indonesia terus bertambah.

Dilihat dari kacamata bisnis, penggunaan toko online tentu saja membawa banyak keuntungan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan selengkapnya mengenai keuntungan dan daftar toko online yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja simak pembahasan kami!

Apa Itu Toko Online?

Menurut The Map of E-Commerce in Indonesia oleh iPrice, ada 36 toko online Indonesia yang kini tengah bersaing ketat. Apa yang dimaksud toko online? Jadi, toko online adalah sebuah media untuk memasarkan produk maupun jasa, yang bisa dipesan melalui perangkat elektronik yang terhubung dengan internet.

Seluruh proses transaksi dilakukan secara digital. Biasanya, penjual akan memperlihatkan gambar produk atau jasa yang ditawarkan pada halaman tokonya, layaknya menggunakan etalase di kios. Display produk ini akan diikuti oleh deskripsi produk, jumlah stok, lokasi pengiriman, dan harga dari produk.

Perubahan gaya hidup masyarakat saat ini cenderung mendukung model bisnis demikian. Terlebih lagi, dengan semakin meratanya koneksi internet di seluruh penjuru daerah. Hal ini memungkinkan toko online untuk dijangkau oleh pembeli dari berbagai lokasi tanpa perlu bertatap muka.

Keuntungan Menggunakan Website Toko Online

Dengan banyaknya toko online Indonesia, dapat diketahui bahwa metode ini memiliki potensi keuntungan dan skalabilitas yang menjanjikan. Selengkapnya, kami uraikan keuntungan website toko online di bawah ini.

1. Meningkatkan Penjualan

Siapa yang tidak menginginkan produknya laris dibeli? Tentu ini adalah harapan semua penjual. Memasarkan produk melalui website toko online boleh jadi strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah penjualan, dengan upaya yang efektif dan efisien.

2. Mempermudah Manajemen Bisnis

Toko online menyediakan sejumlah fitur yang dapat mempermudah pengelolaan penjualan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk memanajemen jumlah stok, menghitung jumlah pembelian, menganalisis perkembangan pasar, dan sebagainya. Kemudahan ini tentu tidak bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma saat berjualan di toko offline.

3. Memperluas Jangkauan Pasar

Buat tokomu terlihat dan tersedia di berbagai daerah. Toko online Indonesia tidak hanya tersedia di satu daerah atau hanya bisa diakses dari daerah tertentu saja. Penggunaan platform website toko online memungkinkan tokomu untuk dijangkau oleh pembeli dari berbagai daerah.

Tanpa perlu membuka kios cabang yang memakan banyak biaya, kamu bisa membuat website toko online untuk menjangkau seluruh pelanggan. Untuk memaksimalkan visibilitas toko, kamu dapat mengoptimalkan SEO dan melakukan promosi melalui iklan.

4. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Website toko online menyimpan semua informasi terkait toko dan produk yang dapat diakses oleh pembeli. Kemudahan akses informasi ini dapat memberikan efek domino berupa meningkatnya reputasi bisnis. Tokomu dapat dilihat sebagai brand terpercaya sebab memiliki informasi yang bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan.

5. Mempermudah Kegiatan Promosi

Sebagai media sarana informasi bisnis, website toko online juga dapat mempermudah keperluan promosi. Berbagai fiturnya dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis perkembangan bisnis. Sebagai responnya, kamu bisa melakukan promosi berdasarkan laporan analisis yang diperoleh.

Di samping itu, pelanggan pun jadi tidak perlu kebingungan untuk mencari informasi promo tokomu. Pelanggan jadi tahu kemana mereka semestinya datang untuk mengakses info promo terbaru.

Daftar Toko Online Indonesia

Dari seluruh toko online yang tersedia saat ini, ada beberapa di antaranya yang menguasai pasar Indonesia dengan angka web visitor yang cukup tinggi. Berikut adalah daftar delapan toko di antaranya.

1. Shopee

Dalam persaingan pasar e-commerce Indonesia, Shopee masih memimpin hingga kuartal IV tahun 2022. Shopee dapat mengungguli pesaing lainnya berkat harga produk-produknya yang dinilai lebih terjangkau. Adapun beberapa kategori produk yang paling banyak dicari di Shopee antara lain kecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion.

2. Tokopedia

Marketplace buatan anak bangsa ini dikunjungi oleh 135 juta pengunjung setiap bulannya. Tokopedia memiliki keunggulan pada macam-macam produk yang disediakan. Namun, untuk jenis produk yang paling banyak dicari di Tokped antara lain adalah produk elektronik, fashion, dan bahan makanan.

3. Lazada

Berbeda dengan Tokopedia, toko online Indonesia ini banyak diminati oleh pembeli lantaran reputasinya yang baik. Jika dirata-rata, jumlah pengunjung toko online milik Alibaba Group ini mencapai 30 juta per bulan. Adapun produk yang paling banyak dicari di Lazada adalah produk elektronik dan fashion.

4. Bukalapak

Sebagai lapak online bagi pelaku UMKM, Bukalapak menawarkan keunggulan berupa variasi produk yang beragam dengan harga yang terjangkau. Bukalapak menjadi andalan bagi para pembeli untuk menemukan produk elektronik, fashion, hobi, hingga produk-produk lifestyle.

5. Blibli

Urutan ke-5 ditempati oleh toko Djarum Group, Blibli. Pada akhir 2020, jumlah mitra Blibli tercatat mencapai 16.000 toko, yang tersebar di 300 kota. Hingga saat ini Blibli masih menjadi salah satu toko online Indonesia favorit untuk mencari produk elektronik, fashion, dan bahan makanan yang otentik.

6. Bhinneka

Bagi para penggemar otomotif, Bhinneka mungkin sudah terdengar cukup familiar, bukan? Toko online satu ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 1999 lho. Semula, Bhinneka hanya menjual produk-produk elektronik saja. Namun, kini dalam perkembangannya, Bhinneka mulai menjual produk lainnya, seperti otomotif dan keperluan industri.

7. Orami

Berbeda dengan toko-toko online di atas, Orami menargetkan audiens yang sangat spesifik. Orami menyasar target orang tua dan ibu hamil. Dalam praktik usahanya, Orami menerapkan model bisnis inventori, yang mengambil barang dari brand untuk dijual kembali. Dengan begitu, penjualan dilakukan langsung oleh toko bukan mitra.

Sesuai dengan target pasarnya, variasi produk di Orami terbatas pada beberapa jenis saja. Misalnya seperti perlengkapan bayi, produk ibu hamil, perabotan kamar bayi, hingga mainan bayi dan anak.

8. Ralali

Berikutnya adalah Ralali. Toko online ini tercatat memiliki jumlah pengunjung mencapai 4,4 juta setiap bulannya. Walaupun tidak terdengar senyaring Shopee dan Tokopedia, Ralali berhasil menaklukkan segmen pasarnya dengan menyediakan berbagai produk yang lengkap.

Ralali menyediakan berbagai keperluan Horeca, yaitu sektor industri hotel, restoran, dan cafe. Kamu bisa menemukan berbagai produk kebutuhan industri ini dengan mudah di Ralali. Mulai dari piring dan mangkok melamin, koleksi gelas, dan sebagainya.

Di luar dari jenis produk untuk industri tersebut, Ralali juga menyediakan jenis produk lainnya. Di antaranya seperti peralatan kantor dan bahan bangunan.

Sekian dulu penjelasan kami tentang keuntungan dan daftar toko online Indonesia yang bisa menginspirasimu. Tunggu apalagi? Ayo kembangkan bisnismu dengan bertransformasi ke toko digital!

Buat dan sesuaikan website toko online dalam 20 detik saja dengan IDwebhost! Kami akan bantu kamu di seluruh prosesnya sampai kamu Go Online! Ayo cek promo terbatasnya sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022