7 Tips Utama SEO Untuk WordPress
Blog Tips Keren

7 Tips Utama SEO Untuk WordPress

Jumlah pengunjung memang salah satu yang paling berpengaruh pada kesuksesan websitemu. Biasanya, untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, website itu harus muncul di mesin pencari. Sebisa mungkin bahkan muncul di halaman pertama dan di urutan pertama. Untuk mendapatkan hal itu, websitemu harus disenangi oleh meisn pencari. Semakin senang mesin pencari dengan websitemu, semakin besar jumlah pengunjung yang bisa kamu peroleh. Tapi apakah websitemu sudah berada di urutan pertama mesin pencari? Atau kamu justru kebingungan bagaimana caranya untuk bisa menjadikan websitemu ada di urutan pertama? Kamu bisa mencoba 7 tips utama SEO untuk WordPressmu agar bisa membuat pengunjung dan mesin pencari sama-sama menyukai website yang kamu miliki.

Apa itu SEO? Sebagian dari kamu mungkin belum tahu apa itu SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau alat ukur untuk mengoptimalkan konten yang kamu buat di websitemu. Mengoptimalkan disini maksudnya adalah membuat konten yang kamu tulis disukai oleh mesin pencari. Ingat! Hanya mesin pencari ya! Jangan salah pikir bahwa dengan SEO kamu sudah bisa membuat pengunjung juga menyukai websitemu! Karena untuk membuat pengunjung menyukai websitemu, kamu harus pintar memilih konten dan pintar juga menuliskannya. Lalu apa saja tips utama SEO untuk WordPress yang bisa kamu lakukan?

 

Tips-Utama-SEO-02

 

7 Tips Utama SEO Untuk WordPressmu

Sebelum kita masuk kepembahasan 7 tips utama SEO untuk WordPressmu, kamu harus tahu bagaimana websitemu ditemukan oleh mesin pencari. Menurut laporan milik Statista, sebanyak 90,37% pengguna internet selalu melakukan pencarian di mesin pencari Google. Sementara mesin pencari lain bisa dibilang tak sepopuler Google. Hal itulah yang membuat Google menjadi mesin pencari terpopuler di dunia. Nah, karena Google merupakan mesin pencari yang paling sering di pakai, maka fokus pada cara menampilkan websitemu di mesin pencari Google adalah sebuah kewajiban untuk membuat performa pengunjung websitemu meningkat. Lalu apa saja yang harus dilakukan? Berikut pembahasannya;

1. Pakai Plugin SEO

Tips utama SEO yang pertama untuk bisa meningkatkan pengunjung websitemu adalah menggunakan plusin SEO. Ada banyak plugin SEO yang bisa kamu pakai sebenarnya. Mulai dari All in One SEO Pack hingga Yoast. Tapi kebanyakan orang yang menggunakan WordPress lebih percaya pada Yoast. Kenapa bisa begitu? Yoast membantu menambahkan meta description, memiliki fitur yang menarik, dan fitur-fitur yang membantu menata SEO websitemu. Fitur-fitur yang bisa kamu pakai di Yoast antara lain preview snippet, konfigurasi XML, RSS, sampai .htaccess dan lain sebagainya.

 

Tips-Utama-SEO-03

 

2. Buatlah Link External dan Internal

Tips utama SEO yang kedua adalah Internal linking. Link Internal adalah link yang kamu taruh di salah satu artikelmu dimana jika di klik akan menuju artikelmu yang lain di website. Link internal ini sangat disarankan oleh SEO Yoast terutama. Pasang selalu link internal agar setiap artikel yang ada di websitemu mendukung satu sama lain. Sehingga ketika 1 artikel populer, maka artikel atau konten lain bisa ikut populer juga. Selain itu, cara ini menurut beberapa pihak bisa mengurangi tingkat bounce yang mempengaruhi penilaian mesin pencari terhadap websitemu.

Tapi jika seandainya website yang kamu miliki ini masih baru dan tidak banyak konten, kamu bisa menggunakan website lain. Menggunakan website lain? Iya! Ini namanya external linking. Kamu bisa menaruh link dari website lain di artikelmu. Mungkin kamu berpikir, “ngapain? Kan yang untung website sebelah, websiteku enggak!” Jangan salah, kamu bisa jadi dapat banyak keuntungan. Pertama, jika website yang linknya kamu “pinjam” itu akan membuat artikelmu semakin dipercaya. Selanjutnya, jika si pemilik website tahu kamu memasang linknya sebagai external link, kamu bisa dibantu balik. Sehingga akan sangat berpengaruh pada traffic websitemu.

Tapi usahakan untuk menaruh external link pada website yang terpercaya saja. Misalnya kantor berita yang memang sudah terpercaya. Semakin terpercaya informasinya, Google akan semakin suka.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Mudah

3. Naikkan Loading Speed Websitemu

 

Tips-Utama-SEO-04

 

Kecepatan ini menjadi salah satu aspek yang sangat membantu websitemu berada di posisi yang bagus di mesin pencari. Sekarang coba bayangkan, ketika websitemu loadingnya lama banget! Apa yang akan terjadi? Pengunjung websitemu akan langsung keluar. Hal itu akan memperpendek durasi kunjung mereka dan membuat bounce rate menanjak. Konversi websitemu tentu akan menjadi sangat buruk. Jangan harap bisa meningkatkan jumlah pengunjung jika begitu caranya. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat loading websitemu. Kamu bisa mulai dengan menghapus plugin yang tidak berguna, mengoptimasi database, sampai menggunakan tema yang efisien. Artinya cepat dan tepat.

4. Jangan Pasang Broken Link

Ingat selalu bahwa Google itu selalu menomor satukan konten-konten yang berkualitas. Salah satu tanda konten berkualitas menurut Google adalah tiadanya broken link. Apa itu broken link? Broken link adalah link yang ketika kamu klik menuju ke error page, error 404, dan lain sebagianya. Broken link itu sangat menjengkelkan untuk banyak orang. Bayangkan saja, kalau kamu berkunjung dan ingin meng-klik satu link. Kemudian ketika meng-klik yang keluar adalah laman rusak. Kamu pasti ingin langsung pindah ke website lain kan?

Selain itu error 404 ini juga sangat mempengaruhi peringkat dari websitemu sendiri. Kok bisa? Tentu saja! Ketika Google mengindeks laman milikmu, ia akan melakukan banyak penilaian termasuk konten dan keyword yang kamu pakai. Ketika dinilai oleh Google dan ternyata muncul laman 404 maka penilaian Google akan buruk dan websitemu tidak akan muncul di mesin pencari.

 

Tips-Utama-SEO-05

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, pakailah Google Webmaster Tools, kemudian install dan dapatkan link mana saja yang harus kamu perbaiki.

5. Pasang Snippet

Snippet adalah semacam plugin yang memberikan tambahan informasi rating tentang satu produk atau laman di websitemu. Kamu bisa memasang snippet ini dengan bantuan dari All in One Schema.org Rich Snippets. Kamu hanya tinggal install dan mensettingnya sesuai kebutuhanmu. Nantinya akan muncul bagan yang meminta para pengunjungmu untuk meratting artikel atau produk yang mereka lihat. Semakin bagus ratingnya, maka semakin bagus juga peringkat websitemu. Kenapa? Karena pastinya makin terpercaya kan? Tapi jika review yang diberikan buruk, siap-siap saja untuk tidak ada di mesin pencari. Karena itulah, plugin itu hanya membantu. Kualitas konten tetap nomor 1.

6. Optimalkan Gambar Di WP

Di dalam WordPressmu, ada banyak konten. Konten disini bukan hanya tulisan saja, tapi juga gambar dan bahkan video atau link embed video. Nah, ketika kamu hendak memasang gambar di websitemu, pastikan gambar yang kamu pasang punya resolusi tinggi. Atau paling tidak berkualitas secara teknis. Maksudnya, selain gambar itu indah dan menarik, gambar itu juga punya ukuran yang tidak terlalu kecil. Tapi juga jangan memasang gambar dengan ukuran yang terlalu besar jika websitemu hanya website yang memakai hosting biasa. Karena itu akan memperlambat.

Lalu bagaimana jika tidak ketemu gambar yang pas atau hanya ketemu gambar dengan ukuran besar? Jawabannya mudah! Tips Utama SEO kali ini, kamu tinggal menginstall plugin yang bisa mengoptimasi gambarmu. Misalnya Smush, Optimizer, dan banyak lain lainnya.

7. Konten Berkualitas Adalah Kunci!

 

Tips-Utama-SEO-06

 

Konten berkualitas adalah kunci utama! Ini merupakan kunci sukses websitemu di luar SEO. Bahkan mungkin konten yang berkualitas akan mengalahkan semua mesin SEO. Inilah yang harus kamu lakukan di websitemu; tulislah konten-konten menarik dan terpercaya. Sebisa mungkin ciptakan konten yang original dan otentik. Semakin berkualitas kontenmu, maka semakin banyak orang yang akan datang mengunjungi websitemu.

Google sangat suka dengan konten yang berkualitas. Maka ketika kontenmu dianggap berkualitas oleh Google, kamu bisa pastikan bahwa websitemu akan selalu ada di urutan pertama pada mesin pencari.

Itu tadi 7 tips utama SEO untuk WordPressmu. Ingat! Kunci yang paling utama adalah konten yang berkualitas dan konsisten! Semoga bermanfaat!