Video Conference: Tetap Asyik Bekerja Tanpa Tatap Muka
Blog Tips Keren Video Conference: Tetap Asyik Bekerja Tanpa Tatap Muka

Video Conference: Tetap Asyik Bekerja Tanpa Tatap Muka

Sejak bulan Maret 2020 badan kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan Coronavirus Disease-19 sebagai pandemi global. Virus yang lebih populer dengan disebut dengan Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi karena angka kematian yang menembus 4000 jiwa pada awal kemunculannya. Hingga akhirnya, banyak sektor bisnis yang harus menyesuaikan kondisi yang terjadi pada usahanya. Yaitu mengurangi interaksi langsung dengan menerapkan work from home (WFH). Dan salah satu hal sangat identik dengan WFH kemudian adalah video conference. Sejak era covid19 dan WFH, video conference adalah istilah yang kemudian dikenal luas, bahkan oleh masyarakat non IT sekalipun. 

Video conference menjadi rutinitas sehari-hari pada perusahaan yang mengambil kebijakan pada karyawannya. Kegiatan menelepon menggunakan video atau video call sudah mulai menjadi kebiasaan pada berbagai kalangan masyarakat. Dan mengingat efektivitas yang disediakan sesuai dengan harga yang dibayar, video call menjadi solusi jitu untuk mengatasi keinginan bertatap muka yang terhalang ruangan. 

Website dan Aplikasi Video Conference Terbaik 

Video Conference adalah kegiatan rapat, konferensi, atau pertemuan yang dapat dilakukan melalui sambungan internet ke perangkat seperti komputer, laptop, dan smartphone. Berikut ini adalah daftar website dan aplikasi video conference yang bisa Kamu gunakan, baik untuk bekerja maupun melepas rindu dengan keluarga yang jauh darimu. 

1. Google Meet

Ketika membicarakan aplikasi video conference, tentu sulit untuk tak menyebut nama Google Meet di daftar pertama. Sebenarnya, Google sendiri sudah memiliki Hangouts. Namun, Meet lebih ditujukan untuk penggunaan bisnis, karena terhubung dengan akun GSuite. Selain itu, jika Hangouts hanya bisa menampung cuma 10 partisipan, Meet bisa menampung lebih banyak peserta sekaligus. 

Dan bagusnya lagi, Google Meet bisa digunakan pada berbagai perangkat dan sistem operasi. Untuk sistem operasi populer seperti iOS, Android, Windows, dan Mac, Meet bisa berjalan dengan sangat baik. 

Baca Juga : Mengenal Google Display Network 

2. Zoom 

Dalam jagad aplikasi video conference yang populer selama pandemi, selain Google Meet, Zoom juga tak kalah populer. Bahkan, Zoom sempat menjadi semacam “kultur” dan term untuk aktivitas video conference. Ini karena banyak pengguna Zoom adalah kantor-kantor dan perusahaan besar di Jakarta, yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan berbayar. Ada beberapa batasan yang harus diterima pengguna versi gratisan. Salah satunya durasi penggunaan maksimal 40 menit. Jika ingin mendapatkan durasi penggunaan yang lebih lama, Kamu harus menggunakan versi yang berbayar. 

3. Webex

Selanjutnya ada nama Webex. Webex adalah aplikasi video conference besutan perusahaan teknologi kenamaan asal Amerika Serikat, Cisco. Dengan Webex, Kamu bisa melakukan video conference berdurasi tak terbatas sampai 100 orang peserta. 

Salah satu keunikan, sekaligus kelebihan Webex adalah, ketika Kamu melakukan typo saat mengirimkan pesan 1 on 1 pada pengguna lain, Kamu masih bisa untuk memperbaikinya. 

4. Slack 

Sebenarnya,selama ini, Slack lebih akrab sebagai platform kolaborasi yang populer. Namun, ternyata Slack bisa juga mengintegrasikan aplikasi video conference. Jika kantor tempatmu bekerja menggunakan Slack, maka itu adalah keputusan yang tepat. 

Fitur teleconference adalah layanan tambahan untuk memperkaya fungsionalitas manajemen proyek di Slack. Dengan akun gratis, Kamu hanya bisa melakukan 1-on-1 video call. Sedangkan jika ingin pesertanya lebih banyak, Kamu harus mengupgrade layanan ke paket Enterprise Solutions. 

5. Microsoft Teams

Kalau Kamu adalah pengguna layanan Microsoft Suite 365 seperti Office, Outlook, OneDrive, dan yang lainnya, maka Teams adalah aplikasi video conference yang bisa Kamu pilih. Hanya dengan satu aplikasi, Kamu bisa menjadwalkan meeting, menyelenggarakan webinar, dan mengadakan meeting dengan kapasitas sampai 10 ribu peserta. 

Selain itu, dengan menggunakan Microsoft 365 Kamu akan mendapatkan fitur integrasi yang memudahkan pengaturan jadwal, pengiriman undangan meeting, dan pengingat meeting. 

Tips Meeting Online Tetap Asyik dan Efektif Selama WFH

Kalau Kamu mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah, tentu patut untuk disyukuri. Karena, masih banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja dari rumah. Meskipun bekerja dari rumah, Kamu tetap harus serius dan mengikuti aturan dari kantormu. Tidak malah terlalu santai. 

Berikut ini adalah tips meeting online tetap menyenangkan ketika WFH: 

1. Mempersiapkan Tempat Kerja yang Nyaman dan Perangkat Kerja Memadai

Meskipun tampak menyenangkan, pelaku kerja dari rumah rentan dihinggapi rasa bosan. Maka agar terhindar dari rasa bosan, Kamu perlu mempersiapkan tempat kerja senyaman mungkin, sehingga tetap dapat produktif. 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan perangkat kerja yang mendukung. Seperti komputer, laptop, handphone. Ingat, jangan sampai kenyamanan membuatmu malas gerak, ya, Sahabat. 

2. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil 

Untuk terhubung dengan rekan kerja di luar sana, tentu Kamu membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Jika tidak menggunakan Wi-Fi, silakan cek terlebih dulu jumlah kuota internet yang kamu miliki dan segera isi jika hampir habis. 

3. Menyamakan Jam Kerja di Rumah dengan di Kantor

Salah satu keuntungan dari WFH adalah, Kamu tak perlu lagi menghabiskan waktu di jalan ketika berangkat dan pulang kantor. Tetapi hal ini bukan berarti kamu boleh malas-malasan dan bangun lebih siang dari sebelum periode WFH. 

Lakukan kebiasaan yang memang menjadi rutinitasmu, seolah-olah Kamu memang akan berangkat ke kantor. Kamu bisa menggunakan waktu yang biasanya digunakan perjalanan ke kantor dengan bersantai. Membuat kopi, teh, atau susu misalnya. Agar pagimu menjadi lebih semangat. 

4. Usahakan Tetap Terhubung dengan Rekan Kerja

Walaupun bekerja dari rumah, bukan lantas Kamu bekerja sendirian. Pastikan komunikasi dengan rekan kerja tetap terjaga. 

Selain menggunakan aplikasi video conference, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, untuk melakukan diskusi singkat. Walaupun remote working, Kamu tetap harus bersosialisasi, bukan? 

Selain membangun hubungan dengan rekan kerja, dengan video conference, Kamu juga bisa mengadakan meeting singkat ketika ada suatu hal yang harus didiskusikan dan keputusan yang diambil tak bisa sembarangan. Jangan ragu untuk bertanya pada rekanmu lewat teleconference karena Kamu bekerja dalam tim. 

Penutup

Belum nampak tanda-tanda pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Work from home, sepertinya juga akan menjadi trend kedepannya. Dan ya, agar WFH bisa berjalan dengan lancar, koordinasi via video conference adalah kuncinya. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting murah Indonesia.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis